Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Ketika Lebaran Memanggil Anak Rantau

Pulang kampung alias mudik adalah hal yang menyenangkan pada saat lebaran. Di mana, kerinduan terhadap keluarga, kerabat, sahabat, terbayar tuntas saat mudik. Pada umumnya, mereka yang tinggal di kota memang sudah menabung jauh-jauh hari sebelumnya, hanya untuk pulang kampung di saat momen lebaran tiba.

Sungguh sangat menyenangkan memang, saat momen itu tiba. Itu bagi yang punya kampung, lalu bagaimana yang tidak punya kampung halaman lagi? Sebenarnya, definisi kampung halaman ini juga belum jelas. Apakah kampung halaman itu tempat kita lahir? Atau, kampung halaman itu tempat orangtua kita menetap?

Misalnya, andai saya lahir di Amerika Serikat, apakah lantas kampung saya di sana? Atau juga, ketika orangtua yang berpindah-pindah kota, dari kota A ke kota B, lalu ke kota C lagi, selanjutnya pindah lagi sampai ke kota Z. Kalau seperti ini kasusnya, kota mana yang sebenarnya layak disebut kampung halaman?

Read Full Article
10 Makanan Khas Lebaran yang Populer Sepanjang Masa
Sebentar lagi lebaran, kira-kira ingin masak hidangan apa ya untuk lebaran nanti? Hidangan lebaran pasti harus spesial dari biasanya, karena pada momen tersebut umumnya akan menjadi ajang silaturrahim antar tetangga, teman dan keluarga besar.Selain ketupat ada banyak pilihan masakan yang bisa dihidangkan saat lebaran. Ada yang berkuah santan, kuah bening, lauk kering, bakaran, hingga yang kaya bumbu. Sebenarnya hampir setiap daerah memiliki ciri khas sendiri dalam pemilihan hidangan lebaran.Namun sayangnya tak banyak yang tahu dengan benar, apa saja makanan khas lebaran yang pas dan banyak disukai. Tidak perlu cemas, di sini kita akan membagikan informasi tentang 10 makanan khas lebaran, yang popular sepanjang masa.
Pesona Lebaran 2016, Paket Menuju Destinasi Unggulan
Menyambut Hari Raya Lebaran 2016 atau Hari Raya Idul Fitri 1537 Hijriah serta liburan panjang sekolah, Anda dapat menjadikan momen tersebut untuk mengadakan liburan bersama keluarga.Salah satunya adalah dengan mengikuti panduan paket "Pesona Lebaran 2016" yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata. Hal ini perlu Anda lakukan agar liburan keluarga saat lebaran menjadi lebih berkualitas.Panduan Paket Pesona Lebaran 2016 dimaksudkan agar ketika masyarakat berlibur ke destinasi wisata yang dituju dapat memanfaatkannya secara maksimal tempat-tempat wisata unggulan di wilayah tersebut.
Kasihan, 5 Pekerjaan Ini Tak Bisa Nikmati Mudik Lebaran
Mudik bagi masyarakat Muslim Indonesia menempati posisi yang cukup sakral. Mulai dari perayaan Lebaran, hingga wahana silaturahmi yang wajib dilakukan bersama handai taulan di kampung halaman.Itu baru kultural, belum lagi dihitung alasan struktural yang membuat banyak orang rela bermacet-macet ria, berpeluh ratusan kilometer untuk menunjukkan keberhasilannya di tanah rantau kepada saudara di tempat asal.Di luar itu semua, Lebaran adalah momentum untuk pertemuan-pertemuan yang bisa jadi hanya bisa dilakukan setahun sekali. Banyak yang rela tidak liburan ke mana-mana demi tambahan cuti di hari raya itu. Demi liburan di kampung halaman.
Lima Tips 'PDKT' dengan Calon Mertua Saat Lebaran
Alhamdulillah, hari kemenangan, hari raya idul fitri telah tiba. Saatnya kita saling memaafkan dan saling minta maaf. Seperti tradisi yang sudah-sudah di mana hari lebaran ini selalu digunakan sebagai ajang silaturrahmi atau halal bihalal dengan sanak keluarga yang mungkin sulit berjumpa ketika di hari biasa.Hal ini pula yang membuat jutaan orang rela mudik demi bisa lebaran di kampung halaman bersama keluarga. Nah momen lebaran ini juga merupakan momen yang sangat cocok sekali untuk melakukan PDKT dengan calon mertua. Kesempatan bersilaturahmi merupakan peluang mas bagi anda untuk bisa mendekatkan diri dan menciptakan rasa nyaman dan hangat bersama keluarga sang kekasih.Jika biasanya berkunjung ke rumah kekasih selalu dibarengi rasa deg-degan dan perasaan cemas, namun hal tersebut dapat diatasi jika anda berkunjung di waktu yang tepat seperti momen silaturrahmi saat lebaran seperti sekarang ini. Baca selengkapnya ...
Penyakit Serius yang Sering Terjadi Setelah Lebaran
Lebaran telah usai, sebentar lagi kita semua akan menjalani aktivitas seperti biasanya. Namun, perlu Anda ketahui, saat lebaran kemarin, mungkin Anda telah mengonsumsi berbagai makanan berlemak, makanan manis, daging, makanan bersantan dan berbagai makanan tidak sehat lainnya. Tahukah Anda jika makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh?Ya benar sekali, saat lebaran pola makan menjadi tidak terkontrol, semua makanan masuk tanpa pilih-pilih. Selain karena banyaknya tersedia makanan enak, juga dikarenakan perasaan balas dendam setelah berpuasa Ramadan.Namun akibat dari pola makan yang buruk saat lebaran serta banyaknya makanan tak sehat yang masuk membuat tubuh rentan terkena penyakit. Tak jarang banyak orang yang terkena penyakit setelah perayaan lebaran. Hal ini dikarenakan pola makan yang tidak sehat.Baca Selengkapnya...
Bertemu Mantan Saat Lebaran, Apa yang Harus Dilakukan?
Lebaran adalah momen, di mana kita bisa saling memaafkan antarsesama atas kesalahan yang pernah kita perbuat selama satu tahun ke belakang. Meminta maaf kepada keluarga, kerabat, dan teman memang sudah biasa dilakukan saat Lebaran. Tetapi, bagaimana dengan sosok mantan?Meski sedang Lebaran, tetap saja kamu bakal enggan meminta maaf kepada mantan yang dulu pernah menyakiti hati kamu sampai hancur berkeping-keping. Jadi, kebanyakan orang lebih cari aman dengan tidak pergi ke rumah mantan untuk meminta maaf.Begitu boleh-boleh saja sih. Tetapi, apa yang harus dilakukan jika kamu secara tidak sengaja bertemu mantan saat hari Lebaran, atau beberapa hari setelah Lebaran? Perlukah kamu meminta maaf kepada mantan yang pernah menyakiti kamu?Baca Selengkapnya...
Mengenal Tradisi Lebaran di Berbagai Belahan Dunia
Tak terasa sudah umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa Ramadan. Dan akhirnya merayakan Hari Raya Idul Fitri. Hari raya yang juga populer disebut dengan lebaran ini, banyak dirayakan di banyak negara, khususnya negara-negara yang berpenduduk mayoritas muslim.Namun demikian bukan berarti negara non-muslim tidak memiliki perayaan lebaran yang meriah. Umat Islam minoritas di banyak negara non-muslim umumnya memiliki ikatan emosi yang lebih dekat, sehingga saat lebaran tiba mereka akan merayakannya bersama-sama dalam suasana yang meriah. Berikut tradisi lebaran di berbagai negara di dunia.1. TurkiTurki, meski pernah menjadi pusat kesultanan Islam yang terbesar di dunia tapi negara ini sekarang lebih sekuler. Pun demikian perayaan lebaran di sana masih sangat meriah. Hari Raya Idul Fitri di Turki dikenal dengan nama Bayram. Pada saat itu warga yang beragama Islam akan mengenakan pakaian khusus, yang disebut dengan Bayramlik.
Tak Selamanya Lebaran itu Harus Baru
Puasa ramadan baru berjalan beberapa hari. Itu berarti hari raya lebaran masih jauh di depan. Namun, hawa lebaran seakan mulai terasa. Hembusan hawa lebaran tersebut dapat dicermati dengan menyimak berita dan informasi dari berbagai media.Sebenarnya, hal ini bukanlah sesuatu yang aneh. Kultur sosial masyarakat sudah berurat dan berakar dalam penyambutan lebaran. Penyambutan lebaran dengan berbagai persiapan fisik sudah berlangsung sejak lama.Jika menoleh ke belakang dan dekade yang lampau terutama di daerah pedesaan. Warga masyarakat sering mengidentikkan lebaran dengan sesuatu yang serba baru. Lantas, kenapa harus baru?
Ketika Lebaran Memanggil Anak Rantau
Pulang kampung alias mudik adalah hal yang menyenangkan pada saat lebaran. Di mana, kerinduan terhadap keluarga, kerabat, sahabat, terbayar tuntas saat mudik. Pada umumnya, mereka yang tinggal di kota memang sudah menabung jauh-jauh hari sebelumnya, hanya untuk pulang kampung di saat momen lebaran tiba.Sungguh sangat menyenangkan memang, saat momen itu tiba. Itu bagi yang punya kampung, lalu bagaimana yang tidak punya kampung halaman lagi? Sebenarnya, definisi kampung halaman ini juga belum jelas. Apakah kampung halaman itu tempat kita lahir? Atau, kampung halaman itu tempat orangtua kita menetap?Misalnya, andai saya lahir di Amerika Serikat, apakah lantas kampung saya di sana? Atau juga, ketika orangtua yang berpindah-pindah kota, dari kota A ke kota B, lalu ke kota C lagi, selanjutnya pindah lagi sampai ke kota Z. Kalau seperti ini kasusnya, kota mana yang sebenarnya layak disebut kampung halaman?
Mitos Tangisan Gadis di Air Terjun Tegan Kiri, Jambi
Kabupaten Bungo Jambi banyak memiliki objek wisata yang layak untuk Anda kunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Tegan Kiri. Ketinggian dari air terjun ini adalah sekitar 10 meter. Air terjun Tegan Kiri miliki keindahan panorama memesona, yang bisa menambah kenikmatan pandangan mata para pengunjung.Air Terjun Tegan Kiri terletak di Dusun Rantau Pandan, kecamatan Rantau Pandan, kabupaten Bungo, Jambi. Bahkan, air terjun ini sampai sekarang menjadi sumber mata air bagi penduduk rantau pandan.Air Terjun Tegan Kiri ini, awalnya ditemukan oleh orang suku Kubu atau Suku Anak Dalam SAD , kemudian mereka memberitakannya kepada penduduk dusun rantau pandan. Keturunan dari mereka yang menemukan air terjun inilah yang sampai saat ini mengelola dan menjaganya.
Mereka yang Tak Mudik di Hari Lebaran
Siapa yang tak bahagia ketika berkumpul bersama keluarga besar saat Hari Raya Idul Fitri? Pasti kita mendambakan bisa berkumpul dengan sanak famili di hari Lebaran. Hari Lebaran bagi umat Muslim di Indonesia adalah hal yang paling ditunggu selama setahun. Karena bisa berkumpul dengan sanak famili yang pulang merantau.Bisa berkumpul dengan orangtua di Hari Raya Idul Fitri adalah suatu kebahagiaan bagi anak rantau. Baik yang merantau karena sedang menempuh pendidikan, atau juga yang mengadu nasib di perantauan bekerja . Tidak ada yang paling dirindukan selain berkumpul bersama sambil bercengkerama dengan sanak famili.Selain itu, yang tak kalah seru ialah soal makanan super lezat dan kue-kue kering yang menggugah selera. Seperti opor ayam, lontong, rendang, ketupat, dan segala macam masakan khas lebaran. Yang terkadang hanya disajikan pada Lebaran Idul Fitri.
Waspada Penyakit yang Mengintai Setelah Lebaran
Lebaran sangat identik dengan moment silaturrahmi dan berbagai kepada sesama, saling memaafkan dan minta maaf. Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di dunia.Di hari Lebaran Idul Fitri ini, kita akan kembali fitrah atau suci lagi karena kita sudah saling memaafkan satu sama lain. Selain ajang silaturahmi, lebaran juga sangat identik dengan sajian makana lezat seperti ketupat, opor ayam, rendang, kue dan berbagai menu lezat lainnya.Namun perlu diwaspadai, di balik makanan-makanan lezat tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit jika anda tak bisa mengontrol nafsu makan anda saat lebaran. Baca selengkapnya ...
Tips Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Lebaran atau hari raya Idul Fitri telah berlalu, sebentar lagi kita akan menjalani rutinitas seperti biasanya. Namun setelah lebaran usai, biasanya terjadi masalah pada berat badan, terutama pada kaum wanita. Hal ini dikarenakan pola makan yang tak terkontrol saat lebaran. Berbagai menu makanan berlemak dan manis-manis masuk semua tanpa pilih-pilih, akibatnya berat badan naik derastis, dan hal ini menjadi masalah yang harus segera diatasi.Memang bukan rahasia lagi, jika lebaran atau hari raya Idul Fitri menyebabkan kenaikan berat badan pada sebagian besar orang. Hal ini karena ketika hari raya berbagai menu makanan lezat dan berlemak tersedia.Untuk menurunkan berat badan setelah lebaran sebenarnya mudah-mudah sulit. Mudah karena memang mudah dilakukan, sulit karena ada beberapa orang yang tidak berhasil dalam menurunkan berat badan. Namun semua tergantung pada niat dan usaha masing-masing. Nah, berikut kami berikan beberapa tips menurunkan berat badan setelah lebaran.Baca Selengkapnya...
Tips Mudah Pilih Baju Lebaran Sesuai Bentuk Tubuh
Ketika lebaran sudah tinggal menghitung hari, pastinya banyak persiapan penting untuk disiapkan, termasuk memilih baju lebaran. Baju lebaran tidak harus selalu baru, seperti yang sudah menjadi tradisi di Indonesia ini.Jika ingin tampil menawan cukup dengan mengenakan baju lebaran yang bisa menutupi kekurangan dan bisa mengaksentuasi kelebihan yang ada di tubuh Anda. Nah berikut ada beberapa tips mudah memilih baju lebaran yang sesuai dengan bentuk tubuh.Jadi cukup dengan mengaplikasikan tips-tips ini, Anda sudah bisa tampil maksimal saat lebaran nanti. Penasaran seperti apa? Simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini.
Kantong Tipis Usai Lebaran? Hadapi dengan Cara Ini
Lebaran bikin kantong Anda tipis? Jelas saja, karena umumnya orang berpikir bahwa lebaran itu datangnya cuma setahun sekali, jadi tidak masalah jika dirayakan dengan semeriah mungkin. Tak peduli berapa banyak duit yang dihabiskan, yang penting lebaran harus bersenang-senang.Makan-makan, rekreasi, reuni dan beberapa acara seringkali digelar untuk menambah meriahnya suasana lebaran sehingga tak mengherankan jika banyak yang mengeluh kantong tipis seusai lebaran. Masalah kantong tipis seusai lebaran tidak bisa diremehkan, karena bisa mengakibatkan terjadinya defisit pada hari-hari bahkan bulan-bulan selanjutnya.Kira-kira bagaimana cara menanggulangi masalah kantong tipis seusai lebaran? Agar lebih jelasnya, simak cara bijaknya agar masalah keuangan Anda segera membaik pasca lebaran, berikut ini:
10 Tradisi Lebaran Paling Unik di Indonesia
Idul Fitri atau lebaran atau yang biasanya juga disebut hari kemenangan adalah, salah satu momen paling penting bagi umat muslim di seluruh di dunia, termasuk Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.Di Indonesia, lebaran merupakan salah satu perayaan yang dirayakan secara besar-besaran oleh umat muslim yang tersebar di pelosok pelosok daerah. Di mana, setiap daerah tersebut memiliki tradisi unik sendiri dalam rangka menyambut datangnya lebaran.Tradisi lebaran ini sudah menyatu dengan budaya-budaya daerah tersebut tanpa meninggalkan akidah ajaran agama Islam. Lantas, tradisi lebaran apa saja yang paling unik di Indonesia?
7 Makanan Ini Banyak Dicari Setelah Lebaran
Saat lebaran, umumnya para ibu menyediakan aneka hidangan spesial untuk menjamu keluarga maupun tamu yang datang. Makanan berlemak, bersantan dan berbumbu tebal seringkali menjadi pilihan yang dihidangkan saat lebaran.Bosan, sudah pasti. Apalagi pada saat lebaran banyak pedagang makanan yang cuti untuk pulang kampung, atau sekedar menikmati meriahnya lebaran. Jadi, mau tidak mau kita harus rela menikmati makanan yang dihidangkan saat lebaran.Kondisi itulah yang membuat beberapa orang rela berburu aneka jenis makanan tertentu setelah lebaran. Alhasil, pedagang yang menjual beberapa jenis makanan tersebut menjadi kewalahan melayani pembeli.
5 Orang yang Kaya Mendadak Saat Lebaran
Berbicara tentang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, tentu merupakan suatu kabar gembira bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebab di hari yang fitri ini kita akan merasakan kemenangan setelah berhasil melawan hawa nafsu yang ada pada diri sendiri. Di hari yang fitri ini tentu akan membawa banyak berkah bagi umat muslim.Selain menjadi momen yang bermanfaat dan memulai kehidupan baru yang lebih baik, momen Lebaran juga merupakan momen yang tepat untuk berterimakasih atas segala rezeki dan segala kebaikan yang telah diberikan Allah SWT kepada kita.Tapi, tahukah Anda kalau di hari Lebaran ini dapat mendatangkan kekayaan bagi sebagian golongan orang tertentu? Ya, orang-orang ini akan segera kaya mendadak ketika akan memasuki hari raya idul fitri. Siapa saja orang-orang yang dimaksudkan? Berikut ini lima orang yang kaya mendadak saat Lebaran:Baca selengkapnya..
Jangan Lupakan Ini Saat Bertemu Calon Mertua di Hari Lebaran
Lebaran sebentar lagi. Tentu, semua persiapan untuk menyambut Lebaran sudah benar-benar matang, bukan? Ya, Lebaran memang berbeda dengan hari raya lainnya. Di Hari Raya Idul fitri, kita akan menyambut sanak saudara yang datang untuk bersilaturahmi. Hal inilah yang membuat semua orang bersiap-siap untuk menyambutnya.Selain silaturahmi pada sanak saudara, Lebaran juga kerap dijadikan sebagai ajang perkenalan dengan calon mertua. Nah, berbicara tentang momen bertemu dengan calon mertua di hari Lebaran, kali ini kita akan memberikan tips, agar momen tersebut berjalan lancar dan sempurna bagi Anda.Jadilah diri sendiriHal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum bertemu calon mertua adalah dengan menjadi diri sendiri. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan. Dengan menjadi diri sendiri, calon mertua akan lebih mudah menerima Anda. Orangtua lebih tahu apakah Anda berpura-pura, tulus, atau tidak tulus. Untuk itu, jadilah diri Anda sendiri. Jangan pernah berpura-pura menjadi orang lain.Baca Selengkapnya...
Lima Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Penjuru Dunia
Ketupat, opor ayam, dan rendang, adalah hidangan yang wajib ada saat Lebaran di Indonesia. Dengan adanya makanan khas Lebaran, tentunya Idul Fitri jadi terasa lebih berkesan dan berwarna.Namun, bukan hanya Indonesia saja yang memiliki makanan khas Lebaran. Beberapa negara mayoritas maupun minoritas Islam juga memiliki makanan khas yang wajib dihidangkan saat Lebaran.Soal rasa, hidangan-hidangan khas Lebaran dari berbagai penjuru dunia ini juga tak kalah enak dari ketupat dan opor ayam. Simak makanan-makanan khas Lebaran dari berbagai penjuru dunia berikut ini yang sudah kami himpun untuk Anda.
Sambut Lebaran dengan Kue Kastengel Bunga
Lebaran sebentar lagi, mari kita sambut gembira. Cepat ya? Dua minggu lagi sudah lebaran. Sudah pada beli tiket mudik belum? Berbicara masalah lebaran, apakah Anda sudah sedia kue untuk bersilaturahmi?Biasany, ibu-ibu menyediakan kue kering, bukan? Entah buat hantaran lebaran atau untuk di rumah saat menjamu tamu di hari raya. Begitupun dengan saya, untuk itu kali ini saya mau membagikan resep kastengel bunga.Kue kastengel ini adalah salah satu kue populer saat lebaran. Biasanya pasangannya sama kue nastar yang isinya nanas. Bentuknya yang khas, pasti orang sudah bisa menebak kalau itu kue kastengel dan nastar. Dari asal-usulnya, kastengel berasal dari bahasa Belanda, yaitu kaas keju dan stengels batangan .
6 Ide Usaha agar Banjir Uang Jelang Lebaran
Tak terasa, jika sebentar lagi sudah lebaran. Sepertinya, baru kemarin saya membelikan tablet untuk Machin dari uang saku saat lebaran. Pasti sebagian dari Anda, sudah ada yang menyiapkan banyak hal dalam menyambut lebaran nanti, bukan?Mulai dari menyiapkan baju lebaran, sandal baru, hingga kue suguhan yang layak untuk diberikan pada tamu nanti. Tapi, bagaimana yang belum menyiapkan hal tersebut, lantaran keuangan menipis dan belum memiliki penghasilan?Tak perlu khawatir, berikut ini terdapat beberapa ide usaha yang bisa kita gunakan menjelang lebaran. Siapa tahu bisa menjadi pekerjaan tetap kita selanjutnya. Kira-kira, usaha apa itu?
Trik Memburu Tiket Kereta Api untuk Lebaran
Saat mudik Lebaran adalah saat di mana kita bertemu keluarga, kerabat, serta sahabat. Banyak hal yang tak tergantikan saat momen lebaran ini. Mulai dari mengenang zaman sekolah, masa kecil dan pertemanan serta masa cinta monyet di sekolah.Pertemuan ini bagi kebanyakan orang sudah menjadi tradisi seakan ada sebuah magnet untuk selalu rindu kampung halaman. Berbeda dengan kami, seorang rantau yang jarak dengan kampung halaman bisa mencapai ribuan kilometer. Masih beruntung sekitaran pulau Jawa.Salah satu moda transportasi yang menjadi primadona saat ini adalah kereta api. Alih-alih mendapatkan tiket go show hari H tidak bakalan dapat kecuali harus memesan minimal seminggu sebelumnya, apalagi musim lebaran, harus di pesan 3 bulan sebelumnya bahkan jangan kaget kalau 10 menit membuka website KAI saat pemesanan bakalan habis terjual. Lalu, bagaimana trik agar bisa mendapatkan tiket?Baca Selengkapnya...