Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Mengenal Hutan Tropis di Arctic, Norwegia

Para ilmuwan melihat tunggul fosil di Hutan Tropis di Arctic Norwegia. Hutan lebat dengan pohon-pohon setinggi 12 kaki dan batang yang lebar serta cabang daun yang melengkung dengan hutan yang luas dekat khatulistiwa seperti pada 280 juta tahun yang lalu. Hutan ini bukan saja sebagai salah satu hutan tertua di bumi tetapi juga mempunyai distribusi yang besar terhadap penurunan karbon dioksida di atsmosfer dari waktu ke waktu.
Selama Periode Devonian (416.000.000-358.000.000 tahun yang lalu) pohon-pohon besar yang tumbuh di bumi sekitar waktu itu karbon dioksida di atsmosfer turun secara signitifkan. Para ilmuwan melihat hutan ini sebagai bukti mempunyai peranan yang penting dalam penurunan CO2 dari atsmosfer.
Pohon menggunakan gas rumah kaca untuk berfotosentesis dan membentuk makanan manis. Berkontribusi terhadap peristiwa pendinginan global yang terjadi pada masa Periode Devonian. Penemuan terbaru dari Hutan Kuno Svalbard yang terletak di sekelompok pulau di Norwegia di Samudra Arctic menarik perhatian Chris Berry dan Cardiff University.

Read Full Article
Hijau dan Romantis, Kata Yang Tepat Untuk Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo. Kebanyakan orang pastinya belum tau jika di Yogyakarta memiliki Hutan Mangrove. Wajar saja, karena lokasi dari Hutan Mangrove Kulon Progo ini belum lama dibuka.Walaupun belum lama dibuka, hutan Mangrove Kulon Progo sudah menjadi daya tarik sendiri khususnya bagi warga sekitar, selain karena lokasi yang sangat apik, di Yogyakarta memang baru kali ini memiliki obyek wisata hutan Mangrove.
Mengenal Hutan Tropis di Arctic, Norwegia
Para ilmuwan melihat tunggul fosil di Hutan Tropis di Arctic Norwegia. Hutan lebat dengan pohon-pohon setinggi 12 kaki dan batang yang lebar serta cabang daun yang melengkung dengan hutan yang luas dekat khatulistiwa seperti pada 280 juta tahun yang lalu. Hutan ini bukan saja sebagai salah satu hutan tertua di bumi tetapi juga mempunyai distribusi yang besar terhadap penurunan karbon dioksida di atsmosfer dari waktu ke waktu.Selama Periode Devonian (416.000.000-358.000.000 tahun yang lalu) pohon-pohon besar yang tumbuh di bumi sekitar waktu itu karbon dioksida di atsmosfer turun secara signitifkan. Para ilmuwan melihat hutan ini sebagai bukti mempunyai peranan yang penting dalam penurunan CO2 dari atsmosfer.Pohon menggunakan gas rumah kaca untuk berfotosentesis dan membentuk makanan manis. Berkontribusi terhadap peristiwa pendinginan global yang terjadi pada masa Periode Devonian. Penemuan terbaru dari Hutan Kuno Svalbard yang terletak di sekelompok pulau di Norwegia di Samudra Arctic menarik perhatian Chris Berry dan Cardiff University.
Pesona Ribuan Pinus di Hutan Pinus Imogiri Yogyakarta
Sudah kenal dengan Hutan Pinus Imogiri? Hutan Pinus Imogiri merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan atau RPH yang berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Keindahan dan kesejukan dari Hutan Pinus Imogiri menjadi salah satu alasan kenapa para traveler selalu berbondong-bondong untuk datang ke sini.Seperti namanya, ketika berkunjung ke sini Anda bakal disuguhkan ribuan pohon pinus yang berjajar rapi dan membentuk suatu pola unik. Suasana hutan pinus dengan luas sekitar 500 hektare ini sangatlah tenang dan sejuk dengan aroma khas dari pohon pinus.Hutan Pinus Imogiri juga sering digunakan untk foto pra nikah, karena panorama di sini sangatlah memesona. Selain itu, menurut cerita, hutan atau pohon pinus itu melambangkan cinta bagi orang Korea, karena memang pohonnya yang lurus tidak bercabang.
Fakta Hutan Aokigahara, Tempat Bunuh Diri di Jepang
 – Awal tahun 2016 yang lalu, layar bioskop kedatangan film bernuansa horor 'The Forest'. Di mana, film ini merupakan hasil kolaborasi antara Jepang dan Amerika, yang menceritakan tentang hutan terangker di Jepang yaitu hutan Aokigahara.Hutan Aokigahara berada di kali gunung Fuji atau lebih tepatnya sekitar 100 km di sebelah barat kota Tokyo. Hutan ini juga sangat terkenal sebagai tempat untuk melakukan bunuh diri, jadi tidak heran apabila hutan ini dijuluki hutan terangker di Jepang.Kalau dilihat secara sekilas, hutan yang juga disebut oleh penduduk lokal dengan nama Jukai (lautan pohon) ini nampak indah sekali. Tapi ketika masuk lebih dalam lagi, maka banyak fakta mengerikan yang akan ditemui. Apa saja faktanya? 
Sepuluh Fjord Terpopuler di Dunia
Teluk yang memiliki panjang tak wajar, yakni panjangnya bisa berpuluh-puluh kilometer, dalam bahasa tersendiri disebut fjord. Sebuah fjord dapat diartikan sebagai kepanjangan dari lautan, dibatasi sisi yang tinggi, dan terbentuk oleh aktivitas glasial.Oleh sebab itu, fjord biasanya ditemukan pada daerah subtropis atau daratan yang dekat dengan kutub, misalnya Norwegia. Berbicara teluk super panjang ini, hampir semua orang setuju bahwa Norwegia adalah gudangnya, dan fakta pun membuktikan bahwa negara ini dianugerahi fjord paling panjang, dalam, dan terindah di dunia.Survei yang disadur dari National Geographic Traveler Magazine, menyebutkan bahwa fjord yang ada di Norwegia terpilih sebagai satu dari 115 destinasi wisata terfavorit di seluruh dunia. Selain Norwegia, Selandia Baru, dan Chile pun memiliki fjord yang tak kalah indahnya. Nah, daripada tambah penasaran, berikut ulasan lengkapnya.
Hutan Pinus Kragilan, Wisata Cantik yang Ramai di Instagram
Buat sahabat traveler yang hobi memainkan instagram, rasanya belum nge-hits jika belum memasukkan foto-foto dengan latar belakang hutan pinus. Memang wisata hutan pinus menjadi incaran para traveler termasuk saya.Hampir setiap daerah mempunyai hutan pinus andalan. Jika Yogyakarta mempunyai hutan pinus Mangunan, Magelang juga tak mau kalah dengan hutan pinus Kragilan. Jadi jika sedang traveling ke Magelang, jangan lupa mampir ke hutan pinusnya.Hutan pinus yang berlokasi di desa Kaponan, Pakis, Magelang tepatnya di lereng Merbabu mendapat julukan top selfie Kragilan. Entah siapa yang memulai memberikan nama tersebut, tapi yang pasti hutan pinus ini memang sangat indah dan banyak spot untuk foto yang menarik.Baca Selengkapnya...
Hutan 'Bernafas' Ini Buat Heboh Netizen
Hutan dikenal sebagai paru-paru bumi, di mana mereka akan menghasilkan oksigen dan menyerak karbondioksida. Maka tidak heran, jika banyak pemerhati lingkungan berupaya untuk menjaga kelestarian hutan, terutama di daerah tropis.Apalagi saat ini, sedang marak-maraknya pembakaran hutan, yang menyebabkan polusi di berbagai negara. Selain itu, asap akibat pembakaran hutan juga sangat berbahaya, dan dibuktikan dengan jatuhnya korban.Tetapi pernahkan Anda berpikir, jika hutan benar-benar bisa bernafas layaknya manusia, di mana paru-paru terlihat mengembang dan mengempis? Jika tidak percaya, Anda bisa melihat video yang satu ini.
Tujuh Hutan Paling Memikat di Muka Bumi
Sebuah tempat luas yang dipenuhi beragam pepohonan serta berbagai macam tanaman, itulah yang disebut dengan hutan. Hutan yang merupakan tempat tinggal alami bagi flora dan fauna juga memiliki peranan penting, bagi berlangsungnya kehidupan di planet bumi yang kita tempati ini.Peran penting hutan di antaranya seperti, menjadi paru-paru dunia, meminimalisir polusi udara, menyimpan cadangan air, dan masih banyak lagi yang lainnya.Hutan memang menjadi habitat bagi flora dan fauna yang tentunya mereka sangat nyaman berada di sana. Sebaliknya, bagi sebagian orang mungkin hutan identik dengan suasana seram atau bahkan tempat yang sama sekali tak nyaman. Namun anggapan tersebut jelas tak berlaku untuk hutan-hutan berikut ini.
Menyingkap Keindahan Hutan Pinus Grenden
Hutan Pinus Grenden mulai populer di kalangan wisatawan, dan para pencinta outdoor. Salah satu wisata di kaki Gunung Merbabu ini semakin menggeliat, apalagi satu stasiun televisi swasta mulai melirik eksotisme Hutan Pinus Grenden.Terlebih lagi di media sosial, foto-foto cantik mulai tersebar, dan tentu saja media-media online dan para travel blogger berlomba-lomba mengulas pesona alam Hutan Pinus Grenden.Hutan Pinus Grenden bisa dibilang sebagai penyempurna wisata hutan pinus di Indonesia. Di hutan Pinus Grenden, tak hanya menjulang tinggi pepohonan pinus yang elok nan rindang. Namun lebih dari itu, alamnya juga menyenangkan, keindahan hutan alami di pegunungan Merbabu, dan pucuk Merapi terlihat jelas.
5 Hutan Paling Menakjubkan di Dunia
 – Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur, dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas. Setiap di belahan negara, pasti mempunyai yang namanya hutan.Tahukah Anda, ternyata ada beberapa hutan di dunia ini yang sangat mengagumkan dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Lantas, di mana saja kita bisa menemukan hutan menakjubkan ini? Hallerbo, Belgia salah satunya.Hallerbos adalah hutan yang terletak di kawasan Halle, sekitar 15 kilometer dari ibu kota Belgia, Brussel. Pada musim semi hutan ini akan berubah menjadi sangat cantik, karena dikelilingi hamparan ungu yang berasal dari bunga hyacinth.
Panorama Menakjubkan di Hutan Pinus Pengger
Hutan pinus tak melulu menyuguhkan keindahan pepohonan yang menjulang tinggi nan rindang saja. Namun, juga panorama alam yang menghipnotis para pengunjungnya. Salah satu hutan pinus di Yogyakarta, yang menawarkan keindahannya itu adalah Hutan Pinus Pengger.Pada umumnya di kalangan wisatawan yang kerap terdengar dan dikunjungi adalah Hutan Pinus Mangunan. Tapi sebenarnya, di daerah Dlingo itu sendiri berjejer wisata hutan pinus lainnya, seperti hutan pinus Becici.Dan tampaknya pula, di daerah lainnya yang masih satu kawasan akan terus dilestarikan hutan pinus untuk menarik wisatawan. Perlu diketahui, setiap wisata itu memiliki keunikannya masing-masing. Hal ini pula yang menyebabkan wisatawan tak pernah jenuh mengunjungi spot-spot indah sejenis lainnya.
Empat Alasan Banyak Orang Bunuh Diri di Hutan Aokigahara
 – Aokigahara merupakan sebuah hutan yang terletak di sebelah barat kaki Gunung Fuji, Jepang. Hutan ini sekilas tampak sama seperti hutan pada umumnya, namun ada yang membuat hutan ini berbeda.Hutan Aokigahara dikenal sebagai tempat bunuh diri paling populer di Negeri Sakura. Karena banyak orang yang bunuh diri, Aokigahara dikenal sebagai hutan paling angker. Konon roh-roh orang yang bunuh diri di dalam hutan ini akan terus bergentayangan selamanya.Yang masih jadi misteri, kenapa banyak sekali orang yang bunuh diri di “Lautan Hutan” ini? Masyarakat setempat memiliki beberapa versi cerita tentang misteri Aokigahara yang membuatnya jadi tempat paling populer untuk bunuh diri.
Hutan Hujan Baru Tumbuh Menyerap Lebih Banyak Karbon
VIVA.co.id – Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa hutan hujan yang baru tumbuh kembali dapat menyerap hingga 11 kali lebih banyak karbon dibanding hutan tua.Hutan hujan di dunia ini telah lama memainkan peran penting dalam perjuangan melawan perubahan iklim dengan deforestasi menyumbang hingga 20% dari emisi karbon seluruh dunia.Ada hutan primer yang penting karena mereka adalah penyerap karbon terestrial terbesar di planet ini, tapi sekarang para ilmuwan telah mempelajari peran hutan yang baru tumbuh telah menentukan bahwa vegetasi pertumbuhan kembali sebenarnya menyerap hingga 11 kali karbon lebih banyak dari tanaman hutan yang tua.Baca selengkapnya ...
Hutan Kota Bungkirit, Tempat Tepat untuk Gathering
 – Pertama kali mendengar Hutan Kota Bungkirit itu, dari salah seorang kolega yang seorang ahli perencanaan wilayah. Beliau titip pesan untuk menengok Hutan Kota Bungkirit, ketika saya alih tugas ke Kuningan.Hutan Kota Bungkirit adalah salah satu hutan kota di Kunigan. Menurut informasi, konon katanya Kabupaten Kuningan memiliki 9 hutan kota, yang tersebar di beberapa tempat.Kebetulan sekali, beberapa hari lalu ada undangan untuk bertemu dengan rekan-rekan kerja baru di Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII. Ternyata hutan kota Bungkirit di Kuningan ini sangat nyaman sebagai tempat gathering.
Menjadi Perempuan yang Peduli Lingkungan
.co.id – Hutan dan laut merupakan sesuatu yang saling berinteraksi dan saling berhubungan. Bahkan, orangtua kita pernah memberikan nasihat, ada hutan maka akan tersedia air, jagalah hutan kita untuk kehidupan.Dua elemen ini menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kita. Tanpa kita sadari, hutan dan laut menjadi penopang kehidupan kita. Hutan dan laut menyediakan kita berbagai kebutuhan, dari kebutuhan primer dan sebagainya.Manusia sama sekali tidak bisa dipisahkan dari keduanya, tetapi kadang manusia telah merusak hutan dan laut tanpa disadari. Sebuah contoh saja, ketika terjadi pembukaan lahan dengan cara membakar hutan, walaupun lahan tersebut bukan termasuk dalam hutan lindung tetapi cara tersebut salah.
Lima Hutan Menakjubkan Seperti di Negeri Dongeng
.co.id – Film yang berlatar belakang di negeri dongeng biasanya banyak menyajikan tempat-tempat indah seperti hutan yang mungkin tidak akan ditemukan di dunia ini. Tapi kebanyakan tempat indah dalam film dongeng itu hanyalah hasil editan.Namun nyatanya, hutan-hutan menakjubkan seperti dalam negeri dongeng itu benar-benar ada di dunia nyata. Hutan-hutan ini tak kalah indah dengan hutan-hutan yang ada dalam cerita dongeng.Jika masuk ke kawasan hutan ini, Anda akan merasakan sensasi seolah berada di negeri dongeng. Berikut hutan-hutan menakjubkan yang mirip dalam cerita dongeng yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.
Menyambangi Hutan Simpan Bukit Nanas di Kuala Lumpur
Siapa sangka, di tengah gemerlapnya Kota Kuala Lumpur, Malaysia, masih terdapat sebuah tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan satu-satunya hutan tropis asli yang berada di tengah-tengah Kota Kuala Lumpur.Hutan Simpan Bukit Nanas. Ya, tempat ini menjadi salah satu wisata favorit di Kuala Lumpur dan merupakan hutan hijau yang dilindungi. Konon, hutan ini juga merupakan hutan lindung tertua yang ada di Malaysia yang telah dikukuhkan sejak 14 September 1996.Untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak akan dikenakan biaya. Keberadaan hutan ini, mampu menjadi paru-paru kota bagi Kuala Lumpur yang dapat memberikan efek menyejukkan dan meminimalisir polusi udara dari kendaraan bermotor.
Torghatten, Gunung Berlubang Jadi Tujuan Wisata
 Jika gunung-gunung lain di dunia terkenal karena mempunyai rute pendakian yang menantang dan pemandangan di puncak yang keren, maka lain halnya dengan Pegunungan Torghatten di Norwegia. Gunung ini terkenal sebagai destinasi wisata lantaran mempunyai lubang di tengahnya bak habis tertembak oleh meriam.Kami akan membahas tempat keren di Norwegia, namun pada kesempatan ini kita tidak akan membahas aurora atau resort bersalju, melainkan sebuah pemandangan alam yang tidak biasa. Pemandangan yang tak biasa tersebut bernama Pegunungan Torghatten, semacam gunung batu granit yang mempunyai lubang di tengahnya seperti gunung-gunung yang ada di film animasi.Dilansir dari situs Visit Helgeland, pegunungan batu tersebut terletak di Pulau Torget, Nordland County, Norwegia. Mungkin banyak yang menduga jika lubang tersebut terbentuk dari aktivitas manusia, entah itu penambangan atau memang ditembak dengan meriam, akan tetapi lubang di tengah gunung batu tersebut terbentuk secara alami.  
Berjalan di Hutan Ini Anda Bisa Langsung Mati
Berada di hutan dengan banyak pepohonan, bisa dijadikan alternatif untuk melepaskan kepenatan. Apalagi dengan udara yang bersih dan bebas polusi, bisa membuat pikiran kita tenang dan segar kembali.Tetapi ada beberapa hutan yang justru berbahaya--meskipun hampir semua hutan memiliki risiko yang sama--untuk Anda telusuri, apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman saat berada di hutan.Salah satunya hutan ini, di mana jika Anda berjalan maka kematian bisa mendatangi Anda dengan sekejap. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut penjelasannya.
10 Hutan Misterius di Dunia, Menyimpan Sejuta Rahasia
 – Hutan paling misterius tak ubahnya dengan hutan lain yang dipenuhi pepohonan. Bedanya, kawasan hutan misterius terasa lebih mencekam. Sekalipun indah, keindahan tersebut tak mampu menutupi kesan seram dan penuh misteri.Lantas, hutan manakah yang paling misterius di dunia? Yang pertama adalah Hoia Baciu Forest. Banyak orang yang mengaku pernah melihat UFO di dekat hutan ini. Ada juga yang mengatakan bahwa, hutan Hoia Baciu adalah hutan paling berhantu di dunia atau Segitiga Bermuda dari Transylvania.Bagi orang yang percaya akan hantu, di tengah hutan ini terdapat kliring lingkaran sempurna yang biasanya menarik paranormal.  Tidak hanya Hoia Baciu Forest, masih ada hutan misterius lainnya yang jarang orang ketahui.
Lembayung Senja Romantisme di Puncak Becici
Jika selama ini Hutan Pinus Mangunan paling hits di Yogyakarta, kebun pinus lainnya juga menyusul dan menyuguhkan keindahannya bagi wisatawan. Salah satunya adalah Hutan Pinus Puncak Becici. Meskipun namanya belum terlalu populer di kalangan wisatawan, namun keindahan panorama alam Puncak Becici patut diperhitungkan.Setiap wisata alam, seperti hutan pinus, sudah diketahui bersama, mempunyai daya tarik dan ciri khasnya masing-masing. Karena keunikan itulah setiap wisata dinilai mempunyai tempat bagi wisatawan yang mengunjunginya. Nah, uniknya Hutan Pinus Puncak Becici ini tidak dimiliki oleh hutan pinus tetangga lainnya.Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang menempatkan Puncak Becici menjadi salah satu alternatif favorit wisata hutan pinus di Yogyakarta? Seperti namanya Puncak Becici, hutan pinus ini berada di puncak tempat para pemburu golden sunset di Yogyakarta. Tak salah jika pecinta matahari tenggelam setia menunggu sang surya kembali ke peraduannya di Puncak Becici.
Tiga Hutan yang Terkenal Angker di Jawa Tengah
.co.id – Siapakah yang tidak mengenal Jawa Tengah? Pasti semua orang di Indonesia mengenalnya bukan? Jawa tengah adalah nama salah satu provinsi yang terletak di Pulau Jawa. Sesuai dengan namanya, provinsi yang satu ini berada di tengah-tengah Pulau Jawa.Ibukota provinsi Jawa tengah ini yaitu Semarang. Provinsi yang berada di tengah Pulau Jawa ini memiliki luas wilayah sekitar 32.548 km2. Di balik luas wilayahnya, provinsi Jawa tengah terdapat hutan. Beberapa hutan dari provinsi Jawa tengah ini dikenal sebagai tempat tinggal makhluk tidak kasat mata.Rupanya, di Jawa tengah banyak tersebar hutan-hutan angker yang buat warga sekitar resah. Dan berikut ini beberapa nama hutan angker yang ada di Jawa Tengah. Apa saja? 
Berburu Foto di Hutan Pinus Top Selfie
Berwisata ke hutan pinus memang mempunyai ciri khas tersendiri, mungkin wisatawan tertentu itu menyukai hutan pinus, karena senang dengan kesegaran alamnya atau juga berburu foto di di antara batang-batang pohon pinus.Nah, kali ini mungkinTop Selfie bisa menjadi alternatif wisata hutan pinus yang akan Anda kunjungi. Tak jauh berbeda dengan hutan pinus Imogiri yang ada di Yogyakarta, hanya saja hutan pinus Top Selfie tidak begitu luas, usia pohonnya lebih muda, dan tidak menjulang tinggi seperti di Imogiri.Namun Top Selfie juga cukup indah, terutama di bagian depan wisata ini. Biasanya, para pengunjung yang datang berfoto di tengah-tengah jalan yang diapit rimbunan pohon pinus. Sekilas memang seperti di film-film, cukup menarik, indah, dan berkesan romantis.