Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Harmonisasi Alam di Taman Nasional Tesso Nilo Riau

Objek wisata alam Tesso Nilo menyajikan pemandangan alam yang indah dan menarik, serta kehidupan satwa liar yang hidup di alam bebas. Di Taman Nasional Riau ini kita juga dapat menemukan tempat konservasi gajah.

Menelusuri keindahan hutan Tesso Nilo dengan menunggangi gajah sambil menelusuri wisata alam dengan menelusuri satwa liar yang berada di kawasan hutan ini. Bahkan bagi kita yang membawa kamera, dapat mengabadikan foto-foto satwa yang hidup di alam liar ini sambil menyalurkan bakat atau pun hobi.

Konon, dari keterangan petugas yang mendampingi perjalanan kami beserta rombongan di Taman Nasional Tesso Nillo, di kawasan hutan ini masih terdapat beberapa satwa liar yang hidup bebas, seperti harimau Sumatra, tapir, rusa, dan beruang madu.

Read Full Article
Pesona Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung
 – Tak perlu ke Afrika untuk bisa menikmati eloknya sebuah taman nasional. Di Indonesia, Anda bisa menemukan banyak taman nasional yang menjanjikan pemandangan alam luar biasa. Salah satunya adalah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Sulawesi Selatan.Berlokasi di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), taman nasional ini berada cukup dekat dengan Kota Makassar, yakni sekitar 20 kilometer. Menempati luas mencapai 437 kilometer persegi, taman nasional ini memiliki beragam keunikan seperti karst, gua-gua yang berhias stalaktit dan stalakmit elok.Destinasi ini juga sering disebut sebagai The Kingdom of Butterfly. Julukan itu rupanya diberikan oleh Alfred Russel Wallace, seorang ahli antropologi dan biologi asal Britania Raya. Ungkapan itu didasarkan pada karakater taman nasional ini yang banyak dihuni oleh gua-gua dan lembah curam yang kemudian menjadi habitat beragam jenis kupu-kupu.
Kasus Orang Hilang Secara Misterius di Taman Nasional
.co.id – Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli. Pemandangan alam yang ada di Taman Nasional, jelas jauh lebih indah dengan pemandangan alam lainnya. Jadi tak heran, jika ribuan wisatawan berbondong-bondong datang ke Taman Nasional untuk menikmati pemandangannya.Akan tetapi, untuk mengunjungi Taman Nasional dibutuhkan pemandu yang sudah tahu betul kondisi geografis Taman Nasional tersebut. Pasalnya, di dunia ini ada beberapa Taman Nasional yang bisa terbilang cukup berbahaya jika dikunjungi oleh orang awam tanpa ada pengawas.Contohnya, beberapa Taman Nasional di Amerika Serikat ini yang sudah menelan banyak korban jiwa. Banyak koran dilaporkan meninggal saat menjelajahi Taman Nasional di Amerika, karena kecelakaan. Bahkan, beberapa ada yang hilang secara misterius.
Destinasi Wisata Riau Siap Sambut Para Wisatawan
Destinasi wisata Riau siap untuk menyambut wisatawam domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke wilayahnya. Hal ini terlihat dengan diluncurkannya "Calender of Event Riau 2016" sebagai wujud tekad Provinsi Riau menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan, selain minyak bumi dan kelapa sawit.Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian pantai timur Pulau Sumatera atau sepanjang pesisir Selat Malaka. Dengan luas wilayah sekitar 87.023.66 kilometer persegi yang membentang dari Lereng Bukit Barisan hingga Selat Malaka, Riau banyak memiliki potensi.Mulai dari daya tarik alam, budaya, dan wisata buatan. Riau siap menyambut liburan Anda dengan Atraksi Festival Budaya Pacu Jalur dan Bakar Tongkang, sebuah tradisi yang telah berjalan seabad lebih dan telah mampu mengundang decak kagum bagi para wisatawan nusantara. Baca selengkapnya..
Taman Bunga Nusantara, Taman Romantis dengan Ribuan Bunga
Jika Anda mencari tempat yang romantis, sejuk, dan penuh nuansa alam, Anda bisa berkunjung ke Taman Bunga Nusantara, yang terletak di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.Sesuai namanya, taman ini merupakan rumah bagi ribuan jenis bunga dan tanaman. Diperkirakan ada sekitar 2.000 jenis anggrek di taman ini dan masih banyak lagi berbagai macam jenis bunga indah lainnya.Pengunjung bisa dengan leluasa menjelajahi taman seluas 23 hektare ini dan menjelajahi beberapa lokasi di taman ini, seperti Taman Air, Taman Gaya Jepang, Rumah Kaca, Taman Bali, Taman Rahasia, Taman Perancis, Taman Mawar, dan masih banyak lagi. 
Taman Nasional Baluran, Secuil Afrika di Tanah Jawa
Taman Nasional Baluran dijuluki Africa Van Java nya Indonesia. Taman Nasional Baluran merupakan kawasan pelestarian alam seluas kurang lebih 25 ribu hektare yang mempunyai ekosistem asli, yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.Untuk masuk ke taman nasional ini, cukup membayar Rp15 ribu saja per orang. Dianjurkan untuk membawa kendaraan sendiri, karena kawasan taman nasional ini memang luas sekali. Tidak terbayang kalau jalan kaki, minimal membawa motor.Tapi, kamu harus hati-hati juga karena ada berbagai macam satwa di dalam taman nasional ini, di antaranya satwa liar. Ada juga macan kumbang, meski jarang terlihat di siang hari. Kata petugasnya, kalau mau lihat macan ini bisa malam hari, dan paling yang terlihat hanya matanya yang menyala-nyala, tidak boleh mendekat karena berbahaya.
Mengintip Penangkaran Maleo di Taman Nasional Lore Lindu
Taman Nasional Lore Lindu adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di Sulawesi Tengah, dan menjadi salah satu perlindungan hayati di Sulawesi. Taman nasional seluas 217.991.18 hektare ini memiliki flora dan fauna endemik khas Sulawesi, serta panorama alam yang indah, seperti keberadaan Penangkaran Maleo dan panorama danau Tambing yang sangat eksotis.Di Taman Nasional Lore Lindu, Anda dapat mengintip Penangkaran Maleo. Burung Maleo merupakan salah satu burung endemik yang dilindungi yang hidup di Taman Nasional Lore Lindu, yang saat ini habitatnya terancam punah seiring dengan maraknya pemburuan telur-telur burung Maleo untuk dikonsumsi dan dijual di pasaran dunia.Hal inilah yang membuat masyarakat di Kabupaten Morowali membuat perlindungan habitat burung Maleo dengan membuat penangkaran alami, dan menyerukan kepada warga lainnya agar tidak memburu telur burung Maleo. Di sini, Anda dapat melihat Penangkaran Burung Maleo yang salah satunya berada di Desa Wosu, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.
Empat Objek Wisata di Flores yang Wajib Kamu Kunjungi
Flores terletak di timur Indonesia. Pulau ini digadang-gadang bakal mengalahkan Bali sebagai wisata favorit Indonesia di masa mendatang. Menurut data statistik, pengunjung yang berwisata ke pulau ini memang selalu naik.Sebagai pulau yang sangat cantik, tentu di sini banyak sekali destinasi wisata yang bisa menjadi andalan untuk mengalahkan Bali. Berikut beberapa spot cantik dan indah di Flores yang wajib kamu kunjungi.1. Taman Nasional KomodoTaman Nasional Komodo terletak di Pulau Komodo. Taman nasional ini merupakan taman nasional bagi habitat asli hewan legendaris yakni komodo. Taman nasional ini langsung dipelihara dan dirawat oleh pemerintahan pusat Indonesia. Pulau ini sudah dijadikan sebagai tempat warisan dunia oleh UNESCO. Bukan hanya itu, Komodo Island juga sudah masuk sebagai keajaiban dunia.Baca Selengkapnya...
Taman Badak, Spot Wisata Terbaru di Bandung yang Hits
 – Taman Badak Bandung saat ini sedang viral-viralnya  dibicarakan di sosial media. Wisata Bandung terbaru ini mengisi deretan daftar tujuanmu saat berada di Bandung. Taman Badak merupakan spot wisata baru di Bandung, yang sayang jika kamu lewatkan.Taman Badak diresmikan pada tanggal 19 desember 2017 sama dengan peresmian Taman Dewi Sartika, yang berada di lokasi yang sama yakni tak jauh dari balai kota Bandung. Berada di kawasan balai kota Bandung, artinya lokasi Taman Badak berada tak jauh dari taman-taman yang lebih dulu diresmikan.Seperti di antaranya, Taman Labirin, Taman Sejarah, Taman Sungai Cikapayang, dan masih banyak lainnya. Fasilitas lengkap yang disediakan di Taman Badak, semakin menambah kecantikan dan keseruan saat bermain di sini. 
Taman Nasional Lorentz, Taman Terbesar di Asia Tenggara
 – Taman Nasional Lorentz menjadi salah satu taman nasional terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Taman Nasional Lorentz menjadi situs warisan dunia dari PBB yang berada di Indonesia. Letak Taman Nasional Lorentz membentang dari puncak Gunung Jayawijaya dengan ketinggian 5.030 mdpl hingga perairan pesisir dengan hutan bakaunya di Laut Arafuru.Luas Taman Nasional Lorentz adalah 2.505.600 hektare dan sebagian besar kawasan ini merupakan hutan yang belum terjamah oleh manusia. Taman ini ditunjuk sebagai taman nasional sejak tahun 1997. Taman Nasional Lorentz terletak di dua provinsi yaitu Provinsi Papua, tepatnya di Kabupaten Jayawijaya, Paniai dan Merauke serta Provinsi Papua Barat di Kabupaten Fak-Fak.Untuk menuju ke sana, dari Kota Timika ke bagian utara kawasan menggunakan penerbangan perintis dan ke bagian selatan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma. Dilanjutkan dengan jalan setapak ke beberapa lokasi. 
Taman Bunga Nusantara, Kembaran Selecta di Cianjur
Traveler pasti tahu bukan, Taman Bunga Selecta yang sukses merubah wajah kota wisata batu bak negara-negara indah di Eropa. Ternyata kabupaten Cianjur, Jawa Barat juga mempunyai taman bunga yang tidak kalah keren bernama Taman Bunga Nusantara.Berada di taman bunga seluas 23 hektar ini berasa seperti liburan di Eropa. Taman Bunga Nusantara adalah taman bunga yang sangat luas di kabupaten Cianjur. Taman seluas 23 hektar ini terletak di Jalan Mariwati Km 7, desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi.Taman ini dibangun di atas lahan yang berada dekat dengan Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Jadi, sudah bisa dipastikan udara di taman ini pasti sejuk. Traveler Cianjur dan sekitarnya menjadikan Taman Bunga Nusantara sebagai destinasi wisata favorit untuk berakhir pekan.
Pesona Taman Nasional Bantimurung, The Kingdom of Butterfly
 – Sulawesi Selatan terkenal dengan wisata bahari dan kuliner yang tiada duanya. Namun, bukan hanya pantai dan makanannya yang menjadi primadona. Ada juga taman nasional yang menjadi primadona di provinsi ini.Namanya Taman Nasional Bantimurung, taman tersebut adalah cagar alam dengan luas 480 km2. Nama Bantimurang merupakan kombinasi dari ‘membanting kemurungan‘. Taman Nasional Bantimurung dijuluki The Kingdom of Butterfly oleh seorang ahli antropologi dan biologi dari Britania Raya, Alfred Russel Wallace.Di taman nasional ini ada sekitar 20 jenis kupu-kupu yang ditangkarkan, bahkan di antaranya ada beberapa spesies unik yang hanya ada di Sulawesi Selatan, antara lain Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana.
Menikmati Keindahan Air Terjun Lubuk Bigau di Riau
 – Riau adalah salah satu provinsi terkaya di Indonesia dengan sumber dayanya didominasi oleh sumber alam terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit, dan perkebunan serat maupun hasil hutan. Riau juga terkenal memiliki berbagai wisata yang indah, terkenal, dan baik untuk dikunjungi bersama teman, sahabat atau keluarga saat liburan.Seperti Taman Nasional Bukit Tigapuluh, Taman Nasional Tesso Nillo, Candi Muara Takus, dan lain sebagainya.  Nah, untuk kali ini kami akan membahas keindahan Air Terjun Lubuk Bigau sebagai bahan referensi liburan kamu saat berkunjung ke provinsi Riau, Indonesia.Air Terjun Lubuk Bigau merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia yang wajib kamu sambangi. Penasaran dengan keindahan Air Terjun Lubuk Bigau?
Indahnya Taman Nasional Kayan Mentarang
 – Pasti sobat banyak yang belum tahu dengan Taman Nasional Kayan Mentarang ini? Taman Nasional ini menjadi objek wisata dengan keanekaragaman hayatinya. Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 1 juta hektar dengan spesies mamalia berjumlah 96 jenis, dan spesies burung berjumlah 200 jenis, ditambah lagi berbagai jenis flora endemik lainnya.Atas kekayaan yang dimiliki Taman Nasional Kayan Mentarang itulah, akhirnya ditetapkan menjadi taman nasional melalui Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor: 651/Kpts-II/1996 tanggal 7 Oktober 1996.Taman Nasional Kayan Mentarang terletak di Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Malaysia. Perjalanan untuk menuju kawasan pun dapat menjadi perjalanan wisata yang mengesankan, karena akses yang dilalui hanya melalui transportasi air dan udara.
Berwisata eksotisme ala Afrika di Taman Nasional Baluran
 – Nasional Baluran berada di Pulau Jawa tepatnya wilayah Banyuputih Situbondo Wongsorejo Banyuwangi utara Jawa Timur. Taman Nasional ini merupakan salah satu taman yang berbatasan dengan Selat Madura, dan berada di sebelah timur berbatasan dengan Selat Bali.Taman ini diapit dengan dua gunung yaitu Gunung Semeru dan juga Gunung Ijen, di tengah-tengah taman juga terdapat gunung Baluran yang kini sudah tidak aktif lagi. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Taman Nasional Baluran, bisa menggunakan akses yang cukup mudah.Apakah anda berasal dari luar daerah Jawa Timur? Anda harus datang terlebih dahulu ke kota Surabaya kemudian mengambil rute jalur pantai utara ke arah timur, dengan melewati kota Pasuruan Kota Probolinggo kota Situbondo dan kota Banyuputih.
6 Taman Nasional Paling Indah di Dunia
Taman nasional merupakan sesuatu yang sangat berharga, karena di dalamnya kita bisa melihat banyak keindahan alam, baik itu dari segi flora maupun fauna yang khas dari suatu daerah.Dan seperti yang kita ketahui bersama bahwa, Indonesia memiliki banyak sekali taman nasional, yang tersebar di berbagai provinsi dari Sabang hingga Merauke. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai masyarakat Indonesia, untuk selalu menjaga dan melestarikan taman-taman nasional tersebut.Dengan begitu, keindahannya tidak akan pudar dimakan oleh waktu, serta dapat dinikmati oleh generasi penerus kita. Namun tidak hanya Indonesia yang memiliki taman nasional, melainkan hampir seluruh negara di dunia ini juga memiliki taman nasional yang begitu indah.
Ekspedsi Alam Liar ke Taman Nasional Ujung Kulon
Alam liar di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Konon, dulunya kawasan ini, pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli botani asal kebangsaan Jerman F.Junghun.Pada tahun 1921 oleh Pemerintah Hindia Belanda kala itu, Ujung Kulon dan Pulau Panaitan ditetapkan sebagai kawasan suaka alam. Dan pada tahun 1992, status Ujung Kulon berubah menjadi Taman Nasional.Tidak hanya itu saja, Ujung Kulon juga ditetapkan sebagai warisan alam dunia oleh badan PBB UNESCO. Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki banyak kekayaan alam yang bisa kita nikmati. Sebut saja seperti Cigenter, Curug Cipaniis, tempat ziarah, dan masih banyak lagi lainnya. 
Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran Serasa Nuansa Afrika
.co.id – Indonesia merupakan sebuah negara yang besar dan memiliki keanekaragaman satwa serta tumbuhan yang sangat mengagumkan. Hal tersebut merupakan fakta yang tak terbantahkan lagi, karena dapat ditemukan dalam berbagai ekositem dan keanekaragaman hayati serta hewani, yang bisa ditemukan di Indonesia.Salah satu tempat yang dapat merepresentasikan kekayaan alam Indonesia tersebut ialah Taman Nasional Baluran.Taman Nasional ini terletak di kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Keunikan dan kelebihan Taman Nasional Baluran terletak pada kondisi alamnya,  kondisi alam Taman Nasional ini, didominasi oleh kawasan savana yang cukup luas.
Enam Taman Nasional Paling Indah di Indonesia
Bagi para pecinta alam, taman nasional merupakan salah satu tempat paling indah yang wajib dijelajahi. Suasana liar yang ditawarkan oleh taman nasional, menjadi sebuah panggilan alam, yang senantiasa mengusik jiwa-jiwa para petualang. Dan sebagai sebuah negara tropis serta kepulauan, negeri kita Indonesia ini, memiliki banyak sekali taman nasional.Jika dihitung-hitung, mungkin ada sekitar 50 taman nasional, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kesemua taman nasional yang ada di Indonesia tersebut, menawarkan pesona alam yang sungguh menakjubkan.Namun, dari sekian banyak taman nasional yang ada di Indonesia, taman mana sajakah yang memiliki keindahan luar biasa, sehingga banyak wisatawan yang bersedia mengunjunginya?
Menyusuri Objek Wisata Cantik di Riau
Dibanding provinsi sebelahnya, Riau mungkin tidak lebih terkenal soal wisata. Ya, eksotisme tempat-tempat di kepulauan Riau macam Anambas seolah menenggelamkan spot-spot menarik di Riau. Sebagai catatan, Riau dan Kepulauan Riau itu beda.Nah, meskipun secara pamor mungkin tidak setenar si tetangga sebelah, di Riau sendiri sebenarnya banyak tempat oke yang bisa kita kunjungi dan tak kalah kece.Berbeda dengan kepulauan Riau yang secara geografis berbentuk pulau-pulau, yang secara otomatis menawarkan pantai dan laut, di Riau lebih variatif dan lengkap. Semua jenis destinasi oke bisa didapatkan di tempat ini. Mulai air terjun sampai dengan sungai eksotis. Riau aslinya benar-benar tak kalah kalau harus bersaing dengan Kepulauan Riau.
Harmonisasi Alam di Taman Nasional Tesso Nilo Riau
Objek wisata alam Tesso Nilo menyajikan pemandangan alam yang indah dan menarik, serta kehidupan satwa liar yang hidup di alam bebas. Di Taman Nasional Riau ini kita juga dapat menemukan tempat konservasi gajah.Menelusuri keindahan hutan Tesso Nilo dengan menunggangi gajah sambil menelusuri wisata alam dengan menelusuri satwa liar yang berada di kawasan hutan ini. Bahkan bagi kita yang membawa kamera, dapat mengabadikan foto-foto satwa yang hidup di alam liar ini sambil menyalurkan bakat atau pun hobi.Konon, dari keterangan petugas yang mendampingi perjalanan kami beserta rombongan di Taman Nasional Tesso Nillo, di kawasan hutan ini masih terdapat beberapa satwa liar yang hidup bebas, seperti harimau Sumatra, tapir, rusa, dan beruang madu.
4 Taman Paling Menakjubkan di Dunia, Wajib ke Sini
 – Taman merupakan salah satu tempat yang sering digunakan banyak orang untuk bertamasya. Dengan berbagai jenis tanaman hingga dekorasi alam yang begitu indah, terkadang membuat betah banyak orang ketika berada di sebuah taman.Rumput hijau serta bunga-bunga yang bermekaran membuat sempurna keindahan taman tersebut. Di dunia ini sudah banyak jenis taman yang telah dibuat, baik itu yang dibuat secara alami hingga taman yang dibuat dengan berbagai desain unik dan menakjubkan.Seperti yang terjadi pada taman-taman di bawah ini. Dijuluki sebagai taman paling menakjubkan, karena memang taman ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan tak pernah bosan ketika bertamasya di sana. Di mana saja?
Menikmati Pagoda Tertinggi dan Terindah di Taman Alam Lumbini
 – Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo. Di sini, terdapat sebuah atraksi wisata yang membuat Anda tidak merasa di Indonesia. Destinasi wisata ini adalah Taman Alam Lumbini, yang letaknya 50 km dari Medan. Memakan waktu sekitar dua jam perjalanan dengan berkendara. Dan sangat dekat dengan tujuan wisata lainnya, yaitu Brastagi.Untuk masuk ke kawasan Taman Alam Lumbini, Anda tidak akan dipungut biaya untuk tiket masuk sepeser pun. Bagi setiap pengunjung yang memasuki lokasi Taman Alam Lumbini, hanya akan diminta untuk mengisi buku tamu yang terdapat di depan gerbang masuk. Namun tenang saja, karena objek tujuan wisata ini dikelola dengan manajemen profesional.Objek wisata ini sudah memperlengkap diri dengan fasilitas penunjang yang akan menyamankan para pengunjung yang datang untuk berwisata ke tempat ini. Taman Alam Lumbini ini memiliki Pagoda tertinggi dan terindah di Indonesia. Terindah, karena letaknya di atas bukit di daerah Brastagi, Sumatera Utara. Kemegahan Pagoda di Taman Alam Lumbini ini terlihat karena megahnya bangunan yang diselimuti cat berwarna emas yang sangat cerah. 
Empat Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi Jika ke Asmat
Asmat merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa. Contohnya saja ialah taman nasional Lorenz yang masih sangat alami.Selain alamnya, kabupaten Asmat juga memiliki banyak potensi wisata lainnya, baik itu dari sisi budaya hingga sosial. Nah kalau kamu penasaran apa saja objek wisata yang bisa kamu kunjungi bila berkunjung ke sana. Berikut kami akan informasikan tentang objek-objek wisata di kabupaten Asmat.1. Taman Nasional LorenzTaman nasional Lorensz merupakan salah satu taman nasional terluas yang ada di asia tenggara. Selain itu ekosistem taman nasional ini juga merupakan ekosistem dengan keanekaragaman hayati paling lengkap yang ada di asia pasifik.