Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Enam Tips Sukses Melatih Anak Puasa

Bulan ini adalah bulan penuh rahmat. Semua umat Islam yang ada di dunia menjalankan ibadah puasa. Di Indonesia sendiri, puasa dijalankan selama kurang lebih 14 jam dalam sehari. Dan tak terkecuali juga, anak-anak muslim, turut memeriahkan puasa bersama ini. Biasanya, para orang tua akan bertanya-tanya sebenarnya pada usia berapa idealnya anak itu turut menjalankan ibadah puasa? Kira-kira dia mampu apa tidak menahan lapar dan dahaga? Tak perlu khawatir, karena pada diri setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda dan unik. Jadi sebenarnya tak ada patokan yang pasti, kapan orang tua mulai mengajarkan puasa pada anak-anaknya. Yang terpenting adalah memperkenalkan sedini mungkin kepada anak mengenai ritual agama dan ibadah puasa.

Read Full Article
Sepuluh Menu Praktis untuk Buka Puasa
Puasa baru memasuki hari ke-11, saya sudah mulai kehabisan menu. Padahal, sebelumnya sudah saya buat daftar sepuluh menu sayuran praktis buat buka puasa dan ditempelkan di kulkas, ternyata menu dalam daftar tersebut tak tersentuh.Hanya beberapa yang aku masak. Sebab, kalau puasa begini daftar sayur maupun buka puasa, yang tentukan anak-anak. Seperti kemarin, saya masak pecel dan tahu krispi serta dadar jagung, ternyata mereka hanya makan dadar jagung dan tahu krispi serta minum es blewah atau garbis saja sudah kenyang. Alhasil, pecel hanya saya yang makan. Untuk itu, berikut saya akan memberikan beberapa menu praktis untuk berbuka puasa.Sayur bening bayam. Sayur bening, merupakan salah satu menu sayuran yang memasaknya paling mudah, praktis dan cepat. Walau tak bisa tahan lama, hanya satu kali santap saja. Bumbunya juga minimalis, hanya bawang merah, kunci, gula dan garam.
Begini Manfaat Puasa Obati Beragam Penyakit
 – Puasa berarti menahan diri dari makan dan minum, serta mengekang hawa nafsu dalam jangka waktu pendek atau panjang untuk tujuan tertentu. Puasa adalah metode yang paling tua, paling efektif, dan juga paling mujarab untuk mengobati beragam penyakit.Puasa bahkan telah diakui sebagai landasan penyembuhan alami. Arnold Eheret, pencetus sistem penyembuhan diet tanpa otot, menggambarkannya sebagai "Satu-satunya obat penyembuhan yang universal dan mahakuasa", dan "satu-satunya hukum dasar alam dari semua penyembuhan dan pengobatan”.Praktik puasa adalah salah satu kebiasaan paling kuno atau telah lama ada. Hal ini diikuti di hampir setiap agama. Termasuk Islam, Buddha, Hindu, dan banyak lainnya memiliki periode puasa khusus dalam ajarannya. Puasa untuk penyembuhan penyakit juga telah didukung oleh aliran filsuf alam, Asclepiades, lebih dari dua ribu tahun yang lalu.Baca Selengkapnya ...
Kebiasaan Puasa Ini Bikin Kamu Rindu Masa Kecil
Setiap bulan puasa tiba, kadang kita suka teringat dengan kebiasaan saat waktu masih kecil. Ya, puasa waktu masih kecil dan saat dewasa memang berbeda jauh. Ada hal yang bikin rindu dan tidak bisa terulang saat sudah beranjak dewasa.Puasa waktu kecil, kita tidak dibebankan dengan pikiran uang, pelajaran, pacar, dan juga mantan. Yang ada hanyalah kesenangan yang membuat kita bisa menikmati hidup ini. Dan berikut ini terdapat beberapa kebiasaan saat puasa yang pernah dilakukan semasa kecil dulu. Apa saja?Salah satunya kabur saat sedang sujud salat tarawih. Namanya juga anak-anak, mereka belum diwajibkan untuk salat. Tapi ketika salat tarawih tiba, anak-anak suka antusias untuk mengikuti salat super santai ini. Tapi, kebanyakan anak-anak niatnya bukan untuk salat tarawih, melainkan untuk bermain-main bersama temannya.
Tujuh Hal yang Harus Diprioritaskan Jika Ingin Sukses
Semua orang pasti ingin menjadi sukses, sukses dalam segala hal, terutama dalam hal karier. Namun untuk menjadi orang sukses, bukanlah perkara yang mudah. Kita harus bekerja keras banting tulang demi bisa menjadi orang yang sukses.Selain itu, kita juga harus menerapkan gaya hidup hemat untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu. Bagi yang ingin menjadi orang sukses, Anda juga harus memiliki pola pikir khusus. Jika menganggap kesuksesan tersebut sulit diraih dan belum apa-apa Anda sudah pesimis, tentu Anda akan sulit untuk bisa menjadi orang sukses.Oleh sebab itu, setiap orang yang ingin sukses harus melatih diri sedini mungkin untuk selalu berpikir positif dan optimis. Untuk meraih kesuksesan,ada beberapa hal yang harus Anda prioritaskan. Apa sajakah itu?
Penelitian Terbaru Ungkap Puasa Mampu Kurangi Risiko Kanker
Puasa di bulan Ramadan adalah kewajiban, bagi umat muslim. Dan semua ahli kesehatan hingga ulama setuju, jika puasa akan memberikan banyak manfaat dan terutama menyehatkan tubuh.Puasa pada intinya adalah menahan hawa nafsu, dan juga mengatur pola makan. Bahkan dalam penelitian terbaru, ahli medis menemukan manfaat yang luar biasa dari puasa terutama jika dikerjakan secara teratur.Puasa akan menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke atau kanker sekali pun. Lantas seperti apa puasa yang sehat menurut ahli medis ini? Berikut ulasannya.
Lima Hal Sederhana Ini Dapat Melatih Kesabaran Anda
Anda pasti setuju dengan saya bahwa, kesabaran itu dapat dilatih karena kesabaran adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan kita.Dengan bersabar, Anda akan mengontrol emosi agar tidak meluapkan kemarahan dengan seenaknya agar tidak menyakiti orang lain. Tanpa Anda sadari, sebenarnya melatih kesabaran dapat dimulai dari hal-hal kecil yang ada dalam kehidupan kita.Sesederhana mungkin cara tersebut, maka akan sangat efektif untuk melatih kesabaran kita. Dan berikut ini terdapat lima hal sederhana yang dapat melatih kesabaran seseorang yang biasanya terjadi begitu saja dalam kehidupan kita tanpa kita sadari.
Tips Puasa Ramadan Bagi Penderita Asam Lambung
 – Tak terasa Ramadan sudah di depan mata, tak sabar kita semua menanti kedatangan bulan yang penuh berkah tersebut. Di bulan Ramadan sendiri, sebagai umat muslim kita akan menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.Puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban kita sebagai umat Islam. Namun puasa Ramadan menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama yang memiliki masalah penyakit seperti penyakit lambung. Namun, bagaimana pun ibadah puasa harus tetap dijalankan.Nah, bagi anda penderita penyakit lambung atau maag, ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar ibadah puasa tetap lancar dan tidak memperparah kondisi penyakit lambung yang Anda derita. Berikut tipsnya.
Delapan Tips Lancar Jalankan Ibadah Puasa
Puasa sudah seminggu lebih menghampiri kita. Puasa Ramadan itu hukumnya wajib bagi umat Islam yang sedang tidak ada halangan. Meskipun puasa Ramadan hukumnya wajib, namun tak semuanya berpuasa. Karena, ada beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa, namun bisa menggantinya di waktu yang lain.Salah satu golongan yang diperbolehkan tersebut adalah ibu yang sedang menyusui. Meskipun demikian, masih banyak juga ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah puasa. Boleh-boleh saja, asalkan nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi selama melaksanakan puasa.Sebenarnya ada beberapa aturan yang mesti dilaksanakan, agar dalam melaksanakan ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan mengatur menu makanan yang disantap ketika sahur dan berbuka puasa.
Orang-orang Yang Wajib Mengqodho Puasa dan Membayar Fidyah | Tipsiana
Meski ramadhan telah berlalu kewajiban sebagai muslim untuk mengganti puasa yang ditinggalkan tetap harus dijalankan. Sangat jelas hukumnya bagi orang yang meninggalkan puasa adalah dengan wajib menggantinya sebanyak puasa yang ditinggalkan.Ada beberapa golongan yang wajib membayar puasa dengan mengqodho dan membayar fidyah. Siapa yang wajib mengqodho atau membayar fidyah dari orang yang boleh meninggalkan puasa?
Kebiasaan Wanita yang Bikin Sulit Sukses
.co.id – Kesuksesan merupakan impan semua orang. Namun tidak mudah untuk bisa menjadi sukses. Sukses tidak hanya angan-angan atau kata-kata, namun harus ada perjuangan dan kerja keras yang harus dilakukan untuk bisa meraih sukses yang diimpikan tersebut. Bahkan kita harus berjuang hingga berdarah-darah agar bisa sukses.Banyak orang ingin sukses, namun hanya segelintir orang yang mu bekerja dan berjuang keras. Sukses tidak harus menunggu tua, karena kita bisa sukses di usia muda dengan cara bekerja dan berusaha keras. Sukses di usia muda memang impian semua anak muda, dengan sukses di usia muda, kita tak perlu bingung menghabiskan masa tua.Untuk bisa sukses di usia muda, tidaklah sulit, sudah ada banyak contohnya, pemuda usia 20-an bahkan belasan tahun sudah sukses luar biasa. Berbicara tentang sukses di usia muda, ada beberapa kebiasaan yang ternyata menghambat Anda untuk bisa sukses, kebiasaan tersebut lebih sering dilakukan wanita. Hal ini bisa menjadi introspeksi diri mengapa Anda belum sukses, bisa jadi Anda termasuk orang yang selalu melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.
Negara dengan Durasi Waktu Puasa Terpanjang
Ibadah puasa merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap muslim di seluruh dunia. Puasa wajib dijalankan selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Puasa dimulai dari saat azan subuh berkumandang sampai pada saat azan magrib.Pada setiap negara memiliki waktu atau durasi puasa yang berbeda-beda tergantung di mana negara itu berada. Bagi kita sendiri yang berada di Indonesia, biasanya berpuasa dengan durasi sekitar 13 jam.Namun, ada negara-negara lainnya dengan letak geografis yang berbeda-beda sehingga membuat waktu mereka menjalankan ibadah puasa juga berbeda. Ada negara yang memiliki waktu puasa yang cepat dan juga ada yang sangat lama. Mana saja negara dengan waktu puasa terpanjang?
Tentang Kewajiban Berpuasa di Bulan Ramadan
Puasa itu secara kasat mata adalah ibadah menahan lapar dan haus. Orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa tidak akan pernah terlihat makan atau minum pada siang hari. Akan tetapi dalam hukum Islam, berpuasa pada hakikatnya adalah menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa itu sendiri mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.Tidak hanya makan dan minum yang dapat membatalkan puasa. Sikap dan tindakan serta ucapan yang tidak baik, juga mengurangi nilai ibadah bahkan membatalkan ibadah puasa. Puasa seseorang akan sah dan bernilai ibadah, bila memenuhi syarat dan rukun puasa itu sendiri.Memang berat melaksanakan ibadah puasa. Oleh sebab itu, tidak semua orang dapat menjalani puasa dengan baik. Bahkan mungkin berpuasa itu hanya sekadar mendapatkan lapar dan haus belaka.
Parah, Empat Negara Ini Larang Warganya untuk Puasa
Hanya tinggal menghitung hari puasa Ramadan 1437 H dimulai. Di Indonesia, pasti semua warganya yang mayoritas beragama Islam riang gembira menyambut Ramadan tahun ini.Tapi berbeda dengan warga Muslim di beberapa negara ini, yang dilarang menjalankan ibadah puasa Ramadan oleh pemerintahnya. Beberapa alasan membuat pemerintah negara ini, mengeluarkan larangan bagi warganya yang beragama Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Berikut beberapa negara yang pernah melarang warganya yang beragama Islam untuk menjalankan ibadah puasa.Inggris. Dulu Inggris adalah negara yang cukup anti-Islam, tapi sekarang Inggris mulai senang dengan umat Muslim. Tapi untuk urusan puasa, mereka kelihatannya masih belum bisa menerima.
Rahasia Keistimewaan Hari Senin dan Kamis
Pernahkah Anda menjalankan puasa sunah Senin dan Kamis? Puasa Senin Kamis, termasuk puasa sunah yang banyak dijalankan umat muslim, karena Rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wasallam juga mencontohkannya.Mungkin tak banyak yang tahu, kenapa puasa harus dilakukan pada hari Senin dan Kamis dan bukan hari yang lainnya? Dalam islam, terdapat hari-hari, malam-malam, dan juga bulan-bulan yang sangat istimewa. Nah, hari Senin dan Kamis sendiri termasuk hari yang istimewa, selain hari jumat yang diagungkan.Bahkan, Rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wasallam juga melakukan puasa pada hari tersebut. Lantas, apa sih keuntungan yang didapatkan dari puasa sunah tersebut? Dan, apa saja keistimewaan dibalik hari Senin dan Kamis?
Tips Kembalikan Stamina yang Hilang Karena Puasa
Saat berpuasa kita diharuskan menahan lapar dan dahaga seharian penuh. Puasa memang akan terasa berat bagi yang tidak khusu dan tidak iklas menjalaninya, hingga tak jarang puasa membuat orang menjadi lemas dan tidak bersatamina.Namun meskipun demikian, jangan Anda menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan karena tubuh lemas dan kurang berstamina. Puasa justru sangat baik untuk kesehatan, karena dengan puasa banyak penyakit yang bisa kita cegah dan kita atasi.Nah berbicara tentang stamina di bulan puasa, ada beberapa tips agar tetap berstamina dan bersemangat dalam melakukan aktifitas, mesti sedang menjalankan ibadah puasa. Nah berikut beberapa tips ampuh untuk mengembalikan stamina yang hilang karena berpuasa.
Lima Tips Wisata Saat Berpuasa
Menjalankan Ibadah puasa tidak berarti menghentikan segala aktivitas seperti traveling ataupun wisata. Jadi untuk tetap nyaman berlibur atau berwisata di bulan puasa ini bisa menerapkan beberapa tips agar tetap lancar berwisata saat bulan puasa.Nah agar wisata tetap lancar dibarengi ibadah puasa juga lancar, berikut ini ada 5 tips wisata saat berpuasa. Salah satunya mengonsumsi makanan yang bergizi. Yang pertama kita mulai dari saat sahur untuk mengatur seberapa porsi tenaga yang kita butuhkan saat wisata.Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang tinggi, jika perlu minumlah vitamin untuk menjaga stamina saat berwisata saat bulan puasa.
Inilah Puasa Sunah yang Paling Istimewa
VIVA.co.id – Sebagian orang menganggap bahwa ibadahnya tidak cukup hanya dengan amalan-amalan wajib saja. Mereka melakukan amalan sunah untuk menambah pahala dan mendapat berkah dari Allah SWT.Salah satu amalan tambahan yang banyak dikerjakan kaum mukmin adalah puasa sunah. Di antara puasa sunah yang kerap dilakukan adalah puasa senin-kamis, puasa tiga hari setiap bulan hijriyah, dan puasa sunah lainnya.Ternyata, di antara banyaknya puasa sunah yang sering dilakukan oleh kaum muslim ada satu puasa sunah yang paling istimewa. Puasa apakah yang paling istimewa tersebut? Berikut informasi selengkapnya.Baca selengkapnya..
Cara Mengatur Gizi Anak Saat Puasa
Pemenuhan gizi yang benar akan membantu anak bisa melewati puasa dengan kondisi tubuh tetap fit dan bugar. Selain karbohidrat dan protein yang membantu anak tetap berenergi, mengonsumsi makanan berserat juga sangat penting untuk buah hati. Sebab makanan ini bertahan lama dicerna.Ahli gizi RS Husada Utama Surabaya, Eko Dwimartini menuturkan, sebenarnya tidak ada perbedaan dalam mengatur gizi seimbang untuk anak di bulan puasa dan bulan biasa. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah pemenuhan kebutuhannya. Sebab, anak di siang hari tidak makan dan minum karena puasa. "Nah, tinggal bagaimana memenuhi kebutuhan gizi agar tetap terpenuhi saat anak berpuasa." katanya.Pada saat anak berpuasa atau tidak, kebutuhan kalori dalam tubuhnya jumlahnya tetap sama. Demikian pula dalam pemenuhan komposisi makanan yang dikonsumsinya. Yang menjadi beda yakni pada pola waktu makannya saja. "Biasanya pagi, siang dan malam. Sekarang ganti saat sahur, buka dan tawarih," sambungnya.Baca Selengkapnya...
Sepuluh Tempat Buka Puasa Paling Populer di Jakarta
Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain dapat menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari kemenangan Idul Fitri, bulan Ramadan juga identik dengan kegiatan-kegiatan yang hanya bisa dilakukan saat bulan puasa, salah satunya adalah buka puasa bersama atau ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.Bagi Anda yang bosan berbuka puasa di rumah atau ingin merasakan sensasi berbuka puasa yang lebih berkesan dan unik, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke tempat-tempat buka puasa paling populer di Jakarta berikut ini.Kota Tua Jakarta. Terletak di Utara kota Jakarta, Kota Tua Jakarta menawarkan Anda untuk berbuka puasa bersama teman atau keluarga. Selain dapat menikmati aneka hiburan yang ada serta pemandangan Kota Tua dengan gedung-gedung bergaya arsitektur Belanda, Anda juga dapat menikmati berbuka puasa dengan asyik di tempat ini.
Pengertian Puasa : Macam Dan Sunah Puasa
PENGERTIAN PUASA Secara bahasa, puasa atau shaum dalam bahasa Arabnya berarti menahan diri dari segala sesuatu. Jadi, puasa itu ialah menahan diri dari segala perkara seperti makanan, minuman, berbicara, menahan nafsu dan syahwat, dls. Sedangkan secara istilah, puasa yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa yang dimulai sejak terbit fajar hingga matahari terbenam. Dalam Al-qur’an surat Al-Baqoroh ayat 187 menerangkan tentang kewajiban berpuasa. Puasa adalah menahan. secara artian adalah menahan keinginan hawa nafsu(atau jasad/diri).namun justru malah menjalankan keinginan keinginan Allah lah yang terkandung di dalam AlQuran. sehingga lebih optimal lagi dalam menjalankan ibadah yang Allah inginkan.
Enam Tips Sukses Melatih Anak Puasa
Bulan ini adalah bulan penuh rahmat. Semua umat Islam yang ada di dunia menjalankan ibadah puasa. Di Indonesia sendiri, puasa dijalankan selama kurang lebih 14 jam dalam sehari. Dan tak terkecuali juga, anak-anak muslim, turut memeriahkan puasa bersama ini. Biasanya, para orang tua akan bertanya-tanya sebenarnya pada usia berapa idealnya anak itu turut menjalankan ibadah puasa? Kira-kira dia mampu apa tidak menahan lapar dan dahaga? Tak perlu khawatir, karena pada diri setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda dan unik. Jadi sebenarnya tak ada patokan yang pasti, kapan orang tua mulai mengajarkan puasa pada anak-anaknya. Yang terpenting adalah memperkenalkan sedini mungkin kepada anak mengenai ritual agama dan ibadah puasa.
Jangan Hormati Orang Tidak Puasa Ramadhan
“Jangan makan di luar orang lagi puasa!” Ibu, selalu menegur saya waktu kecil dulu jika makan di luar rumah saat bulan puasa. Ibu saya memang bukan orang alim agama namun paham betul dalam menghormati bulan Ramadhan. Bulan puasa yang hanya ada setahun sekali ini wajib di hormati karena kaidah dalam bulan ini adalah berpuasa. Tak ada bulan lain selain bulan ini yang menganjurkan untuk puasa sebulan penuh. Puasa yang paling dasar adalah menahan lapar dan dahaga. Jelasnya tidak dibenarkan makan dan minum di bulan ini. Jika tidak berpuasa sekali pun maka hormatilah bulan ini, bukan saja orang yang sedang berpuasa.
5 Tips Ajarkan Anak Puasa Sehat saat Ramadan
Tak terasa Ramadan telah berjalan lebih dari sepuluh hari. Tak terasa pula saya berhasil mengajak anak pertama saya, Kakak 6 tahun untuk menjalankan puasa sehat. Terkejut buat saya dan suami, melihat Kakak yang berhasil berpuasa tanpa drama.Soalnya kami dulu saya dan suami sulit sekali diajak puasa ketika masih TK. Segala macam drama kami lakukan, mulai dari tidur kembali saat dibangunkan untuk sahur, lupa makan sesuatu saat berpuasa padahal itu kami sengaja , atau pura-pura tidak kuat dan akhirnya berhenti berpuasa.Namun, Kakak dengan mudahnya menjalankan puasa penuh semangat. Selama 15 hari hanya 3 hari yang bolong--2 hari sakit panas, 1 hari perjalanan jauh, dan semoga bertahan hingga Ramadan berakhir. Lalu,bagaimana caranya si Kakak bisa tetap sehat saat puasa?