Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Berpikirlah Sejenak Sebelum Anda Menyantap Daging Ayam

Ayam, bagi setiap orang tentu memiliki cara pandang berbeda. Apalagi saya yang memang terlahir dari keluarga peternak ayam, tentu memiliki ketertarikan tersendiri pada binatang yang selalu hadir di meja makan ini. Jika menilik akar kesejarahan peradaban manusia di Nusantara, tidak akan pernah lepas dari eksistensi ayam.

Ayam dalam masyarakat kita, pun dunia, bukan hanya sebatas produk daging dan telur yang tersaji di meja makan. Coba ingat kembali dongeng Sangkuriang yang sedemikian marahnya menendang perahu sampai berubah menjadi gunung akibat ayam berkokok.

Pernahkah mendengar cerita Cindelaras yang berhasil mempertemukan ayahnya yang seorang raja dengan ibunya, akibat menang dalam sabung ayam? Atau, coba pelajari kenapa simbol negara Perancis itu ayam? Lalu, ada apa dengan sejarah ayam kalkun di Eropa?

Read Full Article
Resep Bola-bola Ayam Krispy dan Gugah Selera
 –  Anak-anak tidak pernah bosan untuk makan dengan ayam? Memang sih, ayam termasuk satu lauk yang difavoritkan anak-anak, akan tetapi Anda pasti bosan mengolah ayam dengan cara yang itu-itu saja.Tenang saja, karena dengan sedikit trik, daging ayam bisa diolah menjadi lauk atau camilan yang enak dan menggoda, yakni bola-bola ayam krispy. Menu yang satu ini dibuat dari kombinasi daging ayam cincang yang dipadu dengan tepung dan bumbu pilihan, kemudian dibentuk menjadi bola-bola yang cantik, kemudian digoreng hingga kering kecokelatan.Apakah Anda tertarik untuk mencoba membuat bola-bola ayam krispy yang enak menggoda? Agar lebih jelasnya, simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini. Dijamin, camilan ini bikin kamu semakin berselera.
Tujuh Fakta Ayam Cemani yang Jarang Diketahui
Ayam cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia. Kata cemani berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti hitam legam, yang merupakan ciri khas ayam tersebut yaitu seluruh badannya memang berwarna hitam.Konon, ayam cemani ini mempunyai warna hitam yang sangat sempurna dengan presentase 100 berwarna hitam, bahkan sampai daging, tulang, darah, dan hingga bagian dalam jeroan semuanya berwarna hitam.Ayam cemani bisa dikatakan adalah Lamborghini nya dunia ayam. Bagaimana tidak, ayam ini termasuk spesies langka dan harga jualnya sangat mahal. Tapi, di balik harganya yang mahal tersebut, ayam cemani ini menyimpan beberapa fakta yang jarang diketahui. Apa saja faktanya?
Resep Membuat Ayam Goreng Padang Gurih dan Enak
 – Bagi Anda yang pernah makan di warung Padang, pastilah sudah kenal bagaimana penampilan ayam goreng yang menggoda. Ayam terlihat kering kecokelatan dengan serabut kecokelatan mirip sarang burung, yang membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya.Ayam goreng Padang tidak hanya memiliki penampilan yang memukau, tapi rasa dan aromanya juga sangat memikat. Hal ini karena sebelum digoreng, ayam diungkep dengan bumbu rempah yang komplit sehingga hasilnya benar-benar lezat sempurna.Bagi Anda yang suka memasak, tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri ayam goreng ala masakan Padang sendiri di rumah. Cara membuat ayam goreng padang tidak sulit, karena prosesnya hampir sama dengan membuat ayam goreng kremes. Ingin tahu bagaimana cara membuat ayam goreng Padang?
Tips Bedakan Ayam Kampung dan Broiler
Daging ayam kampung maupun ayam broiler, memang secara umum banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat di sekitar kita. Namun kenyataannya, masih ada saja yang merasa kesulitan untuk membedakan dari jenis daging ayam keduanya.Tidak sedikit orang juga lebih gemar mengonsumsi daging ayam kampung, bila dibandingkan ayam broiler--ayam dalam negeri. Karena kebanyakan, orang menganggap bahwa ayam kampung lebih terkesan alami dan terhindar dari ragam jenis obat-obatan kimia.Namun juga tidak sedikit pula orang lebih memilih daging ayam broiler untuk disajikan dalam bentuk hidangan di rumah. Jadi, bila dinilai dari segi kelezatan dan kenikmatannya, hal demikian memang berdasarkan selera masing-masing. Bukan begitu? Lantas, bagaimana untuk membedakannya?
Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Awet dan Nutrisinya Terjaga
.co.id – Stok daging Anda melimpah saat hari raya Idul Adha, pasti Anda ingin menyimpannya agar bisa gunakan pada saat dibutuhkan. Tahu tidak, menyimpan daging kurban tidak bisa sembarangan, karena salah menyimpan daging kurban bisa membuat daging rusak dan tidak layak konsumsi.Jadi tidak sekedar dimasukkan ke dalam kulkas saja, tapi ada trik-trik tertentu yang harus diperhatikan agar daging awet dan nutrisinya tetap terjaga. Sayangnya, tidak semua orang memahami cara menyimpan daging kurban dengan benar, sehingga stok daging yang dimilikinya jadi rusak dan tidak layak dikonsumsi lagi.Nah, agar tidak salah menyimpan daging kurban, sebaiknya simak beberapa tips dan triknya berikut ini.
Resep Ayam Goreng Rambutan yang Gurih dan Renyah
 – Bosan makan lauk ayam utuh yang itu-itu saja? Cobalah berkreasi dengan daging ayam giling, pasti lebih seru. Ayam giling lebih enak diolah, karena tanpa tulang, dagingnya lebih lembut, dan mudah dicerna sehingga pasti disukai oleh siapapun.Salah satu olahan daging giling yang tidak sekadar enak di lidah, tapi penampilannya juga menarik adalah ayam goreng rambutan. Dinamakan ayam rambutan, karena dibuat dari bahan ayam giling yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, kemudian digulingkan ke dalam bihun yang dihancurkan sehingga bentuknya mirip serabut atau rambutan.Setelah itu, ayam rambutan siap digoreng hingga matang kecokelatan. Ayam rambutan ini bisa dinikmati bersama saus tomat, saus sambal atau mayonaise. Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah?
Delapan Bagian Daging Sapi yang Wajib Anda Tahu
Pernah masak daging, tapi teksturnya tetap keras meskipun sudah dimasak hingga waktu lama? Pemilihan bagian daging yang tepat merupakan salah satu kunci sukses memasak daging yang empuk dan enak.Sayangnya, tak banyak yang memahami hal tersebut, sehingga mereka asal dalam membeli daging dan memasaknya. Padahal memasak daging sapi yang sesuai dengan bagiannya dapat menambah cita rasa dan tekstur daging yang sempurna dalam masakan yang Anda olah.Nah, agar tidak salah pilih daging, lebih baik simak 8 bagian pada daging yang wajib Anda ketahui. Apa saja bagian itu? Berikut penjelasannya. 
Ayam Geprek Mozzarella yang Kaya Rasa dan Kekinian
 – Bagi yang suka ayam geprek atau ayam penyet pasti sudah lekat dengan rasa pedasnya yang menggugah selera, bukan? Namun, inovasi baru berhasil diciptakan oleh sebagian orang dengan mengganti sambal pedas dengan mozzarella yang kaya akan rasa.Inovasi rasa baru ini sangat menarik, karena benar-benar menggugah selera. Ayam geprek mozzarella saat ini tengah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Sebenarnya, ayam geprek geprek sudah ada dari sejak dulu. Namun, penggunaan topping mozzarella membuat makanan ini mendapat perhatian khusus dari kalangan pencinta kuliner.Ayam geprek mozarella ini memang menggunakan ayam sebagai bahan bakunya, tapi ayam yang digunakan adalah ayam fillet yang digoreng tepung ala kuliner cepat saji western. Setelah itu, diberi tambahan keju mozarella yang dilelehkan di atasnya sebagai topping. 
Tips Sehat dan Aman Makan Daging Kambing
Menikmati daging kambing menjadi ritual wajib setiap hari raya Idhul Adha. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki keberanian untuk menikmati olahan daging kambing yang nikmat dan menggoda.Memang, ada beberapa kondisi kesehatan yang mengharuskan seseorang untuk mengurangi konsumsi daging. Mengurangi bukan berarti Anda harus anti daging kambing, karena sebenarnya daging kambing sangatlah menyehatkan.Yang membuat daging kambing tidak sehat adalah karena proses pengolahannya dan juga bahan-bahan yang menyertainya. Jadi, asalkan diolah dengan cara yang benar, daging kambing justru bermanfaat bagi kesehatan. Karena daging kambing terdapat kandungan gizi, di antaranya karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C, dan protein.
Jika Anda Lihat Garis Ini pada Daging Ayam, Jangan Dimakan
Peradaban manusia dalam mengonsumsi daging ayam, kini mengalami peningkatan dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan, ayam merupakan sumber protein yang sangat baik, dan harganya lebih terjangkau dibanding jenis daging lain.Dengan fakta ini, tidak heran jika produsen unggas banyak membanjiri pasar dengan daging ayam. Tentunya daging ayam ini memiliki kualitas yang berbeda-beda, ada yang baik, bahkan tak sedikit yang berkualitas buruk.Untuk itu, Anda wajib berhati-hati saat membeli daging ayam. Jangan memilih daging ayam dengan warna pucat apalagi berbau. Satu lagi, jangan membeli daging ayam jika terdapat garis putih pada dagingnya. Kenapa?
Lakukan Cara Ini agar Ayam Kampung Gurih dan Sedap
 – Memasak ayam kampung, tapi kenapa rasanya hambar dan kurang gurih? Meski tidak mengandung banyak lemak, namun ayam kampung memiliki rasa khas yang sedap. Ayam kampung bisa diolah menjadi aneka masakan yang lezat dan menggugah selera.Mulai dari soto, kare, ayam balado, rending, ayam panggang, dan lainnya bisa dibuat enak dari ayam kampung. Jika selama ini Anda merasa kesulitan memasak ayam kampung yang enak dan gurih, sebaiknya simak beberapa tips berikut ini.Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan merendam ayam bersama bumbu (marinade). Marinade merupakan proses membaluri ayam dengan bumbu hingga seluruh bagian ayam terendam, kemudian simpan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.
Cara Membuat Ayam Panggang Matang Sempurna
Ayam panggang termasuk satu olahan yang cukup menggoda, baik dari sisi penampilan maupun citarasanya. Namun begitu, sering dijumpai ayam panggang yang terlihat sempurna dalam sisi penampilan, tapi ketika dinikmati justru terlihat darah kemerahan.Ayam panggang yang masih ada darahnya menunjukkan ayam tidak diolah dengan benar atau masih mentah. Ayam panggang yang masih berdarah tersebut tidak layak dikonsumsi, karena mengandung bakteri salmonella dan virus yang dapat membahayakan kesehatan keluarga.Saat memasak ayam panggang, kita wajib memperhatikan tingkat kematangan ayam. Proses memasak yang benar akan membuat citarasa dan penampilan ayam jadi lebih sempurna dan pastinya aman dikonsumsi oleh semua keluarga. Agar ayam panggang buatan Anda bisa matang sempurna dan tidak berdarah, simak cara mudahnya berikut ini. Baca Selengkapnya...
Kenali Ciri Daging Sapi Berkualitas Baik dan Sehat
Daging sapi termasuk jenis lauk-pauk yang banyak difavoritkan, karena rasanya yang lezat, kaya gizi, dan daging bisa mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh,asalkan diolah dengan cara yang benar.Meski harga daging lumayan tinggi, namun jumlah permintaannya tetap tinggi. Kondisi tersebut banyak dimanfaatkan oleh segelintir oknum pedagang daging yang demi mendapatkan keuntungan lebih, mereka tega melakukan kecurangan, seperti menggelonggong daging, menjual daging sisa kemarin, dan lain sebagainya.Kondisi tersebut membuat daging yang awalnya sehat justru berbahaya bagi kesehatan. Lalu, bagaimana cara menghindari pedagang daging yang curang? Tentu saja kita harus cerdas dalam membedakan mana daging sapi yang sehat dan segar dan mana yang tidak.
Unik, Ayam Ini Memiliki Daging Berwarna Hitam
Pada umumnya daging ayam berwarna putih kekuningan. Namun, bagaimana jika Anda menemukan daging ayam berwarna hitam?Di China, ada salah satu jenis ayam yang disebut ayam slike yang memiliki kulit, tulang, dan organ internal berwarna hitam, termasuk bagian dagingnya. Selain ayam slike, memang ada beberapa keturunan ayam hitam lainnya, namun tetap yang paling populer adalah ayam slike.Ayam slike memiliki bulu yang halus, di mana bulunya digambarkan memiliki kehalusan seperti sutra. Sementara itu, ayam yang dijuluki "wu gu ji" ini memiliki kulit warna gelap kebiruan dan tulang hitam pekat.Baca selengkapnya ...
Tips Membuat Ayam Lodho Khas Tulungagung yang Gurih
Ada beragam jenis olahan ayam yang menggoda selera, salah satu yang cukup banyak difavoritkan adalah Ayam Lodho. Olahan ayam yang sangat istimewa ini berasal dari daerah Tulung Agung, Jawa Timur.Ayam lodho termasuk satu olahan yang istimewa, karena diolah dengan beragam rempah yang sangat kaya dan dipadukan kuah santan yang dimasak hingga kering sehingga bumbu meresap kuat ke dalam daging ayam.Untuk rasanya, jangan ditanya karena ayam lodho memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat menggoda. Ayam lodho bisa disandingkan dengan menu apa saja, dari mulai nasi uduk, nasi kuning, urap-urap, atau bahkan bisa menjadi menu alternatif khas lebaran atau kenduri.
Menikmati Bubur Ayam Pak H. Amid di Kota Kembang
 – Bubur ayam di kota Bandung punya ciri khas yang berbeda, dengan bubur ayam di kebanyakan kota lainnya. Buburnya cenderung sudah gurih dengan aroma kaldu ayam yang menggoda tanpa dibubuhi apapun, sedangkan bubur ayam di kota lain sang bubur akan diberi guyuran "kuah" kuning yang memberikan aroma gurih pada sajian bubur ayamnya."Topping" di bubur ayam Bandung pun lebih meriah biasanya, di porsi lengkapnya selain suwiran ayam, kacang dan taburan seledri, kita juga bisa menemukan potongan cakue, ati ampela dan telur rebus. Jadi untuk memilih bubur ayam Bandung yang enak, patokan saya cukup dua: gurihnya bubur ayam dan kelengkapan "topping"-nya.Dengan patokan itu, juga saya menjadikan Bubur Ayam Pak H Amid sebagai salah satu penjaja bubur ayam favorit di kota kembang ini. Terkenal juga dengan sebutan Bubur Ayam Pajajaran, saya mulai mengenal bubur ayam ini waktu zaman kuliah dan langsung jatuh cinta pada suapan pertama.
Tips Membuat Sate Kambing yang Empuk
.co.id – Saat Idul Adha tiba, biasanya stok daging akan melimpah, terutama daging kambing. Meski Anda termasuk penggemar olahan daging kambing, namun belum tentu Anda lihai memasak sendiri daging kambing yang enak, karena memang mengolah daging kambing ini bisa dibilang gampang-gampang susah.Salah langkah akan membuat daging jadi alot, keras, dan bau prengus. Di antara semua olahan daging kambing, umumnya sate merupakan satu alternatif paling mudah yang banyak dipilih untuk memasak daging kambing kurban.Meski cara masak sate terlihat mudah, namun tidak semua orang berhasil membuat sate yang enak sempurna. Jelas saja, karena memang ada trik khusus untuk memasak sate agar daging bisa empuk, lembut dan tidak bau prengus.
Ini Cara Mencuci dan Merebus Ayam yang Benar
VIVA.co.id – Sebelum mengolah ayam, Anda pasti akan mencucinya terlebih dahulu bukan? Tahukah Anda jika mencuci ayam dalam kondisi mentah dapat meningkatkan risiko daging ayam mengalami kontaminasi silang bahan pangan.Untuk itu, pastikan mencuci daging ayam mentah dengan cara yang benar. Selain cara mencuci, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan agar ayam terhindar dari kontaminasi bakteri, yakni saat merebus. Kebanyakan orang merebus ayam langsung dengan air panas, atau pada saat air sudah mendidih.Padahal cara tersebut sangat berisiko terkontaminasi bakteri. Nah, agar tidak salah langkah, simak cara yang ada berikut ini. Lantas, kira-kira bagaimana ya caranya? 
Hoax dan Fakta Ayam Dingin Segar
.co.id – Ayam dingin segar adalah salah satu isi yang wajib ada di kulkas saya. Sebagai ibu bekerja yang tidak mungkin setiap hari belanja, saya belanja seminggu sekali untuk memastikan stok sayur, buah, bumbu, daging, ikan dan tentu saja ayam dingin segar dalam jumlah cukup.Bisa dibilang, porsi belanja ayam dingin segar lebih banyak dari lauk lainnya karena keluarga kami paling suka masakan ayam. Terutama anak laki-laki saya, dalam sekali makan dia bisa menghabiskan 2-3 potong ayam goreng atau semur, sampai menyebut dirinya kembaran ketiga Upin-Ipin.Ayam dingin segar bukan sebuah merek dagang. Ayam dingin segar adalah istilah untuk daging ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan dan pembekuan. Ayam disembelih di Rumah Potong Unggas dan dagingnya langsung dikelola dalam suhu dingin 0-4°C. 
Daging Ayam, Alternatif Pengganti Daging Sapi
Harga daging sapi melonjak, bahkan sampai pada kisaran Rp120 ribu di berbagai pasar di Indonesia. Itu di antaranya berita yang mewarnai berbagai media cetak maupun elektronik di negeri tercinta ini.Untuk kita yang tinggal di daerah pedesaan, atau dari keluarga menengah ke bawah, boleh jadi tidak ambil pusing dengan berita dan persoalan harga daging sapi yang melambung tersebut. Kenapa demikian?Alasan yang mungkin adalah daging sapi dapat diganti dengan daging ayam kampung yang sudah dijamin nilai gizi dan kesehatannya. Apalagi bagi kita yang telah memelihara ayam kampung di rumah masing-masing, punya kemungkinan besar mengambil alternatif memanfaatkan daging ayam untuk pasokan kebutuhan selama bulan puasa dan lebaran bagi keluarga.
Pusing Setelah Makan Daging? Bisa Jadi Gejala Hipertensi
 – Daging merupakan bahan makanan penyumbang protein hewani. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan daging ikan, bisa memilih daging ayam, kambing, maupun sapi sebagai alternatif.Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk masa otot, serta memperbaiki sel-sel atau jaringan yang rusak. Maka tak heran, jika protein termasuk dalam nutrisi makro yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak menu makanan dari berbagai daerah yang memanfaatkan daging di setiap masakannya, seperti rendang, dendeng, ayam goreng, dan masih banyak lagi.Di balik nikmatnya menu olahan daging tersebut, tersimpan bahaya bagi kesehatan seperti hipertensi apabila terlalu sering mengonsumsinya. Apabila Anda kerap merasakan jantung berdetak sangat kencang, lemas serta disertai pusing setelah menyantap salah satu menu daging, terutama daging kambing, sebaiknya Anda patut waspada.
Berpikirlah Sejenak Sebelum Anda Menyantap Daging Ayam
Ayam, bagi setiap orang tentu memiliki cara pandang berbeda. Apalagi saya yang memang terlahir dari keluarga peternak ayam, tentu memiliki ketertarikan tersendiri pada binatang yang selalu hadir di meja makan ini. Jika menilik akar kesejarahan peradaban manusia di Nusantara, tidak akan pernah lepas dari eksistensi ayam.Ayam dalam masyarakat kita, pun dunia, bukan hanya sebatas produk daging dan telur yang tersaji di meja makan. Coba ingat kembali dongeng Sangkuriang yang sedemikian marahnya menendang perahu sampai berubah menjadi gunung akibat ayam berkokok.Pernahkah mendengar cerita Cindelaras yang berhasil mempertemukan ayahnya yang seorang raja dengan ibunya, akibat menang dalam sabung ayam? Atau, coba pelajari kenapa simbol negara Perancis itu ayam? Lalu, ada apa dengan sejarah ayam kalkun di Eropa?
Cara Pilih Daging Giling yang Segar dan Bernutrisi
Mana yang lebih Anda pilih, antara daging utuh dengan daging giling? Tentu ibu akan menjawab tergantung kebutuhan masakan, karena ada kalanya daging giling lebih dibutuhkan saat mengolah beberapa masakan, salah satunya bakso.Menggiling daging sendiri memang tidak mudah dan memakan waktu lama, karenanya tak heran jika sebagian ibu memilih alternatif lain, yakni dengan memilih daging giling. Namun begitu, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memilih daging giling. Karena jika dibandingkan dengan daging utuh, daging giling lebih mudah berubah warna dan mudah basi, akibat paparan oksigen yang lebih besar.Jangan sampai karena ketidaktahuan, lantas Anda salah memilih daging giling yang tidak segar dan berkualitas buruk. Agar tidak salah pilih, sebaiknya simak cara memilih daging giling yang segar dan berkualitas berikut ini.