Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

16 Hal yang Harus Diperhatikan Pesepeda Motor saat Hujan

Setiap hari, rata-rata ada dua kecelakaan lalu lintas jalan yang dipicu oleh faktor hujan di Indonesia pada 2015. Artinya, kita para pesepeda motor tak boleh lengah sedikitpun ketika terpaksa berkendara menerobos hujan.

Ancaman serius juga datang dari berbagai aspek lain, misal, tertimpa pohon yang tumbang. Masih ingat kasus di Semarang, Jawa Tengah, baru-baru ini. Seorang pesepeda motor tewas akibat tertimpa pohon. Masih pada Oktober 2016, seorang pesepeda motor juga tewas akibat tertimpa pohon di Pontianak, Kalimantan Barat.

Saat kejadian, cuaca hujan plus angin. Idealnya, ketika hujan deras tidak memaksakan diri untuk melaju di atas si kuda besi. Fakta data memperlihatkan bahwa hujan merupakan pemicu utama yang dominan di faktor alam.

Baca selengkapnya..

Read Full Article
Pesepeda Motor Lebih Rawan Menjadi Korban
VIVA.co.id – Fakta memperlihatkan bahwa pesepeda motor rawan menjadi korban kecelakaan. Paling gres adalah ketika pasangan suami istri Zulkahfi diseruduk mobil besar di Jakarta. Pasangan suami istri itu meninggal dunia dan sopir mobil pun ditetapkan sebagai tersangka.Banyak contoh lain bagaimana pesepeda motor menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan. Artinya, sang pesepeda motor ditabrak oleh kendaraan lain, misalnya mobil pribadi, angkutan umum, atau angkutan barang. Masih di Jakarta, contoh yang cukup tragis juga adalah ketika satu keluarga diseruduk angkutan umum Kopaja di bilangan Mampang, Jakarta Selatan.Pasangan suami istri tewas akibat diseruduk bus mini itu, sedangkan sang anak menderita luka-luka. Sungguh mengenaskan bukan? Yuk, daripada penasaran akan kebenarannya, simak salah satu kasus kecelakaan berikut ini.
Tiga Kelompok Pesepeda Motor Ini Layak Dapat Anugerah
Kelompok pesepeda motor kerap mendapat persepsi miring. Kalau tidak arogan, perilakunya dinilai menyerempet-nyerempet kriminalitas. Walau, tak sedikit sebenarnya yang punya nilai positif, bahkan gigih menebarkan kebaikan.Dari ribuan, bahkan lebih kelompok pesepeda motor, saya kenal dengan baik tiga kelompok pesepeda motor yang amat berbeda. Sekalipun ketiganya berangkat dari jenis sepeda motor yang berbeda, namun punya satu kesamaan yang bagi saya justru membuat mereka amat berbeda di dunia persepeda motoran.Mereka punya kegigihan untuk menyuarakan pentingnya bersepeda motor yang aman dan selamat. Lebih luas lagi, ketiganya tak kenal lelah menyuarakan pentingnya berlalu lintas jalan yang aman dan selamat. Jargon keselamatan jalan road safety bagai napas bagi ketiga kelompok ini.
Ini Titik-titik Pohon Tumbang di Jakarta
Hujan deras mengguyur Jakarta, Jumat, 11 November 2016. Para pesepeda motor menepi untuk berteduh. Salah satunya saya. Saat itu, saya memilih sebuah halte bus untuk berteduh. Ada seorang pesepeda motor yang sedang memakai jas hujan berwana hijau, ketika saya tiba di halte itu.Derasnya hujan ditambah angin kencang membasahi areal halte. Saya mau menjemput penumpang. Saya nge-Grab pak, tutur pria muda itu saat berbincang dengan saya. Di luar halte, jarak pandang menjadi berkurang karena derasnya dan kuatnya angin yang bertiup. Pepohonan bergoyang-goyang. Tiba-tiba terdengar bunyi, krakkk Sebuah dahan berukuran sedang tumbang ke bumi. Lalu, dahan ukuran yang lebih besar lagi tumbang. Awas pak, jangan neduh di halte, takut tertimpa pohon, ujar pesepeda motor tadi, sambil bergegas meninggalkan halte.
10 Motor Termahal Dunia, Tertarik Membelinya?
.co.id – Dulu, motor selalu diidentik sebagai kendaraan pria. Zaman semakin maju, motor tidak hanya menjadi kendaraan khusus para pria saja, wanita sekarang juga sudah banyak yang mengendarai motor.Konon katanya, semakin mahal harga suatu motor, bisa meningkatkan gengsi dari pengendaranya. Benar atau tidak, bukanlah masalah. Yang menjadi topik kali ini adalah harga suatu motor. Harga motor sangat beragam, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Seperti apakah wujud motor termahal dunia? Bagi kalian yang sudah sangat penasaran, motor apa sih yang menjadi motor termahal di dunia. Ini dia Neiman Marcus Limited Edition Fighter. Motor buatan Neiman Marcus ini menjadi motor termahal dunia, karena harganya yang sangat tidak masuk di akal yakni mencapai 11 juta USD.
Dua 'Adu Nyali' di Jalan Raya Jakarta
 – Suatu siang di sudut jalan kota Jakarta tampak dua pesepeda motor berhadap-hadapan. Satu pesepeda motor terletak di posisi yang sebenarnya. Satu lagi dalam posisi melawan arus lalu lintas. Dampak dari berhadap-hadapannya tersebut, membuat arus di belakang mereka jadi melambat.Terlihat antrean kendaraan bermotor yang di dalamnya ada saya. Jalan TB Simatupang di dekat Rancho menuju fly over di depan gedung Antam pun padat merayap Senin, 22 Februari 2016 siang. Ketika mendekat ke posisi mereka, tampaklah wajah kedua pesepeda motor itu.Sang pelawan arus seorang perempuan yang saya tafsir berusia sekitar 30 tahunan. Dan satunya lagi adalah pesepeda motor pria. Melawan arus butuh nyali besar mengingat risikonya cukup besar. Sangat mungkin terjadi tabrakan depan-depanan. Atau, gesekan dengan sesama pengguna jalan yang merasa terampas haknya. 
Berlibur Saat Musim Hujan, Kenapa Tidak?
 – Akhir-akhir ini nampaknya langit lebih akrab dengan awan hitamnya, ya Indonesia telah memasuki musim penghujan. Namun, musim hujan bukan halangan bagi para wisatawan untuk menikmati liburannya. Justru terkadang ada rasa yang berbeda dari biasanya, saat berlibur di musim hujan.Jika kamu ingin berlibur saat musim seperti ini, jangan khawatir kita punya beberapa tips wisata saat hujan yang harus kamu ketahui. Jadi, meskipun musim hujan kamu tetap bisa menikmati liburan tanpa terganggu oleh hujan sekalipun.Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah pakaian yang akan kamu kenakan. Wisata saat hujan dengan curah yang tinggi, ada baiknya menggunakan celana pendek atau pakaian yang simpel. Karena penggunaan celana pendek bisa menghindarkan pakaian kita terkena air hujan.
Bikers Ini Pilih DRL Ketimbang AHO
Ternyata masih ada pesepeda motor yang lebih memilih DRL ketimbang AHO pada 2016 ini. Alasannya beragam, tapi kalau dikerucutkan hampir senada, yakni merepotkan. Loh kok bisa?Sebelum lebih jauh, yang dimaksud DRL adalah daytime running lights alias lampu utama pesepeda motor menyala setiap wira-wiri di jalan. Maksudnya, pesepeda motor akan menyalakan lampu utamanya ketika berkendara.Sedangkan, AHO adalah kependekan dari automatic headlamp on yang bermakna, lampu utama sepeda motor menyala secara otomatis ketika mesin motor dihidupkan.
5 Penangkis Kecelakaan Motor Saat Hujan
Hujan masih terus mengguyur kota Jakarta pada Februari 2017. Seingat saya, hujan cukup rajin mengguyur bumi dalam tiga bulan terakhir ini. Bagi para pesepeda motor, hujan menjadi tantangan tersendiri.Maksudnya, jika terpaksa berkendara dalam hujan, banyak hal yang harus diwaspadai. Maklun, hujan menjadi salah satu aspek yang memicu kecelakaan lalu lintas jalan di jalan raya. Data yang saya peroleh memperlihatkan bahwa, dalam tiga tahun terakhir, setiap hari rerata terjadi dua kecelakaan yang dipicu hujan.Kecelakaan itu melibatkan semua jenis kendaraan bermotor. Ya, kontribusi hujan cukup tinggi kepada faktor alam yang memicu kecelakaan, yakni sekitar 65 . Sedangkan, kontribusi terhadap total kecelakaan di tanah air sekitar 1 .
Mereka Gigih Mengawal Trotoar
Jumlah pedestrian yang tumbang diterjang kecelakaan lalu lintas jalan terus bermunculan. Badan Kesehatan Dunia WHO memasukan para pejalan kaki sebagai satu dari tiga kelompok yang rentang sebagai korban kecelakaan. Dua lainnya adalah pesepeda kayuh dan pesepeda motor.Dalam catatan WHO dari 1,25 juta korban tewas akibat kecelakaan di dunia, sekitar 49 persennya berasal dari kelompok rentan tersebut. Kalangan pesepeda motor menjadi kelompok yang paling banyak menjadi korban kecelakaan, yakni sekitar 23 persen. Lalu, sekitar 22 persen dari kalangan pejalan kaki dan sekitar 4 persen dari kalangan pesepeda kayuh.Ironisnya, di negeri kita tercinta, para pedestrian dan pesepeda kayuh serta pesepeda motor seperti saling sikut. Bagaimana tidak, fasilitas pedestrian, yakni trotoar, dijarah oleh pesepeda motor. Saking banyaknya kuda besi yang berseliweran di kota-kota besar seperti Jakarta, akhirnya meluber ke trotoar jalan.
Pesepeda Motor, Korban yang Sering Tewas pada Kecelakaan
 – Sekitar 80% korban tewas akibat kecelakaan di Jakarta dan sekitarnya adalah pesepeda motor. Data yang dilansir Ditlantas Polda Metro Jaya periode dua pekan terakhir itu juga menegaskan bahwa setiap hari rata-rata 13 sepeda motor terlibat kecelakaan."Kecelakaan yang melibatkan pesepeda motor sepanjang 26 Februari-10 Maret 2016 sebanyak 180 kasus," kata AKBP Budiyanto, kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, dalam pesan tertulisnya, di Jakarta, baru-baru ini.Menurut Budiyanto, korban tewas dari kalangan pesepeda motor sebanyak 20 orang, sedangkan total korban akibat kecelakaan pada periode itu sebanyak 25 jiwa. Sementara itu, total korban luka ringan, luka berat, dan meninggal dunia dari seluruh kasus kecelakaan tercatat 279 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 242 orang adalah pesepeda motor.
Begini Penampakan Hujan Jika Dilihat dari Pesawat
Hujan sudah menjadi bagian dari proses alam. Biasanya, hujan ada yang mencakup area yang luas ada pula yang sempit. Yang berarti tidak semua area terkena hujan, ada area yang kering dan ada area yang terkena hujan.Mungkin di antara kalian ada yang pernah melihat area tertentu terkena hujan, sementara sebelahnya tidak terkena hujan secara bersamaan. Jika diperhatikan, fenomena semacam ini sangat menakjubkan.Nah, kebanyakan dari kita hanya melihat hujan dari bawah. Kita hanya melihat air hujan jatuh saja, tapi pernah terbayang seperti apa bentuk hujan jika dilihat dari atas? Mungkin satu-satunya cara untuk melihatnya adalah dengan naik pesawat.
'Near Miss' Penyerobot Lampu Merah di Jakarta
Kejadian ini benar-benar memalukan. Pesepeda motor menerobos lampu merah di tengah padatnya perempatan jalan di sudut kota Jakarta. Sore itu, Rabu, 17 Agustus 2016, arus kendaraan di perempatan kantor koran Republika, di bilangan Jakarta Selatan, cukup padat. Arus kendaraan bermotor dari arah Kebun Binatang Ragunan menuju Mampang Prapatan dan sebaliknya cukup ramai.Maklum, karena di perempatan jalan praktis arus kendaraan bergerak melambat. Saya datang dari arah Ragunan berhenti persis di depan mal Pejaten Village. Lampu pengatur lalu lintas berwarna merah. Di lajur kami kendaraan cukup padat, sepeda motor dan mobil tumpah-ruah.Saat lampu berganti menjadi hijau, kendaraan yang dari arah kami pun bergerak. Namun, tiba-tiba dari arah kiri kami, yakni kendaraan dari arah Kemang, muncul pesepeda motor yang menyerobot lampu merah. Sepeda motor itu nyaris menabrak pesepeda motor dari arah kami yang hendak bergerak, karena memang lampunya sudah berwarna hijau.
Pertigaan Maut Ini Bukan Mustahil Juga Ada di Indonesia
Saat menyaksikan video ini pertama kali, cukup membuat tercengang. Bagaimana tidak, di kawasan yang sama terjadi berulang-ulang kecelakaan lalu lintas jalan. Mulai dari sepeda motor menabrak mobil, sepeda motor versus sepeda motor, hingga kendaraan menabrak pejalan kaki.Dalam rekaman video tak tampak ada lampu lalu lintas jalan di pertigaan tersebut. Hanya ada marka jalan garis lurus dan garis putus-putus di mulur pertigaan jalan. Praktis para pengguna jalan harus berimprovisasi sendiri. Ironisnya, saat pengguna jalan yang kurang teliti melintas, terjadilah tabrakan.Misalnya saja, saat mobil hendak berbelok tiba-tiba hadir pesepeda motor, sehingga terjadi tabrak samping. Bahkan, ada pesepeda motor menabrak pesepeda motor lantaran, tidak melihat kendaraan yang datang dari arah lain ketika hendak berbelok.
16 Hal yang Harus Diperhatikan Pesepeda Motor saat Hujan
Setiap hari, rata-rata ada dua kecelakaan lalu lintas jalan yang dipicu oleh faktor hujan di Indonesia pada 2015. Artinya, kita para pesepeda motor tak boleh lengah sedikitpun ketika terpaksa berkendara menerobos hujan.Ancaman serius juga datang dari berbagai aspek lain, misal, tertimpa pohon yang tumbang. Masih ingat kasus di Semarang, Jawa Tengah, baru-baru ini. Seorang pesepeda motor tewas akibat tertimpa pohon. Masih pada Oktober 2016, seorang pesepeda motor juga tewas akibat tertimpa pohon di Pontianak, Kalimantan Barat.Saat kejadian, cuaca hujan plus angin. Idealnya, ketika hujan deras tidak memaksakan diri untuk melaju di atas si kuda besi. Fakta data memperlihatkan bahwa hujan merupakan pemicu utama yang dominan di faktor alam.Baca selengkapnya..
Bukan Air, Lima Planet Ini Miliki Hujan yang Mengerikan
Secara garis besar, di planet Bumi hanya ada beberapa tipe hujan, mulai dari hujan air, hujan salju, dan kadang hujan es. Semua jenis hujan yang ada di planet Bumi umumnya tidak membahayakan kehidupan di dalamnya. Lalu, seperti apa hujan di planet lain?Yang jelas hujan di planet lain jauh berbeda dengan hujan yang ada di Bumi. Hujan di planet lain kebanyakan sangat berbahaya, seperti hujan kaca, hujan batu, hujan asam sulfat, hingga hujan berlian. Bayangkan jika hujan seperti itu ada di Bumi, mungkin setiap kali terjadi hujan banyak yang akan meninggal.Penasaran seperti apa hujan di planet lain? Dilansir dari Mother Nature Network MNN , berikut lima planet yang memiliki hujan mengerikan yang sejauh ini sudah diketahui para ilmuwan. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti bersyukur bisa tinggal di planet Bumi.
Empat Fakta Menarik tentang Kesaktian Pawang Hujan
Setiap kali seseorang ingin mengadakan suatu acara besar, maka orang yang paling dicari adalah pawang hujan. Pasalnya, pawang hujan ini cukup penting demi kesuksesan acara yang bersangkutan. Sebab tak sedikit suatu acara gagal gara-gara terjadi hujan.Sebagaimana yang kita ketahui, pawang hujan seolah mampu menghentikan hujan di daerah tertentu. Sehingga cuaca yang seharusnya hujan bisa berganti cerah. Selain itu, ada beberapa fakta menarik tentang pawang hujan yang mungkin belum Anda ketahui.Ilmu pawang hujan. Manusia biasa tidak akan mampu mengendalikan cuaca di suatu tempat. Makanya, ilmu pawang hujan ini sangat berkaitan erat dengan yang namanya hal-hal gaib. Konon, semakin sakti si pawang hujan, maka semakin hebat pula ia dalam mengendalikan cuaca.
15 Tips Bersepeda Motor Saat Hujan
 – Idealnya, ketika hujan deras kita tidak memaksakan diri untuk melaju di atas si kuda besi. Fakta data memperlihatkan bahwa, hujan merupakan pemicu utama yang dominan di faktor alam.Data Korlantas Polri tahun 2015 memperlihatkan bahwa, dari keseluruhan faktor alam, hujan memicu 65 persen kecelakaan akibat faktor alam. Setidaknya setiap hari ada dua kasus kecelakaan yang dipicu oleh hujan.Berteduh merupakan pilihan yang jitu ketika hujan mengguyur bumi. Namun, jika terpaksa, sekali lagi, jika terpaksa bersepeda motor, berikut ini 15 hal yang patut diperhatikan para pesepeda motor; 
Pesepeda Motor Kocar-kacir Gara-gara Banjir
Kawasan pertigaan Pasar Hek, Jakarta Timur macet total, Selasa, 21 Februari 2017 siang. Air dari kali yang terletak lebih tinggi dari permukaan jalan itu membludak ke jalan raya. Lalu lintas jalan pun jadi karut marut. Suara deru knalpot bersahutan dengan klakson. Pertigaan jalan itu pun bak tak berbentuk. Kendaraan bermotor saling bersilangan. Malah udah puluhan motor yang berjatuhan, ujar Ani, salah seorang pekerja Prasarana dan Sarana Umum PPSU Kampung Tengah, yang ikut membantu mengurai kesemrawutan pada siang itu.Hampir satu jam saya di lokasi itu melihat berkali-kali pesepeda motor yang kocar-kacir. Mereka jatuh di tengah aliran air yang cukup deras. Warga yang ada beserta KPPS, saling bahu-membahu pesepeda motor yang terjatuh. Selain membantu meminggirkan sepeda motornya, warga juga memapah pesepeda motor yang jatuh ke sisi jalan.
Ini yang Buat Pesepeda Motor Lebih Pilih Pakai Sandal
Hujan mulai mengguyur bumi. Lalu lintas jalan pinggiran Jakarta sedang ramai-ramainya siang itu. Para pesepeda motor sebagian memilih berteduh. Mereka ada yang berteduh sesaat untuk memakai jas hujan, tapi ada yang berteduh hingga hujan benar-benar reda.Berteduh menjadi pilihan bijak ketika hujan deras mengguyur bumi. Ketimbang menghadapi tantangan dinginnya suhu udara akibat diguyur hujan, pandangan yang terhalang, belum lagi genangan air yang membingungkan, berteduh adalah pilihan paling cocok.Namun, cerita menjadi lain ketika ada hal mendesak sehingga terpaksa melanjutkan perjalanan di tengah hujan deras. Entah demi kepentingan mencari rezeki atau demi urusan super penting lainnya. Pada siang itu ketika kami terpaksa berteduh di parkiran sebuah ruko di Jakarta Selatan, tampak beberapa pesepeda motor yang punya cara tersendiri.
Enam Tips Memotret saat Musim Hujan
Musim hujan kadang menjadi kendala ketika berburu lansekap. Tetapi sebenarnya, ketika musim hujan Anda dapat memperoleh kesempatan untuk mendapat foto lansekap yang indah. Nah, agar dapat memperoleh foto lansekap yang indah ketika musim hujan, berikut beberapa tips memotret ketika musim hujan.Memotret di musim hujan tidak harus basah-basahan. Ketika musim hujan seperti sekarang ini, jika tidak bekerja untuk memotret badai, sebenarnya tidak ada alasan untuk memotret sambil hujan-hujanan. Ketika mulai nampak awan hitam pekat, segeralah berlindung.Memotret momen hujan ini dapat dilakukan dari dalam gedung atau dari dalam mobil. Usahakan agar kamera terhindar dari air hujan, agar tetap kering dan tidak berembun.
Sundul Sepeda dari Belakang, Dibui Sepuluh Bulan
Bersepeda motor di jalan raya memikul dua kemungkinan, yakni menjadi korban atau pelaku kecelakaan. Kedua posisi itu bisa sama-sama menyebabkan pesepeda motor menderita luka-luka.Perbedaannya, bila sebagai pelaku kecelakaan bisa berujung di hotel prodeo. Sudah menderita luka-luka, masih juga diganjar pidana penjara. Bukan hanya itu, bisa-bisa juga mengeluarkan biaya untuk mengobati luka sang korban, atau setidaknya merogoh kocek untuk pengobatan diri sendiri dan perbaikan atas kerusakan sepeda motor.Pengalaman Siman, kita sapa saja demikian, dapat menjadi bekal kita para pesepeda motor untuk terus waspada untuk menjaga konsentrasi. Pria muda itu menabrak pesepeda kayuh dari belakang. Kejadian pada suatu petang itu menyebabkan sang pesepeda kayuh meninggal dunia.
Hujan di Antara Elegi dan Narasi tentang Malaikat
Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni. Tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni. Tak ada yang lebih arif dari hujan bulan Juni. Bait-bait puisi Sapardi Djoko Damono, tentang hujan itu seolah mengekalkan keindahan hujan.Lalu menyempurnakan kepingan kesempurnaan hujan dengan narasi tentang malaikat yang turun bersamanya. Hujan yang membawa rahmat kepada semesta alam. Menyuburkan tanah dan membuat anak-anak tertawa.Mereka yang mengaku pecinta hujan akan memandang hujan sesempurna dan sesuci itu. Bahwa hujan juga sangat lekat dengan rezeki. Mungkin itu alasan mengapa Tuhan menciptakan Mikail, malaikat yang mendapat tugas mengatur hujan sekaligus rezeki.
Empat Alasan Kenapa Hujan Disukai
Hujan yang turun tipis-tipis di balik jendela, termasuk salah satu bagian favorit bagi orang-orang yang suka menikmati hujan. Bagi penikmat hujan, hujan yang turun merupakan sebuah kebahagiaan kecil yang Tuhan turunkan untuk manusia.Meski ada beberapa orang yang mengaku membenci hujan, tapi masih banyak orang di luar sana yang menyukai hujan. Bahkan merindukan hujan turun setiap waktu. Di bawah ini ada beberapa alasan kenapa orang menyukai hujan.Meneduhkan. Ini di luar hujan yang melanda Jakarta dan kota-kota lain yang berakibat banjir. Lagipula kalau banjir, yang salah bukan hujannya, tapi sistem peresapan air dan pengelolaan sampah yang tidak beres.