Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Madura, Oh Madura

Sudah lama sebenarnya saya ingin pergi ke Madura dan mengeksplorasi pulau tersebut. Beberapa teman saya bahkan sudah ada yang pernah ke sana, sehingga membuat saya makin penasaran. Teman-teman saya waktu itu hanya melihat-lihat ladang pembuatan garam dan salah satu mercusuar di sana.

Kemudian, rasa penasaran pun bertambah ketika melihat keindahan alam Madura dari foto-foto yang berseliweran di Instagram, membuat rasa penasaran saya meningkat. Setidaknya, foto-foto dulu di Jembatan Suramadu.

Akhirnya keinginan saya untuk menjejakkan kaki pertama kali ke Madura kesampaian juga di bulan November 2016. Pulau Madura yang merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur, memiliki empat kabupaten, yaitu Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Read Full Article
Resep Membuat Bebek Bumbu Hitam Khas Madura
 – Siapa yang tidak suka bebek? Jika tidak, tentu saja Anda akan rugi. Karena bebek adalah salah satu kuliner yang enak, khususnya di Indonesia. Jika Anda mampir ke Pulau Madura, olahan bebek termasuk satu kuliner yang wajib Anda nikmati saat bertandang ke pulau garam tersebut.Ada banyak olahan bebek khas di Pulau Madura tersebut, salah satunya Bebek Bumbu Hitam yang nikmat. Meski warnanya hitam, namun bukan berarti rasanya tidak nikmat looh. Bahkan sekali Anda menikmati sensasi olahan bebek khas Madura ini, dijamin bakal ketagihan.Namun jika Anda tidak sempat plesiran ke pulau Madura, jangan khawatir. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Membuat Bebek Bumbu Hitam tidaklah sesulit yang dibayangkan. Untuk lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini yuk, ibu-ibu.
Liburan ke Pamekasan, Objek Wisatanya Super Komplet
Pamekasan adalah satu dari empat kabupaten yang terletak di Pulau Madura. Secara geografis, kabupaten ini berada di tengah-tengah pulau yang dibatasi oleh Sampang di sisi barat dan Sumenep di sisi timur.Wilayahnya juga dikepung oleh dua lautan, yakni Laut Jawa di utara dan Selat Madura di selatan. Dengan posisi seperti itu, tidak hanya menganugerahi Pamekasan dengan banyak pemandangan alam keren saja, namun juga kaya dengan pilihan pantai yang menawan.Kabupaten Pamekasan memiliki beberapa tempat wisata terkenal yang ulasannya sudah banyak nangkring di blog-blog traveler. Pada kesempatan ini, saya juga akan sedikit membahas tentang destinasi tersebut ditambah beberapa tempat yang mungkin belum banyak diketahui wisatawan.
Wisata di Bangkalan, Destinasinya Irit dan Keren-keren
VIVA.co.id - Sebagai traveler, kalian tentu tahu jika pulau Madura punya banyak tempat wisata keren. Secara umum, kami juga sudah pernah membahas berbagai tempat menarik di sana.Namun, kini kita akan mengajakmu untuk menjelajahi pulau ini sedikit lebih mendalam, dengan cara mengeksplorasi potensi wisata yang ada di masing-masing kabupatennya.Pulau Madura terbagi menjadi empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Setiap kabupaten memiliki daya tariknya sendiri-sendiri, termasuk Kabupaten Bangkalan yang berada paling barat dari pulau ini.
Pesona Bukit Kapur Madura Bak Berada di Cappadocia, Turki
Mungkin tidak ada salahnya, jika orang yang hidup di zaman ini dikatakan gila wisata. Pasalnya, kawasan bekas tambang saja bisa jadi obyek wisata yang banyak dikunjungi banyak traveler.Tidak percaya, kamu bisa melihat Brown Canyon di Semarang, sebuah kawasan tambang pasir yang kini mendadak tenar lantaran memiliki pemandangan tebing yang luar biasa indahnya.Belum selesai demam Brown Canyon yang katanya mirip Grand Canyon, kini muncul lagi Bukit Jaddih di Bangkalan Madura yang katanya mirip Cappadocia di Turki. Penasaran, seperti apa bukit tersebut? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini. 
Menikmati Sepuluh Pantai Terindah di Pulau Madura
 – Madura adalah sebuah pulau indah nan memesona yang terletak di sebelah timur laut Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Selain terdapat wisata budaya karapan sapi yang sudah terkenal ke mancanegara,Pulau Madura juga banyak menyimpan pantai-pantai menarik dan indah yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Pantai Lombang dan Pantai Slopeng di Kabupaten Sumenep, pantai-pantai di Kepulauan Kangean, atau Pantai Siring Kemuning di Kabupaten Bangkalan.Jadi, mulai sekarang rencanakan liburan kamu untuk menjajaki sepuluh pantai terindah di Pulau Madura ini, dijamin kamu akan terpesona melihatnya.
Resep Babat Goreng Madura Sambal Korek yang Menggoda
 – Pernah berkunjung ke Pulau Madura? Bagi pecinta kuliner, Madura termasuk tempat yang memiliki banyak kuliner lezat yang tidak ada duanya, salah satunya babat goreng sambal korek atau disebut jeringi. Babat merupakan bagian jeroan sapi yang memiliki bentuk tebal dan berserabut mirip handuk atau adapula yang mirip sarang tawon.Babat memiliki tekstur yang lumayan alot, tapi jika dimasak dengan benar hasilnya sangat menggoda, empuk, dan gurih. Menikmati babat goreng akan lebih bersemangat, jika ditambahkan sambal korek. Sayangnya, tak banyak yang tahu bagaimana cara mengolah babat yang empuk, gurih, dan tidak amis.Nah, jika Anda ingin menikmati babat goreng ala Madura di rumah, cobalah membuat sendiri. Caranya mudah dan bahan-bahannya sangat mudah didapatkan. Penasaran bukan?  Simak selengkapnya berikut ini.
Deretan Tempat Pelesir di Sumenep yang Hits
Image pulau Madura yang tandus dan panas sudah melekat di benak para traveler. Pandangan ini kemudian mengaburkan banyak potensi wisata alam yang tersimpan di dalamnya.Padahal, jika mau menjelajahi pulau ini banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa ditemui, baik di kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, hingga Sumenep. Khusus untuk kabupaten yang disebutkan terakhir, menjadi pusat berkumpulnya tempat-tempat keren di pulau paling timur Madura ini.Banyak referensi di internet yang dapat traveler temukan mengenai tempat-tempat menarik apa saja yang ada di sana. Daripada penasaran, langsung saja intip ulasan berikut ini.
Empat Kuliner Madura yang Akan Buat Anda Selalu Rindu
.co.id – Jika membahas soal kuliner Madura, tentu saja salah satu menu khas dari Madura yang banyak dikenal masyarakat adalah sate Madura.Sate Madura memang menjadi salah satu sajian khas yang tidak dapat disamakan dengan sate yang ada di wilayah lainnya. Bumbu kacang yang ada pada sate Madura ini memang sangat lezat.Namun, perlu Anda ketahui, kuliner Madura bukan hanya sate saja, melainkan ada banyak kuliner lezat lainnya. Oleh karena itu, untuk Anda yang sangat gemar berburu kuliner, jika Anda berkunjung ke Madura, jangan lewatkan kuliner-kuliner lezat berikut ini.
Menikmati Anehnya Buah Siwalan di Sumenep Madura
Mungkin banyak yang tidak tahu apa itu buah siwalan. Termasuk saya juga, yang awalnya tidak tahu apa itu buah siwalan. Kenapa saya menulis artikel tentang manfaat buah siwalan ini? Awalnya, karena rasa penasaran saya, ketika traveling ke Sumenep Pulau Madura.Di sana banyak yang berjualan buah di dalam plastik yang bentuknya sangatlah aneh. Ketika traveling keliling Pulau Madura, di jalan utama sebelum masuk Sumenep, saya melihat banyak warung pinggir jalan yang menjual sesuatu yang dibungkus di dalam plastik.Karena rasa penasaran, saya langsung bertanya ke penjualnya. Menurut penjualnya yang dibungkus plastik itu adalah buah siwalan. Menurut masyarakat, buah siwalan yang dijual berasal dari pohon lontar yang masih muda.
Menelusuri Masjid Tertua di Sumenep
.co.id – Jika berkunjung ke Sumenep, jangan lewatkan untuk berkunjung ke masjid tertua di sana. Yaitu Masjid Jamik atau Masjid Agung Sumenep. Masjid yang dulunya hanya dikhususkan untuk tempat beribadah penghuni Keraton Sumenep ini ternyata punya keindahan interior dan arsitektur perpaduan berbagai budaya, yakni Tiongkok, Eropa, Jawa dan Madura.Masjid Agung Sumenep adalah masjid yang berada di Sumenep, daerah paling timur Pulau Madura. Berdiri menghadap alun-alun Kota Sumenep, yang berada tepat di seberang timur masjid. Masjid Agung Sumenep yang dulunya disebut masjid Jami, menjadi salah satu penanda Kota Sumenep.Letak masjid ini yang berada tepat di tengah Kota Sumenep sangat memudahkan sekali bagi pengunjung yang ingin datang untuk melihat langsung keindahan masjid tertua di Pulau Madura ini. Sangat mudah untuk menemukan lokasi Masjid Jamik Sumenep ini.
Giliyang, Pulau di Madura yang Bikin Kamu Panjang Umur
Ternyata ada rahasia di balik banyaknya penduduk berumur panjang di Pulau Giliyang. Ini adalah pulau kecil yang berada di timur daratan utama Pulau Madura. Di mana, banyak penduduk yang ditemukan telah berusia lebih dari 80 tahun, masih sehat dan bugar.Tak hanya bugar, mereka juga mampu melakukan aktivitas seperti layaknya orang-orang berumur produktif. Rahasianya adalah, mereka tinggal di pulau yang punya kandungan oksigen tertinggi di dunia. Pulau Giliyang atau Gili Iyang adalah sebuah pulau kecil yang masuk dalam administrasi Kabupaten Sumenep, Madura.Namanya masih kalah tenar dengan Gili Labak yang juga berada di kabupaten yang sama. Pulau yang terbagi menjadi dua desa yaitu Desa Banraas dan Bancamara ini, memang belum dikomersilkan untuk kepentingan wisata seperti Gili Labak.
Oseng Lorjuk Tempe Cabai Hijau yang Lezat Menggoda
 – Ada yang kenal dengan lorjuk? Lorjuk atau kerang bambu yang bentuknya kecil panjang ini banyak dikonsumsi di daerah pesisir utara Surabaya dan Madura.Lorjuk memiliki cangkang hijau kecokelatan dan bergaris-garis mirip seperti bambu. Lorjuk mengandung nutrisi yang cukup tinggi, di antaranya vitamin B12, asam lemak omega 3, magnesium, kalium, dan mineral penting lainnya, seperti zat besi, kalsium, iodium, fosfor, dan lain-lain.Lorjuk biasa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, mulai dari oseng, sate, atau campuran kerupuk rengginang. Tahu sendiri bukan, betapa nikmat dan populernya rengginang lorjuk asal Madura? Nah, untuk lorjuk yang masih segar, Anda bisa mengolahnya menjadi lauk yang lezat. 
Sejuta Wisata di Sampang, Indahnya Bukan Kepalang
Pulau Madura menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur, yang terpisah dari daratan utama. Pulau ini masih terbagi lagi menjadi empat kabupaten yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak traveler semua untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di Sampang, sebuah kabupaten yang berada di tengah-tengah pulau Madura dan terkenal dengan tambak garamnya.Kabupaten Sampang diapit oleh dua kabupaten dan dua laut. Di sisi barat daerah ini bertetanggaan dengan kabupaten Bangkalan, sedangkan di timur berbatasan dengan kabupaten Pamekasan. 
Pengusaha Asal Madura Tolak Pembentukan Provinsi
Sejumlah orang mendeklarasikan berdirinya Provinsi Madura. Namun rupanya tak semua sepakat. Masih ada yang lebih penting dari sekadar mendirikan provinsi.
Di Australia Juga Ada Daerah Bernama Madura, Terkenal dengan Peternakannya
Madura yang satu ini bukanlah sebuah pulau di sebelah timur laut pulau Jawa, tetapi kota kecil di negara bagian Australia Barat. Apa saja yang menjadi daya tarik kota kecil ini?
Madura, Oh Madura
Sudah lama sebenarnya saya ingin pergi ke Madura dan mengeksplorasi pulau tersebut. Beberapa teman saya bahkan sudah ada yang pernah ke sana, sehingga membuat saya makin penasaran. Teman-teman saya waktu itu hanya melihat-lihat ladang pembuatan garam dan salah satu mercusuar di sana.Kemudian, rasa penasaran pun bertambah ketika melihat keindahan alam Madura dari foto-foto yang berseliweran di Instagram, membuat rasa penasaran saya meningkat. Setidaknya, foto-foto dulu di Jembatan Suramadu.Akhirnya keinginan saya untuk menjejakkan kaki pertama kali ke Madura kesampaian juga di bulan November 2016. Pulau Madura yang merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur, memiliki empat kabupaten, yaitu Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.
Sepuluh Tempat Wisata Keren di Madura
Madura, sebuah pulau yang masih termasuk dalam Provinsi Jawa Timur ini, memang memiliki banyak sekali tempat wisata keren yang layak kita kunjungi. Terlebih akses menuju ke pulau Madura yang kini semakin mudah menjadikan banyak wisatawan datang ke sini.Pulau Madura sendiri memiliki empat kabupaten, yaitu Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Sampang dan Pamekasan. Walaupun Madura terbilang cukup kecil, namun tetap bisa memikat hati wisatawan.Layaknya pulau Lombok, Madura menjadi destinasi favorit di Jawa Timur selain Kota Batu. Nah di bawah ini merupakan daftar tempat wisata populer di Madura yang harus Anda datangi.
Nasi Buk Madura di Surabaya, Rasanya Susah Dilupakan
 – Surabaya bisa dibilang surganya warung pinggir jalan. Berbagai menu seperti rujak cingur, lontong balap, hingga tahu tek, dijual murah meriah di sana.Selain menyajikan kuliner khas Surabaya, kota Pahlawan juga memiliki banyak warung makan yang menyajikan menu khas dari Malang. Salah satunya adalah nasi campur atau lebih populer dengan nama Nasi Buk Madura. Nah, kamu yang tengah memburunya di Surabaya, berikut kami berikan daftarnya.Warung Sego Madura Suramadu. Siang-siang di Surabaya paling enak berburu kuliner Nasi Buk. Nah, salah satu yang paling populer di sana adalah Warung Sego Madura Suramadu. Ada banyak pilihan lauk, mulai dari cumi hitam, babat, paru, daging, hingga ikan tongkol. Coba sambal pencitnya yang benar-benar nampol di lidah. Harganya pun terbilang terjangkau.
Tiga Air Terjun Indah di Madura
Madura adalah sebuah pulau seluas 5.168 km persegi, yang terletak di timur laut provinsi Jawa Timur. Ada beberapa pintu masuk utama ke pulau tersebut, salah satunya yaitu Jembatan Suramadu, yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura.Terlepas dari penjelasan singkat tentang pulau Madura di atas, ternyata, pulau yang dikenal sebagai daerah bukan pegunungan ini, juga memiliki beberapa tempat wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi.Salah satu wisata alam di Madura yaitu air terjun, di mana air terjun di Madura ini pasti bisa membuat matamu takjub dengan keindahannya. Lantas, di mana saja air terjun tersebut berada? Berikut ulasannya.
Kerennya, Foto di Bekas Pelabuhan Terbengkalai Madura
Dermaga Pelabuhan Timur Kamal Bangkalan, namanya tidak banyak diketahui orang. Tapi, bagi warga Madura pelabuhan ini punya arti yang besar dan teramat penting. Dermaga inilah yang menjadi pintu gerbang menuju kota Surabaya.Puluhan kapal besar dengan setia berlalu lalang mengantar penumpang menyeberang lautan menuju kota pahlawan dan itu telah berlalu. Kini, nasibnya berada di ujung tanduk, tak nampak lagi kapal penumpang beroperasi melayani penyeberangan.Sebagai gantinya daerah ini menjadi tempat nongkrong anak muda, anehnya foto-foto yang dihasilkan justru terlihat unik. Penasaran? Yuk, kita intip ulasan berikut ini. 
Keren, Ada Gua Penuh Batu Warna Warni di Madura
Warga Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan, Madura tidak pernah menyangka jika keberadaan gua yang ditemukan secara tidak sengaja saat penggalian sumur di desanya, akan memberi angin perubahan terhadap roda perekonomian di sana.Kini gua yang diberi nama Gua Mas menjadi salah satu destinasi wisata, yang banyak dikunjungi traveler dari berbagai daerah. Cerita bermula pada tanggal 2 Maret 2015, salah satu warga Desa Blaban yang diketahui bernama Sati (40) mempekerjakan orang untuk menggali sebuah sumur.Tapi setelah melakukan penggalian beberapa meter, mereka menemukan lubang besar yang ternyata adalah sebuah gua. Penemuan ini cukup menggegerkan warga sekampung, bahkan hingga mencuri perhatian dari pihak DPRD setempat.
Lima Destinasi Menggoda di Madura yang Tiada Duanya
Pariwisata di beberapa kabupaten di Jawa Timur, akhir-akhir ini tengah naik daun. Sebut saja spot-spot cantik di Banyuwangi, Malang dan Pacitan yang wara-wiri di dunia maya. Tren traveling memang tengah bergeliat di dalam negeri khususnya di kalangan anak muda.Kehadiran media sosial juga turut memberikan sumbangsih dalam mengenalkan tempat-tempat menarik yang sebelumnya tidak pernah terekspos. Munculnya tempat wisata baru di suatu wilayah seperti menjadi pelecut bagi para petualang muda.Salah satu yang layak untuk kamu eksplorasi adalah Madura, bagian Jawa Timur yang terpisah dengan daratan utamanya ini masih menyimpan segudang kekayaan alam yang masih minim dikunjungi. Daripada penasaran, yuk simak ulasan yang ada berikut ini.
Jadwal Pertandingan Madura United Hari ini ISC / TSC 2016
Jadwal Pertandingan Madura United Hari ini ISC / TSC 2016 - Jadwal pertandingan Indonesian Soccer Championship 2016 atas klub Madura United FC sangat disayangkan apabila sampai terlewatkan. Pada Klasmen Sementara Madura United lah yang menjadi teratas di antara klub-klub bola Indonesia lainnya. Klub asuhan Mário Gomes de Olivera berkali-kali menyajikan pertandingan yang sangat elok. Jadwal tanding dari klub Madura United akan disajikan pertanggal 5 Agustus 2016 sampai 17 Desember 2016 dengan berbagai klub-klub hebat sebagai lawannya. Prestasi dari klub Madura United dapat dibilang sangat gemilang dalam ajang ISC / TSC 2016 ini. Dengan menang sembilan kali, seri tiga kali, dan kalah satu kali pada saat melawan Sriwijaya ( 15.05.16 ), Madura United berhasil menjadi puncak dalam klasmen sementara.