Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Empat Persepsi Keliru dalam Menilai Kesalahan Seseorang

Apakah ada manusia yang tak pernah berbuat kesalahan? Tentunya kita akan sepakat untuk menjawab, tidak. Entah siapapun dia, pemimpin atau bawahan, anak-anak atau orang dewasa, miskin atau kaya, presiden atau rakyat, pasti pernah membuat kesalahan dalam hidupnya.

Mulai dari kesalahan yang sifatnya kecil atau besar fatal . Menyikapi arti kesalahan, maka tentunya tiap-tiap orang memiliki anggapan yang berbeda untuk menilai salah atau tidaknya sebuah perbuatan atau besar-kecilnya sebuah kesalahan.

Hal tersebut akan sangat dipengaruhi dengan norma-norma yang dipercayainya. Berkaitan dengan arti sebuah kesalahan, ternyata terdapat sebuah fakta yang mungkin tak disadari dan hadir di tengah-tengah kita, yaitu persepsi-persepsi keliru dalam menyikapi arti sebuah kesalahan.

Read Full Article
4 Barang ini Dibagikan Gratis karena Kesalahan Tak Sengaja
Di antara kalian pasti pernah dengar atau bahkan merasakan, yang namanya bahagia di atas penderitaan orang lain. Meski sebenarnya tidak patut untuk ditiru, namun kalau momen tersebut datangnya secara tidak terduga, mau bagaimana lagi.Seperti kisah berikut ini, di mana seseorang mendapat keberuntungan dari kesalahan orang lain. Salah satunya mendapat tiket pesawat secara gratis. Gara-gara kesalahan seorang pegawai, United Airlines harus pasrah memberikan tiket gratis kepada penumpangnya.Peristiwa ini terjadi pada bulan September 2013 silam. Saat itu pegawai United Airlines melakukan kesalahan, sehingga harga tiket turun drastis. Para calon penumpang yang menyadari akan hal tersebut, langsung cepat-cepat membelinya.
Hakikat Pemimpin Menurut M Natsir
"Kalau kita sedang berjalan, lalu bertemu dengan dua cabang jalan, ke kiri dan yang ke kanan, maka seorang pemimpin akan berani mengambil risiko untuk memilih salah satu dari dua jalan itu. Kalau dia tidak berani, hanya diam saja, menunggu-nunggu, maka dia bukan pemimpin. Dia pengikut.Akan tetapi, yang mampu mengambil keputusan untuk memilih salah satu di antara dua atau lebih alternatif tadi, dengan ijtihad sekuat mungkin, itulah yang dinamakan pemimpin. Kalau ternyata salah, ya diperbaiki. Jangan sampai disertai nafsu, lalu merasa malu untuk mengakui kesalahan.Kita ini manusia. Imam Syafi i saja mengakui dan mengoreksi fatwa-fatwanya yang lama apabila belakangan ternyata keliru." M. Natsir . Sudah berapa banyak pemimpin kita yang layak disebut sebagai pemimpin? Yang dengan jiwa besarnya berani mengakui kesalahan, bukan terus-menerus melempar kesalahan.
Enam Hal Aneh yang Muncul di Latar Belakang Film Hollywood
Film Hollywood bisa dibilang sebagai film berteknologi canggih dengan efek visual yang terlihat nyata dan menakjubkan. Sangat mustahil, bilamana ada kesalahan dalam film-film Hollywood.Namun perlu diingat, yang merancang film Hollywood juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Beberapa rumah produksi secara tak sengaja membuat kesalahan-kesalahan kecil dalam film yang mereka garap, dan bahkan luput dari pandangan para penontonnya.Seperti beberapa film Hollywood terkenal ini yang ternyata menyimpan kesalahan kecil dalam beberapa adegannya. Secara tak sengaja, ada hal-hal aneh yang menghiasi latar belakang film-film ini. Apa saja?
5 Cara Menilai Orang Lain Menurut Imam Al Ghazali
Sebagian besar orang selalu terjebak dalam ego untuk menilai orang lain. Pekerjaan untuk menilai diri sendiri biasanya kurang begitu memotivasi, tetapi saat diberikan tantangan untuk menilai orang lain, maka gairah dan motivasi akan bersatu padu dalam antusiasme untuk menemukan jati diri orang lain tersebut.Memang kita bukan tidak boleh menilai orang lain. Akan tetapi kita juga harus menginstropeksi diri sendiri. Di saat menilai orang lain tentunya kita hanya bisa menilai dari lahiriyahnya saja. Sebab menilai hati seseorang itu tidak ada dalam kemampuan manusia.Masalah penilaian hati seperti ikhlas atau riyanya seseorang, itu merupakan kekuasaan Allah Swt, yang perlu kita ingat di saat menilai orang lain, jauhkanlah sifat buruk sangka. Sebab belum tentu buruk lahiriyah, buruk pula hatinya.
Delapan Pandangan Keliru Dunia Barat Terhadap Indonesia
.co.id – Elizabeth Pisani, seorang wartawati harian The Guardian, pernah bertanya tentang Indonesia pada orang-orang di London, New York, dan Rio de Janeiro. Kompak, rata-rata mereka hanya bisa memegang dagu sambil garuk-garuk kepala. Yang sedikit berwawasan menjawab, "mungkin di sekitar sini" sambil menunjuk ragu-ragu ke arah peta Indocina atau Asia Selatan.Meminjam kalimat pengusaha James Riady, Indonesia adalah the biggest invisible thing on the planet, benda terbesar yang tak terlihat di planet bumi. Meski merupakan negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia, gaung nama Indonesia tak terlalu populer.Untunglah sejak era internet mewabah, Indonesia mulai dikenal karena penduduknya merupakan pengguna Facebook dan Twitter terbesar. Meski demikian, tetap saja dunia Barat belum banyak tahu tentang Indonesia. Bahkan bagi yang sedikit tahu, mereka malah cenderung memiliki pandangan keliru tentang negara kita. Berikut delapan salah persepsi orang asing pada Indonesia.
Siksa bagi Mereka yang Pandai Menilai Kejelekan Orang
 – Manusia sudah ditakdirkan oleh Allah sebagai makhluk yang tak lepas dari kesalahan. Jadi sudah seharusnya setiap manusia selalu bisa mengoreksi kesalahan diri sendiri, kemudian dijadikan pelajaran agar bisa berbenah diri.Namun, ego dan nafsu selalu mendorong manusia untuk melupakan kesalahan dan kejelekan dirinya sendiri, dan cenderung lebih suka menilai kejelekan orang lain. Sifat seperti ini bisa masuk dalam kategori pengumpat dan pencela.Allah sangat tidak menyukai orang yang suka mengumpat dan mencela orang lain. Tak peduli orang tersebut rajin ibadah dan bagus amalnya, tapi jika dia suka menilai kejelekan orang lain dan melupakan kejelekan dirinya sendiri, maka neraka adalah bagiannya.
Suka Menilai Kejelekan Orang Lain? Ini Balasannya
 – Melihat kejelekan orang lain memang lebih mudah dibandingkan dengan melihat kejelekan diri sendiri. Sedikit saja kita tahu kejelekan seseorang, kadang kita suka membesarkannya. Sedangkan kejelekan diri kita sendiri, walau besar pasti akan disembunyikan karena takut ketahuan orang lain.Sadarlah, tidak ada manusia yang sempurna, dan janganlah menjadi orang yang merasa paling sempurna dengan suka menilai kejelekan orang lain. Apalagi dengan adanya media sosial, lapangan untuk menilai kejelekan orang semakin luas saja.Buktinya saja di media sosial sering kita lihat banyak orang yang mencaci maki, menjelekan, dan bahkan menghina kejelekan yang orang lain lakukan. Jika Anda termasuk orang yang suka menilai kejelekan orang lain, tahu tidak dosa apa yang akan Anda dapatkan? 
5 Kesalahan Konyol dalam Kartun Spongebob yang Tak Disadari
Siapa yang tidak menyukai kartun Spongebob? Tingkah kocaknya bersama Patrick, membuat tokoh kartun yang satu ini melekat di hati penonton Indonesia. Tak mengherankan apabila kartun Spongebob disukai setiap elemen masyarakat.Sama seperti kartun animasi lainnya, Spongebob pun tak luput dari kesalahan animator. Namun karena penonton terlalu asyik menyaksikan tingkah polah tokoh berwarna kuning ini, sehingga kesalahan itu tidak ada yang menyadari.Jika Anda penasaran dengan kesalahan-kesalahan pada animasi Spongebob Squarepants, berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu diingat, Spongebob merupakan cerita fiktif belaka, jadi jangan terlalu dianggap serius.
Pengertian Apresiasi : Manfaat Apresiasi
Pengertian Apresiasi Apresiasi berasal dari bahasa latin appretiatus yang lebih kurang mempunyai arti mengerti serta menyadari sepenuhnya hingga mampu menilai semestinya. Dalam hubungannya dengan seni kata apresiasi mempunyai arti mengerti dan menyadari tentang hasil karya seni serta menjadi peka terhadap nilai estetisnya, sehingga mampu menikmati dan menilai karya seni tersebut. Dalam pengertian yang lebih luas, apresiasi dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang menikmati, mengamati, menghayati serta menilai sekaligus memberi masukan berupa kritikan yang objektif tanpa kehilangan rasa simpati terhadap sebuah karya seni. Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli Kamus Besar Bahasa Indonesia Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apresiasi adalah setiap penilaian baik; penghargaan; seperti misalnya – terhadap karya – karya sastra atau pun karya seni. Hornby Menurut Hornby, dalam Sayuti, pengertian apresiasi mengacu kepada pengertian pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian. Aminuddin Menurut Aminuddin, apresiasi mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau pun kepekaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.
Empat Kesalahan Pasangan yang Harus Anda Maafkan
Setiap orang pasti memiliki kesalahan, baik itu kesalahan kecil maupun besar. Setiap orang pasti tidak pernah lepas dari yang namanya salah dan lupa. Dan itu merupakan hal yang wajar dilakukan oleh banyak orang.Bahkan, merupakan hal yang tidak wajar, jika ada orang yang tidak pernah salah. Siapapun pernah melakukan salah, termasuk kekasih Anda sekalipun. Nah, ketika kekasih Anda melakukan suatu kesalahan pada Anda, apa yang Anda lakukan?Apakah marah, menegur, atau justru diam saja? Biasanya, jika kekasih yang melakukan kesalahan akan lebih mudah dimaafkan daripada kesalahan yang dilakukan oleh musuh. Ya, hal itu dikarenakan kekasih adalah orang yang paling dicintainya. Namun bagaimana, jika kekasih melakukan suatu kesalahan yang besar?
Mana yang Tampak Lebih Muda? Pilihanmu Ungkap Rahasia Tersembunyi
 – Menilai kepribadian orang yang sesungguhnya tidaklah mudah, bahkan kita sendiripun sebenarnya masih abu-abu, menilai seperti apa kita sebenarnya baik itu mengenai karakter maupun cara berpikir yang sebenarnya.Tidak mudah menilai seseorang, karena manusia itu pada dasarnya cenderung dinamis dan sangat kompleks. Oleh karena itu, banyak tes-tes kepribadian yang dibuat oleh para ahli psikologi untuk memudahkan dalam pengelompokan jenis karakter seseorang, meski sebenarnya hal itu belum mencakup secara keseluruhan.Meskipun telah banyak tes-tes kepribadian di luar sana, metode baru masih akan selalu menarik untuk dicoba bagi kebanyakan orang, karena hal itu dianggap bisa membantu mereka memahami dirinya sendiri dengan cara yang lebih baik.
Ini Persepsi yang Dianggap Fakta
Ada gejala bahwa persepsi dianggap fakta di tengah masyarakat kita. Gejala itu diduga lantaran malas melakukan verifikasi atas fakta yang ada. Paling sedikit dipicu karena tak mampu menjangkau fakta yang sesungguhnya.Fakta yang tak terjangkau bisa jadi juga karena dikaburkan atau dihilangkan. Untuk alasan yang terakhir itu patut diduga karena adanya berbagai kepentingan di belakangnya. Mulai dari kepentingan sosial, ekonomi, hingga politik.Kembali soal persepsi yang dianggap fakta. Hal ini bisa menimbulkan kerancuan. Contoh, persepsi bahwa seseorang bersalah, belakangan setelah diteliti orang yang bersangkutan justru berada di posisi yang benar.
Mengenali Kepribadian Seseorang dari Bentuk Punggungnya
Sebelum mengenal seseorang lebih dekat, tentu kita harus tahu terlebih dahulu seperti apa karakter orang tersebut sebenarnya. Beberapa orang tidak bisa langsung dinilai hanya dari omongan atau cara bicaranya saja.Secara psikologi, rata-rata orang akan bertingkah lebih manis, jika menginginkan sesuatu dari kita. Sebaliknya, mereka cenderung akan berpikiran negatif, jika ada yang kurang disukai dari diri kita.Mengenali kepribadian orang yang sesungguhnya, tentu sangat penting agar kita tidak sering salah tingkah dan salah persepsi dalam menilai orang lain. Ada banyak cara untuk mengetahui kepribadian orang yang sesungguhnya, salah satunya adalah dengan melihat seperti apa bentuk tulang punggungnya.
Cara Perbaiki Aib dan Reputasi yang Buruk
Dalam kehidupan terutama bisnis dan karier, kita pasti pernah melakukan kesalahan dan kadang kesalahan tersebut akan berdampak buruk pada reputasi kita dalam berkarier, bahkan bisa menjadi aib seumur hidup.Reputasi yang buruk tentu tidak mudah untuk diperbaiki, karena itu sangatlah penting bagi kita untuk terus menjaga reputasi yang baik. Walaupun tidak mudah, tentunya reputasi buruk masih bisa diperbaiki. Lalu, bagaimana cara memperbaiki aib atau reputasi yang buruk tersebut?Terkadang kita mendapat image atau reputasi yang buruk bukan karena kesalahan atau kecerobohan diri kita sendiri, ada juga sebagian dari kesalahan orang lain atau mungkin akumulasi dari berbagai keadaan. Maka dari itu, sangat penting untuk menyadari posisi Anda apakah memang kesalahan tersebut betul-betul terjadi karena Anda atau tidak.
Sepuluh Kesalahan Ini Kerap Dilakukan 10 Menit Pertama Kerja
Kembali lagi pada produktivitas dalam bekerja. Tidak semua pekerjaan yang kita miliki harus dikerjakan dalam 1 hari yang kita miliki. Ada kalanya kita mengerjakan sesuatu, tapi tidak selesai dalam 1 hari kerja.Hal itu bisa jadi, karena kita tidak produktif dan efektif dalam mempergunakan waktu kerja normal kita. Salah satu hal atau kesalahan yang biasanya membuat kita tidak produktif di kantor adalah datang terlambat.Tapi lebih dari itu, cobalah untuk menghindari 10 kesalahan yang mungkin akan Anda lakukan di 10 menit pertama hari kerja Anda. Kira-kira, seperti apa kesalahan itu? Berikut ulasannya.  
Memotivasi Anak Belajar dari Kesalahan
Manusia memang tak pernah luput dari kesalahan. Manusia merupakan makhluk yang tidak sempurna. Kalimat ini tentu sudah sering kita dengar. Siapa saja dapat melakukan kesalahan dan itu adalah sesuatu hal yang wajar.Namun, akibat dari kesalahan yang dilakukan selalu merugikan. Jarang orang merasa beruntung setelah melakukan kesalahan. Bagaimana, jika kesalahan yang sama dilakukan berulang-ulang? Hal ini bisa dibilang tidak wajar.Berarti mereka tak pernah belajar dari kesalahan yang telah dilakukan. Ternyata belajar dari kesalahan ini, juga bisa kita ajarkan kepada buah hati. Lalu, bagaimana cara ajarkan mereka tentang belajar dari kesalahan?
Ubah Sepuluh Kebiasaan Keliru Anda dengan Cara Ini
Kebiasaan melakukan sesuatu yang sama setiap hari membuat kita tak sadar kalau mungkin saja yang kita lakukan itu tidak tepat. Misalnya saja, kita terbiasa menyajikan makanan dengan cara sama dengan yang dilakukan orang lain.Tapi tahukah Anda, selama ini kita ternyata sering keliru menyajikan beberapa produk makanan yang akan kita konsumsi. Bahkan cara membuka bungkusnya saja mungkin kita keliru. Meski apa yang telah menjadi kebiasaan kita tidak membuat pekerjaan kita terhambat, tapi tentu saja dengan cara yang benar, pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.Berikut Anda akan menyimak sepuluh kebiasaan keliru, yang mungkin telah Anda lakukan selama bertahun-tahun dan bagaimana cara yang benar untuk melakukannya.
Empat Kasus Kesalahan Dokter Paling Fatal
Meskipun seorang dokter memiliki segudang prestasi dan pengalaman, namun tetap saja pasien selalu merasa khawatir. Wajar saja, karena dokter tetaplah seorang manusia biasa yang tak luput dari yang namanya kesalahan. Bahkan meskipun dokter yang bersangkutan sudah berpengalaman sekalipun.Kasus kesalahan dokter ini pun kemudian sering disebut dengan istilah malpraktek. Akibat dari malpraktek memang sangat fatal. Pasalnya yang menanggung akibatnya adalah si pasien, dan bukan tak mungkin nyawa bisa melayang hanya gara-gara kesalahan dokter. Seperti kasus kesalahan-kesalahan dokter berikut ini yang sempat menggemparkan dunia medis.Salah amputasi. Nasib benar-benar apes harus dialami seorang pria bernama Willie King. Pria asal Amerika Serikat ini divonis harus diamputasi salah satu kakinya. Dokter yang menangani kasus Willie kemudian diberikan rekam medik dan penyakit yang dialami Willie. Sialnya, dokter keliru dalam membaca rekam medik sebelum operasi.
Cara Membenarkan Imam yang Salah dalam Salat Berjamaah
 – Dalam hidup ini, manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Kesalahan itu dapat terjadi kapan pun, bahkan ketika sedang mengerjakan ibadah. Dalam islam, ibadah salat berjamaah selalu dipimpin oleh seorang imam.Imam hanyalah manusia biasa, tentu ia tak luput dari kesalahan. Ketika sedang memimpin salat pun ia berkemungkinan melakukan kesalahan, dalam bacaan misalnya.Sebagai makmum, hendaklah membenarkannya. Bagaimana cara membenarkan bacaan imam salat yang salah? Antara makmum perempuan dan laki-laki memiliki cara tersendiri dalam membenarkan kesalahan imam.
Lebih Sehat dengan Memaafkan Kesalahan Orang Lain
Banyak sekali hal kecil, atau hal sepele yang sebetulnya mudah di lakukan, tetapi sepertinya terasa berat sekali untuk dapat dijalankan. Salah satunya adalah memaafkan.Memaafkan kesalahan orang lain memang terkadang sulit, apalagi jika kesalahan orang tersebut tergolong kesalahan yang besar di mata kita. Padahal, menyimpan kemarahan di dalam diri sendiri tidak baik dan dapat menyebabkan kerugian bagi diri kita sendiri.Sikap tulus untuk memaafkan kesalahan setiap orang sudah sering diajarkan, bahkan sejak kecil juga kita sering diajari untuk saling memaafkan. Agar hati ini lebih mudah memaafkan kesalahan seseorang, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja manfaat jika memaafkan seseorang.
Empat Persepsi Keliru dalam Menilai Kesalahan Seseorang
Apakah ada manusia yang tak pernah berbuat kesalahan? Tentunya kita akan sepakat untuk menjawab, tidak. Entah siapapun dia, pemimpin atau bawahan, anak-anak atau orang dewasa, miskin atau kaya, presiden atau rakyat, pasti pernah membuat kesalahan dalam hidupnya.Mulai dari kesalahan yang sifatnya kecil atau besar fatal . Menyikapi arti kesalahan, maka tentunya tiap-tiap orang memiliki anggapan yang berbeda untuk menilai salah atau tidaknya sebuah perbuatan atau besar-kecilnya sebuah kesalahan.Hal tersebut akan sangat dipengaruhi dengan norma-norma yang dipercayainya. Berkaitan dengan arti sebuah kesalahan, ternyata terdapat sebuah fakta yang mungkin tak disadari dan hadir di tengah-tengah kita, yaitu persepsi-persepsi keliru dalam menyikapi arti sebuah kesalahan.
Empat Kesalahan Pria yang Sulit Dimaafkan Wanita
Wanita adalah makhluk lembut yang tak mau disakiti, dibohongi, atau dikhianati. Namun, wanita juga makhluk berperasaan yang selalu memberikan kata maaf kepada pria yang pernah menyakitinya.Akan tetapi, ada kalanya seorang perempuan sulit memaafkan sesuatu atas apa yang telah diperbuat pria kepadanya. Bahkan, cukup mustahil bagi wanita untuk bisa memaafkan beberapa kesalahan yang dilakukan pria. Kira-kira apa saja kesalahan pria yang bisa membuat wanita sulit mengeluarkan kata maaf? Khusus buat kaum pria, jangan coba-coba melakukan kesalahan-kesalahan ini.Perselingkuhan. Jika setiap wanita ditanya, siapa wanita yang mau disekutukan? Pasti semua perempuan menolak keras perselingkuhan. Ketika wanita sudah memberikan cintanya kepada seorang pria, tapi pria itu main-main di balik layar dan menduakan cintanya, saat itulah hati seorang wanita seperti disayat oleh pisau tajam secara perlahan.
Lima Kesalahan Film Marvel yang Tidak Disadari
Marvel terkenal dengan film-film bertema superhero-nya yang selalu sukses puncaki Box Office. Ya, para superhero garapan Marvel memang terkenal kuat-kuat dan juga unik. Jadi, pantas saja setiap ada film superhero baru dari Marvel, pasti filmnya selalu sukses.Walau visual efek dan jalan cerita film garapan Marvel sudah tidak diragukan lagi kecanggihannya, tapi tetap saja selalu ada kesalahan kecil yang luput dari pandangan mata. Bahkan, sangat sedikit yang tahu bahwa dalam beberapa film superhero Marvel ini ada kesalahan-kesalahan kecil.Namanya juga manusia, tak pernah luput dari kesalahan. Berikut kesalahan-kesalahan dalam beberapa film superhero Marvel, yang mungkin tidak Anda sadari.