Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Sembilan Hewan Endemik di Pulau Jawa yang Hampir Punah

Hewan endemik adalah jenis hewan asli yang mendiami suatu daerah tertentu, dimana jenis hewan tersebut tidak ditemukan di daerah lain, dan terkadang jenis hewan ini menjadi ciri khas daerah tersebut.

Di pulau Jawa, terdapat beberapa jenis hewan endemik. Beberapa di antaranya berstatus endangered atau hampir punah. Di mana kebanyakan hewan endemik ini, adalah hewan yang dilindungi dan tidak boleh diburu demi kepentingan apapun.

Buat yang suka mendaki gunung di pulau Jawa, sangat penting mengetahui jenis hewan endemik di pulau Jawa ini, supaya kita bisa membedakan hewan endemik atau bukan. Lantas, hewan apa saja yang termasuk hewan endemik di pulau Jawa? Berikut ulasannya.

Read Full Article
Lima Kisah Menakutkan dari Pulau-pulau Misterius Di Dunia
.co.id – Pulau yang terisolasi, atau jauh dari jangkauan manusia, tentu jadi tempat yang sempurna untuk terjadinya sesuatu yang buruk. Wajar saja bila pulau-pulau tersebut menyimpan banyak kisah misteri menakutkan yang sama halnya dengan pulau-pulau yang akan dibahas ini yang konon memiliki kisah menakutkan.Di pulau-pulau ini diceritakan, dulunya banyak terjadi kejadian mengerikan, mulai dari pengasingan, penyiksaan, kanibalisme, dan bahkan dijadikan tempat uji coba nuklir.Tak heran, jika pulau-pulau ini tidak berpenghuni dan malah dijauhi oleh manusia karena sangat menakutkan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya tentang lima kisah menakukan dari pulau-pulau misterius di dunia, seperti dirangkum dari Listverse.
Sepuluh Hewan Punah Paling Menakjubkan di Dunia
Dalam daftar kami, hewan-hewan ini telah punah yang mungkin disebabkan oleh perubahan iklim, kurangnya makanan, berkurangnya habitat asli mereka di alam liar, bencana besar, atau perburuan secara liar.Dalam daftar ini kami akan menyajikan hewan-hewan punah paling menakjubkan dari muka bumi ini kecuali dari jenis Dinosaurus, karena begitu banyak spesies dari jenis ini. Berikut sepuluh hewan punah paling menakjubkan di dunia yang kami lansir dari laman wonderlist.com.Great Aux. Great Aux adalah burung terbang yang telah punah pada pertengahan abad ke-19 lalu. Hewan ini menurun dratis sejak berakhirnya Zaman Es. Kemudian manusia mengurangi habitat asli mereka serta memburunya secara liar.
10 Hewan Punah Yang Ingin Dihidupkan Kembali Oleh Para Ilmuwan
Terima atau tidak, kepunahan adalah suatu hal yang pasti akan dialami oleh makhluk hidup. Khusus untuk hewan, hewan bisa punah karena banyak faktor, entah itu faktor alam atau karena campur tangan manusia. Meski terdengar mustahil, ada sejumlah hewan punah yang diharapkan bisa hidup kembali. Berikut adalah daftar hewan tersebut.
15 Pulau Cantik di Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu adalah kawasan berupa gugusan pulau yang terletak di utara Teluk Jakarta. Wilayahnya sendiri berupa kabupaten administratif dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Berbeda dengan pesisir pantai utara kota metropolitan yang terkenal kumuh, pantai-pantai di pulau-pulau kecil yang tersebar di Kepulauan Seribu ini jauh lebih bersih dan jernih.Kepulauan Seribu mendapat julukan sebagai Maldiven van Java, yang merujuk pada keindahan pulau-pulau tropis dengan posisi berdekatan layaknya di Maladewa. Pulau-pulau inilah yang kerap dijadikan tempat melarikan diri warga kota Jakarta di akhir pekan. Daerah ini punya ratusan pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni. Berikut 15 di antaranya yang wajib traveler singgahi.1. Pulau Untung JawaPulau pertama yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Pulau Untung Jawa. Pulau berpenghuni ini termasuk salah satu tujuan dalam paket wisata ke Kepulauan Seribu yang murah meriah pasalnya lokasinya berada tidak jauh dari Ancol. Lokasinya yang dekat inilah menjadi keunggulan Pulau Untung Jawa untuk menggaet wisatawan.
Empat Hewan Purba yang Dipercaya Pernah Tinggal di Indonesia
Komodo dikenal sebagai hewan purba yang masih hidup sampai sekarang dan tinggal di Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara. Selain komodo, sebenarnya ada banyak hewan purba yang pernah mendiami Indonesia jutaan tahun lalu.Hanya saja hewan-hewan purba tersebut tidak bernasib seberuntung komodo. Mereka dipercaya punah karena beberapa peristiwa alam. Hingga akhirnya beberapa fosil hewan purba ditemukan di beberapa situs prasejarah seperti d Sangiran dan Trinil.Berikut beberapa hewan purba yang dipercaya pernah tinggal di Indonesia berdasarkan penemuan fosil hewan purba tersebut yang ditemukan arkeolog.
10 Kafe Hewan Seru dan Unik dari Berbagai Negara
 – Bisnis kafe hewan atau binatang sedang populer sekarang ini. Ketika orang sudah mulai bosan dengan kafe yang begitu-begitu saja, muncullah gebrakan baru bertema kafe hewan. Di kafe hewan, kita tetap bisa makan dan minum, hanya saja kita ditemani dengan hewan.Sebut saja kucing, anjing, dan sejumlah hewan lain yang lucu. Di dunia, kafe hewan menjadi salah satu destinasi liburan yang wajib untuk dikunjungi.Cafe Little Zoo, Chiba. Terlalu banyak kafe anjing atau kucing pasti memunculkan sedikit rasa bosan. Tidak adakah kafe hewan yang menampilkan hewan-hewan unik? Atau bagi kalian yang bingung ingin ditemani hewan apa ketika sedang makan dan minum, Cafe Little Zoo bisa menjadi pilihan. Kenapa?
Ini Bukti Bahasa Jawa Mendunia
Suku Jawa adalah salah satu suku terbesar di Indonesia yang tak hanya mendiami Pulau Jawa, namun tersebar ke seluruh Indonesia. Bahasa daerah yang digunakan untuk komunikasi adalah Bahasa Jawa. Secara umum Bahasa Jawa Tengah dan DIY tidak jauh berbeda, tapi agak sedikit berbeda jika dibandingkan Bahasa Jawa Timur dan Jawa Barat.Bahasa Jawa pun memiliki aksen yang berbeda tergantung daerahnya, seperti aksen atau gaya "ngapak" di daerah Pantai Utara Jawa, dan ada pula perbedaan dengan Bahasa di Pulau Madura. So, Bahasa Jawa itu luas dan beragam.Nah, kalau di Indonesia rasanya sangat familiar masyarakatnya menggunakan Bahasa Jawa sebagai Bahasa daerah, terkait dengan letak salah satu pulau besar ini. Tapi, tahukah Anda, ternyata Bahasa Jawa juga digunakan di beberapa negara berikut ini.1. Republik SurinameNegara di Amerika Selatan ini dulunya bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda yang merupakan bebas daerah jajahan Belanda. Republik Suriname berbatasan dengan Guyana Perancis di bagian timur dan barat. Di bagian Selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara berbatasan dengan Samudera Atlantik. Sekitar 75.000 orang Jawa tinggal di Republik Suriname yang dibawa dari Hindia-Belanda pada tahun 1890-1939, di saat Indonesia dijajah Belanda.
Mendaki Pulau Mandiki di Sumbawa Barat
Nama yang unik. Itulah yang pertama kali saya pikirkan saat mendengar nama pulau ini. Sayangnya, lagi-lagi saya lupa menanyakan kepada tukang perahu yang saya sewa, Bang Ali, apakah mandiki memiliki makna atau tidak. Saya singgah di pulau ini setelah hopping island dari Pulau Kenawa dan Pulau Paserang.Ketika pertama kali melihatnya, saya kagum dengan bentuk pulau mungil ini. Hampir seluruh bagian pulau dipenuhi batu. Tak heran, pulau ini kemudian disebut Pulau Batu. Karena masyarakat dahulu gemar menamai pulau berdasarkan kemiripan bentuknya dengan suatu benda, pulau ini diberi nama Pulau Genang.Genang berarti gendang. Pulau ini terletak pada koordinat 116 48 30,67 BT, 08 29 28,54 LS, dengan luas sekitar 0,24 hektare dan garis pantai sepanjang 180 meter saja. Sangat kecil, bukan? Sama seperti pulau-pulau lainnya di sekitar Pelabuhan Poto Tano, pulau ini tak berpenghuni, kecuali cacing, semut, burung camar, dan hewan-hewan kecil lainnya.
Pantai Pulau Semau dan Keindahannya
 – Pulau Semau adalah salah satu pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur. Walaupun banyak anggapan mistis yang berkembang tentang Pulau Semau, tetapi pulau ini sangatlah indah. Terutama Pantai Pulau Semau, pantai-pantai di Nusa Tenggara Timur memiliki pasir putih yang halus.Pasir putih Pantai Pulau Semau yang halus, diterpa buih ombak laut dan langitnya yang biru cerah semakin memunculkan indah dari Pantai Pulau Semau ini. Orang-orangnya yang ramah pun semakin menjauhkan dari imej jelek tentang Pulau Semau yang katanya mistis ini.Sempatkanlah berlibur ke Pantai Pulau Semau, karena kalian tidak akan pernah menyesal Pulau yang letaknya tak jauh dari Kupang ini. Pulau Semau terletak di perairan sebelah barat Pulau Timor, yaitu di sebelah barat Kota Kupang. Secara administratif, pulau Semau termasuk wilayah Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Lima Hewan yang Sudah Punah Ini Akan Dihidupkan Kembali
Kepunahan adalah sesuatu hal yang pasti terjadi di dalam sebuah sistem makhluk hidup. Khusus untuk dunia hewan, kepunahan bisa terjadi karena banyak faktor. Faktor alam dan faktor ulah manusia bisa menyebabkan banyak spesies hewan punah.Tercatat, banyak spesies hewan yang sudah punah sebenarnya disebabkan oleh manusia. Hal itu memicu rasa prihatin di kalangan ilmuwan, sehingga banyak ilmuwan yang ingin menghidupkan kembali hewan-hewan yang sudah punah.Awalnya pasti terdengar tabu, bahkan mustahil untuk dilakukan oleh manusia demi menghidupkan kembali beberapa hewan yang sudah punah. Namun, berikut simak ulasan tentang usaha para ilmuwan untuk mencoba menghidupkan lima hewan yang sudah punah berikut ini.
Keindahan Pulau Seraya di Manggarai Barat, NTT
Keindahan tempat-tempat wisata di Nusa Tenggara Timur, bukan hanya terdapat di pulau-pulau besar seperti Pulau Komodo, Pulau Kanawa, Pulau Padar atau Pulau Rinca saja. Tapi ternyata, masih banyak pulau-pulau kecil lainnya di Nusa Tenggara Timur yang memiliki keindahan alam yang sangat memesona dan menakjubkan.Seperti salah satunya adalah Pulau Seraya, yang terletak sekitar 10 kilometer ke arah utara Labuan Bajo atau tepatnya terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Keindahan Pulau Seraya Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur NTT , Indonesia memang sangat indah dan memesona.Bentangan alam yang disajikan, pastikan akan membuat takjub setiap orang yang berkunjung ke Pulau Seraya. Anda penasaran dengan pemandangan alam di Pulau Seraya?
Keindahan Pulau Padar di Nusa Tenggara Timur
Pulau Padar adalah pulau terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau ini relatif lebih dekat ke Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo yang dipisahkan oleh Selat Lintah.Walaupun pulau ini tidak terlalu besar dan tidak dihuni oleh hewan Komodo, Namun keindahan Pulau Padar bagaikan surga tersembunyi yang wajib untuk Anda telusuri. Pulau Padar merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO, karena berada di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Gili Motang.Di sekitar Pulau Padar, banyak terdapat pulau-pulau kecill lainnya yang memiliki keunikan dan panorama tersendiri. Di Pulau Padar, kamu akan menemukan hamparan Pink Beach yang sangat cocok untuk kamu bersantai, berenang, snorkeling, dan berjemur.
Menjelajahi Tempat Wisata Pulau Gili di Lombok
Pulau Lombok dalam beberapa hal memang mirip dengan Pulau Bali. Pariwisata Pulau Lombok sangat beragam. Anda bisa menjelajahi wisata alam, budaya, kuliner maupun wisata pantai atau bahari, seperti menjelajahi tiga Pulau Gili yang berada di sebelah barat Pulau Lombok.Pulau Gili atau Gili Island merupakan sebuah kepulauan dari tiga pulau kecil yaitu, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air sebagai tujuan tempat wisata yang sangat ideal buat Anda yang ingin menikmati bulan madu, dan mencari ketenangan dari hiruk-pikuknya rutinitas kehidupan sehari-hari.Ketiga pulau kecil ini sangat populer bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin mencari pengalaman baru di sebuah pulau kecil. Setiap pulau memiliki beberapa resort dan restoran kecil berbentuk gubuk. Pulau-pulau Gili menawarkan tempat-tempat menarik dan spektakuler dengan pemandangan pantai yang indah, tenang dan alami.
Pengertian Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Sumber: begalinformasi.blogspot.co.id Pembahasan kali ini akan kita mulai dengan menjabarkan pengertian Sel Hewan, sebagai berikut: Sel Hewan Sumber: thinkwijaya.blogspot.co.id Sel hewan adalah nama nama lain dari sel eukariotik yang menyusun jaringan h
Pengertian Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Sumber: begalinformasi.blogspot.co.id Pembahasan kali ini akan kita mulai dengan menjabarkan pengertian Sel Hewan, sebagai berikut: Sel Hewan Sumber: thinkwijaya.blogspot.co.id Sel hewan adalah nama nama lain dari sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan tidak sama dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, lantaran mereka tidak mempunyai kloroplas, dinding sel serta umumnya sel hewan mempunyai vakuola yang lebih kecil, bahkan juga tidak ada. Lantaran tidak mempunyai dinding sel yang keras, sel hewan memiliki bentuk beragam. Sel manusia adalah satu diantara contoh bentuk sel hewan. Sel hewan mempunyai organel yang khas yakni sentriol yang tidak diketemukan pada sel tumbuhan.
Sepuluh Hewan Langka Indonesia Ini Terancam Punah
Laju kepunahan spesies sepanjang 150 tahun belakangan ini, sangatlah memprihatinkan. Banyak spesies yang mengalami evolusi dan punah secara alami sejak ratusan tahun yang lalu.Tetapi, laju kepunahan belakangan ini jauh lebih tinggi daripada kepunahan rata-rata pada skala evolusi di bumi. Laju kepunahan saat ini adalah 10 hingga 100 kali lipat laju kepunahan alami.Bila tingkat laju kepunahan terus berlanjut atau terus meningkat, jumlah spesies yang menjadi punah dalam dekade berikut bisa berjumlah jutaan. Dan berikut ini, terdapat 10 hewan langka Indonesia yang keberadaannya terancam harus punah.
Tujuh Pulau Paling Berbahaya di Dunia
Hampir sebagian besar pulau-pulau yang ada di dunia ini sudah ditempati manusia, sebagian lagi bahkan sudah dijadikan tempat wisata. Namun, ada juga pulau yang sama sekali tidak berpenghuni dan terlarang untuk dikunjungi.Pulau-pulau tersebut sangat terlarang untuk dikunjungi karena sangat berbahaya. Siapa pun yang berani memasuki pulau-pulau ini, mungkin nyawa jadi taruhannya.Ada yang banyak dihuni hewan buas dan beracun, ada juga pulau yang merupakan bekas eksperimen nuklir sehingga radiasi membuat pulau tersebut sangat berbahaya. Langsung saja, berikut pulau-pulau paling berbahaya.
Menjelajahi Keindahan Pulau Batu Mandi di Selat Malaka
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang banyak memiliki pulau besar, kecil, indah dan memesona. Salah satunya adalah pulau terluar tak berpenghuni yaitu Pulau Batu Mandi di Selat Malaka.Pulau kecil tak berpenghuni ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah dan memesona, dengan terumbu karang yang masih alami dan biota laut yang beraneka ragam. Pulau Batu Mandi adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang memiliki panorama indah dan menakjubkan.Pulau yang terletak di Selat Malaka ini merupakan bagian dari wilayah Provinsi Riau, atau berjarak 52 mil laut sebelah utara Bagansiapiapi, dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Pulau Batu Mandi merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Arwah yang terdiri dari sembilan pulau-pulau kecil.
Empat Kisah Tragis di Balik Hewan-hewan Lucu
Manusia memiliki derajat yang lebih tinggi daripada hewan. Meskipun demikian, bukan berarti manusia bisa semena-mena memperlakukan hewan dengan kejam. Namun pada kenyataannya, di luar sana masih banyak orang yang memperlakukan hewan semena-mena hanya demi mendapat keuntungan semata.Hewan-hewan diperlakukan dengan kejam dan dipaksa bekerja oleh sekelompok orang. Padahal bekerja bukan tugas hewan, tapi masih ada saja manusia yang mengandalkan hewan untuk mendapatkan uang. Parahnya lagi, sebagian orang memperlakukan hewan-hewan tersebut dengan sangat kejam agar mereka menurut.Seperti beberapa hewan lucu ini yang di balik kelucuannya, ternyata hidup mereka kadang tak selucu dan seindah yang dibayangkan. Kelucuan mereka justru menyimpan kisah tragis yang mengerikan.
Nikmati Eksotisme Pulau Macan di Bagian Barat Pulau Jawa
Pulau Macan merupakan sebuah pulau yang terletak di bagian barat laut dari laut Jawa yang merupakan bagian dari salah satu destinasi wisata Kepulauan Seribu. Pulau ini dapat dicapai dengan speed boat dari Pantai Marina Ancol Jakarta sekitar 90 menit atau 1,5 jam.Tiger Island & Eco Resort ini sangat cocok buat yang ingin melakukan liburan dan refreshing di akhir pekan dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Pemandangan alam pantai yang asri di tempat wisata Pulau Macan merupakan daya tarik wisatawan asing yang berkunjung di pulau yang menjadi salah satu tempat wisata Pulau Seribu ini.Pulau Macan sebenarnya ada dua pulau, yaitu Pulau Macan Besar yang merupakan sebuah pulau yang dikelola dan menyediakan tempat penginapan bagi para wisatawan yang akan menghabiskan waktu liburan di sana, serta Pulau Macan Kecil yang tak tersentuh dan dibiarkan tanpa penghuni.
Sembilan Hewan Endemik di Pulau Jawa yang Hampir Punah
Hewan endemik adalah jenis hewan asli yang mendiami suatu daerah tertentu, dimana jenis hewan tersebut tidak ditemukan di daerah lain, dan terkadang jenis hewan ini menjadi ciri khas daerah tersebut.Di pulau Jawa, terdapat beberapa jenis hewan endemik. Beberapa di antaranya berstatus endangered atau hampir punah. Di mana kebanyakan hewan endemik ini, adalah hewan yang dilindungi dan tidak boleh diburu demi kepentingan apapun.Buat yang suka mendaki gunung di pulau Jawa, sangat penting mengetahui jenis hewan endemik di pulau Jawa ini, supaya kita bisa membedakan hewan endemik atau bukan. Lantas, hewan apa saja yang termasuk hewan endemik di pulau Jawa? Berikut ulasannya.
Meski Menjijikan, 4 Hewan Ini Punya Manfaat Luar Biasa
 – Selain manusia dan tumbuhan, hewan juga merupakan makhluk hidup yang menghuni dunia ini. Jenis hewan pun bermacam-macam. Ada hewan jinak, hewan buas, hingga ada juga yang menggolongkan sebagai hewan menjijikkan.Kucing dianggap sebagai hewan jinak yang pantas dipelihara di rumah. Selain kucing juga ada kelinci. Kedua hewan ini tidaklah berbahaya, sehingga aman dipelihara, bahkan oleh anak-anak. Kalau hewan buas, pasti pikiran kita langsung tertuju kepada harimau atau singa.Memang kedua hewan ini menjadi ikon otomatis, ketika berbicara soal hewan buas. Nah, yang terakhir mengenai hewan menjijikkan. Di bawah ini adalah contoh-contoh hewan yang dianggap menjijikkan oleh sebagian besar orang, namun ternyata malah memiliki banyak manfaat. Hewan apa sajakah itu? 
Sepuluh Hewan Ini Berada Diambang Kepunahan
.co.id – Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana jadinya jika tidak ada hewan di dunia ini? Hidup mereka memang tidak sama dengan manusia, karena hewan ini mungkin tidak terlalu penting atau sangat berbahaya bagi manusia. Tetapi masing-masing dari hewan-hewan ini memainkan peran yang sangat penting dalam sistem ekologi.Satwa liar memainkan peran yang sangat penting dengan menyelaraskan lingkungan. Spesies hewan yang berbeda dari besar ke kecil seperti badak, gajah, pangolin, dan lain-lain, keberadaannya hampir punah. Perdagangan hewan liar terjadi di mana-mana di dunia, dengan nilai sekitar US$7-23 miliar antara tahun 2013-2016.Hampir 20 ton timbangan pangolin ditahan dari pengiriman yang dilarang di Afrika. Jika tidak ada tindakan yang diambil terhadap pemburuan ilegal ini, hewan-hewan ini akan lenyap dari muka bumi ini. Berikut sepuluh hewan yang berada diambang kepunahan yang kami lansir dari laman wonderlist.com.
Hati-hati, Ini Lima Hewan Paling Mematikan di Dunia
Beraneka macam hewan di dunia ini yang dapat dikategorikan sebagai hewan mematikan yang dapat merenggut nyawa manusia. Mungkin Anda berpikir bahwa ular cobra adalah hewan paling mematikan dengan bisa beracunnya atau mungkin ular pyton paling mematikan karena lilitannya. Tapi faktanya ada hewan yang lebih mematikan dibandingkan dua hewan itu.Walau jarang didengar dan diketahui oleh banyak orang, terdapat setidaknya lima hewan paling mematikan di dunia, walaupun bentuknya tidak menunjukan dapat membunuh orang dengan mudah.Hewan-hewan ini terkenal karena racunnya, diharapkan kita selalu waspada setiap kali bertemu dengan hewan-hewan ini dan lebih baik mengihindarinya.Baca selengkapnya ...