Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Digital Goods: Pembeli Bukan Pemilik Hanya Pemakai

Terkadang, banyak pengguna atau yang membeli digital goods tertentu beranggapan bahwa apabila mereka membeli sesuatu, seperti lagu, film, dan buku, mereka sepenuhnya memiliki hak terhadap barang tersebut, sama halnya dengan ketika mereka membeli actual goods.

Hak yang sama tersebut antara lain memberikan digital goods tersebut ke orang lain, membagi pemakaian digital goods dengan orang lain, atau bahkan mengoleksi selamanya barang-barang digital yang telah dibeli.

Sesungguhnya ada perbedaan signifikan dari sisi kepemilikan ketika seseorang membeli digital goods dibandingkan dengan membeli actual goods. Bila Anda membeli actual goods seperti buku cetak, ponsel, CD musik, DVD film, pakaian, sepatu, dan banyak barang nyata lainnya, entah itu secara offline maupun online di internet , kepemilikan atas barang-barang tersebut penuh.

Read Full Article
Ini Tipe Pembeli dan Penjual Online Shop di Indonesia
Saya ingin berbagi pengalaman kepada Anda tentang berbagai tipe pembeli online shop yang saya temukan, beserta jenis-jenis penjual yang sering bertebaran di Indonesia.Sebelumnya, saya adalah seorang reseller atau dropshipper dan setelah itu naik level menjadi distributor atau importir, sehingga sudah cukup berpengalaman dalam berjualan online dan mengenali tipe-tipe pembeli serta penjual yang ada di Indonesia.Apa yang saya bagikan di sini adalah berdasarkan pengalaman dan opini, jadi tidak bisa dijadikan acuan kebenaran, Anda sendiri yang bebas menilai benar atau tidaknya. Dan berikut ini terdapat 2 tipe pembeli dan penjual online shop di Indonesia.
Lima Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Pedagang Online
Berjualan online, kini tengah digemari banyak orang. Mulai dari mahasiswa hingga ibu-ibu rumah tangga. Kemudahan menjalankan bisnis online di rumah menjadi alasan mereka menekuni bisnis ini.Meskipun terdengar mudah, ada juga kesulitan-kesulitan yang ditemui para pelaku bisnis online. Bisnis online tak hanya mengandalkan marketing, tapi juga keahlian lain yang perlu dilakukan agar berjualan online makin laris.Dimulai dengan kemampuan copywriting. Agar pembeli tertarik, kamu harus belajar bagaimana cara menulis deskripsi produk yang baik, kalimat-kalimat ajakan agar pembeli mau membeli. Jangan sepelekan hal ini, karena pembeli mau membeli bukan hanya karena produk, tapi juga deskripsi yang menarik dari produk tersebut.
Ku Nantikan Kehadiranmu di Tempat Ini
Aku hanya bisa membayangkan seraut wajah, yang sering kulihat di tempat ini. Wajah cowok yang tidak terlalu tampan, namun tidak terlalu jelek. Raut wajah simpatik, penuh perhatian, dan mudah senyum ini selalu mengasyikkan kala sedang berbicara.Setiap hari Minggu, aku jadi betah untuk datang ke tempat ini. Walaupun hanya sekadar menyaksikan dirimu dari jarak yang cukup jauh. Melihat kamu bercakap-cakap dengan pembeli. Kamu terlalu pandai menarik hati pembeli, terutama kaum cewek.Namun tidak hanya gadis remaja, ternyata ibu-ibu juga senang membeli es cendol jualanmu. Aku pikir, bukan hanya karena kenikmatan es cendol semata yang membuat pembeli menjadi ramai. Cara kamu menawarkan es cendol di tempat wisata sejarah ini, justru bagai besi sembrani.
Sisi Gelap dan Duka Bekerja di Dunia Digital Marketing
Sebagian besar dari Anda, mungkin mengira industri online atau digital marketing adalah pekerjaan yang menyenangkan, kerjaannya hanya di depan komputer dan selalu bermain internet saja.Pada praktiknya, dunia bisnis online marketing digital agency bisa jauh lebih gelap dari yang Anda bayangkan, terutama di Indonesia. Banyak sekali agency yang saya lihat menghalalkan segala cara demi mencapai target.Sulitnya bertahan hidup di ranah ini, jam kerja yang gila, dan bayaran yang terkadang tidak sesuai untuk diperjuangkan. Saya tidak menilai, jika dunia bisnis digital marketing adalah bisnis yang buruk atau tidak menyenangkan. Banyak sekali penghargaan yang sudah diraih oleh beberapa digital agency dalam negeri ini.
Digital Goods: Pembeli Bukan Pemilik Hanya Pemakai
Terkadang, banyak pengguna atau yang membeli digital goods tertentu beranggapan bahwa apabila mereka membeli sesuatu, seperti lagu, film, dan buku, mereka sepenuhnya memiliki hak terhadap barang tersebut, sama halnya dengan ketika mereka membeli actual goods.Hak yang sama tersebut antara lain memberikan digital goods tersebut ke orang lain, membagi pemakaian digital goods dengan orang lain, atau bahkan mengoleksi selamanya barang-barang digital yang telah dibeli.Sesungguhnya ada perbedaan signifikan dari sisi kepemilikan ketika seseorang membeli digital goods dibandingkan dengan membeli actual goods. Bila Anda membeli actual goods seperti buku cetak, ponsel, CD musik, DVD film, pakaian, sepatu, dan banyak barang nyata lainnya, entah itu secara offline maupun online di internet , kepemilikan atas barang-barang tersebut penuh.
Memahami Tiga Karakter Pembeli Indonesia
Seorang penjual harus bisa memahami karakter pembelinya. Sebab dengan memahami karakter pembeli akan mempermudah bisnis kita. Semakin paham, maka kita pun bisa evaluasi bisnis, di mana yang kurang, di bagian mana yang salah, apa yang harus ditingkatkan lagi, dan apa yang harus ditinggalkan dalam bisnis kita.Bisnis itu tentang kemanusiaan, kita kan menjual barang pada manusia, bukan robot. Jadi sehebat apapun suatu pengusaha, mengabaikan sisi kemanusiaan dalam bisnisnya lambat laun akan tumbang. Jadi, kita harus jeli memanfaatkan rasa emosional para pembeli tersebut.Ini tak hanya berlaku bagi pebisnis besar saja, namun juga semua kalangan pebisnis. Untuk itu, mari kita pahami karakter pembeli Indonesia. Sebenarnya setiap dari kita juga pembeli, meskipun kita seorang pengusaha. Itulah kenapa manusia disebut dengan makhluk konsumen dan disebut juga makhluk sosial.
Begini Cara Bagikan Kartu Ucapan Digital di Facebook
Di akhir tahun 2016 lalu, pengguna layanan media sosial Facebook sempat dibuat heboh dengan dirilisnya sebuah layanan unik, bertajuk "Holiday Cards". Apa itu? Fitur tersebut merupakan layanan berbagi beberapa kumpulan kartu ucapan digital, yang bertemakan liburan akhir tahun, di halaman timeline atau pesan Facebook.Bersamaan dengan rilis layanan unik tersebut, dijelaskan pula bila pengguna Facebook nantinya juga bisa menikmati layanan mengirim kartu ucapan digital dengan tema berbeda. Di mana, pengguna bisa menyesuaikannya dengan kejadian atau perayaan tertentu.Membahas lebih jauh tentang kemampuan berbagi kartu ucapan digital bikinan Facebook, maka berdasarkan hasil penelusuran dan uji coba kami diketahui bahwa hingga saat ini, pihak Facebook telah membuat dan membagikan sejumlah kartu ucapan digital lainnya yang terbagi dalam tiga tema perayaan berbeda. Apa saja?
Pengalaman Melenggang di Trotoar Ijo Sidoarjo
Pembeli sibuk memilih makanan dan minuman tradisional. Di sudut lain, sang penjaga toko sibuk melayani pembeli yang antre hendak membayar belanjaannya.Toko oleh-oleh Tanjung, Sidoarjo yang menjajakan aneka makanan khas Sidoarjo, Jawa Timur itu cukup ramai dikunjungi pembeli dan wisatawan.Selain menyediakan produk yang beragam, mulai dari ikan bandeng asap, aneka olahan udang hingga makanan tradisional kota di sekitar Jawa, lokasi toko ini amat strategis. Letaknya di pusat keramaian kota dan persis di sisi jalan.Baca Selengkapnya...
Sales Cantik Dipaksa Tanggalkan Pakaian saat Jual Berlian
Setiap toko yang menjual barang, pasti akan melakukan usaha maksimal agar barang dagangannya laris manis. Meskipun ada beberapa penjual nakal, yang melakukan segala cara demi menarik calon pembeli.Jika yang dijual barang-barang murah, mungkin bisa melakukan promosi dengan cara memberikan tester. Tetapi jika barang yang ditawarkan mahal, mungkin bisa melakukan cara lain yang cukup ekstrem.Seperti toko penjual berlian ini, yang memaksa karyawan wanitanya menanggalkan pakaiannya demi menggaet calon pembeli. Lantas bagaimana reaksi orang-orang di sekitarnya dan juga calon pembeli?
Pemilik Golongan Darah O Wajib Berhati-hati
Jika Anda pemilik golongan darah O, mungkin Anda sudah tahu bahwa pemilik golongan darah ini bisa mendonorkan darahnya untuk semua golongan darah lain, dan ini merupakan karakteristik yang sangat unik.Tapi di sisi lain, pemilik golongan darah ini ternyata hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah yang sama. Namun, ini bukan satu-satunya hal yang membuat Anda istimewa. Ada hal-hal lain yang membuat pemilik golongan darah ini benar-benar unik dan berbeda dari yang lain.Memang benar, pemilik golongan darah O lebih rentan terhadap beberapa penyakit, tapi siapa sangka, Anda juga memiliki karakter sebagai seorang pemimpin, Anda sangat energik, selalu fokus pada tujuan, dan tidak membiarkan apapun menghalangi jalan yang Anda pilih. Karakteristik yang kuat membuat Anda menjadi spesial dan banyak disukai.
'Qalam', Layanan Bikin Kartu Ucapan Digital Bertema Ramadan
 – Memasuki bulan suci Ramadan dan Idul Fitri nantinya, banyak orang berlomba-lomba untuk membuat dan membagikan kartu ucapan digital untuk dibagikan ke akun media sosial online seperti Facebook dan Instagram. Tak hanya itu, kartu ucapan digital juga sering dibagikan ke layanan berkirim pesan seperti WhatsApp, Line sampai dengan media MMS.Membahas tentang kartu ucapan digital bertemakan Ramadan dan Idul Fitri, umumnya sebagian besar orang akan mencoba mencari dan menggunakan gambar kartu ucapan digital melalui layanan mesin pencari Google.Melihat fakta ini, dan tingginya minat pengguna internet mencari kartu ucapan bertemakan Ramadhan dan Idul Fitri, maka Google berinovasi dengan menghadirkan layanan bertajuk 'Qalam'.
Kocak, Obat Ini Hanya Cocok untuk Tentara Tidak buat Polisi
 – Pada suatu kesempatan terjadi ketegangan antara pembeli dan penjual obat di Toko Sehat. Pembeli memprotes khasiat obat yang dijual tidak banyak membantu atas penyakit yang dideritanya. Ia menuding pedagang obat menjual obat palsu. Pembeli itu tidak sendirian. Ia datang temani teman-temannya dengan pakain preman.Kehadiran mereka untuk mengusut penjualan obat-obat palsu dari toko obat yang dibelinya. Obat palsu memang dilarang beredar di Indonesia. "Pak, saya minum obat yang bapak jual palsu ya?" selidik pembeli dengan berpakaian preman."Palsu gimana Pak," tanya pedagang. "Ini loh buktinya, obat yang saya beli kok ga ada khasiatnya. Saya masih mual-mual, pusing-pusing lagi," jelasnya.
'Qalam', Layanan Bikin Kartu Ucapan Digital Bertema Ramadan
 – Memasuki bulan suci Ramadan dan Idul Fitri nantinya, banyak orang berlomba-lomba untuk membuat dan membagikan kartu ucapan digital untuk dibagikan ke akun media sosial online seperti Facebook dan Instagram. Tak hanya itu, kartu ucapan digital juga sering dibagikan ke layanan berkirim pesan seperti WhatsApp, Line sampai dengan media MMS.Membahas tentang kartu ucapan digital bertemakan Ramadan dan Idul Fitri, umumnya sebagian besar orang akan mencoba mencari dan menggunakan gambar kartu ucapan digital melalui layanan mesin pencari Google.Melihat fakta ini, dan tingginya minat pengguna internet mencari kartu ucapan bertemakan Ramadhan dan Idul Fitri, maka Google berinovasi dengan menghadirkan layanan bertajuk 'Qalam'.
Ditawar Harga Tinggi, Pemilik Kerbau 'Bule' Tolak Pembeli
Kerbau adalah salah satu hewan ternak yang dibudidayakan. Biasanya kita mengenal kerbau berwarna gelap. Namun sama seperti binatang lainnya, kerbau juga memiliki kelainan pigmen kulit.Hal ini akan menyebabkan kulit berwarna lebih cerah cenderung merah muda, akibat tidak adanya pigmen di lapisan kulit atau biasa disebut albion. Namun siapa sangka, jika kelainan kulit ini membuat hewan-hewan memiliki harga fantastis.Salah satunya kerbau bule yang satu ini. Bahkan pemiliknya cukup kaget, saat ada pembeli yang menawarkan harga tinggi. Lantas berapa harga yang ditawarkan pembeli kerbau bule yang satu ini?
Cara Ini Abadikan Klise Foto ke Bentuk Digital
Mengabadikan kehidupan ke bentuk digital, saat ini sangat mudah. Anda tinggal ambil telepon seluler (ponsel) dan jepret, jadilah bentuk digital dari apa yang kita harapkan.Tetapi di era sebelum maraknya ponsel berkamera, kita selalu mengandalkan kamera dengan roll film. Dan untuk mencetaknya, kita membutuhkan kertas cetak dan ruangan yang gelap, agar hasilnya bisa diketahui.Tetapi cara itu sangat sulit dan memakan waktu cukup lama. Namun jika Anda memiliki klise--hasil jepretan kamera--tidak perlu berkecil hati untuk mengabadikannya ke dalam bentuk digital. Karena ada cara yang mudah untuk mengubahnya ke dalam bentuk digital.
Simak 10 Tips Berikut Sebelum Kamu Membeli Kamera Digital
Banyak orang menggunakan kamera digital untuk mengambil atau merekam momen indah agar bisa dikenang kemabli suatu saat. Perlu kalian ketahui bahwa banyak sekali tipe kamera digital dan juga harganya yang bervariasi. Salah membeli, maka kalian bisa menyesal. Untuk itulah sebelum memutuskan untuk membeli kamera digital, diperlukan waktu untuk memutuskan kamera digital mana yang ingin dibeli. Berikut ini ada 10 tips berguna bagi kamu yang ingin membeli kamera digital.
Rahasia Menarik Kasir Supermarket yang Jarang Pembeli Tahu
Di setiap tempat perbelanjaan pasti memiliki kasir. Di kasirlah pembeli dapat membayar barang yang ingin mereka beli. Sementara itu, si tukang kasir akan menghitung dan menyebutkan berapa uang yang harus pembeli bayarkan untuk barang yang ingin dibeli.Namun sebenarnya, tugas dari seorang kasir tidak hanya menangani setiap pembelian. Masih banyak hal yang tidak diketahui pembeli terkait dengan kasir di pusat-pusat perbelanjaan. Pasti kalian pernah melihat seorang kasir yang mampu menyelesaikan transaksi dengan cepat.Bahkan, untuk menulis jumlah harga yang tergolong penting, mereka bisa melakukannya dengan hitungan detik saja. Ternyata, mereka melakukan transaksi dengan cepat karena tuntutan pekerjaan. Ya, penilaian seorang kasir berdasarkan kecepatan mereka dalam menangani transaksi. Semakin cepat akan semakin baik.
Keliling Surabaya, Mampir ke Warung Soto Ayam Hartono
.co.id – Surabaya terkenal akan udaranya yang panas. Pun demikian, destinasi wisata yang ada di kota ini benar-benar populer di kalangan traveler. Tak hanya itu saja, kulinernya pun tak mudah ditemukan di kota lain.Salah satunya soto ayam yang rasanya nendang banget. Nah, penasaran di manakah warung soto ayam enak di kota ini? Di Surabaya ada sebuah warung kaki lima yang dari luar nampak kacau. Meski begitu, warung ini selalu ramai didatangi pembeli.Warung Soto Ayam Hartono, tempat makan yang tak pernah sepi pembeli itu. Dulunya, warung ini berada di Jalan Undaan Wetan dan hampir tak pernah sepi pembeli. Bahkan, mereka rela antre dan rebutan, demi bisa menikmati semangkuk soto ayam olahan Pak Hartono ini duluan.  Wah, jadi penasaran bukan, seenak apa Soto Ayam Hartono ini?
5 Data Penting yang Wajib Diketahui Pemilik Bisnis Online
.co.id – Data dapat menjadi patokan yang sangat berarti untuk pemilik bisnis online. Dengan melihat data, pemilik bisnis online dapat mengetahui apa yang harus dilakukan, dan apa yang tidak harus dilakukan.Bagaimana tidak, untuk memperoleh suatu data yang akurat diperlukan adanya suatu pengamatan terhadap suatu kelompok dalam waktu tertentu. Data berikut ini adalah hasil survey yang dilakukan oleh Visual Website Optimizer. Bagi Anda pemilik toko online, sebaiknya ketahui 5 data berikut ini demi kemajuan bisnis online Anda. Lantas, data penting apa saja yang wajib pemilik bisnis online ketahui?
Sopir Taksi Kembalikan Ponsel Hilang, Si Pemilik Malah Marah
Apa reaksi Anda saat menemukan dompet atau ponsel tercecer di jalan? Bagi mereka yang baik hati, pasti ia akan mencari tahu siapa pemilik barang tersebut dan segera mengembalikannya. Tapi tak sedikit yang mengambil kesempatan ini untuk keuntungan pribadinya. Daripada bersusah payah mencari sang pemilik, lebih baik barang tersebut diakui menjadi miliknya.Seorang sopir taksi asal Filipina, Roberto Elliot, termasuk golongan orang baik hati yang berusaha mengembalikan ponsel yang ia temukan. Ia berhasil menemui sang pemilik ponsel. Sayang, respon yang ia dapat dari pemilik ponsel tersebut tak seperti yang diharapkan.Baru-baru ini, seorang perawat, Luigi Lim, tak sengaja kehilangan ponsel iPhone SE miliknya saat naik taksi Elliot pada Jumat malam. Alih-alih gembira, si pemilik malah merasa tak senang ponselnya dikembalikan, mengapa?
Buka Keran Rezeki Orang Lain, Siap-siap Kebanjiran Rezeki
Manusia dituntut oleh Tuhannya agar menjadi manusia yang baik, dan berguna bagi manusia lainnya. Sama halnya dengan seorang pebisnis, tidak melulu yang didepankan hanya keuntungan semata, namun kebaikan pula terhadap orang lain. Persaingan dalam bisnis itu biasa, jika ada pebisnis yang otaknya kotor, suka usil dengan usaha orang lain, biasanya rezekinya mampet.Logikanya begini, seorang penjual yang menjelek-jelekkan penjual lain kepada pembeli, berharap si pembeli berlangganan sama si penjual pertama tadi. Sekali dua kali, mungkin pembeli terpengaruh oleh hasutan dari pembeli itu, namun di lain hari belum tentu. Karena setiap orang punya sifat kritis, rasa ingin tahu.Jadi si pembeli ini pun ingin membuktikannya sendiri, apakah memang betul apa yang dibilang si penjual tadi. Namun, setelah diketahui sendiri, apa yang dibilang si penjual pertama, tidak benar, kalaupun ada sedikit keburukan, dilebih-lebihkan.
Contoh Formulir
Pengertian Formulir Menurut Para Ahli Menurut Rama serta Jones (2008, p234), formulir yaitu dokumen terpola yang berisi field kosong yang bisa di isi pemakai dengan datanya masing-masing. Menurut Puspitawati (2011, p67) Formulir bisa di definisikan sebagai secarik kertas atau media yang mempunyai ruang untuk diisi dengan beragam informasi sebagai dasar pencatatan transaksi atau kegiatan ekonomi sebuah unit organissasi. Bisa diambil kesimpulan kalau formulir yaitu secarik kertas yang mempunyai ruang yang terformat serta di isi oleh pemakainya. Elemen Rancangan Formulir Menurut Rama serta Jones (2008, p335), menyebutkan kalau elemen - elemen penting dalam formulir terbagi dalam: Text Boxes yaitu ruang pada formulir yang dipakai untuk memastikan informasi yang ditambahkan ditabel atau menampilkan informasi yang di baca dari table. Label yaitu Label membantu pemakai untuk mengerti informasi apa yang perlu dimasukkan. Pencarian fitur (Look up feature) yaitu Look up feature kerap kali ditambahkan ke kotak text yang dipakai untuk memasukkan kunci asing. Tombol perintah (common button) dipakai untuk melakukan sebuah tindakan. Contoh: Save, delete, post, print, dan lain-lain. Tombol radio (radio button) memungkinkan pemakai untuk memilih salah satu dari piranti pilihan Check Box serupa dengan tombol radio namun dapat memilih lebih dari satu pilihan.
Hukum Membeli Barang Rampokan dalam Islam
Penadah adalah profesi yang melawan hukum. Dalam suatu transaksi jual beli barang, terkadang atau kebanyakan pembeli tertarik dengan barang yang dijual di bawah harga pasar. Ini merupakan hukum pasar yang tidak tertulis dan suatu hal yang lumrah dalam praktik jual beli.Apalagi, jika si pembeli ternyata berniat untuk menjual lagi dengan harga pasaran, tentunya ia akan mendapat keuntungan dari selisih harga pembelian awal. Ketentuan pasal 480 KUH Pidana tersebut di atas, mengatur 2 dua perbuatan yakni perbuatan bersekongkol dan perbuatan mengambil keuntungan dari barang yang diperoleh karena kejahatan.Sayangnya, terkadang keinginan untuk mendapat selisih atau keuntungan tersebut dapat menjerat si pembeli dalam masalah hukum pidana.Lalu, bagaimana Islam memandang hukum tentang membeli barang rampokan atau curian tersebut?