Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Tahap Awal Penciptaan Alam Semesta Menurut Alquran

Semesta merupakan sebutan untuk alam yang terbentang luas di sekitar kita. Bumi beserta isinya, langit dan isinya, bintang cemerlang, galaksi, superkluster, dan sebagainya adalah bagian dari semesta tempat kita hidup.

Alam semesta ini tidak serta merta ada seperti kilat. Alam semesta berproses melalui proses yang memakan waktu yang tidak singkat. Hal ini dapat kita temukan dalam berbagai informasi dalam Alquran dan hasil pengamatan ilmu teknologi yang semakin lama semakin canggih.

Pada tahapan awal, penciptaan alam semesta ini berupa satu kesatuan ukuran yang sangat kecil. Ilmu pengetahuan menyebutnya sop kosmos, cikal bakal alam semesta. Setelah Allah menciptakan cikal bakal alam semesta ini, Allah memisahkannya ke segala penjuru melalui sebuah dentuman besar.

Read Full Article
Lima Hal yang Diperoleh Bagi Ahli Alquran
Alquran merupakan kitab suci agama Islam. Kitab ini merupakan kitab terakhir yang diturunkan Allah setelah 4 kitab sebelumnya. Alquran dijadikan sebagai pedoman utama dan petunjuk kehidupan bagi kaum muslimin.Hal tersebut lantaran, di setiap ayat-ayatnya mengandung makna dan pelajaran tentang kehidupan manusia. Kitab Alquran tidak turun sekaligus, ayat-ayat Alquran pun turun secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.Kitab Alquran mendapat posisi yang sangat mulia bagi umat Islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa, seseorang yang ingin menyentuhnya saja harus bersih dari hadas kecil maupun besar. Keutamaan lainya adalah pahala besar yang berlipat bagi seseorang yang membacanya, meskipun tidak mengerti artinya. 
Misteri Materi Alam Semesta yang Hilang Akhirnya Terungkap
.co.id – Sebuah misteri lama tentang keberadaan materi yang hilang di alam semesta telah dipecahkan. Berdasarkan pengukuran radiasi latar belakang yang tersisa dari Big Bang, para ilmuwan percaya bahwa sekitar 5 persen massa alam semesta terdiri dari materi biasa, yaitu berbagai jenis yang terdiri dari kita sendiri serta semua asteroid, planet, bintang, dan galaksi, yang kita lihat melalui teleskop kita.Namun, dengan menambah massa semua benda di alam semesta yang dapat diamati, menghasilkan angka yang sepersepuluh dari jumlah yang diharapkan, lalu ke mana semua materi lainnya? Dikenal sebagai 'masalah baryon yang hilang', jawaban atas pertanyaan ini telah dicari ilmuwan selama bertahun-tahun.Kini, dua tim peneliti yang terpisah mungkin akhirnya menemukan jawaban itu, atau setidaknya sebagian solusi untuk teka-teki ini dan ini ada kaitannya dengan keberadaan teoritis benang gas yang dikenal sebagai 'warm-hot intergalactic medium', atau 'Whim', yang menjadi penghubung antar gugus galaksi di web kosmik.
Dahsyatnya Keutamaan Delapan Surat dalam Alquran Ini
Sungguh luar biasa, tatkala ayat-ayat suci yang terdapat dalam Alquran dilantunkan serta diresapi dalam pikiran dan hati. Menjadi penyejuk jiwa yang gundah gelisah, dan sebagai obat penawar bagi hamba yang resah.Setiap surat yang dibaca dalam Alquran ini, mengandung banyak arti dan makna yang cukup memukau bagi umat manusia di bumi. Namun secara sepintas, bisa dijelaskan dengan adanya sabda Nabi yang merupakan penjelas bagi setiap ayat yang telah tertulis dalam kitab Allah SWT ini.Sebenarnya, setiap surat dalam Alquran memiliki keutamaan yang tak terduga dan luar biasa. Namun, hanya terdapat 8 surat di dalam Alquran yang bisa juga Anda terapkan dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kebanyakan Wanita Tidak Tahu 3 Tanda Awal Kanker Serviks Ini
Sayangnya, ada gejala-gejala awal tidak jelas dari kanker serviks, sehingga wanita seringkali tidak menyadari bahwa mereka menderita kanker sampai akhirnya diketahui saat sudah parah.Biasanya, gejala-gejala kanker serviks muncul saat kanker sudah menyebar pada jaringan di sekitarnya dan di tahap ini, kondisinya sudah sangat serius. Itulah alasannya mengapa wanita harus melakukan tes Pap secara teratur, karena tes ini sangat penting untuk menemukan tahap awal dari kanker serviks dan ovarium.Tes Pap dapat mendeteksi sel abnormal pada leher rahim yang kemudian bisa dipantau dan diobati. Berikut gejala-gejala yang bisa dihubungkan dengan tahap awal kanker serviks.
Tahap Awal Penciptaan Alam Semesta Menurut Alquran
Semesta merupakan sebutan untuk alam yang terbentang luas di sekitar kita. Bumi beserta isinya, langit dan isinya, bintang cemerlang, galaksi, superkluster, dan sebagainya adalah bagian dari semesta tempat kita hidup.Alam semesta ini tidak serta merta ada seperti kilat. Alam semesta berproses melalui proses yang memakan waktu yang tidak singkat. Hal ini dapat kita temukan dalam berbagai informasi dalam Alquran dan hasil pengamatan ilmu teknologi yang semakin lama semakin canggih.Pada tahapan awal, penciptaan alam semesta ini berupa satu kesatuan ukuran yang sangat kecil. Ilmu pengetahuan menyebutnya sop kosmos, cikal bakal alam semesta. Setelah Allah menciptakan cikal bakal alam semesta ini, Allah memisahkannya ke segala penjuru melalui sebuah dentuman besar.
Ini Alasan Anda Wajib Baca Alquran meski Terbata-bata
Berapa kali Anda membaca Alquran dalam sehari, seminggu, sebulan atau satu tahun? Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita bisa dan selalu membaca Alquran yang merupakan kitab suci orang Islam.Jika masih belum lancar membaca Alquran, Anda harus terus belajar dan bersemangat memperbaiki bacaan ayat suci Alquran. Jangan hanya, karena masih belum lancar atau terbata-bata saat membaca Alquran, lantas Anda jadi malas melakukannya.Sayangnya, masih banyak orang yang merasa tidak punya waktu untuk membaca Alquran. Padahal, di dalamnya terdapat petunjuk untuk kita hidup di dunia, bahkan disebutkan jika di dalam Alquran juga terdapat pahala yang luar biasa besar.
Alasan Alquran Tidak Cukup untuk Dibaca Saja
 – Alquran adalah kitab suci yang berguna sebagai pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat Muslim yang beriman. Sudah menjadi kewajiban setiap Muslim untuk membaca dan memahami isi Alquran, agar terhindar dari perbuatan dosa.Yang jadi pertanyaan, apakah cukup Alquran itu hanya dibaca saja? Jawabannya tentu saja tidak. Sebagai pedoman, tentu kita semua harus memahami arti setiap ayat Alquran yang ditulis dalam bahasa Arab. Terlebih lagi, ayat-ayat Alquran tidak bisa sembarang diartikan.Perlu penafsiran yang luas dan tepat untuk memaknai arti yang sebenarnya. Namun, kali ini bukan soal tafsir Alquran yang akan dibahas, tapi tentang pengamalan Alquran dalam kehidupan nyata. 
Buta, Bocah Lima Tahun Ini Mampu Menghafal Alquran
Bagi setiap muslim membaca alquran adalah hal yang paling utama. Banyak keutamaan yang akan kita dapatkan saat membaca alquran, bahkan di sana adalah obat bagi segala macam penyakit.Apalagi di saat modern ini, banyak sekali aplikasi alquran yang bertebaran baik di Android maupun iOS. Dan kita bisa dengan mudah membaca alquran, beserta makna yang terkandung di dalamnya.Namun tidak semua orang bisa membaca alquran, karena beberapa orang tidak bisa melihat atau buta. Tetapi anak lima tahun ini tidak menyerah, untuk bisa membaca bahkan menghafal ayat-ayat alquran.
Manfaat Membaca Alquran bagi Kesehatan
Dalam sehari, berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk membaca Alquran? Meski tak butuh waktu lama, namun sayangnya masih banyak orang yang enggan menyempatkan sedikit waktunya untuk membaca Alquran.Padahal, Alquran merupakan kitab suci dan pedoman hidup semua muslim. Lalu, bagaimana kita bisa kita melalui hari-hari kita tanpa Alquran? Tahukah Anda, jika membaca Alquran setiap hari tidak hanya mengundang pahala melimpah, tapi juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh?Penasaran, kira-kira apa sajakah manfaat yang bisa kita peroleh dari kebiasaan membaca Alquran setiap hari? Agar kita semakin rajin dan istikamah menjalankan kebiasaan ini, sebaiknya simak manfaatnya berikut ini.
'Gelembung Energi' Bisa Menghancurkan Alam Semesta
 – Fisikawan di Harvard University telah mengemukakan bahwa alam semesta bisa saja berakhir secara tiba-tiba seperti bagaimana ia dimulai. Meskipun tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti bagaimana alam semesta akan berakhir.Namun, banyak ilmuwan yang menganut gagasan bahwa, alam semesta akan mengalami kematian yang sangat panjang dan lambat selama tak terhitung triliunan tahun. Akan tetapi, menurut sebuah penelitian terbaru, ada kemungkinan bahwa alam semesta bisa saja di masa depan berakhir dengan peristiwa yang cepat dan merusak.Hal ini dipicu oleh konsekuensi aneh dari fisika subatomik. Kuncinya terletak pada massa partikel Higgs Boson atau yang seringkali disebut-sebut sebagai ‘partikel Tuhan’. Hal ini bisa jadi dikarenakan adanya permainan kuantum fisika, yang mungkin tidak selalu konstan.
Begini Cara Memperlakukan Alquran yang Rusak
 – Alquran adalah salah satu mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya berisi petunjuk bagi manusia agar selamat di dunia dan di akhirat. Alquran juga menjadi kitab suci bagi ummat Islam.Maka tidak heran, jika sebagai seorang muslim kita harus memperlakukan alquran dengan sangat baik. Kita tidak boleh menempatkannya sembarangan, dan juga diharuskan membaca serta mengamalkan isinya. Seperti kita ketahui, alquran kebanyakan saat ini dicetak di atas kertas.Di mana kertas ini memiliki keterbatasan usia, dan akan rusak seiring dengan berjalannya waktu. Namun Anda harus perhatikan, bagaimana cara memperlakukan salinan quran yang rusak ini.
Perbedaan Bentuk Mukjizat Nabi SAW dengan Nabi Terdahulu
.co.id – Dilihat dari aspek kemukjizatannya, Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, merupakan mukjizat ma’nawi. Di mana, untuk memahami dan mencapai kemukjizatan Alquran harus dengan menggunakan akal pikiran yang rasional dan kecerdasan hati.Alquran merupakan satu-satunya mukjizat ma’nawi yang hanya diberikan kepada Nabi Muhammad SAW, yang tidak dimiliki oleh para Nabi dan Rasul sebelum beliau. Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW yang berlaku kekal sampai akhir zaman.Di samping mukjizat Alquran yang bersifat ma’nawi, sebenarnya Nabi Muhammad SAW juga diberi mukjizat syakhsiyyah. Misalnya,  jari-jari beliau bisa mengeluarkan air pada saat sahabat-sahabat beliau kehausan, beliau bisa membelah bulan menjadi dua hanya dengan menggunakan jari, dan masih banyak lagi lainnya.
Hukum Menyentuh Alquran Bagi yang Berhadas Kecil dan Besar
Berbicara tentang status Alquran yang ditulis dengan tafsirnya, dilihat dari segi boleh dan tidaknya disentuh oleh orang-orang yang berhadas besar maupun kecil, maka tidak terlepas dari hukum boleh dan tidaknya menyentuh tulisan Alquran, dan pengertian Alquran yang haram disentuh.Di kalangan ulama madzhab, baik Imam Syafi i, Hanafi, Maliki maupun Hambali, telah ada kesepakatan tentang tidak diperbolehkannya menyentuh Alquran bagi orang yang berhadas.Keharaman menyentuh Alquran bagi orang yang berhadas ini, dianalogikan dengan haramnya membaca Alquran bagi mereka yang berhadas besar. Yakni junub, haid, dan nifas. Rasulullah bersabda sebagai berikut.
Gejala-gejala Awal Kanker Paru-paru yang Harus Diperhatikan
 – Kanker paru-paru adalah salah satu bentuk kanker paling mematikan, karena gejala yang sulit dideteksi di tahap pertama dari penyakit ini menyerang. Setelah gejala yang berhasil didiagnosis, biasanya kanker sudah berkembang ke tahap 3.Bahkan, sebanyak 40 persen dari pasien yang didiagnosis terkena paru-paru sudah di tahap 3. Bahkan sinar x tidak mampu mendiagnosa di tahap awal, kecuali dengan melakukan CT scan namun biayanya cukup mahal.Disarankan orang-orang dengan umur antara 55 dan 80 tahun, masih menjadi perokok aktif selama lebih dari 15 tahun, untuk menjalani CT scan untuk memastikan mereka tidak dalam bahaya.
Penyebab 12 Kaum Dibinasakan dalam Alquran
Alquran merupakan kitab terakhir yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai nabi dan rasul terakhir. Alquran berfungsi sebagai pedoman hidup manusia. Alquran berisikan tentang akidah, akhlak, perintah dan larangan Allah SWT serta tarikh atau menceritakan kisah kaum sebelum umat Nabi Muhammad SAW.Dalam Alquran, banyak sekali diceritakan kisah-kisah umat terdahulu, yang telah dibinasakan oleh Allah SWT. Mereka dibinasakan lantaran, pernah mengingkari utusan-Nya dan melakukan berbagai penyimpangan yang telah dilarang oleh Allah maupun Rasulnya.Setidaknya, ada 12 umat atau kaum yang dibinasakan Allah SWT, dalam Alquran. Kaum apa saja itu? Langsung saja, simak berikut ini penjelasannya.
Tips Hafal Alquran dari Para Hafiz
Ini adalah cuplikan kisah nyata dari seorang yang sedang berjuang menghafal kitab suci Alquran. Ia bercerita, banyak teknik dasar yang bisa dilakukan untuk menghafal Alquran dengan efektif.Namun ternyata, teknik yang benar juga harus disertai niat yang luar biasa kuat. Berikut ini adalah kisah yang bisa kita petik hikmahnya. Ya, pada sore itu Ali menangis, ia sedih karena hampir sebulan ia mencoba menghafal Alquran, hafalannya tidak bertambah, bahkan selembar pun belum.Sementara teman-teman majelis penghafal Alquran lainnya nampak begitu mudah mengingat lembar demi lembar kitab suci tersebut. Ali bertafakur, mengingat apa ada yang salah dengan cara dia belajar. Banyak teknik untuk menghafal Alquran, dan dia telah mengikuti salah satu teknik standar tersebut.
Belajar Mengaji di Pesawat Mewah Seharga Rp273 Miliar
Bisa membaca ayat-ayat suci Alquran, merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan saat membaca alquran, di antaranya sebagai obat hati yang gelisah dan lainnya.Apalagi saat ini, belajar membaca ayat-ayat suci alquran, bisa kita lakukan dengan smartphone. Di mana pun dan kapan pun, kita bisa belajar membaca alquran dengan benar serta diikuti dengan tafsirnya.Tapi pernahkah Anda membayangkan, bisa belajar mengaji Alquran di dalam jet pribadi yang serba mewah? Kini, Anda bisa mewujudkannya salah satu mimpi tersebut. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa belajar mengaji di sana?
5 Alasan Alquran Diturunkan Secara Berangsur-angsur
Alquran adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantara malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat manusia sebagai pedoman hidup. Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad tidak sekaligus semuanya.Akan tetapi, diturunkan secara bertahap atau berangsur-angsur. Alquran terdiri atas 114 surah, 30 juz, dan 6236 ayat menurut riwayat Hafsh, 6262 ayat menurut riwayat ad-Dur, atau 6214 ayat menurut riwayat Warsy.Surah-surah dalam Alquran terbagi atas surah-surah makkiyah dan madaniyah, tergantung pada tempat dan waktu penurunan surah tersebut Mekkah atau Madinah, sebelum atau sesudah hijrah .
Delapan Tips Menghafal Alquran Agar Terasa Nikmat
Selain dibaca, dipahami, dan dihayati, Alquran juga boleh untuk dihafalkan. Menghafal Alquran juga bukan hal yang asing lagi sekarang, karena sudah banyak yang melakukannya. Sayangnya, menghafal Alquran dapat menjadi hal yang kering makna karena tidak dinikmati oleh penghafalnya.Untuk itu, supaya menghafal Alquran terasa nikmat, ada tips yang dapat kamu lakukan. Yang pertama, menghafal bukan untuk Khatam, tapi untuk setia pada Alquran. Menghafal Alquran tujuannya adalah untuk tetap setia pada Alquran, untuk selalu mengamalkannya.Jadi, bukan untuk terburu-buru khatam dan setelah itu tidak mengkhatamkannya lagi. Jangan jadikan Alquran sebagai beban karena tuntutan khatam, tapi sebaiknya kita harus bersyukur ketika menghafal.
Tata Hati Anda Saat Baca Alquran dengan Tujuh Cara Ini
Bagaimana mungkin bagi seorang muslim meninggalkan ajaran yang terdapat dalam Alquran. Apalagi membaca Alquran setiap hari, serta menghayati akan semua makna yang terkandung di dalamnya.Banyak sekali manfaat dan fadhilah yang akan kita dapatkan, ketika kita mampu melantunkan akan setiap Ayat-ayat suci ini dengan penuh keikhlasan. Sayangnya, membaca Alquran memang tidak sekadar dibaca melalui lisan.Akan tetapi, juga harus memusatkan hati dan pikiran agar mampu mendalami serta menghayati akan setiap makna di dalamnya. Lantas, bagaimana cara menata hati saat baca Alquran?
Begini Cara Warga Pakistan Perlakukan Salinan Alquran Rusak
Alquran adalah salah satu mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya berisi petunjuk bagi manusia agar selamat di dunia dan di akhirat. Alquran juga menjadi kitab suci bagi umat Islam.Maka tidak heran, jika sebagai seorang muslim kita harus memperlakukan alquran dengan sangat baik. Kita tidak boleh menempatkannya sembarangan, dan juga diharuskan membaca serta mengamalkan isinya.Seperti kita ketahui, alquran kebanyakan saat ini dicetak di atas kertas. Di mana kertas ini memiliki keterbatasan usia, dan akan rusak seiring dengan berjalannya waktu. Namun Anda harus perhatikan, bagaimana cara memperlakukan salinan alquran yang rusak ini.
Lubang Hitam Supermasif Ini Bingungkan Ilmuwan
 – Sebuah lubang hitam supermasif yang baru saja ditemukan oleh para ilmuwan ini, menantang apa yang ilmuwan ketahui tentang alam semesta awal. Raksasa kosmis, yang diperkirakan muncul hanya 690 juta tahun setelah peristiwa yang dikenal dengan nama ‘Big Bang’ ini, memiliki massa sekitar 800 juta kali massa Matahari kita, ini berarti jauh lebih besar daripada seharusnya untuk usianya yang relatif muda.Hal inilah yang telah membuat bingung para ilmuwan, bagaimana lubang hitam ini bisa membentuk seperti itu. "Inilah satu-satunya objek yang kita amati dari era ini," kata Prof Robert Simcoe dari MIT."Massanya sangat tinggi, namun alam semesta sangat muda, sehingga lubang hitam ini seharusnya tidak ada." "Alam semesta ini tidak cukup tua untuk dapat membentuk lubang hitam yang besar seperti itu. Ini sangat membingungkan." sambungnya. 
12 Fakta Alam Semesta yang Sulit Dipercaya
Rahasia alam semesta yang teramat luas ini takkan pernah mampu diungkap secara ilmiah seluruhnya. Tapi sifat dasar manusia yang selalu penasaran dan memiliki rasa ingin tahu yang tak kalah besar, membuat kita terus berusaha mengungkap setiap rahasia ilmu pengetahuan yang terkandung di dalamnya.Dalam dua abad terakhir, ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat. Dan ini membuka gerbang yang membuat ilmuwan mampu mengurai beberapa rahasia semesta yang luar biasa. Bahkan seringkali, fakta yang diungkap begitu fantastis hingga membuat kita sulit percaya. Mari jelajahi 12 fakta alam semesta yang sulit dipercaya namun memang benar adanya.Panjang DNA manusia bila diurai bisa mengelilingi jarak Bumi ke Pluto bolak-balik hingga 6 kali. Jika Anda mampu mengurai seluruh DNA pada tubuh seorang manusia dan membentangkannya, ia memiliki panjang hingga 34 miliar mil. Sementara jarak Bumi ke Pluto hanya 2,66 miliar mil.