Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Mengenal Gelar Marapulai, Pengantin Laki-laki Minang

Minangkabau sebagai salah satu keragaman budaya di Indonesia memiliki berbagai keunikan tersendiri baik dalam adat, bahasa, maupun kebudayaannya. Salah satunya "Pemberian Gelar Marapulai" pada seorang laki-laki yang telah menikah.

Di Minangkabau jika seorang laki-laki telah menikah, maka pada saat bersamaan akan diberikan gelar oleh mamak paman dari pihak laki-laki terhadap kemenakannya. gelar inilah nantinya yang lebih populer daripada nama yang diberikan ketika sang anak baru dilahirkan.

Berarti pemberian gelar juga menunjukkan perbedaan antara seorang laki-laki Minang yang telah menikah dengan laki-laki Minang yang belum menikah, ketika acara pernikahan sanak kelaurga serta teman sebaya biasanya tidak lupa memberikan pertanyaan, Apa Gelar Kamu? Ketika dalam memenuhi undangan atau jemputan sang pengantin.

Read Full Article
10 Anak Laki-laki Tertampan di Dunia
Istilah ganteng atau tampan, biasanya hanya digunakan kepada laki-laki yang sudah beranjak dewasa saja. Namun, bagaimana jika ternyata dari kecilnya saja mereka sudah memliki wajah yang tampan?Sama halnya untuk anak perempuan tercantik, maka tentu ada juga daftar anak laki-laki tertampan di dunia. Berikut ini terdapat 10 anak laki-laki paling tampan yang ada di dunia. Mason Dash Disick menjadi satu di antara anak laki-laki tersebut.Mason Dash Disick yang lahir di Los Angeles pada tanggal 14 Desember 2009, adalah anak dari pasangan selebritis Scott Dissick dan Kourtney Kardashian. Nama Mason sendiri cukup dikenal, karena ia termasuk dalam keluarga Kadarshian.
Gaun Warisan Ini Telah Dipakai 120 Tahun
Ketika Anda berencana menikah, ibu Anda mungkin akan menawarkan gaun pengantin yang pernah dipakainya dulu. Bisa saja ini sebuah tradisi dan beberapa wanita memang ada yang dengan senang hati memakai gaun pengantin ibunya.Yang jelas, biasanya ialah yang terakhir memakai gaun tersebut. Namun di Bethlehem, Pennsylvania, seorang pengantin wanita bukan saja memakai gaun pengantin ibunya. Ia ternyata menjadi orang ke-11 di keluarganya yang pernah memakai gaun tersebut.Gaun pengantin ini telah bersama keluarga besarnya selama lebih dari 120 tahun. Kisahnya sungguh sangat menginspirasi. Penasaran bukan, seperti apa gaun yang sudah dipakai turun temurun ini?
Punya 7 Putri, Pasangan Ini Nekat Beli Anak Laki-laki
.co.id – Setiap pasangan suami istri pasti memiliki keinginan untuk mempunyai anak laki-laki maupun perempuan. Apalagi jika dalam satu keluarga, mereka memiliki anak laki-laki dan perempuan sekaligus, tentu bisa menjadi hal yang menggembirakan.Namun, adakalanya setiap pasangan suami istri hanya dikaruniai oleh anak laki-laki atau perempuan saja. Meskipun istri sudah mencoba berkali-kali hamil, namun ternyata hanya satu jenis kelamin saja yang dilahirkan.Hal ini juga terjadi pada pasangan yang satu ini, di mana ia memiliki hanya anak perempuan saja yang berjumlah tujuh orang. Mereka pun tidak kehabisan akal untuk bisa mendapatkan anak laki-laki. Dan cara yang ditempuh dengan membelinya.
Empat Artis Berdarah Minang yang Rajai Film Indonesia
Minang, salah satu suku bangsa Indonesia yang melahirkan banyak sekali orang-orang besar di Indonesia. Bukan hanya seorang politisi, ternyata banyak seniman yang berhasil menaklukkan ibukota Jakarta.Ya, mereka yang awalnya hanya anak rantau, kini justru merajai film layar lebar Indonesia. Keren bukan? Lantas, siapa saja aktor-aktor ganteng yang ternyata berdarah Minang ini. Penasaran kan?Sebut saja salah satunya adalah Fedi Nuril. Fedi Nuril baru saja menikah dengan Calysta Vanny Widyasasti di awal tahun 2016 kemarin. Aktor ganteng yang mengawali karier sebagai anak band ini sendiri memang lahir di Jakarta, namun darah Minang sangat kental di dalam tubuhnya.
Mengenal Kesenian Tambua Ranah Minang
 – Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai budaya dan kesenian, seperti pada daerah ranah Minang. Di sini juga memiliki berbagai macam jenis kesenian dan kebudayaan. Salah satu jenis kesenian di ranah Minang itu adalah tambua.Tambua merupakan kesenian tradisional Minangkabau yang terdiri dari gendang yang diolah menggunakan kayu bulat yang dilubangi dan diberikan kulit kambing ataupun kulit sapi pada bagian atas dan bawahnya. Ukuran dari tambua ini pada diameternya antara 40-50 cm. Sedangkan untuk panjangnya sekitar 60-70 cm.Permainan tambua biasa dilaksanakan pada acara tertentu seperti mengarak pasangan pengantin, pawai khatam Alquran, pawai hari kemerdekaan dan berbagai acara penting lainnya. Alat musik atau kesenian tambua ini dimainkan dalam grup yang terdiri dari beberapa orang dengan menggunakan pakaian adat yang telah ditentukan dan dipilih sesuai grup tambua masing-masing. 
Inilah Keutamaan Memuliakan Anak Perempuan
Sebagian adat dan budaya di dunia, masih banyak yang mengutamankan anak laki-laki dibanding anak perempuan. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa kelahiran anak perempuan merupakan sebuah tanda akan datangnya kesialan bagi keluarga.Berbeda dengan anak laki-laki, yang selalu dianggap penerus dan menjadi kebanggaan orangtua. Terkadang, suami rela menceraikan istri yang tidak kunjung mendapatkan anak laki-laki. Sejak zaman jahiliyah, anak perempuan memang kerap kali mendapatkan diskriminasi.Bahkan, tak jarang orangtua akan merasa terhina jika anaknya bukan laki-laki. Sejatinya anak laki-laki dan perempuan adalah sama. Namun, karena kecenderungan orangtua yang menyukai anak laki-laki, maka Islam pun memberi perhatian lebih terhadap hal ini. 
Mau Kaya? Belajar Bisnis pada Orang Minang
Dari Sabang sampai Merauke, selalu ada suku Minangkabau yang merantau di kampung orang. Baik di dusun, kota kecil, sampai di kota megapolitan. Dan tak jarang pula, orang Minang merantau sampai ke luar negeri.Memang budaya mereka sejak dulu kala, merantau bukan sekadar untuk mengubah nasib, namun untuk mencari ilmu dalam belajar, dan mencari pengalaman di negeri orang. Tapi yang utama adalah mengubah nasib mereka.Seorang bujang anak laki-laki yang mulai dewasa dari keluarga Minang yang miskin, mencoba mencari peruntungan di kampung orang lain. Awal-awalnya bekerja pada sesukunya, setelah mulai mendapatkan modal yang cukup pemuda ini tadi mendirikan usaha sendiri.
Mengenal Kesenian Randai dari Tanah Minang
Siapa yang tak kenal dengan rendang? Makanan lezat dari tanah Minang ini telah mendunia dan masuk dalam makanan lezat di dunia.Dalam dunia seni, Minang juga punya randai. Randai adalah seni pertunjukan teater yang ada di daerah Minangkabau dan masih dilestarikan sampai hari ini.Di sekolah, sanggar-sanggar seni, masih banyak peminat dari kegiatan tersebut. Hal ini bertujuan melestarikan budaya dan kesenian ranah Minang. Seperti apa kesenian tersebut?
Konsumsi Enam Makanan Ini Jika Ingin Hamil Anak Laki-Laki
.co.id – Merencanakan kehamilan bisa saja dilakukan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan impian untuk mendapatkan bayi dengan jenis kelamin tertentu, misalnya laki-laki. Meski kita tidak bisa memilih jenis kelamin anak yang akan dikandung, namun kita bisa melakukan upaya tertentu untuk mendapatkannya.Seperti keinginan untuk bisa hamil anak laki-laki, ternyata ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang mendukung kehamilan bayi laki-laki.Kira-kira, apa sajakah jenis makanan yang bisa mendukung keinginan Anda untuk mendapatkan bayi laki-laki? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini.
Puluhan Juta untuk Sebuah Cinta dari Gadis Aceh
Tak mudah mengucapkan will you marry me di Aceh! Siapa sih yang nggak mau menikah? Jika usia telah matang dari segi fisik, materi maupun mental, penikahan adalah hal wajar untuk dibicarakan. Namun, menikah dengan gadis Aceh tidak segampang omongan lho. Aturan main yang lebih dikenal dengan sebutan budaya sangat erat kaitannya untuk laki-laki maupun perempuan yang ingin menikah.Barangkali, budaya ini pula yang membuat laki-laki Aceh lebih galau selangkah daripada perempuan. Hanya di Aceh saja urusan menikah mesti membayar mahal cukup mahar. Dalam Islam mahar adalah kewajiban seorang laki-laki dalam meminang seorang perempuan. Namun Islam tidak membatasi besar mahar yang wajib ditebus tersebut. Rasulullah saw. bersabda: "œApakah kamu mempunyai sesuatu untuk mas kawinnya?" Laki-laki itu menjawab: 'Tidak'. Rasulullah saw. bersabda kembali: 'Carilah sekalipun sebuah cincin dari besi!" (HR. Muslim).Aceh memang unik. Syariat Islam telah diterapkan namun urusan pinangan seorang laki-laki kepada seorang gadis, tidak berlaku “aturan” main dalam Islam tersebut. Gadis Aceh tak akan pernah bisa dipinang hanya dengan cincin “besi” yang diibaratkan dalam hadis ini. Gadis Aceh hanya akan menerima pinangan mahar emas, sekalipun hanya 1 gram saja, jika ada yang setuju.
Ini Filosofi Merantau bagi Orang Minang
Siapa yang tidak kenal dengan orang Padang atau Minang? Orang Minang sangat terkenal dengan jiwa merantaunya yang tak pernah hilang. Para leluhur orang Padang atau orang Minangkabau selalu menjunjung tinggi jiwa merantau."Merantau" itu sendiri berasal dari bahasa dan budaya di Minangkabau. Merantau sendiri berarti wilayah luar dari daerah Minangkabau. Zaman sekarang disebut dengan bertransmigrasi.Maka, tak jarang di kota-kota besar pasti bertemu dengan orang Minang. Entah mereka berdagang atau berbisnis. Budaya merantau sudah melekat erat pada orang Minangkabau. Dahulu setiap pemudanya yang sudah cukup umur, maka mereka akan pergi merantau meninggalkan kampung halamannya. Tidak percaya? Yuk simak berikut ini.
Keagungan Pengantin Alquran yang Jarang Terungkap
 – Pengantin biasanya ditujukan kepada pria atau wanita, ketika melangkah ke jenjang pernikahan. Keduanya menjadi pasangan yang saling melengkapi satu sama lain. Namun bagaimana jadinya, jika yang memiliki pengantin tersebut adalah Alquran?Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa segala sesuatu memiliki pengantinnya masing-masing, termasuk dengan kitab yang berisi kalam Allah SWT ini. Namun, pengantin dalam konteks ini berbeda dengan makna pengantin yang dikenal selama ini.Pengantin Alquran begitu indah dan agung. Kalimat-kalimat yang ada sangat memesona, dengan nasihat-nasihat yang menimbulkan kesan mendalam. Lantas, siapa sebenarnya pengantin yang bikin penasaran tersebut? 
Ini Bedanya Mendidik Anak Laki-laki dan Perempuan
Orangtua yang akan memiliki anak seringkali ditanya, mereka menginginkan anak laki-laki atau perempuan. Sebagian menentukan ingin anak laki-laki atau anak perempuan, sebagian lagi lebih menyerahkan semua pada Allah SWT.Hal tersebut dikarenakan, menurut mereka anak laki-laki atau perempuan sama saja. Memang, itu semua adalah kehendak Allah dan kita sebagai manusia harus selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan.Yang menjadi masalah adalah pada cara mendidik anak laki-laki dan perempuan. Hal itu sangatlah berbeda. Lantas bagaimana perbedaanya?
Intip Tren Tata Rias Pengantin 2015
Bagi kebanyakan orang, momen yang paling istimewa dalam hidup nya itu adalah sakralnya sebuah pernikahan. Makanya, banyak calon pengantin yang mempersiapkan pernikahannya jauh-jauh hari demi menyambut hari istimewanya.Apalagi calon pengantin wanita yang ingin sekali tampil cantik dan menjadi ratu sehari di hari pernikahannya itu. Tidak salah, kalau riasan make up pengantin ini sangat krusial. Kalau kata orang dulu, pengantin itu harus punya aura berbeda dari biasanya.Makanya memilih vendor perias pengantin juga harus hati-hati, jangan sampai kita salah pilih. Vendor perias pengantin yang baik akan memberikan tes make up, yang sempurna untuk calon pengantin.
Anak Laki-laki Mudah Cengeng? Ini Solusinya
 – Anak adalah pemberian yang sangat luar biasa berharganya bagi kedua orangtuanya. Tak peduli, apakah laki-laki ataukah perempuan yang hadir menemani kita. Khusus untuk anak laki-laki, terkadang orangtua selalu menanamkan tidak boleh cengeng apalagi sampai menangis.Hal tersebut wajar, karena kelak dia akan jadi pemimpin keluarga. Sering kita mendengar "Jagoan tak boleh menangis!" Istilah ini lumrah dan wajar kita dengar. Anak laki-laki dituntut kuat serta dilarang untuk meneteskan air mata. Rasanya agak aneh kalau ada laki-laki yang cengeng.Namun sebenarnya, laki-laki sama dengan perempuan yang boleh saja menangis untuk menunjukkan ekspresi tulusnya tersebut. Akan tetapi, masalah sterotip bahwa hanya pria lemah yang menangis menyeruak lebih kuat dalam budaya timur semacam Indonesia. Lantas, bagaimana jika anak lelaki selalu cengeng dan menangis? 
Mengenal Gelar Marapulai, Pengantin Laki-laki Minang
Minangkabau sebagai salah satu keragaman budaya di Indonesia memiliki berbagai keunikan tersendiri baik dalam adat, bahasa, maupun kebudayaannya. Salah satunya "Pemberian Gelar Marapulai" pada seorang laki-laki yang telah menikah.Di Minangkabau jika seorang laki-laki telah menikah, maka pada saat bersamaan akan diberikan gelar oleh mamak paman dari pihak laki-laki terhadap kemenakannya. gelar inilah nantinya yang lebih populer daripada nama yang diberikan ketika sang anak baru dilahirkan.Berarti pemberian gelar juga menunjukkan perbedaan antara seorang laki-laki Minang yang telah menikah dengan laki-laki Minang yang belum menikah, ketika acara pernikahan sanak kelaurga serta teman sebaya biasanya tidak lupa memberikan pertanyaan, Apa Gelar Kamu? Ketika dalam memenuhi undangan atau jemputan sang pengantin.
6 Negara Penghasil Laki-laki Tertampan di Dunia
 – Setiap negara pasti memiliki banyak laki-laki. Tapi dari sekian banyak laki-laki yang ada di dunia ini, kira-kira negara mana saja yang paling banyak menghasilkan laki-laki tampan yang bikin hati wanita meleleh?Kami sudah merangkum daftar negara mana saja yang dianggap sebagai penghasil laki-laki terganteng di dunia. Hampir di setiap sudut kota di negara tersebut, mereka berkeliaran dengan bebas.Buat wanita yang sedang mencari jodoh, mungkin bisa mengunjungi negara-negara ini sambil traveling sekaligus membidik calon pasangan.
10 Pondasi Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga
Punya anak laki-laki atau perempuan sama saja. Itu memang benar. Namun dalam proses pendidikan anak, memiliki anak lebih satu orang akan memiliki perbedaan berarti. Bagi orangtua, tugas mendidik anak laki-laki dan perempuan memiliki beban tersendiri.Anak laki-laki kelak akan menjadi pemimpin, paling tidak pemimpin di rumah tangganya. Sebagai pemimpin, anak laki-laki perlu dididik sejak dini menjadi calon pemimpin yang baik. Bertanggung jawab terhadap anggota keluarga karena di tengah keluarga anak laki-laki itu akan menjadi suami dan ayah yang baik. Memiliki karakter yang baik agar menjadi teladan bagi anggota keluarganya.Anak perempuan, kelak akan menjadi ibu rumah tangga. Menjadi ibu dari anak-anaknya, serta jadi istri yang baik dari seorang suami. Anak perempuan menjadi calon ibu rumah tangga, mengurus rumah tangga dengan penuh perhatian.
7 Kesalahan Terbesar Riasan Pengantin
 – Wanita yang merencanakan pernikahan, pasti ingin hari besarnya berjalan dengan lancar tanpa banyak kesalahan. Mulai dari dekorasi, katering hingga cinderamata dipersiapkan, agar para tamu terkesan dengan acara pernikahannya.Tidak ketinggalan juga, baik pengantin pria maupun wanita mengenakan riasan pengantin, yang biasanya dibuat berbeda dengan make up dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun ada pengantin yang enggan mengenakan riasan.Jika Anda sedang merencanakan mencari rias pengantin, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kesalahan riasan pengantin yang harus Anda hindari, sehingga Anda akan terlihat lebih menakjubkan di dalam foto.
Gejala Kanker Payudara pada Laki-Laki
Kanker payudara memang selalu identik dengan masalah kesehatan yang berkaitan dengan perempuan. Namun, ternyata jenis kanker yang cukup mematikan ini juga bisa menyerang kaum laki-laki. Walau dalam statistik penderita kanker payudara masih didominasi oleh perempuan, tapi bukan berarti laki-laki aman atas risiko kanker payudara.Nah, untuk para kaum adam juga seharusnya waspada dengan penyakit ini. Sebaiknya, mulai dari sekarang Anda jangan abaikan gejala kanker payudara pada laki-laki seperti yang dilansir dari laman Boldsky. Lantas, apa saja gejala kanker payudara yang menyerang pada laki-laki?Yang pertama adalah turunnya berat badan secara drastis. Turun berat badan yang cukup drastis dalam kurun waktu yang singkat, jangan dianggap hal yang membanggakan. Sebab, bisa saja hal itu menjadi pertanda adanya masalah kesehatan, termasuk kondisi payudara laki-laki.
Enam Gaun Pengantin Paling Jelek yang Pernah Ada
Tidak ada satu pasangan pun yang ingin hari pernikahannya tidak berkesan. Pasti, semua pasangan kekasih ingin hari terbaik dalam hidup ini jauh lebih berkesan dan mungkin lebih kreatif lagi.Tapi tak jarang, niat kreatif bisa membawakan hasil yang kurang memuaskan. Selain kreatif dari dekorasi atau susunan acara pernikahan, beberapa pasangan lebih memilih gaun pengantin yang terbilang tak biasa dan beda dari yang lainnya.Seperti beberapa wanita ini, yang niatnya ingin menampilkan gaun pengantin kreatif, tapi justru mendapat penilaiaan yang kurang memuaskan. Pasalnya, gaun pengantin yang mereka kenakan bisa disebut sebagai gaun pengantin paling jelek yang pernah dibuat. Kira-kira, seperti apa yah gaun pengantin tersebut?
Antara Logika dan Perasaan
Anggapan bahwa laki-laki lebih dominan menggunakan logika, dan wanita menggunakan perasaan, saat ini sedang ramai diperbincangkan. Hal ini telah dibuktikan dengan terjadinya berbagai fenomena di masyarakat. Saat ini kita sering menjumpai wanita yang hamil di luar nikah, dan setelah ditelusuri alasannya karena wanita tersebut cinta mati pada kekasihnya dan takut kehilangannya.Di sisi lain, ada laki-laki yang baru saja putus cinta tapi dia biasa-biasa saja. Para laki-laki sangat mudah move on bahkan bisa langsung dapat pacar baru. Pada umumnya, laki-laki beranggapan bahwa masih banyak wanita di dunia, dan tidak perlu mengingat atau menangisi hal yang sudah lewat.Sebenarnya uraian di atas hanya ilustrasi sederhana tentang pemahaman logika dan perasaan. Jelas dengan adanya uraian di atas, kita manganggap bahwa wanita terlalu menggunakan perasaan dan laki-laki lebih menggunakan logikanya. Lantas apakah doktrin tersebut benar?
Tidak Horor, Air Terjun Pengantin Ini Benar-benar Memukau
 – Jika sekarang kata kunci "Air Terjun Pengantin" dimasukkan ke dalam kolom pencarian Google, maka yang keluar nanti adalah sebuah judul fim horor yang pernah tayang di bioskop Tanah Air tahun 2009 silam. Namun, ternyata air terjun ini ada juga di dunia nyata.Meski pernah menjadi judul film horor, Air Terjun Pengantin di dunia nyata tidaklah mengandung unsur horor. Sebaliknya, air terjun ini begitu indah dan cantik, serta unilk karena ada dua aliran air terjun bagaikan sepasang pengantin. Air Terjun Pengantin berada di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.Letak sepasang air terjun ini adalah di lereng sisi utara Gunung Lawu, sehingga suasananya sangat sejuk dan teduh, sertai airnya juga begitu segar. Terlepas dari mitos dan legenda yang ada, Air Terjun Pengantin merupakan tempat wisata yang cocok untuk liburan.