Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Ini Penyebab Menopause Dini Terjadi pada Wanita

Menopause umumnya terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia 40-50 tahun. Siklus ini biasanya menandakan bahwa wanita sudah berhenti dalam melakukan reproduksi, dengan kata lain sudah tidak bisa lagi mendapatkan anak.

Namun, ternyata menopause juga bisa terjadi lebih awal atau menopause dini. Kondisi ini terjadi lebih awal, bahkan ada wanita yang mengalami menopause dini di usia 20 tahunan. Nah, Anda mungkin penasaran dengan penyebabnya. Untuk itu, simak ulasan berikut tentang beberapa alasan mengapa menopause dini terjadi pada wanita.

Turunan dan masalah genetis. Alasan pertama adalah karena keturunan, jika ada salah satu saudara wanita kita baik ibu atau nenek yang mengalami menopause dini, ini juga dapat diturunkan pada anaknya. Penyebab lainnya adalah masalah genetis, di mana terjadinya sindrom Fragile X, di mana ovarium mengalami kekurangan gen Primer Fragile X.

Read Full Article
Begini Pencegahan Penyakit Osteoporosis
Penyakit osteoporosis saat ini sudah menjadi masalah yang serius di dunia. Di mana angka kejadian dari waktu ke waktu semakin meningkat, terjadi pada lansia bahkan yang berusia muda.Osteoporosis ini bisa terjadi pada pria dan wanita. Kalau pada pria, umumnya saat mereka berusia 55 tahun ke atas. Sedangkan kalau pada wanita, biasanya terjadi pada masa-masa menjelang menopause.Osteoporosis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan massa tulang dan kerusakan mikroarsitektur jaringan tulang, yang bisa menyebabkan tulang rapuh serta mudah patah.
Gejala Perimenopause Wajib Diketahui Para Wanita
Untuk kaum hawa, apakah Anda menderita berbagai gejala yang tak terduga dan tidak diinginkan yang membuat Anda menggaruk-garuk kepala kebingungan?Jangan disepelekan, siapa tahu Anda sedang mengalami yang namanya gejala perimenopause. Anda mungkin sedang mengalami sebuah transisi alami wanita antara beberapa tahun menjelang menopause.Yang biasanya berlangsung 2 sampai 10 tahun, tergantung pada individu masing-masing. Kebanyakan wanita mulai mengalami perimenopause berusia empat puluhan, namun beberapa wanita sudah mulai merasakannya sejak dini di pertengahan usia tiga puluhan.
Kenali Penyebab Serangan Jantung Pada Wanita
Dibandingkan pria, wanita memiliki risiko lebih kecil terkena serangan jantung. Kenapa demikian? Karena wanita memiliki kadar hormon estrogen yang tinggi, sehingga ampuh untuk melindungi tubuh dari penyumbatan pembuluh darah pada jantungnya.Namun, ketika wanita sudah menopause atau berhenti menstruasi, maka dia akan memiliki risiko terkena serangan jantung yang sama dengan pria. Ketika menopause, wanita mengalami penurunan hormon estrogen, sehingga menyebabkan tubuh wanita kesulitan dalam menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuhnya.Tidak hanya itu, karena meskipun belum menopause, wanita juga bisa memiliki risiko terkena serangan jantung yang sama dengan pria. Lantas, kira-kira apa saja yang menyebabkan serangan jantung pada wanita?
Ternyata, 12 Makanan Ini Percepat Penuaan Dini
Wanita mana sih yang ingin terlihat tua dari usianya? Penuaan dini merupakan proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang mulai mendapati kerutan kulit di wajah pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia awal 20-an.Ada banyak faktor penyebab penuaan dini, salah satunya makanan. Makanan memang sumber energi dan tubuh kita untuk sistem imunitas, menjaga daya tahan terhadap penyakit. Meski begitu, kita harus selektif memilih makanan, jangan sampai hanya karena nikmat dan mengenyangkan, lantas kita sembarangan memilih makanan.Tahukah Anda bahwa, ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat Kulit Anda segar dan awet muda. Demikian juga, ada pula makanan-makanan yang bisa mempercepat penuaan. Sebelum terlambat, sebaiknya Anda hindari atau kurangi beberapa makanan yang mempercepat penuaan dini mulai dari sekarang. Ingin tahu, apa sajakah makanan yang membuat Anda lebih cepat tua?
Hindari Empat Makanan Ini untuk Cegah Penuaan Dini
Tahukah Anda penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit seseorang? Mungkin kebanyakan di antara kita akan menjawab, polusi dan paparan sinar matahari sebagai biang keladi terjadinya keadaan yang paling dihindari oleh kebanyakan kaum hawa tersebut.Namun, pernahkah terpikir bila ternyata penuaan dini, seperti munculnya garis di sekitar mata, dan juga berkurangnya elastisitas kulit atau keriput, justru disebabkan oleh jenis makanan tertentu yang kita konsumsi sehari-hari.Berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com, mengungkapkan hasil penelitian para ilmuwan di Baylor College of Medicine, Houston, Amerika Serikat, yang membenarkan bahwa makanan yang kita konsumsi bisa memengaruhi terjadinya penuaan dini, khususnya pada kulit wajah.
5 Penyebab Anak-anak Alami Pubertas Dini
 – Masa pubertas merupakan masa yang umum terjadi pada manusia. Masa ini dicirikan dengan perubahan fisik dan psikis yang cukup signifikan. Masa pubertas, umumnya terjadi di usia 10 tahun dan selesai pada usia 16-17 tahun.Namun, saat ini banyak kekhawatiran di mana masa pubertas terjadi lebih awal dari yang seharusnya. Bahkan, ada anak-anak yang mengalami pubertas di usia 5 tahun. Tentu kondisi ini tidak begitu wajar, karena usia tersebut bukan usia di mana manusia harus mengalami masa pematangan secara siginifikan.Nah, berikut ini ada penyebab pubertas dini yang sebaiknya diketahui. Salah satunya adalah malnutrisi. Anak yang mengalami malnutrisi juga dapat menyebabkan pubertas dini. Anak-anak dengan kekurangan gizi memiliki risiko mengganggu siklus endokrin yang mengatur masa pubertas.Baca selengkapnya...
Penyebab Kulit Wajah Cepat Keriput dan Menua
Kulit keriput atau menua merupakan momok yang sangat menakutkan sekali bagi semua wanita. Kulit keriput akan membuat wanita menjadi tidak menarik dan tidak cantik lagi. Namun hal itu merupakan siklus kehidupan yang tak bisa dihindari oleh siapapun.Namun yang menjadi masalah terbesar bagi wanita adalah ketika tanda penuaan seperti keriput muncul di usia muda atau yang sering disebut dengan penuaan dini. Ya di kehidupan modern yang serba mudah ini, banyak sekali orang yang mengalami kulit keriput di usia muda atau penuaan dini.Kulit yang keriput, dan kendur ini tentu akan membuat wanita menjadi tidak percaya diri. Oleh sebab itu masalah keriput pada kulit atau penuaan dini harus segera diatasi agar kulit wajah Anda kembali kencang dan cantik mempesona. Baca selengkapnya ...
10 Tanda Awal Menopause yang Jarang Wanita Ketahui
Semua wanita di seluruh dunia pastinya akan mengalami menopause. Ini merupakan hal yang tak terelakan lagi. Sejalan dengan menopause yang menghampiri, terdapat beberapa gejala yang bisa dialami seorang wanita. Gajala-gejala ini dapat terjadi pada tahap awal menopause, atau terjadi pada setelah beberapa bulan hingga empat tahun, sebelum tahap akhir terjadi.Tiap wanita memiliki gejala menopause yang berbeda-beda. Beberapa wanita bahkan bisa melewati fase ini tanpa terjadi masalah atau komplikasi apa pun. Namun, beberapa lainnya dapat melewati fase ini dengan berbagai gejala dan harus bertahan dengan itu. Gejala menopause dapat berkaitan dengan menurunnya produksi estrogen ataupun progesteron.Kemudian timbul sebuah pertanyaan, karena setiap wanita memiliki gejala menopause yang berbeda, gejala apa lagi yang dapat timbul akibat menopause ini? Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai beberapa gejala menopause yang dapat dialami seorang wanita. Berikut ini ulasannya.Baca Selengkapnya...
Ini Penyebab Menopause Dini Terjadi pada Wanita
Menopause umumnya terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia 40-50 tahun. Siklus ini biasanya menandakan bahwa wanita sudah berhenti dalam melakukan reproduksi, dengan kata lain sudah tidak bisa lagi mendapatkan anak.Namun, ternyata menopause juga bisa terjadi lebih awal atau menopause dini. Kondisi ini terjadi lebih awal, bahkan ada wanita yang mengalami menopause dini di usia 20 tahunan. Nah, Anda mungkin penasaran dengan penyebabnya. Untuk itu, simak ulasan berikut tentang beberapa alasan mengapa menopause dini terjadi pada wanita.Turunan dan masalah genetis. Alasan pertama adalah karena keturunan, jika ada salah satu saudara wanita kita baik ibu atau nenek yang mengalami menopause dini, ini juga dapat diturunkan pada anaknya. Penyebab lainnya adalah masalah genetis, di mana terjadinya sindrom Fragile X, di mana ovarium mengalami kekurangan gen Primer Fragile X.
Deteksi Dini Retinoblastoma pada Anak
 – Apakah retinoblastoma itu? Retinoblastoma adalah salah satu tumor ganas yang mengancam balita. Retinoblastoma merupakan tumor ganas intraokular yang paling banyak terjadi pada anak-anak dan pada umumnya pada usia balita.Tumor ini adalah tumor yang bersifat fatal, mulai penyebab hilangnya penglihatan hingga kematian. Namun, jika ditangani dengan baik dan diketahui sejak dini, maka angka kesembuhannya hingga 90 persen.Maka dari itu, kenali gejalanya yang ada pada balita Anda sejak dini, agar mata buah hati Anda dapat dicegah dari kebutaan. Lantas, bagaimana cara mendeteksi retinoblastoma pada anak? 
Empat Penyebab Uban Muncul Lebih Dini
Rambut beruban bukan hanya masalah bagi orang yang telah lanjut usia. Namun, mulai anak-anak sampai orang tua, saat ini ada yang mengalami rambut beruban. Jika yang terjadi ada pada orangtua, tidak ada masalah, bahkan hal ini dianggap wajar. Namun, jika Anda yang berusia 30 ke bawah, hal ini tentu membuat kita tidak percaya diri.Rambut beruban ini bisa menyerang siapa saja, tidak memandang laki-laki, atau perempuan. Uban juga tidak memandang usia, terkadang kita melihat ada seorang anak usia sekolahan, katakanlah masih duduk di bangku SMP, akan tetapi rambutnya sudah beruban. Maka, kita harus mengetahui apa sebenarnya yang terjadi, apa pula penyebabnya kenapa uban tumbuh lebih dini.Paling tidak ada empat penyebab uban itu muncul ketika usia masih belum wajar untuk tumbuh uban yaitu :Kekurangan GiziKekurangan gizi tidak hanya menyebabkan gangguan pada kondisi tubuh, namun juga pada kondisi rambut. Diet yang kurang tepat juga faktor kurang sehatnya rambut, karena diet yang kurang asupan protein. Jadi, bagi yang mau diet jangan asal diet, karena akan menyebabkan uban muncul lebih dini.Baca selengkapnya..
Awas, Risiko Penyakit Jantung Muncul sebelum Menopause
Menopause merupakan "perubahan hidup" yang menjadi fase normal dalam hidup wanita, seperti menstruasi, namun waktunya ada pula yang lebih cepat dikarenakan adanya suatu penyakit atau sebagai kelainan fungsi.Sejujurnya, proses menopause tubuh itu sendiri biasanya tidak bermasalah meskipun mereka mungkin tidak terasa nyaman , tapi beberapa risiko tidak terletak pada perubahan fisik lainnya yang mengarah ke fase pergeseran.Para peneliti telah mengetahui bahwa sindrom metabolik lebih sering terjadi pada wanita pasca-menopause, tetapi gejala tampaknya muncul sedikit lebih awal. Sindrom metabolik untuk sejumlah faktor, ternyata telah menempatkan seseorang pada risiko mengembangkan penyakit jantung koroner, serta diabetes atau stroke.
Atasi Masalah Ejakulasi Dini dengan Rebusan Daun Kemangi
.co.id – Ejakulasi dini merupakan masalah umum yang banyak dialami oleh kaum pria dewasa. Menurut sebuah laporan, 1 dari 3 orang pria mengaku bahwa, mereka biasa mengalami situasi demikian. Ejakulasi dini, erat kaitannya dengan soal kepuasan seksual kedua pasangan.Tak heran, jika hal semacam ini sering terjadi terutama dalam hubungan sebuah rumah tangga. Dampaknya bisa sangat menjengkelkan bagi para pria itu sendiri. dan mengecewakan bagi pasangannya. Lantas, apa sih tanda-tanda atau gejala dari ejakulasi dini itu sendiri?Jika seorang pria tidak mampu menahan ejakulasi selama lebih dari satu menit setelah penetrasi, maka hal itu bisa dikatakan sebagai ejakulasi dini. Siapapun orangnya, (dalam hal ini adalah kaum pria) bisa mengalami masalah ejakulasi dini atau prematur, terutama saat mereka dalam kondisi stres atau ada masalah lain, yang berkaitan dengan disfungsi ereksi. 
Umur Masih Muda, tapi Sudah Keriput? Ini Penyebabnya
.co.id – Masih muda, tapi sudah terlihat menua gara-gara banyaknya keriput atau kerutan di kulit? Kondisi ini tentu bisa membuat para wanita merasa panik, karena hampir semua wanita pasti ingin terlihat cantik dan awet muda.Munculnya kerutan atau keriput di usia yang masih muda atau yang disebut sebagai penuaan dini, ini biasa menimpa wanita. Penuaan dini merupakan proses penuaan yang terjadi lebih cepat, sebelum proses penuaan yang terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia.Penuaan dini biasanya bisa ditandai dengan perubahan tekstur kulit yang lebih keriput atau banyak kerutan. Mungkin tak banyak yang tahu, apa sih sebenarnya penyebab kulit keriput atau banyak kerutan. Agar lebih jelasnya, sebaiknya Anda simak penjelasan berikut ini.
9 Potret Kecantikan Wanita Korea Utara
Seperti yang kita tahu, Korea Selatan menyimpan banyak wanita-wanita cantik yang sudah dikenal dunia. Tapi berbeda dengan wanita-wanita di Korea Utara, yang tidak diketahui banyak orang karena mereka sangat tertutup dari dunia luar.Walau Korea Utara sangat tertutup, negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un itu juga menyimpan banyak wanita-wanita cantik. Hanya saja kecantikan wanita-wanita di Korea Utara tersegel, tak bebas seperti kecantikan wanita di Korea Selatan.Foto-foto hasil jepretan fotografer Mihaela Noroc ini akan membuktikan kecantikan wanita Korea Utara kepada dunia. Dalam proyek yang disebut "The Atlas of Beauty", Noroc menghabiskan beberapa waktu untuk memotret wanita-wanita Korea Utara.
Wanita Hamil Harus Hindari Minum Susu Sapi?
Makanan yang berasal dari hewan, pada umumnya secara alami mengandung hormon, tapi susu sapi dapat menjadi perhatian khusus.Hormon alami yang ditemukan bahkan dalam susu sapi organik, mungkin telah memainkan peran dalam studi yang menemukan hubungan antara produk susu dan penyakit manusia, seperti jerawat, jenis kanker tertentu dan gangguan reproduksi pria.Konsumsi susu juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko pubertas dini dan kanker endometrium pada wanita pasca menopause. Namun, tingkat hormon dalam makanan bisa menjadi sangat berbahaya dalam kasus populasi yang rentan, seperti anak-anak atau wanita hamil.
Kenali Penyebab dan Gejala Awal Penyakit Kista
Kista termasuk satu penyakit yang berbahaya bagi wanita, karena dapat menyerang organ reproduksi wanita dan mengganggu kesuburan wanita. Kista memiliki bentuk benjolan yang berisi cairan dan lokasinya berada di indung telur atau ovarium wanita.Penyakit kista bisa menyerang wanita di usia 20-30 tahun, terutama bagi wanita yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit kista. Selain factor genetik, kista juga bisa disebabkan beberapa hal.Sebut saja di antaranya debu dan polusi udara yang mengandung dioksin, pola makan tidak sehat terutama makanan berlemak , menopause, dan masih banyak yang lainnya. Berdasarkan tingkat keganasannya, penyakit dibagi menjadi dua jenis, yakni kista non-neoplastik dan kista neoplastik. Apa kista tersebut?
Tujuh Fakta Menopause yang Harus Anda Tahu
Menopause adalah fase tak terelakkan, yang pasti akan dialami oleh setiap wanita dalam hidupnya. Mayoritas wanita akan mengalami fase ini, setelah menginjak usia 50 tahun ke atas.Namun dalam beberapa kasus, ada juga wanita yang mengalaminya pada usia lebih dini. Melewati fase transisi ini tidaklah mudah, kebanyakan mereka akan mengalami simton yang tidak mengenakan.Mulai dari hot flash sensasi rasa panas pada tubuh bagian atas , perubahan suasana hati, dan lainnya yang dapat membuat kehidupan wanita menjadi tidak seimbang atau serba salah. Itulah sebabnya, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui fakta-fakta terkait tentang menopause yang perlu Anda tahu.
Waspadai, 7 Tanda Penuaan Dini yang Terjadi pada Wanita
 – Usia masih muda, tapi wajah sudah terlihat menua? Penuaan dini merupakan salah satu momok menakutkan bagi wanita. Jelas saja, siapa sih yang ingin terlihat lebih tua dari usianya? Meski menjadi tua itu suatu kepastian, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita selalu menjaga kesehatan kulit agar selalu terlihat kencang dan awet muda.Tahukah Anda, jika banyak sekali faktor yang mempercepat terjadinya penuaan, di antaranya sinar matahari, radikal bebas, udara terlalu lembap, olahraga berlebihan, dan masih banyak lagi lainnya. Penuaan dini terjadi begitu cepat, apalagi jika terlambat ditangani.Agar tak dihantui masalah penuaan dini, sebaiknya kenali beberapa tandanya. Karena hanya dengan mengenali tanda-tandanya, kita bisa segera melakukan upaya perawatan yang lebih serius untuk memperlambat penuaan dini. Lantas, apa saja tandanya?
Ssst... Ini 8 Gejala Wanita Mendekati Menopause
VIVA.co.id – Menopause adalah suatu keadaan pada wanita yang sudah tidak lagi subur, ditandai dengan tidak hadirnya haid. Buat Anda para wanita, boleh mewaspadainya namun tak perlu takut berlebihan, karena ini adalah hal yang lumrah dan sangat manusiawi.Menopause pasti akan terjadi pada semua wanita. Kehadirannya tidak bisa dihalangi maupun dimajukan. Pada umumnya, wanita di Indonesia mulai mengalami menopause saat berusia 48 tahun. Namun tentunya pada setiap wanita, datangnya menopause berbeda-beda, tidak bisa diketahui secara pasti.Secara fisik ada delapan hal yang bisa dijadikan tanda-tanda bahwa sebentar lagi menopause akan segera datang. Di antararanya adalah emosi yang kurang stabil. Selain itu, wanita yang sebentar lagi akan mengalami fase ini, mulai merasakan bahwa libidonya menurun. 
Usia Anda 18-44? Penyakit Ini Mengintai Anda
Jika Anda berusia antara 18 hingga 44 tahun, Anda harus melanjutkan membaca artikel ini, karena akan sangat berguna bagi kesehatan Anda, terutama untuk wanita.Ya, selama hidup, wanita akan mengalami banyak perubahan dalam tubuh, seperti perubahan emosional dan fisik, yang terjadi pada periode pubertas dan menopause.Usia, kadar hormon, dan melahirkan anak, merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan tubuh berevolusi. Fakta bahwa tidak ada dua wanita di dunia yang sama, menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada setiap wanita adalah hal unik.
Inilah Bahaya Hamil Usia Dini Kurang dari 18 Tahun
.co.id – Perkembangan ekonomi dan teknologi juga mempengaruhi perilaku remaja, banyak remaja yang hamil di luar nikah. Semakin hari tingkat kejadian semakin banyak. Mungkin banyak remaja yang belum mengetahui bahwa hamil pada usia kurang dari 18 tahun dapat membahayakan ibu dan bayinya.Melalui tulisan ini saya akan menginformasikan bahaya apa saja yang dapat terjadi jika hamilan usia dini. Melalui tulisan ini saya berharap remaja sadar akan bahaya hamil usia dini, yang pada akhirnya dapat menurunkan angka kehamilan usia dini di Indonesia.Menunda kehamilan pertama sampai minimal usia 18 tahun akan membantu kehamilan dan proses melahirkan yang lebih aman. Bagi bayi akan mencegah kelahiran prematur, sedangkan bagi ibunya proses kehamilan dan persalinan lebih lancar baik dari segi fisik maupun mental.
Lakukan Tujuh Hal Ini untuk Cegah Keriput di Leher
.co.id – Penuaan dini merupakan momok menakutkan bagi wanita. Tahukah Anda, jika tanda-tanda penuaan dini tidak hanya muncul di wajah tapi bisa juga di bagian tubuh yang lain, salah satunya pada leher. Leher termasuk bagian tubuh yang menunjang kecantikan, karena itu kita wajib menjaganya agar tetap cantik dan kencang.Sayangnya, masih banyak wanita yang mengabaikan perawatan leher, sehingga tanda-tanda penuaan dini mulai bermunculan di area tersebut, di antaranya kulit leher kering, bergelambir, kehilangan elastisitasnya, bintik hitam, dan masih banyak yang lainnya.Untuk mencegah penuaan dini pada leher, Anda bisa melakukan perawatan rutin sebagaimana yang dilakukan pada kulit wajah. Selain itu, jangan lupa melakukan tujuh hal ini untuk mencegah keriput pada leher.