Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Lima Topeng Seram yang Jadi Ikon Film Horor di Dunia

Topeng merupakan alat yang pada umumnya sering digunakan untuk menutupi wajah sebagai media penyamaran, pertunjukan, atau secara simbolis sering juga dipergunakan dalam acara-acara ritual khusus.

Tapi dalam perjalanannya, topeng juga didesain dengan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan keperluannya, mulai yang hanya sekadar untuk pertunjukan biasa sampai topeng seram yang dipergunakan dalam pembuatan film horor.

Bahkan, banyak film horor menciptakan topeng seram, yang pada akhirnya justru menjadi ikon film horor tersebut. Lantas, topeng seram apa saja yang menjadi ikon film horor terkenal?

Read Full Article
10 Film Horor Indonesia yang Ngerinya Sulit Dilupakan
 – Dari banyaknya genre film yang ada, horor menjadi salah satu genre yang paling disukai oleh pecinta film. Dengan kisah yang diramu sedemikian rupa untuk membuat penonton terperanjat, film horor benar-benar digilai penonton.Tak heran, bila sineas di seluruh dunia berbondong-bondong menciptakan film horor yang bukan hanya menakutkan, tetapi juga sebagai sebuah karya yang selalu dikenang. Sama halnya seperti 10 film horor Indonesia yang kengeriannya tak mudah dilupakan.Salah satu film horor yang tak terlupakan itu adalah Keramat. Sesuai dengan judulnya, film ini kisah tentang keramatnya suatu wilayah terlarang yang berada di daerah hutan Gunung Merapi. Konon, ada keganjilan yang luar biasa dalam film ini.
Ini Perbedaan Film Horor Barat dan Asia
Film horor memang menjadi hiburan menarik yang disinyalir dapat meningkatkan adrenalin seseorang. Belum lagi, Indonesia kini tengah diramaikan dengan hadirnya film horor terbaru yang merupakan sekuel kedua dari The Conjuring.Seorang netizen di Pann meminta pendapat pembaca bagaimana perbedaan produksi film antara film horor Barat dan Asia. Banyak netizen yang berkomentar pada postingan tersebut. Rata-rata menjelaskan bahwa film horor Asia dibuat dengan kecenderungan fokus pada konsep dibandingkan hasil gambar.Bukan hanya itu, mereka juga berkomentar jika film horor Asia memperlihatkan adegan seram yang berbeda dan lokasinya pun tidak diketahui. Berbeda dengan produksi Barat, netizen menjelaskan bahwa dalam film horor garapan mereka peristiwa aneh selalu menaik-turunkan unsur seram di waktu yang tidak terduga.
Sembilan Film Horor Korea Terseram
Memang, film yang terkenal dalam industri perfilman di Korea Selatan adalah film drama romantis yang bisa menghanyutkan para penontonnya dengan jalan ceritanya yang memang penuh dengan drama dan konflik.Tapi, selain film-film drama romantis tersebut, film horor buatan Negeri Ginseng ini juga cukup populer dan tidak kalah seram dengan film horor buatan Hollywood, atau film horor buatan negara tetangganya, seperti Jepang atau Thailand.Sama seperti film horor kebanyakan, film horor asal Korea juga sering mengangkat tema dunia mistis, psikopat, pembunuhan, dan kriminal. Lantas, film-film horor Korea apa saja yang terseram? Berikut ulasannya.
Mengapa Menonton Film Horor Sendiri Berbahaya?
Saat kita pergi ke bioskop, pasti akan disodorkan beberapa film menjadi pilihannya, ada yang bergenre aksi, komedi, drama, atau horor. Film-film tersebut bisa kita pilih, sesuai dengan apa yang kita sukai.Tapi, banyak dari kita yang senang dengan film bergenre horor, ada sensasi yang bisa membuat jantung berdegub kencang, saat menyaksikannya. Bahkan, tak jarang adegan-adegan dalam film horor, bisa membuat Anda 'berhenti' bernafas.Namun tahukah Anda, jika film-film bergenre horor ini justru bisa berbahaya saat kita tonton. Bahkan film horor justru bisa berakibat buruk bagi kesehatan? Seperti apa penjelasannya, simak di bawah ini.
Lima Topeng Seram yang Jadi Ikon Film Horor di Dunia
Topeng merupakan alat yang pada umumnya sering digunakan untuk menutupi wajah sebagai media penyamaran, pertunjukan, atau secara simbolis sering juga dipergunakan dalam acara-acara ritual khusus.Tapi dalam perjalanannya, topeng juga didesain dengan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan keperluannya, mulai yang hanya sekadar untuk pertunjukan biasa sampai topeng seram yang dipergunakan dalam pembuatan film horor.Bahkan, banyak film horor menciptakan topeng seram, yang pada akhirnya justru menjadi ikon film horor tersebut. Lantas, topeng seram apa saja yang menjadi ikon film horor terkenal?
Delapan Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata
Film horor memang menjadi salah satu genre film yang paling menantang untuk ditonton, sebab kebanyakan film horor bisa membuat para penontonnya teriak histeris hingga tidak bisa tidur, karena masih terbayang adegan horor dalam film tersebut.Walaupun seram dan menakutkan, tapi film horor cukup banyak digemari, karena memang sensasi tegang dicampur ketakutan karena menonton film horor itu bisa bikin ketagihan, apalagi kalau film horor yang diangkat dari kisah nyata.Nah, untuk itulah kami akan memberikan rekomendasi beberapa film horor yang diangkat dari kisah nyata paling seram dan menakutkan, yang bisa Anda tonton di waktu senggang. Apa saja filmnya?
Enam Film Horor Bertema Kiamat
Film horor menjadi salah satu jenis film paling diminati dibandingkan jenis film lainnya. Meski terkesan menyeramkan, film ini memang mampu meningkatkan adrenalin dan membuat penasaran para penonton.Bukan hanya film horor yang mengambil tema makhluk halus yang tak pernah sepi penggemar, ternyata film horor mengenai akhir dunia juga selalu laris manis. Film horor bertema kiamat, selalu menghadirkan setting tempat yang sangat mengerikan karena merupakan bekas bencana dan juga kerusakan parah.Langsung saja, berikut beberapa jenis film horor bertema kiamat, mulai dari karena perang nuklir, bencana alam, infeksi virus, dan masih banyak lagi.
6 Film Horor Paling Seram yang Rilis Tahun 2017
Hanya tinggal menghitung hari menuju tahun 2017, kita tentu ingat sepanjang tahun 2016 ini banyak teror dari film-film horor yang mengguncang adrenalin. Sebut saja The Conjuring 2 dan Don t Breathe yang sempat heboh beberapa waktu lalu.Nah, di tahun 2017 nanti, ada beberapa film horor yang tak kalah seram dengan film-film horor tahun 2016. Misalnya saja, film horor yang akan dirilis tahun depan adalah Annabelle 2, World War Z 2, dan Flatliners. Berikut ini kami rangkum enam film horor paling seram yang siap meneror Anda di tahun 2017.Seperti salah satunya adalah Flatliners. Melihat kesuksesan film pertamanya, Flatliners menjadi film horor terbaik di tahun 90-an. Film ini diangkat kembali ke layar lebar oleh Sony Pictures dengan bintang utama Nina Dobrev.
Sepuluh Film Horor Barat Terseram
Meskipun menakutkan, tapi film horor masih menjadi salah satu genre film yang banyak digemari, karena alur ceritanya yang tidak mudah ditebak dan penuh dengan kejutan. Salah satunya film horor buatan negara Barat seperti Hollywood.Film horor Barat sedikit berbeda dengan film horor buatan negara Asia, dimana film horor Asia lebih ke sisi psikologis, sedangkan film horor Barat, kebanyakan lebih mengandalkan visual efek dan adegan sadis dan berdarah-darah.Makanya, banyak film horor Barat yang sukses di industri perfilman, walaupun film tersebut merupakan hasil remake dari film horor Asia. Lantas, film horor Barat apa saja yang terseram di dunia? Berikut ulasannya.
Alasan Film Horor Indonesia Tidak Menyeramkan
 – Kali ini kami akan membahas mengenai perfilman Indonesia (lagi) yaitu film horor. Berbicara film horor, apa yang ada di benak kalian mengenai film horor? Apakah menakutkan, menyeramkan atau justru mengerikan?Mendengar kata-kata horor, tentu saja saya pribadi setuju dengan pernyataan bahwa film horor itu menakutkan, menyeramkan, dan mengerikan. Namun, bagaimana jika saya bertanya bagiamana tentang film horor Indonesia? Mungkin Anda bisa menjawabnya dalam hati kalian masing-masing.Namun bagi saya, film horor Indonesia sangatlah tidak menyeramkan. Dahulu saya termasuk orang yang rajin ke pasar malam untuk mengoleksi vcd film horor Indonesia, jadi saya sedikit mengerti dan memahami film horor punya Indonesia ini. Lantas, tahukah Anda alasan film horor Indonesia itu tidak menyeramkan? 
Lima Film Horor Paling Dinanti di 2016
Tahun 2016 akan ada banyak film seru yang siap tayang di bioskop. Selain film bergenre aksi atau romansa, film bergenre horor juga bakalan banyak diburu para pecinta film.Ya, film horor memang tak pernah sepi penonton, terutama film horor garapan rumah produksi Hollywood yang terkenal sangat menyeramkan dengan 'special effect' yang tentunya tak akan membuat kecewa para pecinta film horor.Jika penasaran dengan film horor apa saja yang siap menghantui tahun 2016 nanti, berikut beberapa film horor yang siap rilis tahun 2016 mendatang.
Enam Film Horor Korea Paling Menyeramkan
 – Korea Selatan memang terkenal dengan drama-drama romantis yang sanggup membuat penonton hanyut dalam skenario drama. Namun jangan salah dulu, negeri ginseng ini juga punya segudang film bergenre horor yang menyeramkan. Film horor Korea tak kalah seram dengan film horor di Indonesia atau Hollywood.Mungkin kalian baru akan percaya setelah menonton beberapa film horor Korea ini yang diklaim sebagai film horor paling seram di negeri K-Pop ini. Dan berikut ini enam film horor Korea paling seram yang bikin penontonnya tidak bisa tidur. Yakin Anda berani menontonnya? Sebu saja salah satu di antaranya adalah Wishing Stairs. Film ini rilis di tahun 2003, berlokasi di sebuah sekolah balet. Film ini menceriakan dua orang sahabat yang akhirnya bersaing untuk mendapatkan tiket kompetisi balet ke Rusia. Sekolah balet tersebut memiliki sebuah tangga, di mana jika mereka sampai di tangga ke-29 maka roh akan mengabulkan permintaan mereka. 
5 Dampak Negatif dari Keseringan Nonton Film Horor
Belakangan ini film horor sedang naik daun, hal ini dikarenakan produksi film horor Hollywood, The Conjuring 2, yang berhasil memikat hati banyak penggemar film horor di seluruh dunia untuk menonton.Menonton film horor juga seringkali dijadikan tolok ukur keberanian seseorang, terlebih anak muda yang senang adu berani dengan teman-temannya. Tapi ternyata, terlalu sering menonton film horor itu berbahaya. Benarkah?Dimulai dengan memicu cemas dan takut yang berlebihan. Setelah menonton film horor, seringkali kita terbayang-bayang dengan sosok menyeramkan yang ada di film tersebut. Apalagi, ketika kita melakukan kegiatan sendirian, ke kamar mandi misalnya.
5 Film Horor Asia Paling Menyeramkan
Siapa yang tidak suka menonton film horor? Meskipun sangat menyeramkan dan bisa terbayang-bayang sampai mau tidur, masih saja film horor ditonton banyak orang. Ya, film horor bisa memacu adrenalin dan meningkatkan rasa penasaran para penontonnya, jadi wajar saja bila film horor selalu banyak ditonton.Di industri perfilman Hollywood, film horor sering dibuat dengan menambahkan adegan-adegan pembunuhan sadis. Lalu bagaimana dengan film horor Asia? Film horor Asia cenderung dibuat dengan menambahkan tokoh-tokoh yang sangat menyeramkan, dan berfokus pada jalan cerita film yang bisa membuat para penontonnya merasakan sensasi yang sama seperti dalam film.Dari sekian banyak film horor Asia, berikut kami berhasil menghimpun beberapa judul film horor Asia paling menyeramkan, yang bisa membuat para penontonnya merinding ketakutan. Bahkan tidak akan ada yang kuat menonton film-film ini sampai dua kali.
Kisah Nyata di Balik Enam Film Horor Terbaik
Sebuah film dibuat sebagai tontonan hiburan pengisi waktu luang. Kita selalu berharap, film yang ditonton punya jalan cerita yang menarik dan aksi mengagumkan atau menakutkan. Fillm hanyalah sebuah fiksi yang akan mengaduk emosi penontonnya.Apalagi film horor, dengan ilusi jenis hantu berwajah seram, yang sengaja direka untuk menakuti. Semakin penonton ketakutan, maka dianggap semakin sukses film tersebut. Tapi tahukah Anda, film-film horor paling sukses di dunia ternyata dibuat berdasarkan kisah nyata.Tentu saja, ada dramatisasi di dalam kisah nyata yang diangkat ke layar lebar. Tapi ini mementahkan anggapan film seram selalu hanya berisi fiksi kosong tanpa fakta. Bisa jadi, gimmick berdasarkan kisah nyata inilah yang membuat sebuah film horor menjadi semakin seram untuk ditonton.
12 Film Horor Terseram Malaysia
Film horor adalah salah satu genre film yang tidak ada matinya, walaupun bisa membuat kita ketakutan atau membuat kita tidak bisa tidur semalaman. Tapi, tetap saja menonton film horor bisa memberikan sensasi tegang yang mengasyikkan.Oleh karena itulah, banyak orang suka menonton film horor, baik yang diproduksi oleh Hollywood maupun film horor buatan negara asia seperti Jepang, Thailand, Korea atau negara tetangga kita seperti Malaysia.Sama halnya di Indonesia, sineas Malaysia juga banyak membuat film bertemakan horor, di antaranya ada yang berkualitas bagus, tapi tidak sedikit yang mengecewakan. Lantas, film horor Malaysia apa saja yang terseram?
Kejadian Supranatural Dijadikan Suguhan Film Horor
Film horor merupakan salah satu film yang paling banyak digemari oleh para pecinta film. Alur ceritanya yang terkesan menakutkan dan menegangkan mampu memicu adrenalin para penonton yang melihatnya.Tak banyak film horor yang dikisahkan berdasarkan kisah nyata, kebanyakan film horor dibuat dari imajinasi seseorang. Namun, beberapa film horor populer ini ternyata diangkat dari sebuah kejadian supranatural yang benar-benar pernah terjadi di dunia nyata.Pantas saja, beberapa film horor ini menyandang gelar sebagai film horor terbaik dan terseram yang pernah ada. Berikut beberapa film horor yang diangkat dari kejadian supranatural yang benar-benar pernah terjadi di dunia nyata.
Sepuluh Film Horor Asia Terseram
Film horor buatan negara-negara di Asia, memang berbeda dengan film horor buatan Hollywood. Kalau film horor Hollywood kebanyakan mengandalkan visual efek dan adegan-adegan sadis, sedangkan film horor Asia lebih bersifat ke psikologis.Makanya, banyak adegan film horor Asia yang sederhana saja tapi efeknya luar biasa, misalnya seperti adegan hantu yang cuma memakai baju putih dan wajah yang ditutupi rambut, tapi adegan seperti ini sudah cukup membuat banyak penonton pipis di celana.Karena adegan seperti inilah, banyak film horor Asia yang menuai sukses, bahkan karena kesuksesan ini, ada beberapa film yang dibuat ulang oleh Hollywood. Lantas, film horor buatan Asia apa saja yang masuk kategori terseram? Berikut ulasannya.
Misteri Identitas Pria dalam Topeng Besi Akhirnya Terkuak
Setelah 350 tahun misteri pria di balik topeng besi akhirnya terkuak. Dalam buku barunya, Paul Sonnino, seorang profesor sejarah di Universitas California, Santa Barbara, mengklaim telah menemukan identitas asli pria dalam topeng besi. Orang dalam topeng besi adalah seorang tahanan yang ditangkap pada tahun 1669 dan ditahan di Bastille.Identitasnya menjadi sebuah misteri abadi, karena wajah pria tersebut disembunyikan oleh topeng. Kepopuleran misteri ini bahkan mengundang filsuf terkenal, Voltaire, dan penulis Alexandre Dumas. Sejarawan memiliki teori yang dipopulerkan oleh Voltaire dan Dumas bahwa pria bertopeng adalah saudara kembar Louis XIV, menurut Sonnino.Dalam Detektif cerita sejarah: Pencarian Pria Dalam Topeng Besi Rowman Littlefield, 2016 Sonnino membawa pembaca melalui catatan sejarah, korespondensi tentang tahanan dan asepek-aspek lain dari penyelidikannya. Melalui penelitian Sonnino menemukan bahwa Dauger adalah Bendahara kardinal Mazarin, sekaligus kepala Menteri Prancis selama masa Louis XIV.
Keunikan Kampung Topeng Menanti di Malang
 – Tak hanya kampung warna-warni Jodipan dan kampung Tridi, kota Malang juga memiliki salah satu kampung tematik yang menarik untuk dikunjungi. Kampung ini bernama Kampung Topeng Menanti.Berada di Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, kampung yang baru diresmikan ini menyuguhkan aneka spot foto yang menampilkan aneka karakter topeng Malangan. Spot utama dalam kampung topeng ini adalah dua buah topeng berukuran raksasa.Kedua topeng ini merupakan karakter Raden Panji Asmoro dan Dewi Sekartaji, yang merupakan karakter protagonis. Keduanya merupakan pasangan sejoli dari Kerajaan Jenggala dan Kediri. Kisah kedua tokoh ini sering dipentaskan dalam tari topeng Malangan. 
Enam Film Horor India Terseram
Kalau berbicara tentang film horor, pasti kita langsung teringat film horor Jepang atau film horor Thailand. Kedua negara tersebut memang jagonya dalam urusan membuat film horor, khususnya di negara-negara Asia.Sedangkan negara India, terkenal dengan film drama romantis dengan adegan menyanyi dan menari dengan latarbelakang pemandangan yang indah atau menyanyi sambil lari-lari di saat turun hujan. Intinya film India identik dengan hal-hal yang romantis.Tapi tahukah Anda, ternyata negara India juga punya film horor yang tidak kalah seram dengan film horor buatan negara Asia lainnya, seperti Jepang atau Thailand. Lantas, film horor India apa saja yang terseram?
10 Film Kanibal Paling Mengerikan
Kalau ditanya film apa yang bisa membuatmu ketakutan? jawabannya pasti film horor. Ya, film horor memang selalu bisa membuat kebanyakan penonton ketakutan hingga histeris, bahkan ada yang sampai terkencing-kencing di celana.Film horor juga terbagi beberapa jenis, seperti film horor tentang hantu dan sejenisnya, film horor tentang psikopat atau pembunuh berdarah dingin, dan film horor tentang praktik kanibalisme.Tapi, yang paling mengerikan adalah film horor tentang kanibalisme, karena film kanibal ini biasanya menunjukkan sisi kekejaman dan kebrutalan yang sangat sadis. Lantas, film kanibal apa saja yang paling mengerikan? Berikut ulasannya.
Enam Kisah Menyeramkan Di Balik Pembuatan Film Horor
Banyak pemirsa yang menyukai film bergenre horor karena ceritanya yang menggemparkan dan menyeramkan. Oleh karena itu, beberapa rumah produksi film terus berusaha keras menciptakan film-film horor yang lebih menyeramkan dan lebih realistis lagi.Namun terkadang suka terjadi hal-hal aneh selama proses pembuatan film horor. Entah itu kebetulan atau tidak, selama pembuatan beberapa film horor ini, pernah terjadi kejadian tragis yang menimpa para pemainnya dan juga para kru film.Berikut enam kisah nyata yang menyeramkan di balik pembuatan film horor.