Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kampung Lengo yang Indah Penuh Warna di Tasikmalaya

Ternyata kampung yang indah penuh warna tidak hanya terdapat di luar negeri atau di Kota Malang saja. Di Kota Tasikmalaya juga ternyata terdapat kampung yang indah penuh warna. Zona Kece Kampung Lengo namanya.

Alamat Zona Kece Kampung Lengo berada di Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya tepatnya RW 07 dan RW 14. Koordinat zona kece Kampung Lengo tepatnya pada titik S7.32475 E108.19078.

Siapa sangka dulunya Kampung Lengo ini adalah kawasan kumuh. Dan hebatnya sekarang ini suasana indah dan asri tercipta di lingkungan Kampung Lengo. Perubahan kampung kumuh menjadi kampung yang tertata rapi, indah dan asri ini setelah mengikuti program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas PLPBK .

Read Full Article
Ayo, Datang ke Tasikmalaya Creative Festival 2016
Tasikmalaya Creative Festival TCF 2016, merupakan salah satu event tahunan terbesar di Tasikmalaya. TCF merupakan hasil inisiasi Bank Indonesia BI dan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya.TCF 2016 dimulai pada hari Kamis, 6 Oktober dan berakhir pada Minggu, 9 Oktober 2016, bertempat di Jalan KHZ Mustofa di sekitar Tugu Asmaul Husna. Pembukaan TCF 2016, ditandai dengan penabuhan rampak gendang oleh forum pimpinan daerah Tasikmalaya.TCF 2016 juga dirangkaikan dengan kegiatan Tasikmalaya Investment Expo and Conference TIEC . TCF 2016 merupakan etalase dari TIEC. Dalam sambutannya, Walikota Tasikmalaya menekankan untuk memperkuat produk lokal agar dapat bersaing dengan produk mancanegara yang mulai masuk ke daerah.
Kemeriahan Tasikmalaya Culture Festival
Kota Tasikmalaya kembali menggelar karnaval. Setelah sukses di gelaran Tasikmalaya Creative Festival, kali ini dalam ragka memeriahkan Hari Jadi Kota Tasikmalaya yang ke-15 kembali digelar karnaval.Kali ini adalah Tasikmalaya Culture Festival. Karnaval Tasikmalaya Culture Festival dilaksakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 di Jalan KHZ Mustofa Tasikmalaya. Karnaval dimulai pada pukul 07,00-12.00 start dari tugu Adipura di depan Masjid Agung Tasikmalaya.Ribuan payung cantik menghiasi Tugu Adipura dengan bentuk Burung Merak raksasa. Karnaval kali ini diikuti semua instansi pemerintah, swasta, komunitas dan masyarakat umum.
Kampung Pelangi Semarang, Destinasi Wisata Instagramable
 – Sudah pernah dengar Kampung Pelangi Semarang? Jika belum, kenalan dulu yuk, seperti apa sih Kampung Pelangi Semarang ini. Jika ditanya, apa yang terbesit ketika mendengar kata ‘Semarang’, kebanyakan orang pasti akan mengatakan lumpia. Tapi untuk kali ini kita tidak akan membahas lumpia lho, tapi tentang Kampung Pelangi, yang sangat unik dan tentu Instagramable.Memang, konsep Kampung Pelangi ini bukanlah yang pertama, karena sebelumnya sudah ada, seperti di Malang, Ambarawa, Balikpapan, dan Lubuklinggau. Namun, setiap daerah tentu punya ciri khasnya masing-masing.Nah, untuk Kampung Pelangi yang satu ini lokasinya berada di tengah kota Semarang. Hal inilah yang menjadikan Kampung Pelangi Semarang ramai dikunjungi wisatawan. Lalu, ada apa saja di Kampung Pelangi Semarang?
Aneka Wahana Asyik di Wisata Kampung Gajah Wonderland
 – Kampung Gajah Wonderland, menawarkan suasana liburan yang berbeda dari biasanya. Kampung Gajah Wonderland adalah sebuah tempat wisata dengan sarana belanja dan kuliner dalam satu spot yang sama di daerah Bandung Barat.Lokasi wisata Kampung Gajah Wonderland ini berada di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 (dulu namanya Century Hills) dan masih searah dengan Kampung Daun, Sapulidi, Rumah Stroberi, dan The Peak. Dari Bandung di pertigaan terminal Ledeng ambil jalur ke kiri, papan reklame yang besar akan menuntun Anda menuju tempat wisata Kampung Gajah Wonderland ini.Objek wisata Kampung Gajah Wonderland menggunakan konsep one stop recreation dan baik untuk untuk anak-anak, maupun orang dewasa. Di tempat wisata Kampung Gajah Wonderland terdapat sekitar 20 wahana yang bisa dijelajah satu per satu.Baca Selengkapnya ...
Ketika Lebaran Memanggil Anak Rantau
Pulang kampung alias mudik adalah hal yang menyenangkan pada saat lebaran. Di mana, kerinduan terhadap keluarga, kerabat, sahabat, terbayar tuntas saat mudik. Pada umumnya, mereka yang tinggal di kota memang sudah menabung jauh-jauh hari sebelumnya, hanya untuk pulang kampung di saat momen lebaran tiba.Sungguh sangat menyenangkan memang, saat momen itu tiba. Itu bagi yang punya kampung, lalu bagaimana yang tidak punya kampung halaman lagi? Sebenarnya, definisi kampung halaman ini juga belum jelas. Apakah kampung halaman itu tempat kita lahir? Atau, kampung halaman itu tempat orangtua kita menetap?Misalnya, andai saya lahir di Amerika Serikat, apakah lantas kampung saya di sana? Atau juga, ketika orangtua yang berpindah-pindah kota, dari kota A ke kota B, lalu ke kota C lagi, selanjutnya pindah lagi sampai ke kota Z. Kalau seperti ini kasusnya, kota mana yang sebenarnya layak disebut kampung halaman?
Apa Sih Kampung Halaman Itu?
Sekarang masih adakah kampung halaman? Buat generasi saya yang orangtuanya sudah merantau, bisa dibilang tidak ada. Tapi yang masih merantau, ya punya kampung halaman. Karena kalau saya mudik, ya dibilang rumah orangtua saja. Bukan kampung halaman.Karena di kepala saya, yang namanya kampung halaman adalah tempat di mana kita dilahirkan dan tumbuh sebelum merantau. Mungkin ibu saya punya kampung halaman di Kuningan, Jawa Barat. Dan ayah saya juga punya kampung halaman di Tasikmalaya.Tapi tidak dengan saya. Saya lahir di Bandung, SD di Jakarta, SMP dan SMA di Bekasi, lalu kuliah di Bandung. Kalau begitu, kira-kira yang mana kampung halaman saya?
Cerita Cinta di Balik Kelambu
Tamu wajib lapor dalam satu kali dua puluh empat jam. Papan kecil tak lebih besar dari jendela kayu kebanyakan rumah di kampung ini, berdiri kokoh di depan pintu masuk kampung setelah jembatan besi yang baru siap dibangun dua tahun silam.Terlihat dari papan besar yang berdiri di samping papan kecil tadi, anggaran biaya dan tahun pembuatan jembatan ini. Papan kecil itu berwana putih, sedikit memudar merayap hujan, pertanda belakangan ini musim penghujan mengguyur kampung ini, juga kampung sekitar ini.Kampung yang sangat indah, menurut lelaki pendatang baru itu. Di depannya jalan setapak yang belum teraspal licin lurus kira-kira satu kilometer ke depan sebelum sampai persimpangan, simpang tiga, satu arah ke kampung berikutnya dan satu arah lagi ke kanan, adalah jalan setapak menuju hutan belantara, tepatnya kebun karet tempat mayoritas penduduk kampung mengais rupiah.
Kampung Lengo yang Indah Penuh Warna di Tasikmalaya
Ternyata kampung yang indah penuh warna tidak hanya terdapat di luar negeri atau di Kota Malang saja. Di Kota Tasikmalaya juga ternyata terdapat kampung yang indah penuh warna. Zona Kece Kampung Lengo namanya.Alamat Zona Kece Kampung Lengo berada di Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya tepatnya RW 07 dan RW 14. Koordinat zona kece Kampung Lengo tepatnya pada titik S7.32475 E108.19078.Siapa sangka dulunya Kampung Lengo ini adalah kawasan kumuh. Dan hebatnya sekarang ini suasana indah dan asri tercipta di lingkungan Kampung Lengo. Perubahan kampung kumuh menjadi kampung yang tertata rapi, indah dan asri ini setelah mengikuti program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas PLPBK .
Meriahnya, Tasikmalaya Creative Festival 2016
Hari terakhir acara Tasikmalaya Creative Festival TCF 2016 ditutup dengan creative carnaval. Sebagai acara tahunan terbesar di Tasikmalaya, ternyata memang TCF 2016 laksana magnet yang mampu menarik ribuan pengunjung untuk hadir.Acara TCF 2016 merupakan hasil kerja sama Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya dengan pemerintah kota Tasikmalaya dan pemerintah kabupaten Tasikmalaya. Untuk memeriahkan hari terakhir TCF 2016 digelar karnaval kreatif yang diikuti oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah BMPD Tasikmalaya serta instansi pemerintah dan swasta di Tasikmalaya.Meskipun hujan gerimis sepajang acara karnaval, tetapi tidak menyurutkan pengunjung untuk menikmati kemeriahan creative carnaval pada acara TCF 2016. Lantas, seperti apa kemeriahan pada acara tersebut? Simak berikut ini rangkaian keseruannya.
Kenali Ragam Masalah Buta Warna yang Mungkin Anda Rasakan
 – Buta warna merupakan kualitas berkurangnya penglihatan seseorang terhadap warna. Untuk kasus buta warna total sangat jarang ditemukan dan kebanyakan dari penderita buta warna masih bisa beradaptasi dengan kondisi ini.Tipe buta warna paling umum adalah buta warna hijau-merah. Namun, untuk lebih jelasnya lagi terdapat beberapa jenis lain dari buta warna. Di antaranya seperti di bawah ini.Masalah buta warna yang satu ini artinya tidak memiliki kemampuan untuk membedakan warna-warna hijau dan merah. Atau seseorang yang tidak dapat membedakan warna maupun tingkat kecerahan suatu warna seperti hijau dan merah. Terdapat tiga jenis masalah buta warna parsial ini, di antaranya sebagai berikut.
Wisata Tradisional ke Kampung Naga Tasikmalaya
 – Beberapa waktu yang lalu, saya beserta keluarga sempat mampir dan berkunjung ke Kampung Naga yang berlokasi di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.Lokasi Kampung Naga tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Kota Garut dengan Kota Tasikmalaya, jarak dari pinggir jalan raya (tempat parkir) hanya sekitar 800 m saja.Dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dan vertical profile yang tidak terlalu curam, Kampung Naga cocok dijadikan tempat untuk hiking keluarga sekalian belajar antropologi dan memuaskan hobi fotografi.
Tujuh Warna Langka yang Mungkin Belum Pernah Anda Lihat
 – Berbicara soal warna, kalian pasti mungkin sudah hafal semua warna sekaligus melihat langsung warna tersebut. Tapi tahu tidak, di dunia ini ada warna-warna yang terbilang langka dan mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya?Berikut simak warna-warna langka yang namanya saja pasti baru pertama kali Anda dengar. Apakah Anda pernah melihat warna-warna ini?Sarcoline. Sarcoline didefinisikan sebagai warna yang mirip dengan "daging" tapi bukan bagian merah dagingnya. Kedua, mikado. Mikado didefinisikan sebagai warna kuning yang tebal.
5 Objek Wisata Tasikmalaya yang Menarik Disambangi
 – Tasikmalaya merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki destinasi wisata asri dan sejuk untuk dikunjungi. Di Tasikmalaya terdapat beberapa tempat wisata yang khas dan menarik. Yang pertama ada Pantai Cipatujah.Siapa sangka, kawasan pesisir selatan Kabupaten Tasikmalaya ini memiliki pantai yang bagus dan eksotis. Pantai tersebut adalah Pantai Selatan Cipatujah, kawasan wisata pantai yang harus Anda kunjungi. Selain itu, juga ada Kampung Naga.Kampung Naga adalah kampung tradisional yang masih dijaga dan dilestarikan. Jika Anda penasaran dengan bagaimana sisi tradisional yang ada di Tasikmalaya, Anda bisa berkunjung ke Kampung Naga.
Keindahan Taman Laut Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya
Pantai Selatan memiliki pesona keindahan yang menakjubkan. Tasikmalaya adalah salah satu kabupaten yang memiliki deretan wisata pantai yang indah. Wisata pantai indah yang dapat dikunjungi di Kabupaten Tasikmalaya di antaranya, Pantai Cipatujah, Pantai Pasanggrahan, Pantai Sindangkerta, Pantai Pamayangsari, Pantai Karang Tawulan, dan Pantai Bubujung.Semua pantai indah tersebut berada di lokasi yang saling berdekatan. Dari lima pantai indah di Kabupaten Tasikmalaya tersebut, hanya Pantai Sindangkerta yang memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini landai dan berpasir putih sehingga aman untuk berenang.Selain itu apabila laut surut, pengunjung dapat menikmati keindahan taman laut. Taman laut ini luasnya hampir 20 hektare, taman laut ini bernama Taman Lengsar. Terdapat banyak sekali biota laut di Taman Lengsar. Berikut di antaranya.
10 Tren Warna yang Buatmu Kekinian di Tahun 2017
Tren warna greenery memang sudah diumumkan menjadi Color of The Year 2017 oleh Pantone Institute akhir tahun lalu. Namun, sebenarnya, selain greenery masih ada beberapa warna lainnya yang direkomendasikan untuk menjadi tren warna tahun ini.Ada banyak varian tren warna yang dapat Anda gunakan tahun ini. Kuncinya adalah warna-warna tersebut merupakan warna yang biasa terdapat di alam dan warna-warna lembut seperti warna pastel.Pakaian dengan warna alam seperti cokelat, hijau, biru, dan warna pastel seperti pink pucat pas sekali untuk menjadi pilihan koleksi anda tahun ini. Yuk intip beberapa tren warna di tahun 2017 berikut ini.
Mengenal Tugu Koperasi di Tasikmalaya
Kota Tasikmalaya dikenal sebagai kota santri dan dikenal pula memiliki banyak kerajinan. Kota Tasikmalaya dan sekitarnya memiliki banyak pusat kerajinan, di antaranya kerajinan bordir, kerajinan anyaman, kerajinan makanan olahan, batik, kelom geulis dan masih banyak kerajinan lainnya.Hampir semua masih berupa Usaha Kecil Menengah UKM . Ternyata karena memiliki banyak UKM itu, Koperasi berkembang dan lahir di Kota Tasikmalaya. Hal ini terbukti dengan terdapatnya Tugu Peringatan Kongres Koperasi Indonesia.Tugu ini merepresentasikan sejarah koperasi Indonesia. Alamat Tugu Koperasi Indonesia berada di Jl. Dr. Moh. Hatta No : 63, Kel. Sukamanah Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya. Koordinat Tugu Koperasi Indonesia berada pada titik S7.3193 E108.2226. Jarak Tugu Koperasi dari pusat kota Tasikmalaya sekitar 2 km.
Piknik Bersama Keluarga di Rest Area Urug Kota, Tasikmalaya
Rest Area Urug adalah salah satu rest area yang berada di Kota Tasikmalaya. Rest Area Urug sebenarnya berada di kawasan hutan Perum Perhutani KPH Tasikmalaya. Rest Area Urug berada di jalan Tasikmalaya-Karangnunggal, tepatnya di Kampung Urug, Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya.Koordinat rest area Urug berada pada titik S7.42918 E108.19394. Rest area Urug lokasinya sangat dekat dengan pusat Kota Tasikmalaya, hanya berjarak sekitar 5 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan berkendara. Kondisi rest area Urug sangat nyaman, udaranya sejuk karena masih terdapat banyak pohon-pohon besar dan dipertahankan tidak ditebang, meskipun termasuk hutan produksi. Rest Area Urug dibangun menjadi rest area yang representatif pada tahun 2010.
Jalan Laswi Tempat Paling Instagramable di Tasikmalaya
 – Selain Taman Dadaha, ternyata masih banyak tempat yang menarik untuk selfie di Tasikmalaya. Salah satu tempat paling instragramable di Tasikmalaya adalah Jalan Laswi.Kenapa Jalan Laswi? Ada apa di Jalan Laswi? Ternyata di Jalan Laswi Tasikmalaya pohon pelindung jalannya didominasi oleh Bungur (Lagerstroemia speciosa). Pohon Bungur ini ketika berbunga, akan nampak sangat indah karena bunganya sangat banyak dan berwarna ungu.Pohon Bungur atau Laban dalam Bahasa Sunda, biasanya berbunga pada bulan Oktober-November. Ketika Pohon Bungur berbunga, Jalan Laswi Tasikmalaya nampak sangat indah seperti di negara 4 musim. Jalan Laswi nampak seperti terowongan bunga yang indah.
Kawis Krisant, Kampung Wisata Penuh Warna di Lombok
.co.id – Konsep sebuah kampung yang dicat dengan aneka warna, memang sedang menjadi tren di Indonesia belakangan ini. Dulu, saya hanya bisa melihatnya di foto teman-teman yang mengunjungi langsung kampung warna-warni tersebut, sambil membayangkan kapan di Lombok bisa dibuat seperti ini.Sayangnya, saya hanya bisa membayangkan saja dan tidak bergerak apapun. Tidak seperti apa yang dikerjakan oleh Kak Aisyah Odist. Di tangannya, kini kampung warna-warni yang selama ini kita inginkan hadir di Lombok pun terwujud. Kampung penuh warna itu diberi nama Kawis Krisant.Kampung Wisata Kreatif Sampah Terpadu atau lebih akrab dikenal dengan nama Kawis Krisant adalah sebuah kampung wisata yang terletak di Lombok. Tepatnya di belakang Bank Sampah NTB Mandiri, yaitu di Jalan Leo No.24 Lingkungan Banjar Selaparang Ampenan, Pejeruk, Ampenan, NTB. 
Inspiratif, Ada Kampung Bebas Rokok di Jakarta
Tentunya kawasan bebas rokok sangatlah dibutuhkan untuk orang-orang yang bukan merupakan perokok. Karena seperti diketahui, orang-orang yang tidak merokok selalu menjadi korban dan menjadi perokok pasif. Maka dari itu, kawasan bebas rokok memang sangatlah penting dan ini bisa mendukung orang-orang untuk bisa mendapatkan udara yang sehat dan sejuk tanpa adanya asap rokok.Seperti halnya kampung bebas rokok yang ada di Jakarta ini, yang begitu inspiratif. Namanya adalah Kampung Warna-Warni Tanpa Asap Rokok Penas Tanggul. Kehadiran kampung yang satu ini merupakan sebuah bukti jika permukiman yang ada di bantaran kali tidak selamanya selalu kumuh. Akan tetapi bisa juga terlihat indah, sehat, dan juga ramah lingkungan.Stiker bertuliskan "Kawasan Tanpa Rokok" banyak sekali menghiasai jendela-jendela rumah di Kampung Penas Tanggul yang ada di Jalan Pancawarga, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Hal ini merupakan sebuah pembeda dengan permukiman-permukiman yang lain. Kampung yang ada di bantaran Kali Cipinang itu terlihat unik dengan hiasan cat warna-warni dan bebas asap rokok.Baca Selengkapnya...
Unik dan Menarik itulah Kampung Biru Arema Malang
 – Ini dia Kampung Biru Arema yang baru saja diresmikan pada 6 Februari 2018. Kampung ini menjadi saudara seperjuangan bagi Kampung Warna Jodipan untuk berkontribusi menyemarakkan Ngalam sebagai tujuan wisata nomer satu di Jawa Timur.Kampung Biru Arema terletak di kampung Embong Brantas, Klojen, Ngalam. Tak sulit untuk mencapai tempat ini. Dari stasiun Ngalam, Anda hanya perlu berjalan ke arah kiri kurang lebih 10 menit. Setelah rel kereta api, menyeberang ke bagian kanan untuk masuk ke dalam gapura kampung.Pagi itu pada 18 Desember 2017, saya dan Mufti janjian untuk bermain ke Kampung Warna Jodipan dalam rangka menjadi warga Ngalam temporari yang baik. Jadi bila ditanya, “Apakah kamu tahu Jodipan?” Kami bisa menjawab dengan tersenyum jumawa, “Ya, kami sudah pernah.” 
Lima Kampung Warna-warni untuk Liburan Semakin Berwana
Apa yang terbesit dalam pikiranmu jika mendengar kata liburan? Apakah pergi ke pantai, gunung, atau taman hiburan? Sebenarnya tidak harus itu, karena liburan bisa juga dengan berkunjung ke destinasi baru, seperti berkunjung ke kampung. Eits, jangan mengerutkan dahi dulu, kenapa liburan di kampung?Ya, karena lima kampung berikut ini menyajikan keunikan tersendiri, terutama pada warnanya. Dulu kampung-kampung ini memang hanya perkampungan biasa bahkan ada yang bisa dibilang kumuh, namun sekarang beberapa kampung ini sudah disulap dan ditata ulang, sehingga muncullah kampung warna-warni.Nah di Indonesia sendiri, ada lima pilihan kampung warna-warni yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar liburan atau menambah koleksi foto di Instagram, karena pastinya tempat-tempat ini sangat instagramable. Penasaran di mana saja kampung warna-warni tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Keunikan Kampung Topeng Menanti di Malang
 – Tak hanya kampung warna-warni Jodipan dan kampung Tridi, kota Malang juga memiliki salah satu kampung tematik yang menarik untuk dikunjungi. Kampung ini bernama Kampung Topeng Menanti.Berada di Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, kampung yang baru diresmikan ini menyuguhkan aneka spot foto yang menampilkan aneka karakter topeng Malangan. Spot utama dalam kampung topeng ini adalah dua buah topeng berukuran raksasa.Kedua topeng ini merupakan karakter Raden Panji Asmoro dan Dewi Sekartaji, yang merupakan karakter protagonis. Keduanya merupakan pasangan sejoli dari Kerajaan Jenggala dan Kediri. Kisah kedua tokoh ini sering dipentaskan dalam tari topeng Malangan.