Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Empat Alasan Pentingnya Hirup Air ketika Wudu

Berwudu adalah kegiatan bersuci untuk menghilangkan najis kecil sebelum melakukan ibadah salat bagi umat islam. Di dalam wudu, ada bagian di mana harus memasukkan air ke dalam hidung.

Tapi kebanyakan orang hanya menyeka hidung atau memasukkannya ke tepian hidung. Padahal manfaatnya sangat penting, jika kita tahu. Lantas, apa saja manfaatnya? Sebut saja yang pertama adalah karena termasuk penyempurna wudu.

Laqith Ibnu Shabirah Radiyallaahu anhu berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Sempurnakanlah dalam berwudhu, usaplah sela-sela jari, dan isaplah air ke dalam hidung dalam-dalam kecuali jika engkau sedang berpuasa." HR Imam Empat dan Hadits shahih menurut Ibu Khuzaimah

Read Full Article
7 Tingkatan Air Terjun Oehala yang Memesona
 – Air Terjun Oehala adalah salah satu air terjun yang ada di Nusa Tenggara Timur. Banyak yang menyangka, jika kawasan wisata ini mempunyai nama yang salah tulis. Tapi, nama air terjun ini bukan berasal dari kata Pahala lalu salah tulis menjadi Oehala.Air Terjun Oehala adalah air terjun yang mempunyai 7 tingkatan. Karena lokasinya berada di desa Oehala, maka air terjun ini disebut Air Terjun Oehala. Kawasan air terjun ini terasa sangat sejuk, karena berada di daerah hutan yang dipenuhi dengan pepohonan yang lebat.Air Terjun Oehala sangatlah indah, airnya yang dingin serasa ingin berlama-lama bermain air di kawasan ini. Untuk kalian yang suka bermain air, sempatkanlah mengunjungi air terjun yang ada di desa Oehala ini.
Cara Membuat Air Terjun Pasir di Aquascape
Cara Membuat Air Terjun Pasir di Aquascape - Pernahkah Anda melihat akuarium yang terdapat air terjun di dalamnya? Luar biasa bukan? Jika saat ini kamu sedang menggeluti hobi baru yakni berkebun dalam air atau yang lebih dikenal dengan aquascape, maka aspek berikut ini akan sangat akrab dalam hobi Anda.Bagian ini membuat unsur estetika bertambah manakjubkan, dan akan membuat Anda atau siapaun yang melihat akuarium berdecak kagum. Tentunya dengan catatan porsi dan posisinya harus disesuai agar lebih menarik.Sebenarnya yang Anda lihat air terjun di dalam aquascape aquarium bukanlah air terjun asli, melainkan pasir putih yang berjatuhan sehingga terlihat layaknya air terjun. Pertanyaan sekarang kok bisa pasir putih tersebut berjatuhan dan terus menerus berjatuhan tiada henti.Dengan pengetahuan fisika mengenai tekanan yang bekerja pada zat cair, semuanya bisa dijelaskan dengan mudah dan logis. Tapi di sini saya tidak akan menjelaskan mengenai ilmu fisika tersebut, melainkan menjelaskan Cara Membuat Air Terjun Pasir di Aquascape.ara Membuat Air Terjun Pasir di AquascapeUntuk membuat air terjun aquascape aquarium ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan.Bahan Membuat Air Terjun Pasir di AquascapePipa paralon berdiameter 1 inch atau bisa dengan ukuran 25cm, untuk panjangnya bisa Anda sesuaikan sendiri dengan AquariumnyaSambungan paralon untuk belokan obeng, yang berfungsi untuk melobangi paralonSelang aerator media penutup, untuk menutupi paralon serta jadi media jatuhnya pasir, Anda dapat menggunakan batu-batuan, kayu atau apa saja sesuai kreasiAerator (pembangkit hawa/gelembung) Sudah Siap? Mari mulai bekerja.
Menyingkap Fakta Unik Air Terjun Victoria di Zambia
Disebut sebagai salah satu yang tercantik di dunia, Air Terjun Victoria merupakan harta karun Afrika yang berlokasi Zambia dan Zimbabwe. Saking cantiknya air terjun yang satu ini, bahkan UNESCO telah memasukkannya dalam daftar Situs Warisan Dunia.Selain cantik dan tercatat sebagai warisan dunia, ternyata Air Terjun Victoria juga memiliki banyak sisi lain yang teramat unik untuk ditelisik. Apa saja sisi lain tersebut? Yuk, kita singkap keunikannya air terjun yang konon adalah air terjun terlebar di dunia ini. Dibandingkan dengan air terjun Angel di Venezuela 967 meter , air terjun yang satu ini hanya memiliki tinggi 100 meter. Namun jika diukur dari kelebarannya, maka bisa dipastikan bahwa air terjun Victoria adalah juaranya. Air terjun Victoria tercatat sebagi satu-satunya air terjun yang memiliki lebar dari satu kilometer.
Unik, Shower Ini Akan 'Menusuk' Jika Pemakainya Boros Air
.co.id – Air merupakan elemen paling penting di dunia ini. Tanpa adanya air, manusia dan seluruh makhluk hidup lainnya tidak akan mampu bertahan hidup. Bahkan saking pentingnya, untuk dapat mengetahui suatu tempat layak huni atau tidak, maka yang pertama kali dicek adalah persediaan air.Air memiliki sejuta manfaat bagi makhluk hidup di bumi. Selain untuk keperluan minum, air juga dapat digunakan untuk mandi, mencuci, menyiram, dan masih banyak lagi. Pentingnya air seharusnya membuat manusia sadar untuk menghemat penggunaan air. Sebab masih banyak di belahan bumi lainnya yang masih kekurangan air.Untuk mengatasi masalah pemborosan air, seorang seniman bernama Elisabeth Buecher, membuat terobosan menarik. Ia membuat alarm yang terhubung dengan shower. Alarm tersebut berbentuk seperti tirai dengan duri lunak. Sehingga apabila ada orang yang menggunakan shower lebih dari empat menit, maka duri akan menusuk orang tersebut.
Kenali Sejuta Manfaat Uap Air
 – Uap air dihasilkan dari air yang dimasak, biasanya orang memasak air untuk diminum, untuk mandi atau untuk lain sebagainya. Namun, kebanyakan orang tak peduli dengan uap air yang dihasilkannya.Padahal uap air memiliki banyak manfaat uang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, uap air juga bisa mengatasi berbagai masalah kecantikan. Berbicara tentang uap air, uap air sendiri adalah gas yang terbentuk ketika air mengalami pemanasan dalam titik didih tertentu.Tidak semua benda cair memiliki titik didih yang sama, air yang biasa kita gunakan memiliki titik didih ketika suhu mencapai 100 derajat celcius. Dalam dunia modern uap air juga sering dibuat untuk berbagai keperluan. Beberapa di antaranya adalah untuk SPA, steaming, sauna, dan lain sebagainya. Lalu, apa saja manfaat yang kita dapatkan dari uap air?
Sepuluh Air Terjun Terindah di Bali
Selain memiliki pantai-pantai yang indah dengan budayanya yang unik, Bali juga memiliki tempat-tempat wisata alam yang sangat menakjubkan, berupa pemandangan air terjun yang sangat indah untuk dinikmati.Pulau Bali banyak memiliki air terjun indah yang menarik untuk Anda kunjungi, yang sebagian besar berada di Bali Utara, seperti Air Terjun Gitgit, Air Terjun Dusun Kuning atau Air Terjun Campuhan. Berikut sepuluh air terjun terindah di Bali yang layak untuk Anda kunjungi dan nikmati keindahannya.Air Terjun Gitgit. Air Terjun Gitgit adalah salah satu air terjun terindah di Bali yang terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng, atau berjarak 11 kilometer dari Singaraja, Bali. Air terjun ini mempunyai ketinggian 35 meter.
Ini Waktu yang Tepat Minum Air Dingin dan Panas
Bukan rahasia lagi kalau air merupakan salah satu sumber kehidupan makhluk hidup. Untuk mendapatkan manfaat total dari air ini, ternyata para peneliti menyebutkan bahwa kita harus mengetahui kapan waktu yang tepat minum air dengan suhu tertentu.Pengobatan kuno mempercayai bahwa betapa pentingnya temperatur tubuh dan suhu air yang kita konsumsi bagi kesehatan. Jadi, bagaimana sebaiknya kita mengonsumsi air pada suhu tertentu?Air dingin tepat dikonsumsi saat berolahraga. Saat berolahraga suhu tubuh akan meningkat, dan minum air pada saat ini akan menjaga suhu tubuh tetap stabil 50 persen lebih lama dibanding air biasa. Lalu, bagaimana dengan konsumsi air panas?
Bahaya di Air Terjun Surodipo Temanggung
Air terjun Surodipo ini sangat indah menurut saya. Tidak salah memang, beberapa air terjun yang berada di Jawa Tengah begitu memukau keindahannya. Tapi sangat terpelosok tempatnya. Misalnya saja air terjun Kedung Kayang di Magelang atau Boyolali, dan air terjun Grojogan Sewu di Karanganyar.Anda dapat membayangkan sendiri bagi yang pernah ke sana, bagaimana perjuangan untuk menuju air terjun tersebut. Ya, anggap saja sekalian olahraga jalan sehat. Karena air terjun yang memukau bagi saya adalah yang aliran airnya tinggi, namun tentunya ada juga air terjun yang memukau walau ketinggian airnya tidak seberapa.Tetapi air terjun yang tinggi selalu saja membuat saya kagum. Kagum akan suara deburan keras yang dihasilkan dari aliran air yang jatuh. Apalagi, angin kencang yang dihasilkan dengan membawa titik-titik air selalu saja membawa kesegaran saat menerpa muka.
Enam Manfaat Berwudu Sebelum Tidur
.co.id – “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudu terlebih dahulu sebagaimana wudumu untuk melakukan salat” (HR. Bukhari dan Muslim).Tahu tidak, kenapa Rasulullah mencontohkan berwudu sebelum tidur? Bahkan ulama fiqih menjelaskan hikmah wudu sebagai salah satu kiat memelihara kebersihan fisik dan rohani. Sebenarnya, apa rahasia besar dan manfaat di balik sunah berwudu sebelum tidur ini?Menenangkan otot-otot. Ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa percikan air wudu dapat mengendurkan otot-otot yang kaku setelah beraktivitas. Efek positifnya setelah berwudu adalah, pikiran akan terasa tenang dan badan tidak terasa letih.
Empat Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari
Air adalah nutrisi yang paling penting, karena kesehatan Anda secara keseluruhan bergantung pada air. Akhir-akhir ini, ada banyak perdebatan mengenai berapa suhu air yang tepat untuk diminum.Meskipun pada umumnya kita mengonsumsi air pada suhu dingin, para ahli menyarankan sesuatu yang sama sekali berbeda. Menurut mereka, minum air hangat bukan air dingin pada waktu perut kosong setiap pagi adalah cara terbaik untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.Meskipun air dingin lebih banyak dipilih orang untuk diminum, ternyata hal itu bukanlah pilihan yang baik. Penelitian menunjukkan, tubuh manusia membutuhkan lebih banyak energi untuk mengatur suhu air dingin dengan suhu dalam tubuh.
Keindahan 'Air Terjun Api' di Taman Nasional Yosemite
- Pada umumnya, air terjun memiliki air yang jernih seperti air pada umumnya. Namun, di Taman Nasional Yosemite, di California, AS, ada sebuah air terjun yang memiliki air seperti lava pijar.Baru-baru ini seorang fotografer bernama Sangeeta Dey berhasil mengabadikan fenomena 'air terjun api' di taman nasional tersebut. Perlu diketahui, air yang tampak seperti lava ini sebenarnya hanyalah ilusi, bukan sungguhan.Air terjun ini berubah jadi seperti lava karena terkena sinar matahari dan mengubah warnanya menjadi oranye. Jika dilihat dari kejauhan, air terjun ini akan tampak seperti air terjun lava.
Pengertian Air : Jenis dan Fungsinya
Pengertian Air Pengertian Air dalam Biologi dan Kimia (Senyawa H2O) – Pengertian air adalah senyawa kimia yang merupakan hasil ikatan dari unsur hidrogen (H2) yang bersenyawa dengan unsur oksigen (O) dalam hal ini membentuk senyawa H2O. Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Penggunaan air yang utama dan sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum. Hal ini terutama untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh manusia itu sendiri. Kehilangan air untuk 15% dari berat badan dapat mengakibatkan kematian yang diakibatkan oleh dehidrasi. Karenanya orang dewasa perlu meminum minimal sebanyak 1,5 – 2 liter air sehari untuk keseimbangan dalam tubuh dan membantu proses metabolisme.
Ternyata, Minum Air Laut Sangat Berbahaya
Semua orang pasti tahu, air laut memiliki rasa yang sangat asin. Tapi sangat sedikit yang tahu, apa bahayanya jika kita sampai menelan air laut. Antara air biasa dan air laut, jelas memiliki perbedaan yang sangat jauh walau sama-sama air.Saat kita berenang di pantai, terkadang kita tak sengaja menelan air laut. Sudah pasti rasanya sangat asin, tapi bagi yang tidak tahu, pasti menganggap menelan air laut itu baik-baik saja. Namun sebenarnya, air laut sangat berbahaya bagi tubuh karena dan bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan.Hal itu dikarenakan, air laut mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Dan ketika garam itu masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan menolaknya karena kadar garamnya terlalu tinggi. Berikut beberapa bahaya jika kita menelan air laut.
Sepuluh Air Terjun Paling Unik di Dunia
Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui sebuah formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian, lalu mengalir melalui sela-sela bebatuan, tanah, atau sungai, dimana arusnya ikut mengikis bebatuan dan tanah yang dilaluinya, hingga tercipta sebuah celah yang dapat membuat air terjun turun ke bawah.Di beberapa belahan dunia, banyak terdapat air terjun unik yang sangat menakjubkan. Di antaranya adalah Air Terjun Api, Air Terjun Kabut atau Air Terjun Darah. Berikut akan kami tampilkan sepuluh air terjun paling unik di dunia, yang kami lansir dari laman oddee.com.Air Terjun Api. Air Terjun Api terjadi pada musim dingin di awal musim Semi dari Gunung Elcapitan di Taman Nasional Yosemite, Amerika Serikat, di dua sungai yang berbeda setinggi 1.570 kaki, selama dua minggu terakhir pada bulan Februari lalu.
Ini yang Terjadi Jika Air Laut Tidak Asin
Air laut merupakan salah satu bukti kekuasaan Allah SWT. Sang Maha Kreatif ini membuat keseimbangan alam begitu memesona. Khusus untuk air laut, sebagian kita mungkin sering bertanya, mengapa rasanya bisa begitu asin dan berbeda dengan air jenis lain?Sebagian berpikir, andai saja air laut berasa tawar, maka akan lebih bermanfaat untuk dikonsumsi. Karena tidak bisa dipungkiri, jika saat ini dunia mengalami krisis air bersih yang layak minum. Banyak sungai yang tercemar dan membuat manusia susah mencari air.Namun, pemikiran tersebut tidak benar adanya. Karena Allah SWT menciptakan asinnya air laut bukan tanpa alasan. Ada hikmah luar biasa di balik proses alam ini. Bahkan, bahaya besar mengintai makhluk ketika rasa air laut tidak asin. Sebenarnya apa yang akan terjadi?
Empat Alasan Pentingnya Hirup Air ketika Wudu
Berwudu adalah kegiatan bersuci untuk menghilangkan najis kecil sebelum melakukan ibadah salat bagi umat islam. Di dalam wudu, ada bagian di mana harus memasukkan air ke dalam hidung.Tapi kebanyakan orang hanya menyeka hidung atau memasukkannya ke tepian hidung. Padahal manfaatnya sangat penting, jika kita tahu. Lantas, apa saja manfaatnya? Sebut saja yang pertama adalah karena termasuk penyempurna wudu.Laqith Ibnu Shabirah Radiyallaahu anhu berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Sempurnakanlah dalam berwudhu, usaplah sela-sela jari, dan isaplah air ke dalam hidung dalam-dalam kecuali jika engkau sedang berpuasa." HR Imam Empat dan Hadits shahih menurut Ibu Khuzaimah
Fenomena Menarik Pendidihan Air dalam Panci
Anda mungkin gemar minum kopi atau teh panas. Memang, kedua minuman tersebut sungguh nikmat setelah diseduh dengan air panas. Untuk memanaskan atau mendidihkan air, diperlukan kalor panas yang bersumber dari energi listrik atau kompor pemanas. Mari kita simak fenomena fisika saat memanaskan air.Misalnya Anda memanaskan air menggunakan panci pemanas. Alat pemanas ini umumnya terbuat dari aluminium. Setelah dituangkan air dingin ke dalam panci pemanas, kemudian menyalakan api kompor. Apa yang terjadi dari menit ke menit dengan air yang ada dalam panci?Mulanya timbul gelembung halus dari air bagian bawah atau dasar panci. Beberapa menit kemudian muncul gelembung kecil dan bergerak ke permukaan air dalam panci pemanas. Seolah-olah terjadi aliran air dari bagian bawah ke permukaan air, sehingga terbentuk sirkulasi air dalam panci pemanas.
Benang Kelambu, Air Terjunnya Bidadari dari Lombok
 – Air terjun Benang Kelambu adalah salah satu air terjun yang indah yang ada di Lombok, tepatnya di Lombok Tengah. Air terjun ini diberikan nama Benang Kelambu dikarenakan air yang mengucur deras ke bawah nampak dari kejauhan seperti serat benang kelambu. Karena itulah masyarakat setempat menamakannya air terjun Benang Kelambu.Air Terjun ini biasanya jadi destinasi wajib bagi mereka yang sedang berlibur ke Lombok. Karena Lombok bukan hanya indah pantainya saja, tetapi air terjunnya juga tak kalah indah. Air terjun ini memiliki tiga tingkat. Tingkat yang paling atas berasal langsung dari mata air, memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Tingkat yang kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, dengan ketinggian sekitar 10 meter. Tingkat yang ketiga memiliki ketinggian hanya 5 meter.Air terjun Benang Kelambu sangatlah indah. Karena air yang jatuh ke bawah seperti keluar dari tumbuhan yang tumbuh di atasnya, padahal tidak. Sebenarnya air terjun Benang Kelambu ini berasal dari banyak mata air, dan jatuh di sepanjang tebing. Hanya saja, tebing tersebut tertutup oleh tumbuh-tumbuhan. 
Tujuh Alasan Pemudik Motor Melonjak 50 Persen
Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik Lebaran 2016 melonjak hingga 50 persen. Bila periode sama 2015 sekitar 3,7 juta unit, kini jumlahnya ditaksir mencapai 5,6 juta unit. Kenapa?Adalah Menteri Perhubungan Ignatius Jonan sendiri yang membeberkan empat alasan kenapa terjadi lonjakan tersebut. Di luar empat alasan sang menteri, saya memperkirakan ada tiga alasan lainnya seperti di bawah ini.Oh ya, alasan sang Menhub seperti dilansir kantor berita Antara, Senin, 20 Juni 2016 saya urutkan dari nomor satu hingga nomor empat. Selebihnya, hingga nomor tujuh adalah sebatas pengamatan sehari-hari.
Asyiknya Mandi di Area Air Terjun Bayang Sani
Pesisir Selatan memang banyak tempat yang indah untuk dikunjungi, mulai dari pantainya, lembahnya, jembatan akarnya, puncak bukitnya, air terjunnya, serta berbagai objek wisata lainnya. Salah satu objek wisata yang ada di Pesisir Selatan itu adalah Air terjun Bayang Sani.Air terjun ini terletak di kampung Koto Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Ketinggian dari air terjun ini hampir 80 M, telah dikenal lama sejak zaman dahulunya. Bahkan konon sejak zaman penjajahan Belanda, begitu menariknya air terjun Bayang Sani ini menjadi tempat mandi menir-menir dan nona-nonanya orang Belanda.Begitu mengagumkan air terjun ini maka orang Belanda menyebutnya dengan nama air terjun Wellcome . Pada awalnya air terjun ini bukan bernama air terjun Bayang Sani, namun disebut oleh warga masyarakat sekitar dengan air terjun " Wellcome ".
Ini Alasan Kenapa Kita Harus Sempurnakan Wudu
Pada saat apakah Anda berwudu? Sebagian orang berwudu hanya ketika akan beribadah saja, padahal menjaga wudu termasuk satu amalan yang sangat dianjurkan. Hal tersebut lantaran, banyaknya manfaat dan keistimewaan yang kita dapatkan.Namun sayangnya, tidak semua orang memahaminya, sehingga ada saja alasan untuk tidak melakukannya. Seperti misalnya, takut riasan wajah luntur, menyita waktu, mengganggu pekerjaan, membuat repot, dan lain sebagainya.Padahal, jika mereka tahu rahasia keistimewaan wudu, dijamin mereka tidak akan pernah melewatkan kesempatan emas untuk menjaga wudu selama hidupnya. Tapi ingat, pastikan melakukan wudu dengan cara sempurna dan sesuai syariat.
Wudu di Tempat Umum, Bolehkan Buka Kerudung?
 – Nana (21) mahasiswi dari sebuah perguruan tinggi negeri di kota Bandung. Sebagai aktifis kampus, Nana memiliki banyak kesibukan yang cukup padat. Dan di antara kesibukan tersebut, dia harus bergaul dengan lawan jenis.Bahkan saat salat tiba, tidak jarang dia harus melakukan wudu bersama-sama atau di tempat sama dengan lawan jenis. Padahal mereka itu bukan muhrimnya. Namun karena keterbatasan tempat, hal ini tidak dapat dihindari.Hal serupa kerap dirasakan saat akan salat di mal, di tengah kesibukannya berbelanja. Atau ketika sedang melakukan camping di pegunungan. Tempat yang terbuka membuat banyak mata bisa melihatnya saat mengambil air wudu. Nah, pada kondisi ini bolehkan seorang muslimah untuk melepaskan kerudungnya demi kesempurnaan wudu yang dilakukan.
Lima Alasan Pentingnya Minum Air Kelapa
Air kelapa memang sangat enak dan segar, apalagi jika diminum di siang hari yang panas. Selain segar, air kelapa juga dapat mengganti ion tubuh dengan baik. Inilah mengapa banyak minuman kesehatan yang berasal dari kelapa.Sayangnya, kebanyakan orang masih tidak terlalu banyak mengonsumsi air kelapa dikarenakan takut kalori tinggi yang ada pada air kelapa. Padahal, kelapa muda adalah air yang paling murni karena tertutup dalam tempat kedap udara dari alam.Kalori yang ada pada air kelapa tidak lebih banyak dari manfaat yang didapatkannya. Berikut ini saya paparkan lima alasan betapa pentingnya meminum air kelapa.