Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Ini Bedanya Mendidik Anak Laki-laki dan Perempuan

Orangtua yang akan memiliki anak seringkali ditanya, mereka menginginkan anak laki-laki atau perempuan. Sebagian menentukan ingin anak laki-laki atau anak perempuan, sebagian lagi lebih menyerahkan semua pada Allah SWT.

Hal tersebut dikarenakan, menurut mereka anak laki-laki atau perempuan sama saja. Memang, itu semua adalah kehendak Allah dan kita sebagai manusia harus selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan.

Yang menjadi masalah adalah pada cara mendidik anak laki-laki dan perempuan. Hal itu sangatlah berbeda. Lantas bagaimana perbedaanya?

Read Full Article
Memang Kenapa Kalau Perempuan 'Nembak' Lebih Dulu?
 – Lazimnya ketika ingin menjalin hubungan, katakanlah pacaran yang menyatakan cinta terlebih dahulu adalah laki-laki. Namun, apa yang terjadi, jika perempuan yang nembak duluan? Bagi sebagian orang, hal itu dianggap tidak biasa.“Perempuan masa harus nembak duluan? Di mana letak harga diri kita sebagai perempuan?” Oh, tidak. Tapi coba kita keluar sejenak dari kerangka berpikir yang seperti itu. Laki-laki dan perempuan punya hak yang sama, mencintai dan dicintai.Lalu, salahnya di mana, jika perempuan terlebih dahulu menyatakan cinta kepada laki-laki? Kalau sudah cinta ya cinta saja, kalau mau nembak lebih dulu juga tak ada masalahnya. Daripada direbut orang, tak ada salahnya kamu lebih dulu mengatakan cinta padanya.
Lima Indikator Kesuksesan Orangtua Mendidik Anak
 – Banyak orang beranggapan, orangtua yang sukses dalam mendidik anak adalah orangtua yang berhasil menghantarkan anaknya menjadi sarjana dan berhasil dalam karier. Anggapan itu tidak salah, namun tidak juga benar seluruhnya.Hakikat orangtua sukses mendidik anak bersifat relatif. Tergantung dari sudut mana orang tersebut memandang. Namun demikian secara universal, sukses mendidik menyangkut dalam berbagai aspek.Seorang anak taat beribadah, santun bersikap dan bertingkah laku, serta memiliki kecakapan untuk mengatasi masalah hidup dan kehidupan. Berkaitan dengan ini, paling tidak ada tiga pertanyaan yang perlu diajukan.
Inilah Keutamaan Memuliakan Anak Perempuan
Sebagian adat dan budaya di dunia, masih banyak yang mengutamankan anak laki-laki dibanding anak perempuan. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa kelahiran anak perempuan merupakan sebuah tanda akan datangnya kesialan bagi keluarga.Berbeda dengan anak laki-laki, yang selalu dianggap penerus dan menjadi kebanggaan orangtua. Terkadang, suami rela menceraikan istri yang tidak kunjung mendapatkan anak laki-laki. Sejak zaman jahiliyah, anak perempuan memang kerap kali mendapatkan diskriminasi.Bahkan, tak jarang orangtua akan merasa terhina jika anaknya bukan laki-laki. Sejatinya anak laki-laki dan perempuan adalah sama. Namun, karena kecenderungan orangtua yang menyukai anak laki-laki, maka Islam pun memberi perhatian lebih terhadap hal ini. 
Mengenal Gelar Marapulai, Pengantin Laki-laki Minang
Minangkabau sebagai salah satu keragaman budaya di Indonesia memiliki berbagai keunikan tersendiri baik dalam adat, bahasa, maupun kebudayaannya. Salah satunya "Pemberian Gelar Marapulai" pada seorang laki-laki yang telah menikah.Di Minangkabau jika seorang laki-laki telah menikah, maka pada saat bersamaan akan diberikan gelar oleh mamak paman dari pihak laki-laki terhadap kemenakannya. gelar inilah nantinya yang lebih populer daripada nama yang diberikan ketika sang anak baru dilahirkan.Berarti pemberian gelar juga menunjukkan perbedaan antara seorang laki-laki Minang yang telah menikah dengan laki-laki Minang yang belum menikah, ketika acara pernikahan sanak kelaurga serta teman sebaya biasanya tidak lupa memberikan pertanyaan, Apa Gelar Kamu? Ketika dalam memenuhi undangan atau jemputan sang pengantin.
Begini Cara Rasulullah Mendidik Anaknya
Anak yang saleh merupakan salah satu amal jariyah bagi orang tuanya. Saat berada di alam barzah dan akhirat, doa anak saleh ini akan senantiasa menolong orang tua dari siksa.Maka sudah selayaknya orang tua menanamkan nilai-nilai keimanan sejak anak masih kecil. Namun, tidak semua orang tua mampu melakukan hal itu. Pekerjaan menumpuk serta urusan dunia yang dirasa lebih penting membuat mereka lupa mendidik anak-anaknya. Atau orang tua memang tidak memiliki figur yang bisa dicontoh mereka dalam mendidik.Urusan tauladan dalam mendidik anak tentu Rasulullah SAW ahlinya. Selain menjadi Nabi dan Rasul untuk umat, Nabi Muhammad juga adalah seorang bapak bagi Fatimah dan adik-adiknya. Lantas seperti apa Nabi Muhammad SAW mendidik anak-anaknya?  
Anak Laki-laki Mudah Cengeng? Ini Solusinya
 – Anak adalah pemberian yang sangat luar biasa berharganya bagi kedua orangtuanya. Tak peduli, apakah laki-laki ataukah perempuan yang hadir menemani kita. Khusus untuk anak laki-laki, terkadang orangtua selalu menanamkan tidak boleh cengeng apalagi sampai menangis.Hal tersebut wajar, karena kelak dia akan jadi pemimpin keluarga. Sering kita mendengar "Jagoan tak boleh menangis!" Istilah ini lumrah dan wajar kita dengar. Anak laki-laki dituntut kuat serta dilarang untuk meneteskan air mata. Rasanya agak aneh kalau ada laki-laki yang cengeng.Namun sebenarnya, laki-laki sama dengan perempuan yang boleh saja menangis untuk menunjukkan ekspresi tulusnya tersebut. Akan tetapi, masalah sterotip bahwa hanya pria lemah yang menangis menyeruak lebih kuat dalam budaya timur semacam Indonesia. Lantas, bagaimana jika anak lelaki selalu cengeng dan menangis? 
Perempuan-Perempuan Cahaya | Rafif Amir
Perempuan adalah tulang punggung zaman, adalah tulang punggung peradaban. Dari rahim merekalah lahir generasi-generasi terbaik. Bersama merekalah tampil pahlawan-pahlawan agung yang mengukir sejarah dengan tinta emas.Berabad-abad silam, kita menyaksikan bagaimana ketika sebuah bangsa, ketika sebuah peradaban menistakan perempuan. Jahiliyah Arab yang mengubur anak-anak perempuan hidup-hidup, Tiongkok di abad yang sama melemparkan perempuan-perempuan ke tengah laut atas perintah berhala-berhala yang mereka sembah. Di Rodiput India tak kalah jahiliyahnya, 30.000 perempuan dipanggang dalam api dan 3000 anak perempuan dibenamkan hidup-hidup dalam tanah. Di Yunani lebih parah lagi, istri-istri yang menolak diperkosa di hadapan massa dipaksa menenggak racun mematikan. Kita lihat bagaimana mereka menghancurkan diri mereka sendiri dengan kekejaman tak terperi terhadap perempuan.Maka Islam hadir di tengah-tengah kejahiliyahan total yang melanda umat manusia saat itu. Seperti cahaya, Islam datang dengan memuliakan perempuan, menempatkannya dalam derajat yang tinggi, bahkan menjadi nama salah satu surat dalam Al-Qur’an, An-Nisa’. Orang pertama yang mengetahui dan mengakui turunnya risalah dienul Islam pun adalah seorang perempuan. Perempuan agung yang diabadikan sejarah, dialah sayyidah Khadijah ra, istri pertama Rasulullah saw. Beliaulah yang menyelimuti sang musthafa saat pulang dari gua Hira dengan tubuh gemetar dan menenangkan dengan kata-kata,”Bergembiralah, sungguh, Allah Swt tidak akan pernah menghinakan dan membiarkanmu. Sungguh demi Allah, engkau adalah orang yang suka menyambung tali persaudaraan, selalu berkata benar, menyampaikan amanah, membantu orang yang membutuhkan, memuliakan tamu, dan membantu orang yang terkena musibah.” Beliaulah yang telah Allah janjikan sebuah istana yang terbuat dari permata di surga.
Cara Mendidik Psikologi Anak yang Baik dan Benar
.co.id – Bagaimana cara mendidik psikologi anak yang baik dan benar sebagai orangtua? Penting sekali bagi seorang ibu atau ayah memahami pendidikan yang tepat untuk anak Anda kelak. Pada dasarnya sifat dan karakter anak ditentukan oleh dua hal, yaitu keluarga dan lingkungan tempat ia bermain (sekolah dan masyarakat).Pendidikan di awal ini akan membentuk nasib masa depan anak, seperti profesi atau karier seperti apa yang akan ia jalani, termasuk tipe jodoh seperti apa yang akan ia sukai.Tentunya di sini orangtua memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan memahami psikologi anak sedini mungkin. Cara mendidik anak sekarang berbeda dengan zaman dahulu, sekarang sudah zamannya informasi teknologi, anak-anak Anda dengan mudah mengakses berbagai ilmu dan informasi, termasuk konten-konten negatif yang ada di internet, karena itu pengawasan orangtua amat sangat penting.Baca selengkapnya...
Ini Bedanya Mendidik Anak Laki-laki dan Perempuan
Orangtua yang akan memiliki anak seringkali ditanya, mereka menginginkan anak laki-laki atau perempuan. Sebagian menentukan ingin anak laki-laki atau anak perempuan, sebagian lagi lebih menyerahkan semua pada Allah SWT.Hal tersebut dikarenakan, menurut mereka anak laki-laki atau perempuan sama saja. Memang, itu semua adalah kehendak Allah dan kita sebagai manusia harus selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan.Yang menjadi masalah adalah pada cara mendidik anak laki-laki dan perempuan. Hal itu sangatlah berbeda. Lantas bagaimana perbedaanya?
10 Anak Laki-laki Tertampan di Dunia
Istilah ganteng atau tampan, biasanya hanya digunakan kepada laki-laki yang sudah beranjak dewasa saja. Namun, bagaimana jika ternyata dari kecilnya saja mereka sudah memliki wajah yang tampan?Sama halnya untuk anak perempuan tercantik, maka tentu ada juga daftar anak laki-laki tertampan di dunia. Berikut ini terdapat 10 anak laki-laki paling tampan yang ada di dunia. Mason Dash Disick menjadi satu di antara anak laki-laki tersebut.Mason Dash Disick yang lahir di Los Angeles pada tanggal 14 Desember 2009, adalah anak dari pasangan selebritis Scott Dissick dan Kourtney Kardashian. Nama Mason sendiri cukup dikenal, karena ia termasuk dalam keluarga Kadarshian.
Enam Tips Mendidik Anak agar Patuh pada Orangtua
Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya patuh dan tidak membangkang. Tapi, untuk menjadikan anak patuh itu tidaklah mudah, perlu kesabaran dalam mendidik.Mendidik anak bukan dengan cara kekerasan, jika hal ini terjadi bukannya anak menjadi patuh, tapi malah menjadi takut pada orangtua, dan bisa jadi malah membangkang. Oleh karena itu, salah satu kunci agar anak menjadi patuh adalah, didikan yang benar dari orangtua. Bukan dengan kekerasan fisik maupun psikis, tapi dengan cara-cara seperti di bawah ini. Beri contoh positif. Anak adalah peniru terbaik dari orangtuanya. Oleh karena itu, berilah contoh-contoh positif supaya anak mengikuti apa yang dilakukan oleh orangtua. Tanpa disuruh, anak akan melakukan hal baik tersebut.
Belajar Memasak Bagi Pemula Terbukti Sukses | Tema Kita
Belajar Memasak Bagi Pemula – Memasak merupakan kemampuan alami yang dimiliki setiap individu, tidak memandang dia perempuan, laki-laki pun tidak boleh kalah dengan perempuan dalam hal memasak. Memang kewajiban memasak lebih dominan adalah perempuan dikarenakan adalah berumah tangga, suami-istri sudah dibagi tugasnya masing-masing, seorang laki-laki bertugas mencari nafkah sedangkan perempuan mengurus rumah tangga seperti bersih-bersih rumah, menjaga rumah, mendidik anak dan paling penting adalah memasak untuk keluarga.
10 Pondasi Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga
Punya anak laki-laki atau perempuan sama saja. Itu memang benar. Namun dalam proses pendidikan anak, memiliki anak lebih satu orang akan memiliki perbedaan berarti. Bagi orangtua, tugas mendidik anak laki-laki dan perempuan memiliki beban tersendiri.Anak laki-laki kelak akan menjadi pemimpin, paling tidak pemimpin di rumah tangganya. Sebagai pemimpin, anak laki-laki perlu dididik sejak dini menjadi calon pemimpin yang baik. Bertanggung jawab terhadap anggota keluarga karena di tengah keluarga anak laki-laki itu akan menjadi suami dan ayah yang baik. Memiliki karakter yang baik agar menjadi teladan bagi anggota keluarganya.Anak perempuan, kelak akan menjadi ibu rumah tangga. Menjadi ibu dari anak-anaknya, serta jadi istri yang baik dari seorang suami. Anak perempuan menjadi calon ibu rumah tangga, mengurus rumah tangga dengan penuh perhatian.
5 Alasan Orang Lebih Sering Gunakan Perasaan Daripada Logika
Setiap orang memiliki cara sendiri untuk berpikir. Terlebih antara laki-laki dengan perempuan. Perempuan cenderung lebih berperasaan daripada laki-laki, dan laki-laki lebih pada logika dalam berpikir. Terlepas dari laki-laki atau perempuan, setiap orang pun memiliki kecenderungan berpikir dengan perasaan. Tak percaya?Yang pertama adalah memiliki insting yang sangat kuat terhadap sesuatu. Terkadang, kamu memiliki insting yang sangat kuat terhadap sesuatu. Dan hal ini sulit kamu jelaskan, tapi perasaan kamu berkata bahwa sesuatu itu benar. Kamu juga akan menyesal jika tidak menuruti instingmu ini.Tertarik dengan seseorang tapi kamu tidak tahu mengapa. Ketika kamu menyukai seseorang, seringnya kamu sulit untuk menjelaskan mengapa kamu menyukainya. Ada perasaan aneh yang tidak dapat dijelaskan secara logika. Meski terkadang yang kamu sukai tak sesempurna yang lain, tapi kamu tetap menyukainya.
Tips Mendidik Anak Berdasarkan Usianya
.co.id – Salah satu keinginan, sekaligus tantangan dalam hidup adalah menjadi orangtua. Mendidik anak bukanlah hal yang mudah, tapi jika dilakukan dengan benar tentu akan baik hasilnya. Anak yang nakal bisa menjadi indikator orangtua salah dalam mendidik.Dalam mendidik anak, perlu diperhatikan usia anak. Usia ini bisa disebut usia emas anak, karena jika tepat mendidik di usia tersebut, anak akan tumbuh dengan baik. Dimulai pada usia 0 - 7 Tahun. Pada usia ini, perlakukan anak seperti raja.Memperlakukan anak seperti raja bukan bermaksud memanjakan anak dan memenuhi setiap keinginan anak, tetap memenuhi apa yang menjadi kebutuhan anak, baik itu jasmani maupun rohani. 
Konsumsi Enam Makanan Ini Jika Ingin Hamil Anak Laki-Laki
.co.id – Merencanakan kehamilan bisa saja dilakukan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan impian untuk mendapatkan bayi dengan jenis kelamin tertentu, misalnya laki-laki. Meski kita tidak bisa memilih jenis kelamin anak yang akan dikandung, namun kita bisa melakukan upaya tertentu untuk mendapatkannya.Seperti keinginan untuk bisa hamil anak laki-laki, ternyata ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang mendukung kehamilan bayi laki-laki.Kira-kira, apa sajakah jenis makanan yang bisa mendukung keinginan Anda untuk mendapatkan bayi laki-laki? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini.
Gejala Kanker Payudara pada Laki-Laki
Kanker payudara memang selalu identik dengan masalah kesehatan yang berkaitan dengan perempuan. Namun, ternyata jenis kanker yang cukup mematikan ini juga bisa menyerang kaum laki-laki. Walau dalam statistik penderita kanker payudara masih didominasi oleh perempuan, tapi bukan berarti laki-laki aman atas risiko kanker payudara.Nah, untuk para kaum adam juga seharusnya waspada dengan penyakit ini. Sebaiknya, mulai dari sekarang Anda jangan abaikan gejala kanker payudara pada laki-laki seperti yang dilansir dari laman Boldsky. Lantas, apa saja gejala kanker payudara yang menyerang pada laki-laki?Yang pertama adalah turunnya berat badan secara drastis. Turun berat badan yang cukup drastis dalam kurun waktu yang singkat, jangan dianggap hal yang membanggakan. Sebab, bisa saja hal itu menjadi pertanda adanya masalah kesehatan, termasuk kondisi payudara laki-laki.
Kenali Ciri Utama Hamil Anak Laki-laki
 – Kehamilan adalah proses yang tidak mudah bagi sebagian ibu. Ada yang diberikan rasa mual yang terus menerus selama kehamilan, namun ada juga ibu hamil yang memang biasa saja dan tidak merasakannya.Namun satu hal yang diinginkan setiap calon orang tua adalah, janin yang ada di kandungan teta sehat. Meskipun sebagian orang tidak memedulikan kelamin sang janin, tetap saja ada yang berharap anaknya perempuan atau laki-laki.Bagi Anda yang berharap anak laki-laki, ternyata ada cara yang cukup mudah untuk mengetahuinya. Dan hal ini dikuatkan oleh hasil penelitian ilmiah. Lantas apa ciri jika Anda hamil anak laki-laki?
Mendidik Anak dengan Sebungkus Permen
Mendidik anak bisa melalui media apa saja. Dari sebungkus permen pun, orangtua bisa mendidik anak untuk belajar banyak hal, termasuk soal mengerahkan upaya sesuai kemampuan diri.Ketika upaya sudah optimal, mentok, barulah ia mencari bantuan kepada orangtuanya. Apa yang bisa diberikan dari sebungkus permen? Kalau pertanyaan tersebut diajukan kepada seorang pengasuh anak, tentu saja jawabannya akan sangat beragam.Rupanya, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mendidik anak dari sebungkus permen. Kisah seorang ibu mempunyai dua anak ini pernah mengalami sebuah kejadian yang cukup menginspirasi. Penasaran?
Delapan Perbuatan Orangtua yang Paling Ditakuti Anak
 – Anak merupakan karunia yang diberikan oleh sang pencipta. Ada banyak cara orangtua dalam mendidik dan mengasuh anaknya. Semua yang terbaik akan mereka lakukan, hanya demi membuat buah hatinya itu bahagia. Namun, tidak semua orangtua mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang baik.Ada yang mendidik dengan cara memberikan semua keinginannya hingga membuat si anak menjadi manja, dan ada pula menggunakan metode kekerasan yang membuat takut. Ternyata, tidak hanya metode kekerasan saja yang menimbulkan ketakutan. Ada juga perbuatan orangtua yang ternyata paling ditakuti oleh anak.  Lantas, perbuatan apa sajakah itu?Hal pertama yang membuat anak takut adalah ketika orangtuanya bertengkar. Tentu saja perbuatan ini harus dihindari, sebab ketika anak melihat orangtuanya bertengkar maka ia akan merekam kata-kata yang terlontar dari ayah atau ibunya tersebut. Tidak hanya itu, pertengkaran yang diiringi dengan kekerasan juga dapat memberikan kesan tersendiri dalam hati anak.  
Puluhan Juta untuk Sebuah Cinta dari Gadis Aceh
Tak mudah mengucapkan will you marry me di Aceh! Siapa sih yang nggak mau menikah? Jika usia telah matang dari segi fisik, materi maupun mental, penikahan adalah hal wajar untuk dibicarakan. Namun, menikah dengan gadis Aceh tidak segampang omongan lho. Aturan main yang lebih dikenal dengan sebutan budaya sangat erat kaitannya untuk laki-laki maupun perempuan yang ingin menikah.Barangkali, budaya ini pula yang membuat laki-laki Aceh lebih galau selangkah daripada perempuan. Hanya di Aceh saja urusan menikah mesti membayar mahal cukup mahar. Dalam Islam mahar adalah kewajiban seorang laki-laki dalam meminang seorang perempuan. Namun Islam tidak membatasi besar mahar yang wajib ditebus tersebut. Rasulullah saw. bersabda: "œApakah kamu mempunyai sesuatu untuk mas kawinnya?" Laki-laki itu menjawab: 'Tidak'. Rasulullah saw. bersabda kembali: 'Carilah sekalipun sebuah cincin dari besi!" (HR. Muslim).Aceh memang unik. Syariat Islam telah diterapkan namun urusan pinangan seorang laki-laki kepada seorang gadis, tidak berlaku “aturan” main dalam Islam tersebut. Gadis Aceh tak akan pernah bisa dipinang hanya dengan cincin “besi” yang diibaratkan dalam hadis ini. Gadis Aceh hanya akan menerima pinangan mahar emas, sekalipun hanya 1 gram saja, jika ada yang setuju.
Kumpulan Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar | Tema Kita
Tantangan nomor satu orang tua adalah membesarkan si kecil dengan cara mendidik anak yang baik dan benar dan dikehendaki kedua pasangan. Ini karena hal yang diajarkan kepada anak sejak dini dapat melekat hingga ia dewasa. Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Pintar Setiap pasangan tentu mempunyai cara mendidik yang berbeda terhadap anak. Menurut psikolog, Diana Baumrind, orang tua mempunyai tiga gaya pola asuh. Manakah yang menjadi gaya pola asuh Mam dan Pap?
Punya 7 Putri, Pasangan Ini Nekat Beli Anak Laki-laki
.co.id – Setiap pasangan suami istri pasti memiliki keinginan untuk mempunyai anak laki-laki maupun perempuan. Apalagi jika dalam satu keluarga, mereka memiliki anak laki-laki dan perempuan sekaligus, tentu bisa menjadi hal yang menggembirakan.Namun, adakalanya setiap pasangan suami istri hanya dikaruniai oleh anak laki-laki atau perempuan saja. Meskipun istri sudah mencoba berkali-kali hamil, namun ternyata hanya satu jenis kelamin saja yang dilahirkan.Hal ini juga terjadi pada pasangan yang satu ini, di mana ia memiliki hanya anak perempuan saja yang berjumlah tujuh orang. Mereka pun tidak kehabisan akal untuk bisa mendapatkan anak laki-laki. Dan cara yang ditempuh dengan membelinya.