Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Soto Ayam Kampung Altar, Soto Pinggiran Alun-alun Jogja

Setiap setelah bersepeda, sebelum sampai rumah aku selalu melakukan rutinitas, yaitu kulineran di lokasi yang dilewati. Namun hampir 80 persen aku kalau habis bersepeda, makan atau sarapan paginya pasti makan soto.

Kalau makan soto rasanya segar kalau habis bersepeda, kuah yang nikmat di pagi hari. Nah minggu kemarin, 26 Februari 2017, saya bersama rekan mencoba mencicipi kuliner pinggir trotoar yang berada di Alun-alun Utara Yogyakarta. Soto ayam kampung pinggiran yang aku coba.

Tidak ada namanya hanya bertuliskan Soto Ayam, karena bingung menamainya apa, akhirnya saya namai Soto Ayam Kampung Altar alun-alun utara , sungguh ini pakai ayam kampung. Lapak sederhana dengan sebuah gerobak hanya menjual makanan, yaitu soto ayam kampung tanpa minum.

Read Full Article
Tips Buat Soto Lamongan yang Lezat dan Cepat
Soto termasuk satu kuliner yang paling banyak memiliki penggemar. Di Indonesia sendiri, soto memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan daerah masing-masing. Meskipun memiliki nama yang sama, namun rasa dan penampilan soto setiap daerah bisa dikatakan berbeda.Soto bisa dibuat dari bahan ayam maupun daging, begitu juga dengan kuahnya yang tidak selalu bening. Nah, kali ini kita akan membahas tentang soto Lamongan, karena kuliner yang satu ini cukup terkenal dan mudah ditemukan hampir di setiap daerah di Indonesia.Soto Lamongan sendiri menggunakan bahan dasar ayam dan kuah kaldu bening. Cara membuatnya juga sangat mudah dan cepat, jadi jika Anda ingin memasak sendiri soto Lamongan yang enak, ada baiknya simak tips yang ada berikut ini.
Cita Rasa Soto Bandung Ojolali yang Menggugah Selera
 – Soto Bandung memang memiliki ciri khas yang berbeda dibanding dengan soto daerah lainnya. Kalau di Makassar, soto (atau yang biasanya disebut coto Makassar) terkenal dengan kuahnya yang "keruh", akan tetapi kaya dengan rempah.Soto Pekalongan (tauto) memikat dengan bumbu tauconya, soto Lamongan kaya akan taburan koyanya. Soto Sokaraja kaya dengan tambahan bumbu kacangnya, soto Bogor menggoda dengan kuah kuningnya, dan masih banyak lagi aneka rasa dari jenis-jenis soto yang ada di berbagai daerah di Indonesia.Nah, jadi apa ciri khas yang membedakan soto Bandung dengan soto lainnya? Penggunaan lobak putih dan kacang kedelai di dalam kuah bening yang segar inilah, yang menjadi ciri utama dari soto Bandung. 
Sarapan Soto Pak Sugi di Pring Gading Magelang
Saat liburan akhir tahun kemarin, saya sarapan soto Pak Sugi Pring Gading Magelang. Ya, siapa yang tak kenal soto. Sayur berkuah dengan suwiran ayam dan tambahan soun serta kecambah lalu disiram kuah kaldu, duh segar sekali saat dimakan panas-panas.Cita rasa soto ayam Magelang ini hampir sama dengan soto Kudus dengan ciri khas kuahnya bening. Warung soto Pak Sugi ini berada di depan Hotel Pring Gading Jabon. Dan tendanya berada di trotoar. Sebenarnya di sekitar daerah Jabon Magelang, setiap paginya banyak berjejer penjual soto. Tapi, Soto Pak Sugi inilah yang dikenalkan pertama kali ke lidahku sama suami.Saat awal-awal datang di rumah ibu mertua, suami selalu mengajak makan soto ayam di Pak Sugi atau di depan alun-alun Magelang. Kata suami, sotonya lumayan enak dan lauknya juga pas di lidah. Ketika saya mencicipinya, sangat pas dengan lidah saya. Nah, kalau pas mudik ke mertua saya jadi ingin makan di sini.
Soto Betawi H. Ma'ruf, Kuliner Legendaris di Jakarta
Banyak kota yang punya kuliner khas yang namanya soto, sebut saja Soto kuning di Bogor, Soto Tauto di Pekalongan, Coto di Makassar, Sroto di Banyumas, Soto Medan, dan lain sebagainya. Begitu juga di Jakarta, ada hidangan yang namanya Soto Betawi sebagai salah satu kuliner Jakarta yang harus dicicipi.Salah satu penjual Soto Betawi legedaris yaitu Soto H. Ma ruf, yang berada di dalam komplek Taman Ismail Marzuki Cikini. Bagaimana tidak legendaris, soto ini sudah memulai usahanya sejak sebelum kemerdekaan. Cukup lama, bukan?Sejak tahun 40-an, sang pendiri Haji Ma ruf bin Said telah meracik bumbu untuk menghasilkan soto Betawi terbaik, dan saat ini usahanya telah diwariskan ke generasi keduanya. Potongan daging sapi, lidah, kikil, paru goreng, usus dan babat, tenggelam dalam kuah santan kental khas yang kaya rempah.
Soto Ayam Kampung Altar, Soto Pinggiran Alun-alun Jogja
Setiap setelah bersepeda, sebelum sampai rumah aku selalu melakukan rutinitas, yaitu kulineran di lokasi yang dilewati. Namun hampir 80 persen aku kalau habis bersepeda, makan atau sarapan paginya pasti makan soto.Kalau makan soto rasanya segar kalau habis bersepeda, kuah yang nikmat di pagi hari. Nah minggu kemarin, 26 Februari 2017, saya bersama rekan mencoba mencicipi kuliner pinggir trotoar yang berada di Alun-alun Utara Yogyakarta. Soto ayam kampung pinggiran yang aku coba.Tidak ada namanya hanya bertuliskan Soto Ayam, karena bingung menamainya apa, akhirnya saya namai Soto Ayam Kampung Altar alun-alun utara , sungguh ini pakai ayam kampung. Lapak sederhana dengan sebuah gerobak hanya menjual makanan, yaitu soto ayam kampung tanpa minum.
Lakukan Cara Ini agar Ayam Kampung Gurih dan Sedap
 – Memasak ayam kampung, tapi kenapa rasanya hambar dan kurang gurih? Meski tidak mengandung banyak lemak, namun ayam kampung memiliki rasa khas yang sedap. Ayam kampung bisa diolah menjadi aneka masakan yang lezat dan menggugah selera.Mulai dari soto, kare, ayam balado, rending, ayam panggang, dan lainnya bisa dibuat enak dari ayam kampung. Jika selama ini Anda merasa kesulitan memasak ayam kampung yang enak dan gurih, sebaiknya simak beberapa tips berikut ini.Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan merendam ayam bersama bumbu (marinade). Marinade merupakan proses membaluri ayam dengan bumbu hingga seluruh bagian ayam terendam, kemudian simpan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.
Tiga Jajanan di Purwokerto yang Wajib Dicicipi
Pada kunjungan ketiga ke Purwokerto, akhirnya saya bisa mencicipi jajanan terkenal di kota yang berada di bawah kaki Gunung Slamet ini. Sebelumnya, saya pernah makan di beberapa tempat, restoran kece di kawasan menuju Baturraden, mi ayam pinggir jalan, hingga soto lamongan lesehan di dekat GOR Satria.Untunglah, beberapa jam sebelum jadwal pulang ke Jakarta, saya dan Tama menyempatkan untuk jajan. Berikut ini tiga jajanan di Purwokerto yang cukup membuat saya puas dan kekenyangan.Soto ayam, Jalan Bank Haji Loso. Kalau membicarakan soto ayam, yang juga disebut sroto, khas Purwokerto, pasti yang disebut adalah soto Sokaraja. Sayangnya, saya belum mencobanya. Saya memilih soto ayam di Jalan Bank. Konon, soto ayam ini sangat laris didatangi beberapa tokoh nasional, bahkan SBY pun pernah mencicipinya..
Soto Betawi dengan Legenda Kelezatannya
.co.id – Orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan soto. Dan yang menarik di setiap daerah, khususnya di daerah Pulau Jawa, memiliki soto yang beragam rasa dan nama. Masyarakat Betawi juga mempunyai olahan masakan soto sendiri yang dikenal sebagai Soto Betawi.Soto Betawi diolah memakai santan dengan daging sapi, tomat, serta kentang. Soto Betawi sangat lezat serta sangat sesuai bila dihidangkan dengan nasi putih yang hangat. Makanan ini sangat pas untuk dijadikan menu makan siang.Kuahnya yang kental dari Soto Betawi ini terasa sangat gurih di lidah. Soto Betawi juga dapat menjadi salah satu makanan Betawi yang masih tetap awet serta tak hilang ditelan oleh perubahan arus modernisasi di kota Jakarta.
Kawanan Merpati di Alun-alun Kota Malang
Alun-alun merupakan ikon sebuah kota. Salah satu alun-alun kota yang tertata dan cantik adalah alun-alun di kota Malang. Sebenarnya, ada dua alun-alun di kota Malang, yang satu berada di depan Balai Kota dan lebih dikenal sebagai alun-alun bundar.Nah, untuk alun-alun yang satunya, warga terkadang menyebut namanya dengan alun-alun Jami. Hal tersebut dikarenakan, berada di depan masjid Jami, Malang. Tidak hanya itu, alun-alun ini juga biasa dikenal dengan yang terkenal dan kadang alun-alun Merdeka.Banyak fasilitas yang dimiliki oleh alun-alun kota Malang. Seperti wifi, taman bermain anak, dan gazebo. Desain alun-alun juga memberikan akses untuk pejalan dan pesepeda yang cukup memadai. Tidak hanya itu, ada salah satu yang menarik di alun-alun kota Malang adalah kawanan burung merpati yang sengaja dipelihara di dalam alun-alun. Menarik bukan?
Mampir Sejenak di Alun-alun Bundar Kota Malang
Tepat subuh kereta kami tiba di kota Malang, hawa merasuk dingin pagi kota Malang menyambut kami. Setelah salat subuh di masjid stasiun kami lalu mencari sarapan pengganjal perut.Ini kedua kalinya saya dan istri berliburan di kota ini. Pertama kali ke sini kami mencari kamar mandi yang ternyata kondisinya sungguh memprihatinkan, makanya untuk liburan ini kami kapok dan memilih langsung mencari sarapan dan jalan-jalan di sekitar kota yang jaraknya dekat.Semangkuk soto Madura dengan lahap saya habiskan. Tempat bagus paling dekat dengan stasiun adalah alun-alun bundar dan museum sejarah kota Malang. Karena museum tentunya belum buka, kami langsung berjalan menuju alun-alun bundar. Penasaran, perjalanan kami menuju alun-alun bundar kota Malang?
Alun-alun Kidul, Wisata di Yogyakarta yang Melegenda
Wisata di Yogyakarta memang tak terhitung jumlahnya, banyak sekali, mulai dari yang terbaru sampai yang melegenda. Nah, Alun-alun Kidul merupakan wisata di Yogyakarta yang melegenda. Sejak dulu, tahun 1755 saat Kesultanan Yogyakarta dibangun, Alun-alun Kidul sudah ada.Dulunya Alun-alun Kidul ini berfungsi sebagai tempat administratif, misalnya saja ada pengumuman dari Sultan untuk rakyatnya, atau juga tempat latihan, dan unjuk kekuatan antar para prajurit. Lalu yang kedua kedua, fungsi sosial budaya yaitu tempat berinteraksinya rakyat, mungkin dalam perniagaan, hiburan, atau pun kegiatan lainnya yang dilakukan bersama-sama.Kalau diperhatikan foto-foto zaman dulu, tak jauh bedanya dengan Alun-alun Kidul yang sekarang ini. Pohon beringin kembar yang berada di tengah alun-alun tersebut hanya semakin tinggi dan rindang saja. Memang ada apa saja ya di alun-alun tersebut?Baca Selengkapnya...
Soto Kadipiro, Legenda Kuliner Jogja sejak 1912
Apa yang kamu lakukan jika berlibur ke Jogja? Biasanya jawabannya akan seputar wisata sejarah dan wisata alam, belanja-belanji dimana Maioboro sudah menjadi spot wajib di kota ini dan pastinya wisata kuliner. Nah, Kuliner apa yang wajib kalo lagi ke Jogja? Buat saya paling tidak ada tiga: Gudeg, Sate Klathak dan Soto.Salah satu penjaja soto yang sudah melegenda di kota ini adalah Soto Kadipiro. Saya berkesempatan mengunjungi salah satu cabangnya di kota Jogja ini, Soto Kadipiro II di kawasan Wates. Konon inilah cabang pertamanya. Soto campur langsung saya pesan begitu masuk ke tempat makan yang cukup luas ini.Yang dimaksud soto campur adalah nasi dan sotonya disatukan dalam satu mangkuk. Kuah sotonya bening, seolah tawar, tapi begitu diseruput maka aroma gurihnya langsung memanjakan indera pengecap kita. Isiannya ada dua jenis yang bisa kita pilih: ada soto ayam yang berisi suiran ayam kampung dan soto daging yang berisi potongan daging sapi. Semuanya ditemani dengan irisan kol, tauge, bihun dan taburan bawang daun, selederi dan bawang goreng.Baca selengkapnya..
Nikmatnya Soto Babat Bu Mulyono
Saya tinggal di Bantul, selama ini menurut saya tidak ada soto yang paling enak di Bantul. Kuliner di Bantul lebih banyak didominasi oleh bakmi Jawa dan sate kambing.Mencari soto enak di Bantul, ibarat mencari jarum di tumpukan jerami. Berbeda dengan kota Jogja yang melimpah dengan soto-soto enak. Sebut saja soto Kadipiro, soto Pak Dalbe, soto Pak Marto, dan lain sebagainya.Rute perjalanan pulang saya melewati jalan utama menuju Bantul, nama jalannya pun jalan Bantul. Tiap saya lewat jalan tersebut, saya selalu tertarik dengan baliho besar bertuliskan Soto Babat Bu Mulyono.
Alun-alun Cianjur, Jumpa Pertama untuk yang Terakhir
Ini pertama kali saya menjejakkan kaki di Alun-alun Cianjur. Pertama dan mungkin untuk yang terakhir kali, karena Alun-alun Cianjur akan segera dipugar dan diperluas.Beruntung saya masih bisa menikmati pelataran alun-alun dan melihat-lihat situasinya saat ini, karena beberapa hari kemudian alun-alun ditutup untuk umum disebabkan pemugaran segera akan dilaksanakan. Namun, walaupun Alun-alun Cianjur akan segera dipugar, kecantikannya masih tetap dapat dinikmati sejak langkah kaki memasuki area alun-alun.Saat memasuki alun-alun, seakan kita disambut oleh pepohonan hijau di kiri-kanan jalan. Jalan masuk yang lumayan lebar ini ditutupi oleh blok-blok tembok di sisi kiri dan kanannya, sedangkan pada bagian tengah jalan dilapisi bebatuan kecil. Benar-benar cantik.
Di Tempat Ini, Kamu Bisa Nikmati Soto Pakai Daging Wagyu
Banyak kuliner soto yang ada di Indonesia, seperti soto Medan, soto Padang, soto Betawi, soto Bogor, soto Bandung, tauto, soto Lamongan, soto Banjar, coto Makassar, soto Garut, dan masih banyak lagi.Tapi ada satu kedai soto di Kota Bogor yang tidak cuma menyajikan soto kuning dan soto mie yang merupakan kuliner khas Bogor, tapi juga menyajikan hidangan soto yang berbeda, yang tidak pernah dijumpai di tempat lainnya.Sebut saja soto oseng, soto rica-rica, dan soto wagyu. Nama tempatnya Kedai Soto Ibu Rahayu. Buat yang suka pedas, ada soto rica-rica yang berisikan irisan daging sapi yang diolah bersama bumbu-bumbu khusus dan cabai, menyajikan rasa pedas yang menggigit, tapi bisa ternetralisir dengan kuah soto yang disajikan bersama olahan rica tersebut.
Tips Bedakan Ayam Kampung dan Broiler
Daging ayam kampung maupun ayam broiler, memang secara umum banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat di sekitar kita. Namun kenyataannya, masih ada saja yang merasa kesulitan untuk membedakan dari jenis daging ayam keduanya.Tidak sedikit orang juga lebih gemar mengonsumsi daging ayam kampung, bila dibandingkan ayam broiler--ayam dalam negeri. Karena kebanyakan, orang menganggap bahwa ayam kampung lebih terkesan alami dan terhindar dari ragam jenis obat-obatan kimia.Namun juga tidak sedikit pula orang lebih memilih daging ayam broiler untuk disajikan dalam bentuk hidangan di rumah. Jadi, bila dinilai dari segi kelezatan dan kenikmatannya, hal demikian memang berdasarkan selera masing-masing. Bukan begitu? Lantas, bagaimana untuk membedakannya?
Altar Marmer Kuno Anak Hercules dan Hydra Ditemukan di Turki
Sebuah altar marmer kuno menunjukkan, adanya seorang prajurit yang berjuang melawan ular raksasa. Altar ini telah ditemukan oleh warga desa di dekat Sungai Akcay, Turki.Menurut para ahli arkeologi, altar ini mungkin berasal dari abad ke-2 masehi saat kekaisaran Romawi menguasai daerah tersebut. Menurut arkeologi, sulit untuk manafsirkan ukiran yang terdapat pada altar.Mereka berpikir ini adalah ukiran gambar anak Hercules yang bernama Bargasos, saat berjuang melawan ular raksasa dewa sungai yang bernama Harpasos. Kepada siapa altar tersebut dipersembahkan? Pada saat penciptaan altar, Sungai Akcay dikenal sebagai Sungai Harpasos.
Menikmati Bubur Ayam Pak H. Amid di Kota Kembang
 – Bubur ayam di kota Bandung punya ciri khas yang berbeda, dengan bubur ayam di kebanyakan kota lainnya. Buburnya cenderung sudah gurih dengan aroma kaldu ayam yang menggoda tanpa dibubuhi apapun, sedangkan bubur ayam di kota lain sang bubur akan diberi guyuran "kuah" kuning yang memberikan aroma gurih pada sajian bubur ayamnya."Topping" di bubur ayam Bandung pun lebih meriah biasanya, di porsi lengkapnya selain suwiran ayam, kacang dan taburan seledri, kita juga bisa menemukan potongan cakue, ati ampela dan telur rebus. Jadi untuk memilih bubur ayam Bandung yang enak, patokan saya cukup dua: gurihnya bubur ayam dan kelengkapan "topping"-nya.Dengan patokan itu, juga saya menjadikan Bubur Ayam Pak H Amid sebagai salah satu penjaja bubur ayam favorit di kota kembang ini. Terkenal juga dengan sebutan Bubur Ayam Pajajaran, saya mulai mengenal bubur ayam ini waktu zaman kuliah dan langsung jatuh cinta pada suapan pertama.
Keliling Surabaya, Mampir ke Warung Soto Ayam Hartono
.co.id – Surabaya terkenal akan udaranya yang panas. Pun demikian, destinasi wisata yang ada di kota ini benar-benar populer di kalangan traveler. Tak hanya itu saja, kulinernya pun tak mudah ditemukan di kota lain.Salah satunya soto ayam yang rasanya nendang banget. Nah, penasaran di manakah warung soto ayam enak di kota ini? Di Surabaya ada sebuah warung kaki lima yang dari luar nampak kacau. Meski begitu, warung ini selalu ramai didatangi pembeli.Warung Soto Ayam Hartono, tempat makan yang tak pernah sepi pembeli itu. Dulunya, warung ini berada di Jalan Undaan Wetan dan hampir tak pernah sepi pembeli. Bahkan, mereka rela antre dan rebutan, demi bisa menikmati semangkuk soto ayam olahan Pak Hartono ini duluan.  Wah, jadi penasaran bukan, seenak apa Soto Ayam Hartono ini?
Ini 'Soto Sampah' dengan Rasa Mewah
Kota Jogja penuh dengan nama makanan yang unik. Kali ini saya menemukan soto dengan nama unik yakni 'sampah.' Nah, jangan berpikiran bahwa ini sampah sungguhan.Sampah yang dimaksud adalah penyajian yang sembarangan alias tidak beraturan seperti sampah. Soto ini seperti soto kebanyakan yang berisi tauge, mi, wortel dan lain-lain, tapi tidak ada suwiran daging dalam soto ini, hanya sedikit lemak sapi yang sedikit menjadi tambahan.Oleh karena itu, penjual soto ini menyediakan lauk pendamping yang bisa kita pilih sendiri, seperti telur dadar, sate, gorengan, maupun ayam goreng. Tampilan sederhana membuat saya mengingat soto masakan rumahan, yang biasanya penyajiannya sembarangan.
Alun-alun Malang, Bukan Sekadar Tempat Nongkrong
Alun-alun Malang merupakan salah satu ikon utama di kota Malang. Alun-alun yang telah direnovasi dan kembali dibuka pada tanggal 17 Juni 2015 lalu ini, hampir selalu dipenuhi pengunjung, terutama saat hari libur tiba.Kebanyakan pengunjung tidak hanya nongkrong saja, tapi juga melakukan banyak aktivitas. Ternyata, banyak hal yang bisa dilakukan di alun-alun Malang ini. Seperti salah satunya menikmati air mancur.Air mancur di tengah alun-alun bisa kamu nikmati pada jam-jam tertentu. Dimulai pada 07.00 sampai 08.00, kemudian 16.00 sampai 17.00. Air mancur kembali akan menari pada 19.00 sampai 20.00, dan penampilan terakhir dimulai pada 21.00 hingga 22.00.
Nikmatnya Semangkok Soto Ledokan Kartosuro
 – Indonesia kaya akan jenis soto. Ada soto Padang, soto Banjar, soto Madura, soto Lamongan dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan membahas nikmatnya soto "Ledokan " Kartosuro.Soto ledokan berada di Kartosuro, bila anda dalam perjalanan dari arah Yogya, warung ini berada di kiri jalan, samping toko Laris.Warungnya hanya kecil, dan buka dari jam 6 pagi- 19:00 WIB.Saya awal Oktober lalu selepas nyekar makam Bapak di daerah Sawit, Kartosuro. Mampir sarapan dulu di Soto Ledokan ini. Di warung soto Ledokan ada 2 variasi soto yaitu soto ayam dan soto daging.
Menikmati Soto Boyolali di Kota Kembang, Bandung
.co.id – Soto merupakan salah satu makanan khas daerah di Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki soto khas masing-masing. Soto Boyolali ini jadi salah satunya. Makanan khas daerah Boyolali ini memiliki cita rasa yang menggugah selera.Sedikit berbeda dengan soto pada umunya, soto yang satu ini justru ciri khasnya ada pada pilihan menu pendampingnya yaitu beraneka gorengan atau macam-macam pilihan satenya. Menimmati soto Boyolali di kota kembang dengan udara dinginnya, tentu dapat memberikan sensasi nikmat tersendiri. Soto Boyolali satu ini, isinya memang tidak seheboh soto-soto lainnya. Bisa dibilang soto Boyolali ini sangat sederhana, hanya berisikan campuran nasi, bihun, irisan kentang goreng, irisan daging ayam atau sapi, dan serpihan daun seledri.Tertarik mencobanya?