Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Berburu Sunset di Pantai Selatan Jawa

Kuta, Senggigi, dan Pulau Moyo adalah sederet spot menyaksikan sunset dari pantai yang paling terkenal di Indonesia. Kelebihan dari pantai-pantai tersebut yaitu lokasinya yang menghadap ke arah barat, sehingga memungkinkan matahari tenggelam di atas laut. Tapi tahukah kamu jika ada pantai selatan yang juga memiliki penorama sunset serupa?
Ini lah Pantai Watukarung dari Pacitan. Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat Provinsi Jawa Timur dan berada di pesisir selatan. Kota ini mulai dikenal traveler lantaran memiliki segudang destinasi wisata keren mulai dari gua hingga pantai yang mempesona. Pantai-pantai yang terkenal antara lain Pantai Teleng Ria, Pantai Klayar dan juga pantai-pantai di sepanjang Jalur Lintas Selatan.
Dari puluhan pantai yang ada terselip satu nama yang bisa dibilang paling istimewa yaitu Pantai Watukarung. Pantai ini berada di sisi barat Kabupaten Pacitan tepatnya di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku. Keistimewaan dari pantai ini yaitu memungkinkan traveler untuk melihat sunset di tengah laut.
Baca selengkapnya..

Read Full Article
Sepuluh Pantai Terindah di Banten
Banten adalah sebuah wilayah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa dan pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Banten banyak memiliki pantai-pantai indah nan memesona untuk Anda nikmati. Salah satunya adalah Pantai Sawarna yang indah bagaikan surga, Pantai Anyer yang eksotis atau Pantai Karang Taraje yang menakjubkan.Wilayah yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia ini, serta lokasinya yang tidak terlalu jauh dari ibukota DKI Jakarta membuat pantai-pantai di Banten banyak dikunjungi wisatawan setiap akhir pekannya. Berikut sepuluh pantai terindah di Banten yang akan membuat Anda nyaman saat berlibur ke sana.Pantai Anyer. Pantai Anyer adalah salah satu pantai terindah di Banten yang wajib Anda kunjungi. Pasir putihnya yang memesona menjadikan pantai ini sebagai salah satu pantai favorit, karena memiliki spot yang indah serta objek wisata yang beraneka ragam.
Pantai Payangan, Pantai Romantis di Jember
Selain Malang dan Pacitan, di Jawa Timur masih terdapat kabupaten lainnya yang memiliki keindahan pantai yang sangat sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Kabupaten Jember. Di kabupaten ini, terdapat banyak pantai indah dengan pemandangan khasnya masing-masing.Dari banyaknya pantai di Jember, terdapat satu pantai yang cukup unik dan menarik perhatian, yaitu Pantai Payangan. Apa yang membuat pantai tersebut unik? Jika biasanya dalam sebuah objek wisata pantai kita hanya akan menemukan satu pantai saja, berbeda dengan Pantai Payangan, di sini kita bisa menemukan 4 pantai, 3 bukit dan 1 pulau, unik bukan?Bersama dengan Pantai Papuma dan Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan menjadi salah satu tujuan wisata pantai favorit di Jember, karena memang ketiga pantai tersebut berada di satu garis, berbeda dengan Pantai Papuma, Pantai Payangan memiliki pasir berwarna kecokelatan.
Mengintip Sejuta Keindahan Pantai Cemara Lombok
 – Liburan ke Pulau Lombok, rasanya tak lengkap jika keindahan pantai-pantai di Lombok tidak kita cicipi. Salah satu objek wisata pantai di Lombok yang sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata adalah Pantai Cemara. Pantai ini berada di Nusa Tenggara Barat.Mungkin nama Pantai Cemara tidak sefamiliar nama pantai Kuta, Senggigi, serta Pantai Tanjung Aan. Namun keindahan panorama yang dimiliki Pantai Cemara, tentu tak kalah indah dengan pantai-pantai lain yang sudah populer di Lombok.Pantai Cemara dengan segudang pesonanya ini berada di Desa Pemokong, Kecamatan Jerowaru. Di pantai ini, kamu bisa melihat pohon-pohon cemara di sepanjang pantai. Lalu, ada apa lagi di pantai ini?
Licin, Pantai Berpasir Hitam di Malang
Malang Selatan terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, mulai dari gunung, hutan, dan pantainya. Namun yang paling banyak menarik wisatawan adalah pantainya, banyak sekali pantai yang ada di Malang Selatan, mulai dari Kecamatan Ampelgading sampai Kecamatan Sumbermanjing Kulon, terdapat pantai-pantai yang sudah terkenal maupun belum terkenal.Kali ini yang dibahas adalah pantai yang ada di ujung timur Kabupaten Malang di Kecamatan Ampelgading, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lumajang, yaitu pantai Licin di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.Pantai Licin ini belum setenar yang lainnya seperti Pantai Sendang Biru, Pantai Balekambang, dan lainnya. Dan Pantai Licin ini tidak kalah indah dengan pantai yang ada di Malang Selatan lainnya. Jika Anda suka dengan tantangan pantai ini sangat cocok untuk menguji adrenalin, banyak sekali tantangan yang akan Anda lalui untuk menuju pantai ini.
Sunset Terbaik dari Kalimantan Selatan di Pantai Pagatan
 – Pantai Pagatan merupakan pantai kebanggaan yang dimiliki Kalimantan Selatan. Pantai ini adalah satu-satunya pantai dengan sunset terbaik di Kalimantan. Sunset di pantai ini sangat eksotis, di mana kamu akan meilihat warna langit yang oranye dan pohon-pohon yang berubah menjadi siluet atau warna hitam saja dengan latar belakang matahari terbenam.Pantai ini menjadi objek wisata favorit untuk berfoto yang mengusung tema siluet, yakni hanya bentuk tubuh kamu yang terlihat sedangkan detailnya hanya berwarna hitam. Dengan angin laut dan awan yang luas membuat sunset di pantai ini terlihat sangat indah.Pantai ini sering dikunjungi bahkan setiap hari. Dan yang unik dari Pantai Pagatan ini adalah sering ada kegiatan adat yang dilaksanakan masyarakat sekitar pantai ini. 
Pantai Licin, Mutiara Hitam dari Malang
Satu demi satu pantai-pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang mulai terkuak. Banyak yang takjub, ternyata selama ini Kota Apel punya banyak sekali pantai-pantai eksotis yang keindahannya bahkan tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali.Setelah hits dengan Pantai Segara Anak di Pulau Sempu dan juga Pantai Tiga Warna, muncul lagi pantai yang digadang-gadang bisa jadi destinasi populer di Malang, yaitu Pantai Licin.Pantai Licin adalah salah satu jajaran pantai baru yang ada di Malang. Bukan baru terbentuk, melainkan baru dikenal karena sebelumnya pantai ini seakan berada di negeri antah berantah yang tidak pernah terjamah. Lokasinya memang terpencil, berada di perbatasan antara Malang dan Lumajang, tepatnya di dusun Licin, desa Lebakharjo, kecamatan Ampelgading.  
Bermain Ombak Laut Selatan di Pantai Ngrenehan
Laut Selatan terkenal dengan ombaknya yang ganas, tingginya ombak yang mencapai 3 meter, terkadang membuat bulu kuduk merinding. Ombak yang bergulung-gulung, lalu menghempas ke batu karang memecahkan kesunyian di deretan Pantai Selatan.Kawasan pantai di Gunungkidul tersohor dengan landainya yang memesona, dan birunya pantai sebagai daya tarik utama bagi para wisatawan. Setiap pantai di Gunungkidul tentu mempunyai keunikannya tersendiri. Itu pula yang membuat para penikmat pantai selalu penasaran menjelajahi setiap pantai yang ada di bagian selatan Yogyakarta ini.Salah satunya adalah Pantai Ngrenehan, pantai yang berpasir landai, dengan warna pantainya hijau toska. Di tepi pantai, ombaknya tidak besar, karena memang pantai ini diapit dua bukit, hingga ombak dari Samudera Hindia terhalang oleh bukit tersebut.
Pantai Parangdowo, Pantai Ramah Anak di Malang Selatan
Salah satu kegiatan yang asyik saat liburan adalah pergi ke Pantai. Beruntung Kabupaten Malang tidak kekurangan pantai wisata yang berpanorama indah. Berderet dari barat ke timur ada lebih dari 20 pantai siap dijelajahi.Pantai Parang Dowo terletak di dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan. Tepatnya di antara Pantai Jaelangkung dan Batu Bengkung. Pantai Jaelangkung sendiri letaknya di sebelah barat pantai Bajulmati. Pantai Parang Dowo memang belum setenar Pantai Bajulmati maupun Batu Bengkung.Pantai ini terlihat jelas dari Jalur Lintas Selatan. Tak heran banyak kendaraan yang berhenti di tepi jalan untuk sekedar mengambil gambar pantai maupun selfie. Pintu masuk secara resmi memang belum ada, tapi jangan khawatir, Anda bisa memasuki area pantai Parang dowo ini melalui Pantai Jaelangkung dengan berjalan di tepi.
Sepuluh Pantai dengan Sunset Paling Cantik di Bali
Julukan Pulau Dewata untuk Bali memang tak berlebihan. Pasalnya, di pulau satu ini Anda bisa menemukan pemandangan-pemandangan luar biasa yang sangat indah layaknya di surga.Apalagi Bali memiliki begitu banyak pantai yang menyuguhkan pemandangan dengan sunset tercantik yang bisa Anda lihat. Ya, pemburu sunset wajib mendatangi pantai-pantai berikut ini, kalau ingin menikmati keindahan matahari terbenam yang tak ada duanya.Pantai Melasti. Pantai satu ini terletak di ujung selatan Bali dan bersebelahan degan Pantai Bali Cliff. Untuk menuju ke lokasi ini cukup mudah. Anda tinggal menaiki sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari pusat kota Jimbaran. Akses jalannya cukup mudah, karena sudah ada jalan beraspal yang menuju pinggiran pantai.
Segarnya Pemandangan di Pantai Seger Lombok
Pulau Lombok memang terkenal dengan koleksi pantai-pantai cantiknya. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Kuta sekarang bernama Pantai Mandalika . Tetapi, pada tahu tidak, selain Pantai Kuta, ada sejumlah pantai lagi yang tidak kalah kece, seperti Pantai Selong Belanak, Pantai Mawi, Pantai Semeti, Pantai Mawun, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Seger. Nama yang terakhir saya sebutkan, adalah yang akan saya bahas pada postingan berikut.Ya, Pantai Seger merupakan pantai berpasir putih yang letaknya tidak jauh dari Pantai Kuta. Jaraknya hanya sekitar empat kilometer, namun rupanya belum banyak orang yang berkunjung ke Pantai Seger. Jangankan para wisatawan dari luar Lombok, mereka yang tinggal di Lombok dan sering ke Pantai Kuta saja banyak yang belum begitu tahu pantai dengan gradasi warna biru air lautnya yang cantik sekali ini.Saya berani berkata demikian, karena entah sudah berapa banyak teman-teman sesama orang Lombok yang saya bawa ke tempat ini, yang tidak menyangka kalau ada pantai sekece ini yang tidak jauh dari pantai yang sering mereka datangi alias pantai Kuta tadi.Baca selengkapnya..
Batu Bengkung, Pantai Cantik di Malang untuk Melihat Sunset
Malang memang memiliki banyak pantai dengan pemandangan indah, mulai dari pantai populer seperti Pantai Tiga Warna dan Pantai Balekambang, hingga deretan pantai yang belum banyak diketahui orang.Berbicara mengenai pantai kurang populer di Malang, terdapat sebuah pantai yang cukup memikat hati wisatawan bernama, Pantai Batu Bengkung. Masih asing dengan namanya? Ya, dinamakan Pantai Batu Bengkung karena bentuk dari pantai ini melengkung dengan diapit oleh dua tebing besar di sebelahnya.Objek wisata Malang satu ini terkenal memiliki pemandangan alam yang sangat memesona, terutama di saat senja. Pantai ini bentuknya melengkung dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang. Pantai ini langsung mengarah ke Samudra Hindia yang terkenal memiliki ombak cukup besar. Oleh sebab itu, tidak direkomendasikan untuk berenang di sini.
Sembilan Pantai Indonesia Sajikan Pesona Sunset Luar Biasa
 – Indonesia yang notabene negara kepulauan pastinya memiliki banyak sekali pesona pantai. Nah, ketika ke pantai pasti ada hal yang sangat menyenangkan untuk dinikmati yakni pesona matahari tenggelam atau sunset. Maka dari itu, kali ini saya mencoba merangkum beberapa pantai di Indonesia yang menyajikan pesona sunset yang tidak ada duanya.Kita mulai dari Indonesia bagian barat, ada pantai dari negeri laskar pelangi atau Belitung yakni Pantai Kelayang. Pantai Tanjung Kelayang ini terletak di Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, Belitung. Di sini kamu bisa menikmati pantai dan berkeliling pulau. Selain itu Sunset disini sangat indah.Setelah itu kita mulai berjalan ke Yogyakarta. Mungkin memang belum banyak orang yang tau akan pantai glagah. Pantai glagah ini tidak setenar pantai di Gunung Kidul tapi disini kamu bisa menikmati sunset yang sangat indah. Pantai Glagah ini berada di Kulon Progo Yogyakarta, alias Yogyakarta bagian paling barat.
Menikmati Keindahan Pantai Selatan Jawa Barat
Pantai Selatan Jawa Barat belum begitu banyak terekspos keindahan alamnya. Padahal, Pantai Selatan Jawa Barat itu ibarat surga yang tersembunyi. Pesona keindahan Pantai Selatan Jawa Barat, belum banyak dijamah wisatawan.Padahal, infrastruktur jalan maupun pariwisata Pantai Selatan Jawa Barat sudah mendapat perhatian dari pemerintah. Untuk memuaskan rasa penasaran untuk menyusuri pantai-pantai di Selatan Pulau Jawa, saya bersama keluarga mencoba menyusuri Pantai Selatan Jawa Barat.Perjalanan dimulai dari Kota Tasikmalaya dengan tujuan akhir Pantai Ujung Genteng di Sukabumi Selatan. Rencana rute perjalanan menyusuri Pantai Selatan Jawa Barati adalah, Tasikmalaya-Cipatujah-Pameungpeuk-Sindangbarang-Agrabinta-Surade-Ujung Genteng.
Menanti Pertunjukan Spektakuler Sunset di Pantai Ngeden
Bagi pecinta sunset, menunggu matahari tenggelam ke peraduannya memang menjadi hobi yang sangat mengasyikkan. Tak hanya seru dan mengasyikkan, namun menyaksikan spektakuler golden sunset juga menjadi bagian dari rasa syukur kita terhadap Allah SWT. Bahwa kita masih diberi kesempatan menatap sang surya. Hari ini, dan mungkin esok lusa.Nah, untuk menyaksikan sunset selain di gunung, di pantai juga sangat indah untuk menatap si bundar oranye yang tenggelam ditelan laut. Sinar keemasannya memantul ke permukaan laut di kala senja hari. Ketika itu pula semburat jingga di langit barat semakin matang warnanya, di mana ketika raja siang itu pada detik-detik terakhir tenggelam bersama tenangnya laut.Keindahan itu kami saksikan ketika menatap sunset di Pantai Ngeden yang berada di Dusun Bedalo, Desa Kerambi Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang berada di Gunungkidul tersebut, memang sudah tak diragukan lagi keindahannya.
Keindahan Taman Laut Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya
Pantai Selatan memiliki pesona keindahan yang menakjubkan. Tasikmalaya adalah salah satu kabupaten yang memiliki deretan wisata pantai yang indah. Wisata pantai indah yang dapat dikunjungi di Kabupaten Tasikmalaya di antaranya, Pantai Cipatujah, Pantai Pasanggrahan, Pantai Sindangkerta, Pantai Pamayangsari, Pantai Karang Tawulan, dan Pantai Bubujung.Semua pantai indah tersebut berada di lokasi yang saling berdekatan. Dari lima pantai indah di Kabupaten Tasikmalaya tersebut, hanya Pantai Sindangkerta yang memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini landai dan berpasir putih sehingga aman untuk berenang.Selain itu apabila laut surut, pengunjung dapat menikmati keindahan taman laut. Taman laut ini luasnya hampir 20 hektare, taman laut ini bernama Taman Lengsar. Terdapat banyak sekali biota laut di Taman Lengsar. Berikut di antaranya.
Menikmati Kemilau Senja di Pantai Bocor
Berbicara tentang wisata Kebumen, memang tidak akan ada habisnya. Karena wisata yang sudah dibuka untuk umum dan yang masih berupa potensi, sudah cukup banyak. Letak Kebumen yang berada di wilayah Jawa Tengah bagian selatan dan merupakan dataran rendah, membuat wisata Kebumen didominasi oleh pantai.Beberapa pantai yang ada di Kebumen di antaranya, Pantai Suwuk, Lembupurwo, Menganti, Logending, Pantai Bocor, dan pantai-pantai lainnya. Nah, yang akan saya bahas di sini adalah Pantai Bocor Kebumen. Meskipun tidak setenar Pantai Menganti maupun Pantai Petanahan, Pantai Bocor tetap mempunyai pesonanya sendiri.Oh ya, nama Pantai Bocor jangan dianalogikan dengan sesuatu yang bocor ya, seperti layaknya ban. Bocor merupakan sebuah nama Desa di selatan Kabupaten Kebumen. Namun, sebenarnya Pantai Bocor ini berada di sebelah selatannya Desa Bocor, yakni Desa Setrojenar.
Lima Spot Terbaik Menikmati Sunset di Yogyakarta
Banyak yang bilang sunrise itu lebih indah, itu pertanda bahwa malam yang penuh kegelapan telah berganti ke pagi yang penuh kecerahan. Tapi ada yang lebih menyukai sunset, karena sunset pertanda bahwa hari yang panjang akan segera berganti ke malam yang tenang, dimana ada bintang-bintang dan rembulan yang menghiasi langit, ada ketenangan malam yang menyatu dengan alam.Nah, bagi kamu penikmat sunset, tentu berburu sunset merupakan salah satu tujuan utama ketika traveling. Berbagai tempat akan kamu jelajahi demi mendapatkan pemandangan sunset yang sangat menawan.Mulai dari berburu sunset di puncak gunung, pantai, candi maupun bukit. Tapi, bagi kamu yang sedang traveling di Yogyakarta, yang mengagumi sunset, kamu harus mengunjungi lokasi-lokasi berikut.
4 Pantai Terbaik Menikmati Sunset di Yogyakarta
 – Yogyakarta memiliki beragam destinasi yang mampu memikat wisatawan untuk terus datang. Dari peninggalan sejarah seperti candi, wisata gardu pandang di perbukitan, bahkan hingga pantai-pantai di pesisir selatan. Pemandangan sunset adalah salah satu daya tarik yang ada di pantai-pantai Yogyakarta.Untuk menemukan pemandangan sunset yang indah, kamu bisa mencoba datang ke tempat yang ada berikut ini. Bukit Paralayang Parangtritis jadi satu di antaranya. Dari atas bukit, kamu bisa melihat keindahan alam bebas ke arah mana saja.Keistimewaan inilah yang membuat Bukit Paralayang Parangtritis menjadi tempat yang pas untuk menyaksikan sunset tanpa halangan apapun di ufuk barat. Tak heran, jika banyak wisatawan yang terpikat untuk berkunjung ke sini.
Berburu Sunset di Pantai Selatan Jawa
Kuta, Senggigi, dan Pulau Moyo adalah sederet spot menyaksikan sunset dari pantai yang paling terkenal di Indonesia. Kelebihan dari pantai-pantai tersebut yaitu lokasinya yang menghadap ke arah barat, sehingga memungkinkan matahari tenggelam di atas laut. Tapi tahukah kamu jika ada pantai selatan yang juga memiliki penorama sunset serupa?Ini lah Pantai Watukarung dari Pacitan. Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat Provinsi Jawa Timur dan berada di pesisir selatan. Kota ini mulai dikenal traveler lantaran memiliki segudang destinasi wisata keren mulai dari gua hingga pantai yang mempesona. Pantai-pantai yang terkenal antara lain Pantai Teleng Ria, Pantai Klayar dan juga pantai-pantai di sepanjang Jalur Lintas Selatan.Dari puluhan pantai yang ada terselip satu nama yang bisa dibilang paling istimewa yaitu Pantai Watukarung. Pantai ini berada di sisi barat Kabupaten Pacitan tepatnya di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku. Keistimewaan dari pantai ini yaitu memungkinkan traveler untuk melihat sunset di tengah laut.Baca selengkapnya..
Sepuluh Pantai Terindah di Jawa Barat
Indonesia yang merupakan negara kepulauan banyak memiliki garis-garis pantai yang sangat indah dan menakjubkan, yang tersebar dari ujung barat Pulau Sumatra hingga ke ujung timur Pulau Papua, yang beberapa di antaranya terdapat di Provinsi Jawa Barat.Pantai-pantai di Jawa Barat, rata-rata memiliki pemandangan yang eksotis dan memesona dengan hamparan pasir putih serta ombak di bagian selatan yang cukup besar, seperti Pantai Pangandaran dan Pantai Pelabuhan Ratu.Pantai ini memiliki gelombang laut yang cukup besar karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga pantai-pantai di selatan Jawa Barat menjadi idola para peselancar kelas dunia. Berikut sepuluh pantai terindah di Jawa Barat yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.
Melongok Sunset Terbaik di Pantai Pagatan, Kalsel
 – Pantai Pagatan merupakan pantai kebanggan yang dimiliki warga Kalimantan selatan. Pantai ini adalah satu-satunya pantai yang memiliki sunset terbaik di Kalimantan selatan. Sunset yang dapat dilihat dari Pantai Pagatan ini sangat eksotis.Di mana, kamu akan meilihat warna langit yang oranye dan meilihat pohon-pohon yang berubah menjadi siluet atau warna hitam saja dengan background oranye matahari terbenam. Pantai ini menjadi objek wisata favorit untuk kamu yang gemar berfoto dengan mengusung tema siluet.Dengan angin laut dan awan yang terpapar luas juga membuat sunset di pantai ini menjadi sangat indah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pantai dengan sunset terindah di Kalimantan selatan. Penasaran seperti apa penampakan sunset di pantai ini?
Pantai Glagah, Destinasi Keluarga dengan Sunset yang Indah
 – Pantai menjadi destinasi favorit saya di saat ingin mencari sebuah foto pemandangan, ataupun untuk menghilangkan rasa jenuh sambil liburan. Walaupun pantai menjadi favoritku untuk liburan, ada sebuah pantai yang sebenarnya sudah familiar akan tetapi baru saya kunjungi untuk mencari foto sunset.Pantai ini sudah begitu familiar di pesisir pantai selatan sebelah barat kota Yogyakarta. Pantai dengan pasir berwarna hitam yang saya maksud adalah Pantai Glagah di Kulonprogo. Pantai Glagah memiliki keistimewaan yang jarang ditemukan di pantai kawasan Kulon Progo lainnya.Beberapa daya tarik Pantai Glagah di bawah ini mampu memikat wisatawan untuk berkunjung seperti laguna yang indah, pemecah ombak yang khas dan menjadi destinasi menarik untuk wisata bareng keluarga.
5 Lokasi Sunset Terindah di Indonesia
.co.id – Menikmati matahari terbenam atau sunset merupakan hal yang sangat menarik. Sunset seringkali dianggap sebagai salah satu waktu yang pas untuk menghibur hati, dan menenangkan jiwa. Dengan melihat sunset, maka akan muncul kedamaian sebagaimana yang mereka harapkan.Indonesia adalah salah satu negara dengan spot sunset yang luar biasa. Ada banyak lokasi sunset terindah di Indonesia, yang bisa menjadi pilihan tempat berlibur Anda untuk menenangkan pikiran yang sedang kalut. Lantas, di mana saja tempatnya?Gili Trawangan NTB menjadi salah satu tempat yang menarik untuk menikmati sunset. Pantai yang panjang dan indah, tentu membuat daerah ini menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan sunset.Baca selengkapnya...