Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Heartburn Tidak Sama dengan Serangan Jantung, Ini Bedanya

Ketika seseorang merasakan sakit pada bagian dada, sudah semestinya segera mendapatkan penanganan medis. Apalagi jika rasa sakit itu seringkali terjadi secara tiba-tiba. Dikhawatirkan ini adalah gejala dari penyakit jantung atau heartburn.

Mungkin sebagian orang masih asing dengan heartburn dan menganggapnya sama dengan penyakit jantung. Padahal, keduanya sama sekali berbeda. Apa itu perbedaannya?

Serangan jantung disebabkan oleh tersumbatnya salah satu arteri yang menyokong fungsi jantung dan menyebabkan rasa sakit pada bagian tengah dada, atau tengah kiri, dan dapat juga menyebar ke area dada lainnya.

Read Full Article
Kenali Tanda Awal Serangan Jantung
 – Salah satu penyakit paling mematikan saat ini adalah serangan jantung. Tekanan hidup ditambah dengan pola makan tidak sehat yang selalu kita jalani, adalah penyebab utama mengapa penyakit ini kian umum menyerang masyarakat.Melakoni gaya hidup sehat dengan banyak berolahraga dan selalu berusaha mengatur tingkat stres, dapat secara signifikan menurunkan risiko terkena serangan jantung. Tapi hal penting lain yang sangat berguna bahkan dapat menyelamatkan nyawa adalah paham dan awas pada gejala serangan jantung yang akan terjadi, biasanya sebulan sebelum serangan.Gejala-gejala berikut dapat menjadi tanda peringatan terhadap kemungkinan akan terjadinya serangan. Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut, segera datangi dokter dan lakukan pemeriksaan intensif. Bahkan jika ternyata yang sedang Anda alami bukanlah sesuatu yang seserius serangan jantung, bukankah lebih baik mencegah daripada menyesal kemudian? 
Lima Cara Mencegah Serangan Jantung
 – Serangan jantung merupakan penyakit silent killer yang bisa menyerang siapa saja, termasuk mereka yang masih berusia muda. Penyakit itu cukup mematikan karena bisa merenggut nyawa seseorang tanpa gejala yang jelas.Saat ini serangan jantung merupakan penyakit yang semakin menjamur, Banyak orang yang dikategorikan sehat namun tiba-tiba bisa terkena serangan jantung. Pemicu serangan jantung disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang berolaharaga, makan berlemak tinggi hingga kebiasaan merokok.Nah, agar terhindar dari penyakit serangan jantung anda tentu harus menerapkan gaya hidup sehat, berikut beberapa cara dan gaya hidup yang perlu diterapkan agar terhindar dari serangan jantung.
Kenali Irama Detak Jantung Anda
Kita tahu betul jantung sangat berpengaruh pada kehidupan seseorang. Mana mungkin kita hidup tanpa adanya jantung yang berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Penyakit jantung sangat bervariasi. Di antaranya yaitu gagal jantung, heart valve disease atau masalah pada katup jantung, aritmia, perikarditis, dan penyakit jantung koroner.Apa jadinya jika jantung tidak bekerja dengan baik? Maka ada baiknya mengenali irama detak Jantung Anda. Adapun ciri-ciri yang sering dialami oleh penderita jantung adalah:1. Detak jantung yang tidak stabil.Ketika Anda merasakan debaran jantung yang terkadang terasa kencang atau sebaliknya, segeralah periksakan ke dokter terkait. Karena bisa jadi itu merupakan suatu gejala.2. Sesak nafas.Jika Anda mengalami kesulitan bernafas atau pernafasan Anda tidak stabil bahkan saat Anda tidur, berhati-hatilah. Bisa jadi Anda termasuk kategori penyandang penyakit jantung tingkat tinggi.Baca Selengkapnya...
Tes 15 Menit untuk Ketahui Anda Miliki Gejala Serangan Jantung
.co.id – Serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang misterius dan mematikan, karena bisa menyerang siapa saja. Bahkan, banyak sekali pesepakbola yang meninggal dunia saat berada di lapangan akibat serangan jantung.Sulit sekali untuk mendeteksi, apakah seseorang bisa memiliki potensi untuk terkena serangan jantung atau tidak. Tetapi pola hidup sehat, bisa mengurangi risiko kita untuk terkena serangan jantung.Kini ada sebuah tes darah, yang terbilang cepat dan dapat mendiagnosis apakah kita bisa terkena serangan jantung. Dan tes ini hanya membutuhkan waktu waktu 15 menit saja, yang telah dilakukan sebuah percobaan besar.
4 Penyebab Nyeri Dada Selain Serangan Jantung
 – Nyeri dada merupakan gejala umum dari serangan jantung, namun rasa sakit di bagian dada bukan hanya gejala dari penyakit serangan jantung saja. Ada banyak penyakit yang bisa membuat dada terasa nyeri.Menurut laman Health.com, berikut ini terdapat beberapa penyebab dada terasa sakit luar biasa, selain serangan jantung. Heartburn salah satunya. Heartburn merupakan penyakit yang bisa membuat dada terasa tidak nyaman dan terasa nyeri hebat.Heartburn ini disebabkan oleh asam lambung naik ke daerah kerongkongan. Penyakit ini sebaiknya tidak diabaikan begitu saja.  Selain heartburn, masih ada penyebab lainnya yang perlu Anda tahu. Apa saja?
Sebulan Sebelum Serangan Jantung, Enam Gejala Ini Muncul
 – Selain kanker, salah satu penyebab utama kematian di dunia adalah serangan jantung. Salah satu penyebab serangan jantung adalah penyakit arteri koroner. Ini dapat memengaruhi pria dan wanita, tetapi lebih sering terjadi pada pria.Data menunjukkan, sebanyak 785.000 orang Amerika mengalami serangan jantung untuk pertama kalinya dalam setahun. Juga, 470.000 dari mereka sudah mengalami satu kali atau lebih serangan jantung.Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengklaim bahwa kolesterol tinggi, merokok, dan hipertensi, menjadi alasan utama untuk serangan jantung. Selain itu, kelebihan berat badan, gaya hidup yang tidak aktif, pola makan yang tidak sehat, diabetes, dan terlalu banyak minum alkohol, dapat menyebabkan serangan jantung.
4 Gejala Serangan Jantung, Wanita Sering Mengabaikannya
 – Serangan jantung adalah salah satu penyebab kematian mendadak, yang cukup tinggi terjadi seluruh dunia. Padahal, sebelum serangan jantung biasanya tubuh memberikan tanda dan gejala yang khas. Namun, banyak orang yang tidak menyadarinya, khususnya wanita.Gejala serangan jantung pada wanita juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan pria. Nah, berikut ada beberapa gejala sebelum serangan jantung yang terjadi pada wanita saja. Pertama yaitu nyeri perut disertai mual.Jika rasa sakit perut disertai mual, sebaiknya jangan sepelekan dan jangan dianggap sebagai hal biasa. Seperti akibat makanan atau menstruasi saja, berhati-hatilah karena kemungkinan tanda ini bisa menjadi tanda dari serangan jantung.
5 Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Sering Diabaikan
 – Serangan jantung merupakan penyakit yang jarang sekali disadari gejalanya. Pemicunya, gejala tersebut sangat sulit dikenali bahkan tersamarkan oleh penyakit biasa. Pada wanita serangan jantung memiliki karakeristik yang berbeda dengan serangan jantung pada pria.Berikut beberapa gejala serangan jantung pada wanita yang sebaiknya jangan diabaikan. Pertama. Sesak Napas. Pada wanita yang terkena serangan jantung biasa mengalami sesak napas, anehnya gejala ini jarang terjadi pada pria. Gejala ini juga sering disertai rasa tidak nyaman dibagian dada.Kedua. Nyeri tubuh Bagian Atas Serangan jantung bisa memicu rasa sakit di sekujur tubuh, terutama bagian tubuh bagian atas seperti rahang, punggung atas dan leher. Nah sebaiknya jangan abaikan gejala ini.
5 Gejala Penyakit Jantung yang Sangat Mematikan
 – Serangan jantung merupakan penyakit nomor wahid yang paling mematikan di dunia. Serangan jantung menjadi momok yang sangat menakutkan bagi banyak orang. Serangan jantung datang secara tiba-tiba, dan tidak disangka-sangka.Ya, serangan jantung bisa datang pada siapa saja, tanpa pandang bulu ataupun usia. Serangan jantung kerap datang tak terduga, karena memang awalnya tidak menunjukkan gejala yang jelas atau tersembunyi.Hal inilah yang membuat banyak orang tak sadar, jika dirinya mengidap penyakit mematikan tersebut dan baru sadar ketika penyakit tersebut sudah parah. Nah, agar hal mengerikan ini tak terjadi pada diri Anda atau keluarga, Anda wajib mengetahui gejala tersembunyi dari penyakit serangan jantung berikut ini. 
Waspadai Gejala Serangan Jantung Saat Tidur
Serangan jantung bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja, termasuk ketika seseorang dalam kondisi tidur. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang menyadari gejala serangan jantung yang dialami saat tidur.Sehingga, ada banyak kasus seseorang meninggal saat sedang tidur. Umumnya, seseorang yang mengalami serangan jantung saat tidur akan mengalami rasa sakit ketika terbangun, di mana hal itu merupakan gejala serangan jantung.Lalu, kira-kira apa saja gejala yang muncul pada seseorang yang mengalami serangan jantung saat tidur? Agar lebih jelasnya, simak dan waspadai gejala serangan jantung yang ada berikut ini.   
Ini Dia Bahaya Asam Lambung jika Tidak Diobati
 – Asam lambung yang berlebihan dan tidak segera diatasi, ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Meski asam lambung dikatakan sangat bermanfaat dalam proses pencernaan kita. Fungsi dari asam lambung ini meliputi fungsi penyerapan nutrisi seperi kalsium, zat besi, dan vitamin B12 untuk mematikan bakteri yang tertelan bersama makanan.Asam lambung bisa berisiko mengikis dinding lambung, lantaran di dalamnya terdapat asam klorida. Bila berlebihan dan dibiarkan begitu saja, bahaya asam lambung dapat mengintai kesehatan tubuh Anda. Dan berikut ini adalah beberapa penyakit yang muncul akibat asam lambung.Salah satunya adalah heartburn (nyeri ulu hati). Heartburn merupakan sensasi nyeri dan juga perih di dada atau di tenggorokan. Kondisi ini muncul saat asam lambung naik ke kerongkongan. Heartburn bisa bertambah parah saat kita berbaring atau membungkuk.
Serangan Jantung di Usia Muda, Waspadai Penyebabnya
Serangan jantung merupakan momok menakutkan yang hampir tidak seorang pun ingin mengalaminya. Secara medis, serangan jantung disebut infark miokard, yakni suatu kondisi di mana aliran darah menuju jantung mengalami hambatan akibat penggumpalan darah, tumpukan lemak, kolesterol dan beberapa faktor lainnya.Jika dulu, serangan jantung banyak dialami oleh orang lanjut usia yang memang berisiko. Namun sekarang serangan jantung justru mulai mengincar seseorang yang masih muda, bahkan di usia 20-an.Bahkan sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menyebutkan jika serangan jantung pada kelompok usia tua mengalami penurunan, sebaliknya serangan jantung di usia muda usia 25-44 tahun justru mengalami peningkatan cukup tajam. Sangat mengerikan bukan?
7 Tanda Serangan Jantung yang Sering Diabaikan Wanita
 – Serangan jantung bisa terjadi diam-diam, tanpa peringatan dengan gejala. Terutama, serangan jantung pada wanita yang ternyata memiliki tanda-tanda tersendiri. American Heart Association, mengatakan penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di AS dari tahun 1984 hingga saat ini.Yang lebih mengkhawatirkannya lagi, jumlah wanita yang meninggal akibat penyakit jantung lebih banyak laki-laki. Tanda serangan jantung pada wanita ternyata kurang jelas dan sering diabaikan. Nah, agar Anda terhindar kematian akibat serangan jantung, sebaiknya lebih jeli dan waspada pada gejala-gejala berikut ini.Mudah cemas dan panik jadi salah satunya. Hati hati jika Anda mudah panik, sebab ini adalah gejala sepele yang sering diabaikan banyak wanita saat terkena serangan jantung dadakan. 
Kenali Penyebab dan Bahaya Penyakit Jantung Bocor
 – Pernahkah Anda mendengar tentang istilah penyakit jantung bocor? Penyakit jantung bocor merupakan satu kondisi, di mana terdapat lubang pada sekat jantung yang disebabkan kelainan susunan pada jantung. Jantung bocor termasuk salah satu jenis penyakit jantung yang sangat berbahaya dan mematikan.Umumnya, jantung bocor merupakan penyakit bawaan sejak lahir, karenanya kebanyakan penderitanya adalah anak-anak. Mungkin, ada sebagian dari kita masih belum banyak tahu tentang penyakit jantung bocor. Oleh karena itu, di sini kita akan menjelaskan tentang seluk-beluk penyakit jantung bocor, dari mulai penyebabnya, ciri-cirinya, hingga upaya mengatasinya.Dari awal sudah dijelaskan, jika faktor penyebab penyakit jantung bocor adalah karena bawaan lahir. Artinya, penderita sudah terkena penyakit jantung bocor sejak dalam kandungan ibu. Adapun pemicunya adalah karena kondisi ibu sendiri ketika menjalani kehamilan. Ingin lebih tahu tentang penyakit jantung bocor ini? Simak berikut ini ulasannya.
Ini Dia Bahaya Asam Lambung jika Tidak Diobati
 – Asam lambung yang berlebihan dan tidak segera diatasi, ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Meski asam lambung dikatakan sangat bermanfaat dalam proses pencernaan kita. Fungsi dari asam lambung ini meliputi fungsi penyerapan nutrisi seperi kalsium, zat besi, dan vitamin B12 untuk mematikan bakteri yang tertelan bersama makanan.Asam lambung bisa berisiko mengikis dinding lambung, lantaran di dalamnya terdapat asam klorida. Bila berlebihan dan dibiarkan begitu saja, bahaya asam lambung dapat mengintai kesehatan tubuh Anda. Dan berikut ini adalah beberapa penyakit yang muncul akibat asam lambung.Salah satunya adalah heartburn (nyeri ulu hati). Heartburn merupakan sensasi nyeri dan juga perih di dada atau di tenggorokan. Kondisi ini muncul saat asam lambung naik ke kerongkongan. Heartburn bisa bertambah parah saat kita berbaring atau membungkuk.
Jenis Makanan dan Minuman Ini Picu Munculnya Heartburn
 – Apakah Anda pernah merasakan sensasi terbakar dan nyeri di dada setelah makan? Boleh jadi, Anda mengalami heartburn. Heartburun merupakan gejala paling utama penyakit asam lambung atau gerd yang terjadi saat isi lambung kembali naik ke esofagus (kerongkongan).Biasanya, sensasi terbakar tersebut muncul setelah Anda mengonsumsi makanan pemicu heartburn, dan akan makin terasa saat tubuh berbaring atau ketika membungkuk. Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut ini terdapat beberapa jenis makanan dan minuman pemicu heartburn.Yang pertama adalah jeruk. Pada beberapa orang, semua jenis jeruk seperti jeruk nipis dan juga lemon berpotensi sebabkan heartburn. Hal ini karena jeruk mengandung asam yang cukup tinggi. Jangan konsumsi jeruk atau setidaknya jangan konsumsi saat waktu perut sedang kosong.
Lima Tanda Serangan Jantung yang Hanya Dialami Wanita
.co.id – Dalam dunia medis, serangan jantung dianggap sebagai penyebab kematian terbesar. Seseorang bisa meninggal secara mendadak jika terkena serangan jantung, baik itu perempuan ataupun laki-laki.Yang jadi masalahnya, banyak orang yang tidak tahu gejala serangan jantung. Rata-rata orang mengabaikannya karena tidak tahu. Perlu diketahui, mengetahui gejala serangan jantung sangatlah penting dalam tindakan pencegahan. Hanya saja gejala serangan jantung antara laki-laki dan perempuan berbeda.Nah, khusus buat perempuan, Anda wajib mengetahui gejala-gejala serangan jantung yang hanya dialami perempuan. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Boldsky.
Sebulan Sebelum Serangan Jantung, Tubuh Tunjukkan Gejala Ini
Dalam beberapa tahun terakhir, serangan jantung sudah menjadi penyakit umum bagi penduduk di seluruh dunia. Sayangnya, penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyebabnya adalah gaya hidup tidak sehat, stres, dan menjalani diet tidak sehat.Mencegah terjadinya serangan jantung sangatlah penting, dengan cara memerhatikan dan mengetahui gejala-gejala berikut ini tepat pada waktunya. Dengan ini, Anda secara signifikan dapat menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung.Anda dapat melindungi kesehatan jantung dengan menjalani gaya hidup sehat, mengurangi stres, dan melakukan diet sehat. Selain itu, ada baiknya Anda mengenali gejala-gejala ini yang biasanya mulai terlihat sebulan sebelum terjadinya serangan jantung.
Heartburn Tidak Sama dengan Serangan Jantung, Ini Bedanya
Ketika seseorang merasakan sakit pada bagian dada, sudah semestinya segera mendapatkan penanganan medis. Apalagi jika rasa sakit itu seringkali terjadi secara tiba-tiba. Dikhawatirkan ini adalah gejala dari penyakit jantung atau heartburn.Mungkin sebagian orang masih asing dengan heartburn dan menganggapnya sama dengan penyakit jantung. Padahal, keduanya sama sekali berbeda. Apa itu perbedaannya?Serangan jantung disebabkan oleh tersumbatnya salah satu arteri yang menyokong fungsi jantung dan menyebabkan rasa sakit pada bagian tengah dada, atau tengah kiri, dan dapat juga menyebar ke area dada lainnya.
5 Gejala Serangan Jantung yang Jarang Disadari
 – Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat mengerikan. Hal ini karena, serangan jantung dapat membunuh siapa pun dalam sekejap. Serangan jantung juga merupakan penyakit paling membunuh nomor satu di dunia.Untuk itu, kita harus selalu waspada terhadap penyakit mematikan tersebut. Serangan jantung memang sangat mengerikan sekali. Namun, sering kali orang tidak tahu akan gejala-gejala serangan jantung, dan lebih parahnya banyak orang yang tidak sadar jika dirinya menderita serangan jantung.Tentu saja, hal ini sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal untuk kesehatan. Untuk mencegah penyakit serangan jantung, tentu kita harus menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan memperbanyak mengkonsumsi sayuran. 
Awas, 4 Gejala Serangan Jantung Ini Terjadi saat Anda Tidur
 – Serangan jantung bisa menyerang kapan saja, entah sedang berolahraga, duduk santai, bahkan sedang tertidur pun Anda bisa terkena serangan jantung. Orang yang terkena serangan jantung memang bisa diselamatkan, namun tingkat kematian serangan jantung yang terjadi saat tidur sangat tinggi.Nah, untuk itu Anda wajib mewaspadai gejala awal dari serangan jantung yang bisa terjadi saat Anda tidur. Berikut gejala-gejalanya yang patut Anda ketahui.Susah tidur. Jika Anda mengalami susah tidur, Anda harus waspada, apalagi jika tanda ini disertai dengan rasa gelisah dan cemas yang berlebih. Bisa jadi ada masalah pada jantung Anda. Untuk menghindari serangan jantung saat tidur, sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tubuh Anda ke pihak medis.
Deteksi Serangan Jantung dan Stroke dengan Tes Sederhana Ini
Stroke dan serangan jantung, keduanya sama-sama mengerikan. Stroke merupakan penyebab kematian nomor lima di Amerika Serikat dan penyebab utama kecacatan. Sedangkan serangan jantung, menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.Mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke sangatlah penting. Tapi jika Anda atau orang-orang di sekitar Anda sudah terlanjur terkena dua serangan penyakit ini, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.Apakah Anda menderita stroke atau serangan jantung? Dengan melakukan tes sederhana, ini dapat menyelamatkan hidup Anda. Untuk stroke, ajukan tiga pertanyaan berikut.
Sebulan Sebelum Serangan Jantung, Enam Gejala Ini Muncul
 – Selain kanker, salah satu penyebab utama kematian di dunia adalah serangan jantung. Salah satu penyebab serangan jantung adalah penyakit arteri koroner. Ini dapat memengaruhi pria dan wanita, tetapi lebih sering terjadi pada pria.Data menunjukkan, sebanyak 785.000 orang Amerika mengalami serangan jantung untuk pertama kalinya dalam setahun. Juga, 470.000 dari mereka sudah mengalami satu kali atau lebih serangan jantung.Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengklaim bahwa kolesterol tinggi, merokok, dan hipertensi, menjadi alasan utama untuk serangan jantung. Selain itu, kelebihan berat badan, gaya hidup yang tidak aktif, pola makan yang tidak sehat, diabetes, dan terlalu banyak minum alkohol, dapat menyebabkan serangan jantung.