Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Wanita Ideal Menurut Rasulullah SAW

Wanita adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang sangat mulia. Karakteristik wanita berbeda dari laki-laki dalam beberapa hukum. Sebut saja misalnya, aurat wanita yang berbeda dari laki-laki.

Wanita memiliki kedudukan yang sangat agung dalam Islam. Islam sangat menjaga harkat, martabat seorang wanita. Wanita yang mulia dalam Islam adalah wanita muslimah yang salehah.

Wanita muslimah tidak cukup hanya dengan muslim saja, tetapi haruslah wanita muslimah yang salehah. Allah SWT sangat memuji wanita muslimah yang sabar dan khusyuk.

Read Full Article
4 Kelebihan Telaga Rasulullah SAW di Akhirat
Telaga al-Haudh adalah tempat terkumpulnya air dalam jumlah yang banyak. Adapun makna al-Haudh secara syar i adalah sebuah telaga di Mahsyar, yang airnya bersumber dari sungai al-Kautsar sungai besar yang dikaruniakan kepada Rasulullah SAW di surga.Yang dapat mendatangi telaga tersebut adalah orang-orang yang beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, yang mengikuti syariat Rasulullah SAW. Setiap Nabi memiliki telaga, di mana Nabi dan umatnya meminum airnya, setelah berdiri dan berkumpul di Padang Mahsyar.Telaga Rasulullah SAW memilki kelebihan dari telaga Nabi dan Rasul yang lainnya. Dan, berikut ini empat kelebihan telaga Rasulullah SAW, yang perlu Anda tahu.
Wanita Ideal Menurut Rasulullah SAW
Wanita adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang sangat mulia. Karakteristik wanita berbeda dari laki-laki dalam beberapa hukum. Sebut saja misalnya, aurat wanita yang berbeda dari laki-laki.Wanita memiliki kedudukan yang sangat agung dalam Islam. Islam sangat menjaga harkat, martabat seorang wanita. Wanita yang mulia dalam Islam adalah wanita muslimah yang salehah.Wanita muslimah tidak cukup hanya dengan muslim saja, tetapi haruslah wanita muslimah yang salehah. Allah SWT sangat memuji wanita muslimah yang sabar dan khusyuk.
Rahasia Sehat Rasulullah SAW dengan Madu
 – Salah satu rahasia sehat Rasulullah SAW yang patut ditiru adalah seringnya mengonsumsi madu. Madu memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat sebagai obat tradisional. Madu termasuk golongan minuman kegemaran Rasulullah SAW. Begitu gemarnya Rasulullah SAW mengonsumsi madu, tak heran jika istrinya selalu menyediakan madu sebagai jamuan ketika beliau datang. Dalam sebuah riwayat diceritakan, Rasulullah SAW selalu menyarankan umatnya untuk selalu minum madu minimal sebulan sekali.Minum madu juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan jauh dari penyakit. Rasulullah SAW juga mengatakan, madu sangat manjur untuk mengembalikan serta mempertajam daya ingat seseorang. Tak percaya?
Ketika Rasulullah SAW Mengikatkan Batu Kerikil di Perut
.co.id – Rasulullah SAW selalu hidup dalam kesederhanaan, Beliau memiliki jiwa tawadu (rendah hati dan tidak sombong), serta bersahaja. Kecintaan para sahabat kepada Rasulullah sungguh luar biasa, sehingga secara kehidupan duniawi tidak mungkin Beliau kekurangan.Suatu hari, Rasulullah SAW sedang menjadi imam salat berjamaah. Para sahabat yang menjadi makmum waktu salat itu, mendengar bunyi benturan benda keras berasal dari Rasulullah SAW. Bunyi itu muncul setiap Rasulullah SAW, menjalankan rukun salat dari satu gerakan ke gerakan yang lain.Bunyi itu menyebabkan para sahabat merasa khawatir dengan kondisi Rasulullah SAW, jika ternyata dia sedang dalam keadaan sakit. Akhirnya, salah seorang sahabat, Umar bin Khattab memberanikan diri bertanya kepada Rasulullah SAW. 
Tanda Orang Pintar Menurut Rasulullah SAW
Seseorang biasanya akan disebut pintar jika ia dapat memecahkan suatu masalah yang orang lain tidak dapat memecahkannya. Atau, dengan kata lain, ia selalu memecahkan sebuah solusi dengan cara yang lebih kreatif.Padahal, pertanyaannya adalah sama. Pintar atau cerdas merupakan sebuah gelar tak tertulis yang siapapun dapat memilikinya. Orang yang pintar juga merupakan orang-orang yang selalu mempunyai temuan atau terobosan baru.Namun, berbeda dengan apa yang pernah diungkapkan oleh Rasulullah SAW bahwa orang yang pintar itu tidak seperti apa yang disebutkan di atas. Lalu, seperti apa orang yang pintar menurut Rasulullah SAW?
Tahukah Kamu Bahwa Romantis Itu Ibadah
Islam itu indah. Setiap gerak laku kita dinilai ibadah. termasuk interaksi suami-istri. Selain mengharmoniskan rumah tangga, romantisme dalam keluarga adalah ibadah. Begitulah lukisan keindahan rumah tangga Rasulullah Saw.Mari kita menyelami sebuah riwayat yang berkisah indahnya akhlak Nabi Saw, tatkala membuat Aisyah, istri beliau berbunga-bunga. Aisyah mengatakan, "Orang-orang Habasyah masuk ke dalam masjid untuk bermain latihan berpedang , maka Rasulullah Saw bertanya kepadaku, Wahai Khumaira panggilan sayang untuk Aisyah yang artinya si pipi kemerah-merahan , apakah engkau ingin melihat mereka? Aku menjawab, Iya. Nabi Saw lalu berdiri di pintu, lalu aku mendatanginya dan aku letakkan daguku di atas pundaknya, kemudian aku sandarkan wajahku di pipinya. Setelah agak lama Rasulullah Saw pun bertanya, Sudah cukup engkau melihat mereka bermain ? Aku menjawab, Wahai Rasulullah jangan terburu-buru. Lalu beliau tetap berdiri untukku agar aku bisa terus melihat mereka.
Labu Kuning, Salah Satu Makanan Favorit Rasulullah
Mengonsumsi labu kuning, tidak hanya menyehatkan tapi juga mendatangkan pahala karena sudah mengikuti kebiasaan Rasulullah. Benarkah, labu kuning merupakan salah satu makanan favorit Rasulullah? Buah labu kuning termasuk salah satu buah kesukaan Rasulullah.Hal itu sebagaimana dikisahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diundang oleh seorang prajurit untuk menghadiri jamuan makan. Kata Anas, aku berangkat bersama Rasulullah menghadiri jamuan makan tersebut. Kepada Rasulullah, tuan rumah menghidangkan roti dari gandum dan kuah berisi labu kuning dan dendeng. Aku melihat Rasulullah mencari labu di seputar mangkuk kuah itu. €(HR. Muslim)Labu kuning, salah satu makanan favorit Rasulullah, bahkan dalam kitab Al-Ghailaaniyyat diceritakan Beliau meminta istrinya Aisyah untuk memperbanyak labu dalam masakannya. Kata Rasulullah, labu dapat mengobati kesedihan hati. Sifat dingin dan basah dari labu kuning mampu memberikan asupan gizi ringan.
Kenali Kesempurnaan Fisik Rasulullah Menurut Para Sahabatnya
 – Ketika Anda mengagumi berat dengan artis terkenal, pasti Anda akan mudah membayangkan sosok idola Anda tersebut, bukan? Jelas itu akan terjadi, apalagi di zaman yang serba canggih ini. Di mana kita bisa dengan mudah mencari foto maupun video dari artis yang menjadi idola Anda.Tapi bagaimana dengan umat Islam yang menjadikan Rasulullah Muhammad Saw sebagai idolanya, sementara itu mereka tidak pernah tahu bentuk fisiknya? Sangatlah wajar jika kita berusaha membayangkan sosok idola kita, Rasulullah Muhammad SAW.Untungnya, walaupun tidak ada referensi foto atau gambar beliau, namun dalam banyak hadits, para sahabat Rasulullah SAW menyampaikan ciri fisik Nabi Muhammad Saw. Kira-kira, seperti apa kesempurnaan fisik dari Rasulullah SAW? 
Tips Unik Menyadarkan Tetangga yang Zhalim | Rafif Amir
Saya seringkali mendengar kisah antar tetangga yang tidak akur. Penyebabnya macam-macam. Mulai karena urusan sepele, hutang-piutang, masalah batas tanah, hingga yang mengaku didzalimi terang-terangan.Ada cerita menarik yang dikisahkan Ibnu Qayyim dalam Al-Thuruq Al-Khukmiyyah fi al-Siyasah al-Syar'iyyah, merujuk kepada kitab Musnad Imam Ahmad tentang tetangga yang merasa didzalimi ini. Kurang lebih ceritanya begini.Seorang lelaki datang mengadu pada Rasulullah saw tentang tetangganya. Ia mengatakan bahwa seorang tetangganya telah menyakiti hatinya. Ia merasa didzalimi. Ia ingin tetangganya itu sadar dan meminta maaf akan perbuatannya.Kemudian Rasulullah saw, dengan tenang memberikan saran agar orang itu segera kembali ke rumahnya dan mengeluarkan seluruh harta bendanya di jalan dengan maksud berpura-pura hendak pindah rumah.Saran yang diberikan Rasulullah saw ini mungkin agak unik dan tidak biasa. Si orang tadi mungkin menemui Rasulullah agar Rasulullah bisa menjadi penengah dan membantu menasihati tetangganya. Tetapi yang ia daatkan justru perintah untuk kembali ke rumah dan pura-pura pindah rumah? Tentu saja, karena yang memerintah adalah Rasulullah, ia tak berani membantah.Maka laki-laki itu pun melakukan seperti yang disabdakan Rasulullah. Ia meletakkan semua isi rumahnya di jalan. Demi melihat apa yang ia lakukan, banyak orang berdatangan, mendekati, dan menanyakan apa yang telah terjadi padanya. Tetangga-tetangganya yang lain keheranan dengan perbuatannya.
Kisah Sahabat Sang Pemegang Rahasia Rasulullah Saw
Rahasia adalah sesuatu yang sengaja disembunyikan, agar tidak diketahui orang lain. Setiap orang pasti memiliki rahasia, yang tidak boleh orang tahu. Ada rahasia seseorang yang tertutup rapi, dan tidak pernah diceritakan kepada siapapun.Ada juga rahasia yang diceritakan kepada orang-orang tertentu. Biasanya, orang yang diberitahu tentang rahasia tersebut merupakan orang terpercaya. Tidak hanya saya atau Anda, Rasulullah Saw pun juga mempunyai rahasia.Yang mana, rahasianya tersebut hanya diceritakan kepada salah satu sahabat terpercayanya. Rasulullah Saw sendiri telah menceritakan hal tersebut kepada salah satu sahabatnya, agar berita tersebut tidak tersebar luas. Sebab rahasia tersebut menyangkut orang-orang munafik yang ingin membunuh Rasulullah Saw.
Ketika Rasul Tidak Memberi Sebagian Minuman pada Aisyah
Rasulullah SAW adalah seorang suami yang sangat meninggikan kedudukan para istrinya dan amat menghormati mereka. Namun, ketika berselisih, Rasulullah SAW tidak pernah melibatkan emosi.Ketika sedang marah kepada Aisyah, Beliau pun berkata, "Tutuplah matamu " Kemudian Aisyah menutup matanya dengan perasaan cemas, khawatir dimarahi Rasulullah. Rasulullah SAW, pun berkata, "Mendekatlah " Tatkala Aisyah mendekat, Rasulullah SAW kemudian memeluk Aisyah sambil berkata, "Humairahku, telah pergi marahku setelah memelukmu."Tidak pernah ada kalimat kasar dan menyakitkan dalam rumah tangga Rasulullah SAW. Sampai suatu hari Rasulullah SAW pulang dari perjalanan jihad fisabilillah diiringi para sahabat. Sementara itu di pintu gerbang kota Madinah, Aisyah r.a menunggu dengan rasa rindu.
Begini Cara Romantis Rasulullah SAW Perlakukan Istrinya
 – Nabi Muhammad SAW adalah panutan bagi seluruh umat Muslim di dunia. Sepanjang hidupnya, Rasulullah sudah mengajarkan banyak hal pada umatnya. Tak hanya soal ibadah, tapi juga tentang hubungan antara manusia, termasuk soal berumah tangga.Beliau dianggap sebagai sosok suami yang sangat romantis terhadap istri-istrinya. Rasulullah sangat menghormati istrinya dengan dibumbui sifat mesra yang membuat hubungan mereka semakin harmonis. Dan berikut ini ada beberapa cara Rasulullah memperlakukan istri-istrinya dengan sangat romantis.Hal ini berdasarkan hadis-hadis yang menceritakan riwayat Rasulullah. Sungguh ini patut untuk dijadikan contoh buat para suami. Penasaran bagaimana cara Rasulullah memperlakukan istrinya?
Inilah Para Wanita Pengasuh Rasulullah SAW
Perjalanan hidup Rasulullah SAW sudah berliku, semenjak beliau dilahirkan ke dunia. Ditinggal oleh ayahanda tercinta sejak dalam kandungan, membuat bayi Muhammad SAW terlahir sebagai seorang yatim.Tidak hanya itu, beliau juga harus kehilangan ibunda tercintanya ketika berusia 6 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Rasulullah SAW tidak akan merasakan kasih sayang dari ibunya lagi. Bahkan, beliau juga pernah menikmati ASI dari sang ibunda meskipun tidak berlangsung lama.Sebab sudah menjadi kebiasaan pemuka bangsa Arab untuk mencarikan ibu susuan dari pedesaan bagi bayi mereka. Tujuannya adalah agar tubuh dari si bayi-bayi tersebut lebih sehat dan kuat. Ternyata, hal ini juga terjadi kepada Rasulullah. Yang mana, beliau memiliki ibu susuan dan juga pengasuh semasa kecilnya. Siapa sajakah sosok wanita beruntung tersebut?
Ketika Kaum Quraisy Tertipu dengan Sarang Laba-laba dan Merpati
Suatu ketika, Rasulullah SAW dan Abu Bakar pernah dikejar-kejar oleh kafir Quraisy, untuk dibunuh. Rasulullah Saw dan Abu Bakar, dengan izin Allah SWT, selamat dari pengejaran orang-orang kafir Quraisy tersebut.Ketika itu, Rasulullah SAW bersama Abu Bakar bersembunyi di dalam gua Tsur. Gua Tsur berjarak sekitar enam kilometer arah Selatan Masjidil Haram. Jabal Tsur Gunung tertinggi di Kota Mekah ini memiliki tiga puncak yang bersambungan dan berdekatan.Di puncaknya terdapat gua yang bernama Gua Tsur, tempat Rasulullah SAW dan sahabatnya Abu Bakar Ashiddiq bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy.
Ini Dia Cara Bertetangga Indah Ala Rasulullah
Rasulullah Saw tidak hanya berseru agar umatnya berbuat baik kepada tetangga. Namun dalam keseharian beliau, berakhlak terbaik untuk tetangganya. Salah satunya beliau tidak pernah makan sendiri sebelum tetangganya bisa makan.Sabda Rasulullah Saw, "Jibril tidak henti-hentinya berwasiat kepadaku agar berbuat baik kepada tetangga, hingga aku beranggapan bahwa ia akan mewarisi." Mutafaq Alaih . Sabda Rasulullah Saw, "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah memuliakan tetangganya," Mutafaq Alaih .Itulah bukti perintah baginda Nabi Saw tentang pentingnya berbuat baik kepada tetangga. Tentu beliau tidak asal bicara dan memerintah. Beliaulah orang pertama yang mempraktikkan baiknya akhlak bertetangga. Berikut ini akhlak beliau kepada tetangganya, yang tentu harus diteladani dan diamalkan.
Meneladani Rasulullah dalam Mendidik Anak
Menanamkan akhlak Islami kepada anak tentu tak bisa ditunda. Rasulullah mencontohkan, beliau senantiasa memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anaknya. Rasulullah sangat piawai dalam membentuk akhlak anaknya.Berikut ini terdapat beberapa contoh Rasulullah SAW dalam menanamkan akhlak yang baik pada anak-anaknya. Salah satunya dengan sering memberikan hadiah. Selain bercanda, hadiah menjadi media yang tepat untuk menjalin hubungan yang baik dengan anaknya. Tidak hanya memberi banyak hadiah, Rasulullah SAW juga begitu perhatian kepada anak-anaknya. Perhatian Rasulullah SAW kepada anak-anaknya pun, patut untuk dijadikan teladan.
Rasulullah SAW, Sosok Ayah dan Kakek yang Tegas
Tegas adalah sikap berani mengungkapkan, apa yang benar serta apa yang salah, apa yang diinginkan serta apa yang tidak diinginkan secara jelas, nyata, dan pasti. Jika salah tentu akan dikatakan salah, dan jika benar akan dikatakan benar tanpa memandang kondisi atau kepada siapa hal tersebut diutarakan.Sungguh, dalam pelaksanaan hukum Allah, Rasulullah SAW bersikap sangat tegas. Beliau tidak kenal kompromi, tidak memandang apakah orang lain akan menerimanya atau tidak, apakah akan populer ataukah justru akan dicaci.Rasulullah SAW adalah orang yang sangat lembut dan penyayang. Di sisi lain, Rasulullah SAW sangat tegas dalam menegakkan syariah Allah SWT. Beliau tidak berkompromi dalam masalah halal dan haram, bahkan terhadap anak kecil, cucu beliau sendiri.
Empat Amalan agar Dekat dengan Rasulullah saat Kiamat
VIVA.co.id – Umat muslim yang beriman tentu sangat merindukan sosok Nabi Muhammad SAW. Meski sudah berselang sekitar 15 abad, namun Nabi terkahir ini selalu hidup di hati setiap mukmin. Pertemuan dengan Rasulullah SAW merupakan hal yang sangat diimpikan.Namun, harapan tersebut tidak akan terwujud, mengingat Nabi Muhammad SAW sudah ribuan tahun meninggal. Jangan berkecil hati, pasalnya kita bisa bertemu dengannya pada hari kiamat nanti. Dengan amalan yang sudah beliau ajarkan sebelumnya, manusia berkesempatan untuk dekat dengan Rasulullah pada hari akhir. Apa saja amalannya?Salah satunya dengan perbanyak membaca selawat. "Allahumma Shalli A'la Sayyidina Muhammad. Wa alaa aalihi washahbihi ajma'in" Semoga dengan membaca ini, kedudukan kita pada hari kiamat dekat dengan Rasulullah SAW. Makna dari selawat tersebut adalah memohon kepada Allah agar melimpahkan rahmat kepada Baginda Rasulullah, keluarga, dan sahabatnya.
Begini Cara Bugar Sesuai Anjuran Rasulullah SAW
Nabi Muhammad SAW digambarkan oleh para sahabat sebagai pribadi yang sehat dan kuat. Leher beliau berjenjang dan indah, perut Rasulullah SAW juga sama rata dengan dada yang bidang. Jarak antara kedua bahu terlihat lebar dan persendiannya kokoh.Gambaran ini menyimpulkan bahwa, Nabi Muhammad SAW memiliki tubuh yang atletis dan bugar. Nabi Muhammad SAW merupakan manusia yang jarang sakit selama masa hidupnya. Rasulullah SAW memiliki kondisi fisik yang bugar hingga beliau memasuki usia lanjut.Kematian beliau juga disebabkan karena racun dan bukan menderita sakit. Kebugaran fisiknya juga tergambar dari kisah perjalanannya ke berbagai tempat yang hanya bisa dicapai jika seseorang memiliki tubuh yang bugar.  
Rasulullah SAW, Sosok Bertubuh Wangi dan Selembut Sutra
 – Tak ada teladan yang bisa melebihi kekaguman pada Rasulullah SAW. Siapapun yang melihatnya akan terkesima, bagai melihat pancaran cahaya matahari yang bersinar terang. Kulit beliau pun halus dan wanginya lebih dari kasturi.Rasulullah SAW adalah sosok yang istimewa, mulai dari fisik, sikap, teladan, dan syariatnya. Para sahabat menggambarkan keindahan Nabi laksana menatap matahari pagi yang cerah. Digambarkan dalam satu riwayat, dari Ar-rubayyi' binti Mu'awwidz berkata, "Saat melihat beliau, seakan-akan aku sedang melihat matahari yang sedang terbit," (Misykatul Mashabih). Seandainya kita hidup di zaman Rasulullah Saw, tentu merasakan halusnya kulit baginda Nabi. Anas berkata, "Aku tidak pernah menyentuh kain sutra yang lebih halus dari telapak tangan Nabi Saw. Aku tidak pernah mencium suatu aroma, minyak kasturi, atau bau apapun yang lebih harum daripada bau dan aroma Rasulullah," (HR Al Bukhari).
Kisah Pohon Kurma Menangis Rindukan Nabi SAW
.co.id – Dalam satu hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah bahwa, pada masa itu masjid Rasulullah SAW beratap pelepah pokok tamar atau kurma. Jika Rasulullah SAW berkhotbah, baginda Rasulullah SAW berdiri di atas salah satu batang pokok kurma.Karena jumlah umat Islam bertambah banyak, maka ada sahabat yang mengusulkan untuk dibuat mimbar baru dan tinggi, agar jamaah yang berada di belakang dapat melihat Rasulullah SAW ketika berkhotbah. Lalu, para sahabat pun membuat mimbar daripada kayu yang mempunyai 3 anak tangga.Akan tetapi, ketika Rasullullah SAW menggunakan mimbar baru itu, kedengaran suara rintihan seperti tangisan unta kehilangan anak yang semakin lama semakin kuat hingga mengguncangkan tanah.
Kisah Usamah bin Zaid Panglima Perang Termuda Rasulullah SAW
Usamah bin Zaid bin Haritsah la juga biasa dipanggil Abu Muhammad. la memiliki gelar Hibb Rasulullah jantung hati Rasulullah dan Ibnu Hibb Rasulullah putra dari jantung hati Rasulullah . Ayahnya adalah Zaid bin Haritsah RA, anak angkat Rasulullah Saw yang sangat beliau cintai.Ibunya adalah Ummu Aiman, seorang budak hitam yang mengasuh Muhammad kecil dan dimerdekakan oleh Rasulullah Saw. Zaid lebih memilih tinggal bersama Muhammad dari pada kembali kepada ayahnya, Haritsah.Setelah selesai Rasulullah Saw menyelesaikan haji Wada , beliau mempersiapkan pasukan muslimin untuk menghadapi tentara Romawi. Rasulullah Saw memilih Usamah bin Zaid RA yang masih muda belia, untuk memimpin pasukan muslimin.
8 Kunci Keberhasilan Usaha Dagang Nabi Muhammad SAW
.co.id – Nabi Muhammad SAW adalah seorang pebisnis sukses dan jaya. Beliau menjalani hidupnya sebagai pebisnis atau pedagang sukses selama 28 tahun, mulai dari usia 12 tahun hingga 40 tahun. Dan selebihnya, ia menjalani masa kerasulan sebagai suri tauladan kita semua sebagai umat Muslim.Saat Nabi Muhammad SAW memasuki usia 6 tahun, ibunya wafat. Ia pun diasuh oleh kakeknya, Abdul Muthalib. Kakeknya adalah seorang pemuka Quraisy yang sangat disegani. Nabi Muhammad SAW mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang sangat besar dari sang kakek. Selanjutnya, Nabi Muhammad SAW diasuh oleh pamannya, Abu Thalib sampai menginjak remaja.Sejak diasuh oleh pamannya, Nabi Muhammad SAW berkembang sebagai seorang anak yang mulai menginjak masa remaja. Di situlah, Nabi Muhammad SAW diperkenalkan oleh pamannya bagaimana cara untuk menjalani hidup.