Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Mengapa Hoax Populer?

Beberapa waktu terakhir, hoax sedemikian populer. Ini bukan di Indonesia saja, tetapi di berbagai negara. Amerika Serikat sebagai perwujudan kemajuan dan kiblat sebagian besar sumber berita juga dilanda hoax.

Kampanye dan Pemilihan Presiden AS tahun 2016, merupakan salah satu bukti nyata populernya hoax di AS. Di Indonesia pun berita hoax ini peredarannya begitu masif, meskipun situs hoax terbilang lebih sedikit, tetapi peredarannya di media sosial cukup tinggi, karena ada kecenderungan berita hoax dibungkus oleh isu SARA.

Tentu menarik untuk memahami hoax ini. Pemahaman yang paripurna terhadap mengapa hoax muncul dan populer diperlukan, agar kita tidak salah kaprah dalam menanggapi hoax dan melakukan upaya peredaman terhadap hoax.

Read Full Article
Los Angeles Kembali Buka Kegiatan Sekolah Setelah Dapat Ancaman Bom Hoax
Seribuan sekolah di LA ditutup akibat ancaman bom hoax. Kini kegiatan belajar mengajar telah aktif kembali.
Berita Hoax Merajalela, Bagaimana Cara Penyebarannya?
 – Akhir-akhir ini Indonesia dipenuhi dengan berbagai berita dan informasi yang salah atau hoax. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan, karena kebanyakan warganet tidak mengecek kebenaran dari berita tersebut.Warganet biasanya langsung membagikan berita tersebut ke media sosial yang mereka punya tanpa peduli apa efek bagi orang lain yang membaca berita tersebut. Ada beberapa ciri warganet yang senang sekali membagikan berita hoax ini.Pertama, akun yang dia gunakan adalah akun asal jadi, asal buat, dan biasanya dia tidak menggunakan foto miliknya. Foto yang dia gunakan adalah foto yang dia ambil secara acak di internet.
Inilah Lima Suku Indonesia Paling Populer di Dunia
Sudah bukan hal umum lagi bahwa, kebudayaan Indonesia telah dilirik oleh mancanegara. Tentu saja, keberadaan suku-suku di Indonesia yang multicultural, dengan perbedaan adat istiadat membuat Indonesia semakin beraneka ragam.Ada beberapa suku di Indonesia yang begitu populer di dunia, yang memperkenalkan kebudayaan suku mereka masing-masing. Dan berikut ini terdapat 5 suku Indonesia yang paling populer di dunia.Jawa salah satunya, sebagai suku terbesar di Indonesia tentu suku Jawa sangat populer di dunia. Mengapa suku Jawa menjadi salah satu suku yang populer di Indonesia? Karena, bahasa Jawa ternyata menjadi bahasa yang digunakan oleh beberapa negara di dunia.
Alasan Orang Introvert Bisa Lebih Sukses dalam Hidup
.co.id – Ada stereotip yang mengatakan bahwa, orang-orang nerd, aneh, unik, introvert dan ansos (anti sosial) cenderung lebih sukses saat dewasa ketimbang remaja yang masa mudanya gaul, populer, dan suka cari perhatian.Faktanya memang banyak contoh-contoh figur nerd dan introvert yang sukses luar biasa seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan lain sebagainya. Namun, bukan berarti semua orang yang ekstrovert dan populer itu cenderung lebih gagal ketimbang anak-anak anti sosial.Saya cukup tertarik dengan penelitian tentang “What happened to the cool kids”, mereka yang dulunya populer dan terkenal saat di sekolah, sekarang menjadi apa di kehidupan dewasa? Ternyata, dari data penelitian tersebut didapatkan bahwa, mereka yang dulunya selalu ingin tampil keren, populer, dan kekinian ketika dewasa justru menjadi pecundang.
Tiga Tema Konten Blog yang Masih Tren di 2017
Konten memegang peranan besar dalam dunia blogging. Blogger tanpa konten, bagaikan sayur tanpa garam. Konten dapat bertema apa saja dan dapat pula berbentuk apa saja, baik itu berupa tulisan, gambar, atau video.Namun tetap saja, ada beberapa tema konten yang populer di kalangan blogger. Di tahun 2016, beberapa tema konten yang populer tersebut berlanjut di tahun 2017. Tema-tema tersebut menjadi populer di kalangan blogger karena mudah menarik pembaca blog.Walaupun jumlah blogger penghasil konten yang populer tersebut semakin banyak. Namun tetap saja, tiap blogger mempunyai keunikan tersendiri. Saya menyimpulkan, ada tiga tema konten blog yang masih menjadi tren ngeblog di tahun 2017 ini. Berikut di antaranya.
Sepuluh Olahraga Paling Populer di Dunia
Perdebatan mengenai olahraga paling populer di dunia serta banyak ditonton, telah lama terjadi. Semua orang mengatakan bahwa, olahraga paling populer di dunia adalah olahraga yang mereka dukung dan paling dicintai.Ini adalah sebuah dilema bagi banyak wartawan olahraga untuk menemukan solusi tentang olahraga apakah yang paling populer di dunia? Banyak daftar-daftar tentang olahraga paling populer dibuat oleh beberapa orang.Tapi ternyata, ide-ide mereka bertentangan sampai batas tertentu dengan persetujuan bersama yang tampaknya hampir mustahil. Dan berikut ini daftar olahraga paling populer di dunia, yang harus Anda tahu.
Ini Alasannya Kita Masih Terjebak Berita Hoax
Internet memang memudahkan banyak hal, salah satunya mendapatkan informasi. Dalam beberapa menit, informasi yang berada di ujung dunia sekalipun bisa langsung diketahui, berkat keberadaan teknologi komunikasi satu ini.Tapi sisi gelapnya tentu saja banyak, salah satunya adalah tersebar masifnya informasi palsu atau lumrah juga disebut hoax. Berita sebenarnya merupakan hasil produksi jurnalistik yang cukup melelahkan. Itulah sebabnya, menjadi seorang jurnalis itu tak mudah.Hal tersebut karena, dalam membuat sebuah berita ia wajib melakukan riset dan verifikasi fakta yang ketat. Namun, saat ini seseorang bisa disebut jurnalis hanya berbekal duduk manis di depan komputer, bahkan smartphone dengan koneksi internet yang baik.
Polisi: Broadcast Anggota Viking Tewas Dikeroyok Massa itu Hoax!
Sering beredar broadcast message yang bernada provokasi hingga isu hoax. Salah satunya informasi hoax mengenai anggota viking yang tewas dikeroyok massa.
Apa yang Paling 'Masuk Akal' di Bisnis Online?
Untuk berbisnis online, sebenarnya banyak sekali yang bisa ditekuni, hanya saja yang paling logika dan menguntungkan diabaikan oleh pebisnis pemula. Ketika mereka menembak kata kunci "bisnis online" di Google, 85 persen isinya hoax.Sebenarnnya bukan hoax, hanya saja tidak masuk diakal, tidak sesuai dengan modal, waktu, pikiran, dan tenaga. Untuk mencari bisnis yang tepat, jangan pernah mencari kata kunci seperti itu di Google. Lebih baiknya adalah bergabung dengan pebisnis lainnya yang sudah berpenghasilan, dan itu sesuai dengan passion Anda sendiri.Jika hanya ikut-ikutan, apalagi hanya mengikuti tips-tips dari beragam artikel yang ditemukan di Google, bisa jadi Anda tersesat bertahun-tahun. Kalau sudah bertahun-tahun Anda bergelut di dunia online tapi hasilnya masih dibilang nol, Anda akan stres sendiri.
Seberat-beratnya Melawan Hoax adalah Hoax Diri Sendiri
Konon pemerintahan Jokowi sudah menyatakan perang dengan hoax, dengan kabar-kabar bohong yang menyesatkan. Kampanye anti-hoax juga digelar di banyak kota, seperti Jakarta, Bandung, Purwakarta, Solo, dan sepertinya masih akan banyak lagi.Mungkin karena dibohongi itu memang menyebalkan. Tapi, apa sih yang tidak hoax di hidup kita ini? Amerika mengirim pasukannya ke Irak karena hoax, senjata pemusnah massal yang sampai sekarang tidak jelas ada atau tidaknya.Indonesia, kata Muhidin M Dahlan, konon juga merdeka karena pemuda Sukarni percaya hoax. Katanya Jakarta mau dibumihanguskan. Ngeri. Tapi tidak terbukti dan Sukarni ditertawakan Sukarno. Bahkan kita bisa ada di dunia ini juga gara-gara hoax. Tidak tanggung-tanggung, yang menyebarkan hoax itu setan sendiri. Buah yang kata Tuhan tidak boleh dimakan, kata setan boleh. Dan akhir ceritanya kita semua sudah tahu, Adam dan Hawa dipaksa turun ke bumi dan beranak cucu, ya kita-kita ini.
Jangan Sentuh Gambar Ini Pada Pesan WhatsApp
 – Aplikasi perpesanan WhatsApp saat ini banyak digunakan pengguna di Indonesia mengalahkan aplikasi lain yang dulu pernah menjadi jawara yakni BBM (BlackBerry Messenger). Tetapi belum lama ini banyak pengguna yang mengeluhkan smartphonenya sering hang setelah membuka sebuah pesan berantai di WhatsApp yang diterimanya.Pesan tersebut adalah titik hitam besar yang diikuti dengan teks "Don't touch It" yang dipercaya bisa membuat aplikasi WhatsApp dan juga smartphone menjadi hang. Meskipun awalnya banyak yang menduga pesan tersebut adalah hoax, namun tidak sedikit yang membuktikan keaslian pesan tersebut.Tetapi pesan berantai tersebut tidak berlaku bagi pengguna WhatsApp pada perangkat iOS dan pengguna WhatsApp yang menggunakan melalui laptop atau komputer. Nah sekarang mengapa WhatsApp sering hang?.
Alasan Kenapa Ada Kebencian dalam Hidup Ini
Mengapa ada kebencian rasa benci, iri, dendam, dengki, dan lain-lain dalam hidup ini? Terutama di dunia maya internet kita sering sekali melihat isu agama, rasis, politik, perdebatan, dan berbagai kontroversi lainnya.Pembenci haters tersebut selalu ada di setiap golongan dan kelas atau level manapun, baik itu dari agama x, atau ras y, ataupun golongan pendukung presiden z. Sekarang pertanyaannya adalah, mengapa ada kebencian? Mengapa kita membenci a atau b? Mengapa ada orang yang membenci golongan agama ras tertentu?Beberapa akan menjawab, Ah, memang udah dari sananya begitu dan bla bla bla. Salah dia lah jelas-jelas mereka itu ga bener, ga bisa bla bla bla. Golongan ini sejak awal memang cuma kumpulan orang-orang sampah dan bla bla bla. Jawaban logisnya adalah, kebencian itu sebagian besar diajarkan.
Mengapa Hoax Populer?
Beberapa waktu terakhir, hoax sedemikian populer. Ini bukan di Indonesia saja, tetapi di berbagai negara. Amerika Serikat sebagai perwujudan kemajuan dan kiblat sebagian besar sumber berita juga dilanda hoax.Kampanye dan Pemilihan Presiden AS tahun 2016, merupakan salah satu bukti nyata populernya hoax di AS. Di Indonesia pun berita hoax ini peredarannya begitu masif, meskipun situs hoax terbilang lebih sedikit, tetapi peredarannya di media sosial cukup tinggi, karena ada kecenderungan berita hoax dibungkus oleh isu SARA.Tentu menarik untuk memahami hoax ini. Pemahaman yang paripurna terhadap mengapa hoax muncul dan populer diperlukan, agar kita tidak salah kaprah dalam menanggapi hoax dan melakukan upaya peredaman terhadap hoax.
WhatsFake, Aplikasi Pembuat Hoax yang Bisa Bikin Bahagia
Ada kabar baik buat Anda, terutama yang masih jomblo. Saat ini ada aplikasi yang akan mendukung. Tentu bukan Go-Jomblo atau Uber-Jomblo, tapi aplikasi yang namanya WhatsFake. Dengan aplikasi ini, para jomblo bisa memalsukan percakapan di WhatsApp.Bukan hanya ucapan klise seperti selamat pagi , udah makan apa belum? atau yang lainnya, tapi dengan aplikasi WhatsFake tadi orang bisa menulis apa saja sesuka hati. Orang bisa merayu orang lain dan membuat kesan seolah-olah yang dirayu itu mau.Orang bahkan bebas memilih orang yang mau dijadikan pacarnya. Mulai dari Raisa, Isyana, Nikita Mirzani, sampai Nikita Willy. Atau bahkan Willy Dozan kalau mau. Bahkan mantan bisa diajak balikan di WhatsFake. Sayangnya, transkrip percakapan di aplikasi itu cuma hoax alias palsu.
Agar Tak Ada Saracen-Saracen Baru di Antara Kita
.co.id – Saracen merupakan sindikat penghasil serta penyebar berita hoax di dunia maya. Beberapa orang yang ditengarai sebagai otak dari Saracen berhasil diciduk aparat. Dari keterangan mereka, kita tahu bahwa bisnis hoax yang mereka jalankan bukanlah bisnis sembarangan.Bergerak seperti organisasi, Saracen memiliki struktur dan perangkat yang membuat bisnis ini dikelola dengan sangat profesional. Saracen juga menerima pesanan hoax dari siapapun selama mereka menyanggupi tarifnya.Saracen mematok harga mulai dari Rp75 juta per konten. Sungguh angka yang fantastis. Bisnis hoax memang terdengar lebih menggiurkan dari bisnis peninggi badan di Instagram.
10 Tips Jitu Kenali Berita Hoax di Facebook
Demi mencari sensasi dan jumlah kunjungan yang melejit ke situsnya, pihak tak bertanggung jawab banyak memanfaatkan media sosial untuk menyebar berita bohong. Judul sensasional beserta gambar yang membuat orang penasaran, menjadi salah satu trik agar pembaca terperdaya.Pada akhirnya, pembaca akan dibuat kecewa karena disuguhi berita bombastis tanfa fakta. Pemerintah, rupanya kini sedang giat-giatnya mengampanyekan gerakan anti hoax di dunia maya. Semangat memerangi berita bohong oleh pemerintah ini patut diapresiasi.Keseriusan pemerintah terlihat dengan melakukan kerjasama dengan penyedia media sosial untuk menahan laju hoax. Baru-baru ini Facebook menerbitkan tips untuk mengenali berita palsu yang banyak menyebar di laman Facebook. Apa saja itu?
Yang Tersirat dari Standar Samping dan Kunci Stang Motor
Makna kebenaran rupanya telah bergeser. Kebenaran masa kini kiranya relevan dengan selera. Sebuah kabar bohong alias hoax yang berseliweran di Facebook, dengan mudah menjelma menjadi kebenaran. Kabar itu dibagikan, dibumbui, dikomentari oleh orang-orang baik dan rajin beribadah pula.Lebih bagus lagi, kebenaran yang relevan dengan selera tidak sekadar menjadi ranah orang kurang berpendidikan. Doktor yang marah-marah pada hoax juga ada. Kemarahannya ditulis di Facebook, lantas dibumbui dengan komentar ciamik oleh sang profesor.Sungguh lintas pemikiran, bukti bahwa di Indonesia telah terjadi pemerataan nan paripurna, bahkan sampai pada level isi otak. Salah satu yang hits di negeri yang katanya Zamrud Khatulistiwa ini adalah standar ganda.
Sepuluh Berita Hoax Terbesar dalam Sejarah
Hoax adalah istilah yang kini populer untuk menyebut sebuah kabar bohong. Dari sekadar candaan hingga ingin popularitas, seseorang membuat sebuah kabar bohong dan disebar ke publik. Banyak hoax yang langsung terbantahkan, namun ada juga yang bertahan dan menyebar ke seluruh dunia dan diyakini sebagai berita valid.Hoax pertama yang tercatat dalam sejarah adalah dipublikasikannya penanggalan palsu yang meramalkan kematian seorang astrolog pada tahun 1709. Dengan tujuan membuat malu sang astrolog, berita bohong yang dibuat oleh Jonathan Swift tersebut tersebar dan membuat Astrolog John Partridge, berhenti membuat ramalan bintang selama 6 tahun.Dari sekian banyak berita hoax yang tersebar, ada yang berhasil membuat terkecoh jutaan orang karena mengira kabar itu nyata. Kita akan melihat sepuluh berita hoax terbesar sepanjang sejarah, yang bahkan beberapa di antaranya hingga kini masih banyak yang menganggapnya sebagai sebuah fakta.
Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda
Cobalah tanya mengapa Anda sering menunda? Mengapa pekerjaan yang harusnya kita kerjakan selalu lupa kita kerjakan? Mengapa sering sekali tugas sekolah kuliah Anda tertunda sampai H-1? Atau mengapa sampai sekarang Anda masih belum memulai bisnis usaha Anda sendiri?Untuk sukses dalam hidup sesungguhnya sangat mudah, kita semua dapat memikirkan rencana apa yang dapat membuat kita sukses, hanya saja kita memiliki jurang terbesar dalam hidup yaitu antara apa yang kita rencanakan dan apa yang pada akhirnya kita lakukan .Kita sudah membuat keputusan secara sadar, dan selalu bingung mengapa pada akhirnya kita tetap menunda-nunda. Kenyataannya adalah pikiran Anda belum begitu matang.
Sepuluh Dokumen Hoax yang Kacaukan Dunia
Kata siapa hoax hanya muncul saat era media sosial saja? Sejak zaman dulu, hoax sudah menjadi wabah yang begitu merugikan umat manusia. Beberapa perang dan pembantaian yang dilakoni penguasa pun ada yang bermula dari hoax.Ya, hoax memang sejahat itu merusak tatanan peradaban. Sebab dari kabar palsu ini, jutaan jiwa melayang sia-sia, harta benda porak-poranda, dan yang tinggal hanya trauma. Dan inilah beberapa di antara hoax yang sangat besar pengaruhnya bagi dunia.Protocol Zionis 1903 . Dokumen ini pertama kali diterbitkan di Rusia. Isinya tentang pokok pikiran anti-Semit yang dimiliki oleh bangsa Yahudi. Dengan pikiran ini, katanya, bangsa Yahudi berencana mengambil alih dunia.
5 Penyebab Anda Selalu Gagal Diet
Apakah Anda memiliki masalah dengan berat badan Anda? Apakah Anda sudah mencoba berbagai macam cara untuk diet tapi tidak pernah berhasil? Jika iya, mungkin Anda akan selalu bertanya, mengapa tidak berhasil dan apa penyebab dari ketidakberhasilan diet yang Anda jalani?Berbicara tentang diet, memang banyak cara dan bermacam-macam cara tentang diet. Mulai dari diet kecil-kecilan hingga diet ketat. Namun yang tidak dianjurkan adalah diet ketat. Sebab berbahaya bagi kesehatan. Jika Anda selalu gagal dalam menjalani program diet Anda, coba Anda lihat, apakah Anda sudah benar menjalankannya? Apakah cara yang Anda lakukan sudah benar? Dan apakah Anda tidak mengimbanginya dengan cara lainnya seperti niat yang kuat, olahraga rutin, dan lain sebagainya?Ada banyak hal yang menjadi penyebab mengapa diet yang Anda lakukan selalu gagal. Penyebab dari kegagalan itu biasanya seringkali tidak Anda sadari. Agar Anda bisa lebih mudah mencari tahu mengapa Anda gagal. Berikut ini lima penyebab Anda selalu gagal diet.
10 Tempat Wisata Budaya Paling Populer di Indonesia 2016
Wisata Budaya adalah sebuah jenis kegiatan pariwisata yang menggunakan kebudayaan sebagai objeknya. Indonesia sendiri merupakan sebuah negara kepulauan terbesar dunia yang banyak memiliki suku, bahasa, dan budaya.Tempat-tempat wisata budaya di Indonesia terkenal dengan gaya arsitektur bangunan dari seni ukir, seni patung serta relief-relief yang sangat indah dan sempurna. Sehingga tempat-tempat wisata budaya Indonesia di bawah ini menjadi sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Berikut 10 tempat wisata budaya paling populer di Indonesia 20161. Pura Tanah Lot, Bali.Pura Tanah Lot adalah sebuah destinasi wisata budaya di Bali, Indonesia. Di tempat ini terdapat dua pura yang terletak di atas batu besar. Pura ini merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tempat ini menjadi salah satu tempat paling populer sebagai tempat wisata budaya yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara karena keindahan alamnya serta sebagai tempat yang menakjubkan untuk melihat matahari tenggelam sunset . Baca Selengkapnya...
Tujuh Nama Bayi Paling Populer dari Berbagai Negara
Nama adalah doa dan harapan dari orangtua kepada anaknya. Nama yang memiliki arti baik diharapkan menular kepada perilaku dan sifat dari si anak. Di Indonesia sendiri, nama Muhammad, Yusuf, Aisyah, dan lain sebagainya, adalah nama-nama yang dianggap populer karena memiliki arti yang baik.Ternyata, setiap negara memiliki nama populer yang berbeda-beda lho. Lalu, kira-kira nama seperti apa saja yang dianggap populer oleh negara lain? Berikut ulasannya.Kanada. Di zaman modern, nama Liam untuk bayi laki-laki dan Sophia untuk bayi perempuan, merupakan nama paling populer di Kanada. Nama tersebut mulai digunakan sejak tahun 2016 lalu.