Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

5 Kebiasaan Berbahaya Setelah Makan

Setelah makan siang atau malam, kebiasaan apa yang seringkali Anda lakukan? Menonton TV, berbaring, mengobrol, bermain gadget, atau melakukan aktivitas lainnya? Tahukah Anda, sebenarnya tidak semua kebiasaan-kebiasaan tersebut baik untuk Anda.

Ya, setelah makan, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk berbaring, menonton TV, atau sekadar bersantai, tanpa mengetahui bahwa ini sebenarnya adalah kebiasaan buruk yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mereka secara keseluruhan.

Untuk itu, kami mengingatkan agar Anda jangan sekali-sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, baik setelah makan siang ataupun makan malam. Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, ada beberapa kebiasaan lainnya yang tak kalah berbahaya jika Anda lakukan setelah makan. Berikut daftarnya.

Read Full Article
Tujuh Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Mendengkur
.co.id – Kebiasaan mendengkur meskipun sepele namun sangat berbahaya jika dibiarkan. Tidak hanya itu, kebiasaan mendengkur juga sangat mengganggu orang lain yang ada di sekitarnya. Mendengkur bisa menjadi indikasi kesehatan yang kurang baik, untuk itu Anda tak boleh anggap sepele kebiasaan mendengkur.Mendengkur disebabkan oleh relaksasi dari otot-otot langit-langit lunak atap mulut, lidah dan juga tenggorokan. Jaringan di tenggorokan bisa terlalu rileks sehingga sebagian memblokir jalan napas dan bergetar ketika udara melewatinya. Semakin sempit jalan napas Anda, maka getaran akan lebih intensif dan menyebabkan suara mendengkur semakin keras.Berbicara tentang mendengkur, mendengkur tidak hanya indikasi kesehatan yang menurun. Namun menurut penelitian, kebiasaan mendengkur juga menjadi salah satu penyebab utama perceraian di Amerika Serikat dan Inggris. Mengetahui akan dampak buruk dari kebiasaan mendengkur, Anda harus bisa menghentikan kebiasaan itu secepatnya.
Begini Kebiasaan Makan Wanita Jepang yang Bikin Langsing
 – Memiliki tubuh langsing dan ramping adalah impian setiap wanita. Untuk mewujudkan tubuh yang ideal tersebut, tentu bukanlah perkara mudah. Diperlukan diet ketat yang menyiksa, jika memang hasilnya ingin memuaskan.Akan tetapi, banyak yang gagal di tengah jalan dan sebagian lagi mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan. Daripada menyiksa diri dengan diet agar berat badan turun, lebih baik mulai perhatikan beberapa kebiasaan makan Anda.Sebab, kebiasaan makan sehari-hari tersebut juga bisa memengaruhi berat badan Anda. Wanita, jika kalian ingin memiliki tubuh langsing, sebaiknya tiru kebiasaan makan wanita Jepang. Selain sehat, kebiasaan mereka juga bisa membuat tubuh jadi langsing.
5 Kebiasaan Berbahaya Setelah Makan
Kebiasaan apa yang Anda lakukan selepas makan? Tak sedikit orang, banyak yang langsung menyulut api rokoknya sambil sejenak mengobrol dengan teman atau ada pula yang memilih untuk segera pergi tidur.Kenyataannya, banyak kebiasaan yang dilakukan orang setelah makan, ternyata tidak sehat untuk tubuhnya. Setiap makanan yang kita asup akan diubah menjadi molekul sederhana, yang nantinya akan bisa diserap tubuh untuk dijadikan sumber energi.Proses mencerna makanan ini sangat kompleks dan membutuhkan banyak energi dan waktu. Meski tak nampak berbahaya, beberapa kebiasaan ternyata berpotensi mengganggu proses yang sedang berlangsung di dalam sistem pencernaan. Dampaknya justru akan merugikan tubuh.
Bahaya Sering Telat Makan yang Wajib Anda Ketahui
.co.id – Entah karena kesibukan atau memang karena kesengajaan, banyak orang yang sering melewatkan jam makan. Padahal hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan, kebiasaan telat makan akan menyebabkan tidak tercukupinya nutrisi harian, sehingga metabolisme akan terganggu.Makan tepat waktu sangat penting, bahkan para ahli menyarankan agar kita makan 3-4 porsi besar setiap hari. Hal ini agar tubuh dapat nutrisi penting yang dibutuhkan.Selain itu baik untuk kesehatan, sering telat makan juga dapat membuat berat badan naik drasti, atau bahkan turun drastis. Hal ini juga bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya. Ada beberapa penyakit berbahaya yang dapat mengancam kesehatan orang yang sering terlambat makan.
5 Kebiasaan Orang Indonesia Ini Dicap Buruk di Luar Negeri
Kebiasaan adalah perilaku atau perbuatan yang dilakukan manusia berulang kali. Tanpa sadar orang tersebut terkadang menganggap, kebiasaannya sudah benar dan orang lain seharusnya mengikuti kebiasaannya tersebut.Namun kita juga harus memahami bahwa setiap orang punya kebiasaannya masing-masing. Ambil contohnya kebiasaan orang Indonesia berikut ini. Jika di Indonesia, melakukan hal-hal semacam ini wajar saja, tetapi tidak jika dilakukan di luar negeri. Kira-kira kebiasaan apa saja yang dianggap buruk oleh orang luar negeri?Makan dengan tangan. Makan dengan tangan secara langsung jadi hal yang biasa di negara kita. Bahkan bagi masyarakat di pedesaan kurang nikmat rasanya apabila makan tidak memakai tangan langsung alias muluk. Sayangnya, kebiasaan seperti ini justru dianggap jorok di beberapa negara.
Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Laperma Platinum
Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Laperma Platinum, Memiliki keturunan yang baik dan sehat adalah dambaan bagi setiap pasangan suami isrti, betapa bahagianya saat pasangan yang menikah mendapatkan keturunan, sehingga tumbuh kembang anak dari hari kehari menjadi perhatian yang sangat menyenangkan bagi ayah dan bunda. Namun terkadang ada saat-saat anak susah makan, padahal sudah diberikan makanan yang biasanya dimakan oleh sang anak setiap harinya, permasalahan ini banyak ditemukan oleh orang tua, anak menjadi sulit dan rewel sekali saat diberikan makan. Sehingga hal ini membuat para ibu menjadi stres menghadapinya. Saat kecemasaan atas perilaku anak susah makan terjadi pada anak kita, Cobalah untuk tidak terlalu merasa cemas untuk waktu makan sang anak. Jika bunda mampu menjaga sikap yang tenang dan positif, ini akan menjadi lebih baik untuk bunda dan anak bunda. Kebanyakan balita akan menangis dan rewel saat ia tidak mau makan, dan terkadang bunda merasa jenuh menghadapi persoalan anak susah makan ini, dan tidak mampu mengontrol emosi dan marah-marah kepada sang anak, sikap seperti bukan menjadi solusi untuk membuat anak yang susah makan menjadi mau memakan makanan yan gtelah bunda siapkan, perlakuan ini justru membuat anak bunda akan semakin susah untuk makan.
Awas, Kebiasaan-Kebiasaan Ini Picu Perut Buncit
 – Perut buncit merupakan masalah yang sering dialami orang saat ini. Masalah ini memang bukan hanya mengganggu penampilan saja, tapi juga bisa mengundang banyak penyakit. Salah satunya adalah diabetes.Nah, sayangnya ternyata banyak orang tak sadar telah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu perutnya membuncit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari karena bisa memicu perut membesar dan membuncit.Keseringan makan malam menjadi salah satu kebiasaan utama yang bisa sebabkan perut membuncit. Makan malam sekali dua kali adalah kebiasaan wajar, namun jika kebiasaan ini diterapkan setiap hari maka bisa memicu perut buncit.
Lima Bahaya Jika Makan Terlalu Cepat
Kebiasaan makan sangat cepat mungkin dialami oleh sebagian orang, bisa karena ia terlalu lapar sehingga tidak bisa mengendalikan nafsu makannya, atau bisa juga karena malas mengunyah, atau memang karena mereka tipe orang yang tidak bisa makan lama-lama.Akan tetapi, kebiasaan makan cepat bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan kita. Yang seharusnya makan membuat tubuh kembali bugar dan bertambah sehat, justru malah akan membuat tubuh jadi tidak sehat. Dilansir dari Live Strong, berikut lima bahaya yang bisa didapatkan jika Anda makan terlalu cepat.Risiko tersedak hingga tergigit. Biasanya ketika makan terlalu cepat tekstur dari makanan yang kita telan akan sangat kasar karena kurangnya proses pengunyahan, hal tersebut bisa membuat kita tersedak karena kasarnya tekstur makanan yang kita telan.
10 Kebiasaan Sebabkan Penyakit Jantung
- Jantung adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh. Jantung akan memompa darah beroksigen ke semua organ tubuh kita. Kesehatan jantung sangat penting, untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.Ada banyak kebiasaan yang menyebabkan penyakit jantung. Beberapa kebiasaan biasanya terkait gaya hidup yang tidak baik. Seperti yang kita semua tahu merokok, konsumsi alkohol, kurang olahraga, memiliki makanan yang kaya kolesterol jahat membuat kesehatan jantung semakin buruk.Namun terlepas dari kebiasaan tersebut, ada beberapa kebiasaan yang lebih berbahaya dari itu, yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang jarang kita ketahui, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.
Empat Kebiasaan Pagi yang Dapat Mengganggu Kesehatan
Pagi hari setelah bangun tidur, apa yang biasa Anda lakukan? Apakah malas-malasan dan tidur kembali? Atau langsung beres-beres kamar, mandi, lalu beraktivitas? Kebiasaan setelah bangun tidur yang biasa Anda lakukan akan memengaruhi kesehatan tubuh Anda.Tahukah Anda, kebiasaan pagi hari yang salah ternyata dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Ya, badan akan terasa tidak enak, tidak nyaman, dan mudah terserang berbagai macam penyakit. Lakukanlah kebiasaan sehat setiap hari, dimulai dari pagi hari setelah bangun tidur.Lakukanlah hal yang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Dengan membiasakan melakukan hal baik setiap paginya, maka tubuh Anda akan tetap terjaga kesehatannya. Berbicara tentang kebiasaan pagi, lalu kebiasaan seperti apa yang dapat mengganggu kesehatan?
Enam Tips Mengatasi Rasa Malas Makan Sahur
Tak terasa bulan puasa sudah lewat dari seminggu lebih. Selama bulan puasa kita telah mengubah kebiasaan makan. Dari yang biasanya sarapan di pagi hari menjadi makan sahur pada dini hari, sebelum subuh atau yang disebut makan sahur.Karena beberapa alasan, ada beberapa orang yang mengeluh jika kurang berselera makan saat sahur. Tapi hal itu jangan dijadikan alasan, karena dalam sahur ada banyak keberkahan, bahkan disebutkan jika makan sahur itu hukumnya sunah.Oleh karena itu, pastikan Anda tidak pernah meninggalkan makan sahur di bulan Ramadan. Tapi bagaimana, jika seseorang malas untuk makan sahur? Tidak perlu cemas, karena di sini kita akan membagikan tips agar semangat dan berselera makan saat sahur.
Hindari 5 Kebiasaan Ini jika Ingin Wajah Mulus
 – Siapa sangka kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan dapat memengaruhi wajah? Ada kebiasaan yang mampu membuat wajah menjadi mulus dan cantik, namun ada juga yang dapat merusak wajah. Kulit wajah merupakan daerah yang cukup sensitif, sehingga butuh perawatan ekstra.Bukan hanya perawatan intensif yang biasa didapatkan di salon kecantikan, ternyata ada faktor lain yang dapat memengaruhi kulit wajah. Jika kamu sudah mengoptimalkan perawatan wajah namun hasil yang didapat belum maksimal, mungkin kamu masih melakukan kebiasaan ini yang ternyata tak baik untuk wajahmu. Apa saja?Meski sepele, kebiasaan mengernyitkan mata ternyata dapat membuat kulit cepat keriput. Jika kamu punya kebiasaan ini, kulit mata akan berkerut dan kelamaan kulit akan menua. Jika kamu memiliki kebiasaan mengernyitkan mata karena penglihatan kurang jelas, cobalah periksakan mata agar kebiasaan ini dapat dikurangi.
5 Kebiasaan Berbahaya Setelah Makan
Setelah makan siang atau malam, kebiasaan apa yang seringkali Anda lakukan? Menonton TV, berbaring, mengobrol, bermain gadget, atau melakukan aktivitas lainnya? Tahukah Anda, sebenarnya tidak semua kebiasaan-kebiasaan tersebut baik untuk Anda.Ya, setelah makan, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk berbaring, menonton TV, atau sekadar bersantai, tanpa mengetahui bahwa ini sebenarnya adalah kebiasaan buruk yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mereka secara keseluruhan.Untuk itu, kami mengingatkan agar Anda jangan sekali-sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, baik setelah makan siang ataupun makan malam. Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, ada beberapa kebiasaan lainnya yang tak kalah berbahaya jika Anda lakukan setelah makan. Berikut daftarnya.
Hindari 6 Kebiasaan Pagi Hari yang Bikin Tubuh Gemuk
 – Apa kebiasaan yang kamu lakukan saat pagi hari? Tahukah kamu, jika kebiasaan di pagi hari dapat memengaruhi tubuh, salah satunya sebabkan tubuh menggemuk tanpa disadari. Oleh karena itulah, selalu pastikan untuk memilih kebiasaan baik agar berat badanmu terjaga dan pastinya terhindar dari penyakit.Jika Anda sudah berusaha keras dalam menurunkan berat badan, tapi hasilnya masih nihil karena berat badan tetap susah turun, cobalah untuk menganalisa kebiasaan di pagi hari. Kira-kira, apa sajakah kebiasaan di pagi hari yang bisa membuat tubuh menggemuk? Sering bangun kesiangan jadi salah satu kebiasaan yang perlu kamu hindari. Kurang tidur dapat membuat berat badanmu bertambah, sama halnya jika kamu kebanyakan tidur. Penelitian menyebutkan, jika tidur lebih dari 10 jam per hari dapat menimbulkan efek BMI yang lebih tinggi.
5 Kebiasaan Makan yang Buat Anda Cepat Tua
Bisa dibilang makan bukan lagi kebiasaan, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan manusia agar bisa bertahan hidup. Akan tetapi, belum tentu kebiasaan makan kita sehari-hari berdampak baik bagi tubuh.Jadi, kita harus lebih berhati-hati karena suatu saat nanti kebiasaan dalam mengonsumsi makanan bisa menjadi bumerang tanpa Anda sadari. Selagi masih muda, ada baiknya dari sekarang Anda lebih memerhatikan pola makan yang baik. Hal tersebut lantaran, pola makan yang asal-asalan dapat membuat Anda cepat tua. Bila Anda merasa belum ada dampak dari pola makan yang sekarang, maka jangan heran bila nanti wajah Anda terlihat lebih tua dari usia yang sekarang.
Hentikan Kebiasaan Mendengkur dengan Jus Ajaib Ini
 – Mendengkur merupakan kebiasaan yang sangat mengganggu saat tidur. Orang yang tidur dekat dengan kita, tentu akan sangat terganggu. Tidak hanya itu, bahkan mendengkur juga dapat menjadi penyebab perceraian dalam rumah tangga.Selain mengganggu orang di sekitar, kebiasaan mendengkur juga tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan dengkuran ini terjadi di luar kesadaran, karena terjadi pada saat kita sedang tidur. Hal ini terjadi karena, udara tidak bisa bergerak bebas melalui hidung dan mulut.Selain itu kebiasaan mendengkur juga bisa disebabkan karena alergi, terlalu lelah atau disebabkan oleh hal lainnya. Kebiasaan mendengkur tentu sangat mengganggu sekali, untuk itu kebiasaan mendengkur harus segera diatasi. Ada banyak cara untuk mengatasi masalah kebiasaan mendengkur. Bagaimana caranya?
Alat Ini Bantu Perbaiki Pola Makan
 – Saya termasuk orang yang percaya kalau pola makan itu menentukan kesehatan. Ya, kalau istilahnya, kamu adalah apa yang kamu makan. Eh, enggak tepat deh, maksudnya kesehatan berasal dari makan yang sehat. Itu maksudnya.Makan sehat bukan cuma apa yang kita makan, tapi bagaimana cara kita makan. Buat generasi yang pernah merasakan tegangnya ospek pasti sudah akan terbiasa dengan makan cepat. Bayangkan saja, untuk makan siang, hanya diberi waktu 15 hitungan.Yang hitungannya ya suka-suka senior lah. Kadang 15 detik saja, kadang lama. Akibatnya, ya makan cepat tentu bisa merusak saluran pencernaan. Bayangkan, ketika pada persimpangan terjadi terlalu banyak kendaraan, maka apa yang terjadi? Ya macet!
Tujuh Kebiasaan Berkendara yang Dapat Merusak Mobil
.co.id – Semakin lama Anda punya mobil, maka akan semakin terbentuk kebiasaan berkendara Anda. Sayangnya tidak semua kebiasaaan itu bagus untuk mobil Anda. Apalagi, semakin berpengalaman Anda dalam berkendara, maka akan semakin susah mengubah kebiasaan buruk berkendara.Beberapa kebiasaan tak bijak berikut akan diulas agar Anda bisa terbantu untuk memulai mengubahnya. Tentu dengan mengubah kebiasaan tersebut, akan membuat mobil Anda lebih awet. Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra karena harus memperbaiki mobil yang rusak akibat salah pemakaian.Banyak orang punya kebiasaan selalu meletakkan tangannya di tongkat persneling selama menyetir. Ada alasan kenapa kebiasaan ini tak boleh dilakukan, yang paling utama adalah saat berkendara Anda seharusnya wajib memegang setir dengan dua tangan.
5 Kebiasaan Sepele Ini Sama Buruknya dengan Merokok
 – Kebiasaan merokok termasuk dalam kebiasaan yang merusak kesehatan kamu. Namun, tanpa disadari banyak orang yang melakukan kebiasaan sepele lainnya, yang ternyata sama buruknya dengan kebiasaan merokok.Salah satu kebiasaan buruk itu adalah waktu tidur yang kurang cukup. Kurang tidur memicu tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, obesitas, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Satu studi bahkan menemukan bahwa, tidak tidur enam atau tujuh jam per hari bisa menyebabkan kematian lebih tinggi setara dengan kebiasaan merokok.Selain itu, duduk terlalu lama juga sama buruknya dengan merokok. Duduk terlalu lama juga bisa membahayakan kesehatan kamu. Entah itu duduk di meja kerja, duduk di mobil atau tempat lainnya. Jika terlalu lama dalam keadaan ini menurut studi dari Health Services-Cancer Care dari Kanada bisa meningatkan risiko kanker payudara.Baca selengkapnya...
Tujuh Cara Tingkatkan Nafsu Makan pada Anak
.co.id – Apakah anak Anda memiliki masalah nafsu makan? Tentunya membujuk anak untuk makan secara rutin tidaklah mudah. Pasalnya, dari sekian banyak anak di dunia, masing-masing memiliki alasan tersendiri untuk menolak makan jika Anda menyuruhnya.Dan ternyata, nafsu makan seseorang itu dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin. Hormon ghrelin yang berada di perut, kemudian dilepaskan dan akan memberi sinyal lapar pada otak. Nah, jika anak Anda terlihat mogok makan. Ada beberapa cara untuk meningkatkan nafsu makan pada anak.Adapun jenis ramuan tradisional untuk meningkatkan nafsu makan pada anak ialah ramuan jahe. Jahe merupakan jenis tanaman herbal yang dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Berikut cara membuat ramuan jahe untuk meningkatkan nafsu makan pada anak.
Merokok Setelah Makan Sebabkan Kanker Usus
Merokok bukanlah kebiasaan yang sehat, setiap orang tahu akan hal tersebut, bahkan bagi mereka yang merokok sekalipun. Namun tetap saja mereka yang sudah kecanduan rokok, sulit untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.Di mana-mana, bahkan di angkutan umum sekalipun, jika perokok sudah ingin menghisap rokoknya, mereka akan melakukannya. Tidak terkecuali di tempat makan, seperti cafe, atau warung-warung makan, kita banyak menemukan mereka sedang asyik merokok.Alasan mereka biasanya sangat sederhana, jika tidak merokok setelah makan, mulut akan terasa sebal dan asam. Namun tahukah Anda,apa yang terjadi pada tubuh, ketika Anda merokok setelah makan? Ini penjelasannya.
Empat Kebiasaan Makan yang Berbahaya
 – Kebiasaan sehari-hari seperti makan ternyata bisa menyebabkan kematian lebih cepat. Pilihan makanan yang tidak sehat bisa mengundang penyakit mematikan lebih cepat. Dilansir dari laman xahoi.com, berikut kebiasaan makan yang sebaiknya dihindari.Makan daging olahan berlebihan. Daging olahan seperti sosis, bacon, dan lainnya, memang termasuk makanan yang enak saat disantap. Namun, makanan tersebut ternyata kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering. Jumlah garam, senyawa pengawet pada daging olahan termasuk cukup tinggi.Lebih buruk lagi, beberapa produk juga mengandung nitrit dan nitrat yang tinggi, zat aditif kimia tersebut berisiko menyebabkan banyak kanker yang berbeda.
Anda Sering Merokok Setelah Makan? Simak Akibatnya
Banyak bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok yang sering kalian lakukan. Memang sepintas bagi orang yang sudah kecanduan akan merasa sulit, untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.Bahkan kebiasaan merokok ini kerap dilakukan terutama pada saat setelah makan. Di mana banyak orang perokok yang memiliki persepsi bahwa, mulut akan terasa asam bila setelah mengonsumsi makanan tidak merokok.Namun, tahukah Anda dampak yang didapatkan jika kebiasaan ini diteruskan? Nah, daripada penasaran simak berikut ini akibat dari sering merokok setelah makan.