Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Ngabuburit Berkah dengan Berkunjung ke Masjid Darul Falah

Ngabuburit menjadi kegiatan khas ramadan yang jamak dilakukan orang di sore hari, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Seperti halnya warga Pacitan, setiap sore terlihat banyak orang jalan-jalan melewati Jalur Lintas Selatan JLS hingga kawasan Pantai Teleng Ria buat ngabuburit.

Tapi, ada satu tempat yang bisa membuat ngabuburit menjadi makin berkah, yaitu dengan berkunjung ke Masjid Darul Falah. Sebagian besar warga Pacitan pasti asing dengan nama Masjid Darul Falah, wajar mengingat mereka lebih mengenal masjid di barat alun-alun kota ini dengan nama Masjid Agung Pacitan.

Masjid yang dulu ukurannya kecil, kini berubah menjadi masjid yang lapang dengan arsitektur bangunan yang sangat indah. Di bulan puasa seperti ini Masjid Darul Falah bisa menjadi salah satu pilihan tempat ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Read Full Article
Uniknya Oleh-oleh Khas Aceh di Masjid Baiturrahim
Kalau kita mau pergi ke Pelabuhan Ulee Lheue, maka kita akan menjumpai sebuah masjid yang menjadi saksi kedahsyatan tragedi Tsunami di Aceh. Nama masjidnya adalah Masjid Baiturrahim. Sudah pada tahu belum, kalau masjid ini menjadi satu dari sedikit bangunan yang masih kokoh berdiri di kawasan Ulee Lheue ketika musibah itu terjadi. Walaupun ada beberapa masjid lain yang juga bertahan dari bencana tersebut. Masjid Baiturrahim ini beda, masjid ini menyimpan nilai historis yang lebih mendalam karena usianya yang panjang. Ketika bencana Tsunami itu terjadi, masjid ini tetap kokoh berdiri di tengah hamparan puing bangunan sekitarnya yang telah hancur. Hanya sebagian kecil bagian bangunan yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut.Dan setelah kejadian itu, masjid ini menarik perhatian banyak pihak dari berbagai belahan dunia. Sebagai salah satu rumah ibadah yang selamat dari bencana, keberadaan masjid ini menjadi daya tarik wisata bernuansa religi, selain Masjid Agung Baiturrahman dan Masjid Rahmatullah Lampuuk.
Tujuh Masjid di Jogja Ini Berikan Menu Buka Puasa Gratis
Umumnya masjid-masjid di bulan puasa menyediakan takjil gratis untuk jamaahnya. Lain dengan masjid yang ada di Jogja ini, bukan hanya takjil yang mereka berikan namun menu berbuka lengkap termasuk makanan berat.Sudah pasti traveler yang beribadah ke masjid-masjid ini selama bulan puasa bakal mendapatkan nikmat berlipat. Pada bulan puasa banyak orang yang meningkatkan kualitas ibadahnya. Salah satu caranya adalah dengan giat salat berjamaah ke masjid, tidak heran selama ramadan masjid-masjid menjadi penuh.Meski niat utamanya adalah beribadah, namun di bulan puasa ini banyak pula masjid yang berbagi berkah dengan menyediakan menu berbuka untuk para jamaahnya. Seperti 7 masjid di Jogja ini, bukan hanya takjil panitia masjid menyediakan menu berbuka lengkap.
Delapan Lokasi Ngabuburit Favorit di Bandung
Momen ngabuburit selalu ditunggu-tunggu saat bulan puasa tiba oleh banyak orang, tak terkecuali traveler Muslim yang tinggal di Bandung. Beruntung ibukota provinsi Jawa Barat ini punya banyak pilihan tempat menarik buat menghabiskan waktu sore menunggu bedug berbuka.Bandung punya beragam tempat keren untuk dijadikan tujuan ngabuburit selama puasa. Meski minus laut, namun semangat untuk ngabuburit traveler Muslim Bandung tidak pernah surut.Ada taman-taman kece hingga wisata alam yang mengagumkan siap masuk dalam daftar tujuan ngabuburit. Berikut kami kumpulkan delapan lokasi ngabuburit favorit di Bandung.
Mengenal Situs Masjid Besar Manonjaya di Tasikmalaya
.co.id – Situs Masjid Besar Manonjaya adalah salah satu situs bersejarah di Kabupaten Tasikmalaya. Masjid Besar Manonjaya sudah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 238/M/1999 tentang Penetapan Keraton, Gedung, Masjid di Wilayah Provinsi Jawa Barat sebagai Benda Cagar Budaya.Masjid Besar ini lebih dikenal sebagai Masjid Agung Manonjaya. Arsitektur Masjid Agung Manonjaya ini memadukan gaya arsitektur Eropa dengan gaya aristektur tradisional Sunda dan Jawa.Nuansa tradisional Masjid Agung Manonjaya sangat terasa dengan bentuk dari elemen bangunan, seperti ruang salat untuk wanita, serambi (pendopo) di sebelah timur, dan menara bersusun tiga. Menara bersusun tiga di Masjid Agung Manonjya ini konon salah satunya merupakan pemberian dari Syech H. Abdul Muhyiwaliyulloh.
Ternyata, Makan Bawang Dapat Ganggu Malaikat di Masjid
VIVA.co.id – Memasuki sebuah masjid untuk salat berjamaah atau aktivitas ibadah lainnya memang sangat dianjurkan dalam Islam. Tidak hanya manusia, malaikat pun memenuhi masjid-masjid dunia dengan tujuan mendoakan orang-orang yang beribadah di dalamnya.Selain membuka alas kaki, masih banyak adab masuk ke masjid yang jarang diketahui. Ternyata, orang yang memakan bawang baik merah ataupun putih tidak diperbolehkan mendekati masjid. Meski salat berjamaah di masjid sangat dianjurkan, namun Rasulullah SAW justru menyuruh umatnya yang makan bawang untuk beribadah di rumah saja.Hal ini dianggap akan mengganggu keberadaan malaikat di masjid. Bagaimana bisa? Malaikat senantiasa berada di dalam masjid dan mendoakan orang-orang yang berada di dalamnya. Makhluk Allah SWT yang tercipta dari nur atau cahaya ini senantiasa berselawat memohonkan ampunan kepada hamba yang berada di dalam masjid. 
Tujuh Masjid Keren untuk Laksanakan Tarawih di Jakarta
Masjid adalah hal yang lumrah saat bulan ramadan tiba, di mana masjid dimanfaatkan banyak traveler muslim untuk beribadah salat tarawih. Selain ingin merasakan suasana yang berbeda, tentu salat di masjid yang tak sama juga memberikan nilai spiritual yang berbeda pula.Jakarta yang dikenal sebagai kota besar dan dihuni oleh kelompok masyarakat yang heterogen tidak kehilangan sisi religiusnya. Di dalam kota ini berdiri banyak masjid-masjid dengan sejarah panjang serta arsitektur yang indah.Saat bulan ramadan masjid-masjid ini menjadi jujugan untuk beribadah, sehingga selalu penuh oleh para jamaah. Inilah masjid-masjid keren rekomendasi beribadah di bulan puasa di ibukota Jakarta.
Ngabuburit Berkah dengan Berkunjung ke Masjid Darul Falah
Ngabuburit menjadi kegiatan khas ramadan yang jamak dilakukan orang di sore hari, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Seperti halnya warga Pacitan, setiap sore terlihat banyak orang jalan-jalan melewati Jalur Lintas Selatan JLS hingga kawasan Pantai Teleng Ria buat ngabuburit.Tapi, ada satu tempat yang bisa membuat ngabuburit menjadi makin berkah, yaitu dengan berkunjung ke Masjid Darul Falah. Sebagian besar warga Pacitan pasti asing dengan nama Masjid Darul Falah, wajar mengingat mereka lebih mengenal masjid di barat alun-alun kota ini dengan nama Masjid Agung Pacitan.Masjid yang dulu ukurannya kecil, kini berubah menjadi masjid yang lapang dengan arsitektur bangunan yang sangat indah. Di bulan puasa seperti ini Masjid Darul Falah bisa menjadi salah satu pilihan tempat ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa.
Adakah Larangan Usir Anak Kecil di Masjid?
Membuat ribut di dalam masjid, sepertinya itu kata kunci untuk anak-anak yang diajak pergi ke masjid. Walau tidak sepenuhnya benar, memang membawa anak kecil di dalam masjid membawa banyak risiko.Jika tidak membuat ulah suara dan perilakunya saat orangtuanya sedang salat, aktivitas lainnya yang tak kalah mengganggu adalah buang air besar atau kecil di dalam masjid atau menumpahkan cairan yang membuat kotor karpet masjid.Memang sangat berisiko, membawa anak kecil dalam masjid, jika orangtuanya tidak penuh persiapan. Namun, bolehkah kita melarang mereka untuk singgah dan ikut orangtuanya ke masjid, dengan alasan ribut, padahal mereka harus dibiasakan mencintai masjid sejak dini?
Ini Dia Salah Satu Masjid Termegah di Indonesia, Di mana?
.co.id – Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang menjadi salah satu kota terbesar di provinsi ini. Di Semarang, ternyata juga terdapat sebuah masjid yang memiliki arsitektur sangat cantik. Namanya Masjid Agung Semarang atau juga dikenal dengan nama Masjid Agung Jawa Tengah.Jika kita lihat, ternyata Masjid Agung Jawa Tengah termasuk salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Saking besarnya, masjid ini bisa menampung 15.000 orang.Nah, selain menjadi tempat beribadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga dijadikan sebagai salah satu tempat wisata religi yang sudah sangat populer di Semarang. Tak hanya itu saja, di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat museum dan perpustakaan yang menceritakan sejarah dari kota Semarang.
9 Fakta Unik Masjid Nabawi yang Wajib Kalian Ketahui
 – Semua umat muslim di seluruh dunia pastinya sudah mengetahui Masjid yang terkenal ini. Masjid yang disebut-sebut sebagai surga di bumi ini, terletak di kota Madinah dan merupakan masjid yang sangat besar serta megah.Pastinya semua umat muslim di seluruh dunia ingin berkunjung ke Masjid Nabawi. Masjid Nabawi merupakan sebuah masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah.Berbicara mengenai masjid nabawi tahukah kamu bahwa bahwa masjid ini menyimpan fakta unik dan sangat menarik. Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahuinya, maka dari itu akan kita bahas di bawah ini. Berikut 9 fakta unik masjid Nabawi.
Traveling ke Lampung Bisa Salat di Masjid Berkubah Intan
Masjid-masjid agung atau masjid raya di setiap daerah, selain menawarkan tempat beribadah pada pelancong juga berfungsi sebagai destinasi wisata lewat keindahan arsitekturnya. Begitu pula kalau kamu jalan-jalan ke kabupaten Lampung Selatan, ada masjid keren di sana, bahkan masjid ini terbilang sangat unik lantaran memiliki kubah intan. Masjid Kubah Intan begitulah sebutan dari sebuah masjid megah di ibukota kabupaten Lampung Selatan, Kalianda. Masjid ini berdiri tepat di jantung kota dan menjadi salah satu landmark yang begitu menonjol.Masjid Kubah Intan benar-benar memiliki kubah intan, tidak seperti masjid lainnya yang berbentuk bangun ruang setengah lingkaran. Tapi jangan membayangkan kubahnya terbuat dari batu intan, salah satu batu mulia yang sangat mahal itu.
Lima Masjid Tercantik di Indonesia
Bagi umat Islam masjid adalah tempat suci untuk melakukan ibadah wajib. Selain untuk melakukan ibadah wajib, sebagian umat Islam juga memanfaatkan masjid untuk melaksanakan ibadah sunah, seperti salat maupun melangsungkan akad nikah.Inilah alasan mengapa masjid dijadikan sebagai tempat sakral, barang siapa yang berani merusak masjid apalagi mencuri kotak amal siap-siap saja mendapatkan ganjaran dari Tuhan. Sekarang bangunan masjid sangatlah berbeda tidak seperti dulu, bila dulu lantai dan tiangnya terbuat dari kayu lalu atapnya dari daun, kini bangunan masjid sudah tampak seperti istana.Sekarang masjid bukan hanya bisa menjadi sarana tempat beribadah tapi juga wisata rohani. Bagi kamu yang ingin beribadah sekaligus menikmati keindahan arsitektur bangunan, tidak ada salahnya kamu mengunjungi salah satu masjid tercantik di Indonesia ini.
10 Tempat Ngabuburit Orang-orang Pacitan
Pacitan tak pernah kekurangan tempat buat ngabuburit para traveler muslim. Meski kotanya kecil, namun banyak pilihan tempat menarik untuk jalan-jalan sore sambil menunggu waktu berbuka tiba.Ada alun-alun, pantai hingga jalan raya dijadikan pilihan untuk ngabuburit warga kota kelahiran SBY ini. Daerah di pesisir selatan ujung timur Provinsi Jawa Timur ini punya banyak pantai cantik yang bisa dijadikan lokasi ngabuburit.Kalau bosan dengan pantainya masih banyak pilihan tempat lain yang bisa dikunjungi untuk sekadar menghabiskan waktu sore hingga menunggu datangnya azan Magrib. Dan berikut ini ragam tempat yang dipilih orang Pacitan untuk ngabuburit.
Sepuluh Masjid Terbesar di Dunia
Setiap negara pasti memiliki sebuah masjid, baik negara yang didominasi oleh kaum Muslim atau tidak. Sebagian besar negara-negara Muslim memiliki masjid-masjid besar yang menawarkan suasana tenang untuk salat.Tak hanya itu saja, arsitektur masjid-masjid tersebut juga memiliki nilai seni yang begitu tinggi. Mau tahu mana saja masjid terbesar yang ada di dunia?Masjid Baitul Mukaram, Bangladesh. Posisi kesepuluh di tempati oleh Masjid Baitul Mukaram yang terletak di Bangladesh, tepatnya pada jantung kota ibukota Bangladesh, yaitu Dhaka. Masjid ini sudah ada sejak abad ke-9. Awalnya pada tahun 1960-an, Masjid Baitul Mukaram dapat menampung sekitar 30.000 jamaah.
Masjid Al-Hidayah yang Mirip Hagia Sophia di Turki
Tahukah Anda masjid Hagia Sophia di Istanbul Turki? Masjid yang banyak menginspirasi kaum muslimin dari berbagai penjuru dunia ini, merupakan masjid dengan interior yang sangat indah. Masjid AL-Hidayah ini bak pinang dibelah dua dengan Masjid Hagia Sophia yang berada di Istanbul Turki.Masjid yang berada di Jalan Karangan, Bonowarih, Karangploso, Malang, Jawa Timur ini berada persis di pinggir jalan besar yang merupakan jalur wisata untuk wisatawan dari arah Surabaya menuju kota batu lewat Karangploso.Suasana ala timur tengah sudah terlihat jelas dari luar Masjid Al-Hidayah ini. Baik dari ukiran, batu, hingga kubah masjid yang dibuat semirip mungkin dengan Hagia sophia, sehingga kesan megah sudah terlihat dari luar masjid ini.
Sepuluh Masjid Paling Megah di Dunia
 – Sebagai rumah ibadah, tentu saja umat Islam ingin membangun masjid dengan suasana yang senyaman mungkin dan tampak sangat indah.Alhasil, berbagai bangunan masjid yang megah pun berdiri. Bahkan, tak sedikit masjid yang tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi tujuan wisata. Nah, sepuluh masjid berikuti ini ternyata menjadi paling megah di dunia.Masjid Badshahi (Pakistan). Berada di Lahore, Pakistan, Masjid Badshahi, atau dikenal juga ‘Masjid Kaisar’ ini memiliki keindahan, semangat, dan keagungan era Kesultanan Mughal, bergayakan arsitektur Islam dan Mughal. Dengan daya tampung 10 ribu jamaah di ruang utama dan 100 ribu jamaah di halaman, tak salah jika masjid ini jadi masjid terbesar kedua di negaranya dan Asia Selatan.
Yuk, Berkunjung ke Masjid Agung Demak
 – Demak, salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang masih kurang dilirik wisatawan. Bukan tanpa alasan, Demak memang tidak memiliki banyak wisata. Demak mempunyai julukan Kota Wali, tak heran wisata di Kabupaten Demak lebih didominasi oleh wisata religi.Nah, berbicara wisata religi, Demak memiliki sebuah masjid yang harus kamu kunjungi ketika berlibur ke sana, yaitu Masjid Agung Demak. Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid Agung Demak selesai dibangun pada tahun 1479.Menurut sejarah, Masjid Agung Demak dibangun oleh Raden Patah, yaitu raja pertama di Kesultanan Demak, beliau membangun Masjid Agung Demak bersama Wali Songo. Masjid Agung Demak terletak di Alun-alun Demak, lokasinya yang strategis membuat masjid ini selalu ramai dikunjungi, baik masyarakat lokal maupun luar daerah. 
Menelusuri Masjid Tertua di Sumenep
.co.id – Jika berkunjung ke Sumenep, jangan lewatkan untuk berkunjung ke masjid tertua di sana. Yaitu Masjid Jamik atau Masjid Agung Sumenep. Masjid yang dulunya hanya dikhususkan untuk tempat beribadah penghuni Keraton Sumenep ini ternyata punya keindahan interior dan arsitektur perpaduan berbagai budaya, yakni Tiongkok, Eropa, Jawa dan Madura.Masjid Agung Sumenep adalah masjid yang berada di Sumenep, daerah paling timur Pulau Madura. Berdiri menghadap alun-alun Kota Sumenep, yang berada tepat di seberang timur masjid. Masjid Agung Sumenep yang dulunya disebut masjid Jami, menjadi salah satu penanda Kota Sumenep.Letak masjid ini yang berada tepat di tengah Kota Sumenep sangat memudahkan sekali bagi pengunjung yang ingin datang untuk melihat langsung keindahan masjid tertua di Pulau Madura ini. Sangat mudah untuk menemukan lokasi Masjid Jamik Sumenep ini.
Ini Dia Menara Masjid Tertinggi di Dunia
Selain kubah yang menjadi ikon dari suatu masjid adalah keberadaan menara. Kehadiran menara yang umumnya digunakan sebagai tempat menaruh speaker agar panggilan salat terdengar ke wilayah yang jauh telah menyempurnakan bangunan masjid itu sendiri.Rasanya tidak lengkap sebuah masjid tanpa adanya menara dan rekor menara masjid tertinggi di dunia bakal dipecahkan oleh masjid yang berada di Aljazair. Masjid terbesar di dunia hingga saat ini dipegang oleh Masjidil Haram di Arab Saudi.Namun tahukah kamu, siapa pemegang rekor menara masjid tertinggi di dunia? Saat ini menara masjid tertinggi di dunia dipegang oleh Masjid Hassan II di Maroko dengan ukuran 210 meter. Namun, rekor ini akan segera dipatahkan oleh masjid yang baru dibangun oleh pemerintah Aljazair. Lantas, masjid apakah itu?
7 Masjid Berkubah Emas yang Cantik Luar Biasa
Arsitektur masjid yang indah menjadi daya tarik sendiri, sehingga fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, namun juga berkembang menjadi tujuan wisata religi yang menenangkan hati. Salah satu bagian yang paling menonjol dari suatu masjid terletak pada kubahnya.Banyak masjid yang memiliki kubah keren, dan tak sedikit yang mendesainnya dengan kubah emas. Masjid yang memiliki kubah emas di dunia ini jumlahnya terbatas. Banyak orang yang bermimpi untuk bisa merasakan beribadah di dalam masjid yang megah seperti itu.Untungnya salah satu masjid berkubah emas ada di Indonesia yaitu Masjid Dian Al Mahri di Depok. Berikut adalah 7 masjid kubah emas yang bisa Anda kunjungi untuk tur religi selama bulan Ramadan.
11 Masjid Terindah di Indonesia
Sebagai negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam, tentunya wajar jika di Indonesia banyak sekali tempat ibadah umat Muslim, mulai dari yang kecil seperti musala surau , hingga yang besar seperti masjid.Ada beberapa masjid di Indonesia yang dibangun dengan gaya arsitektur yang sangat indah dan megah, ada juga masjid di Indonesia yang merefleksikan beberapa kebudayaan, seperti budaya China, India, dan Arab.Tapi sayang, kemegahan masjid-masjid di Indonesia ini tidak diikuti dengan peningkatan jamaahnya, kecuali di bulan Ramadan, di mana masjid-masjid di Indonesia selalu penuh dengan para jamaah. Lantas, di mana saja masjid terindah di Indonesia tersebut? Berikut ulasannya.
Menakjubkan, Lima Masjid Tertua di Dunia
Masjid adalah tempat ibadah umat muslim. Selain itu, masjid juga merupakan pusat komunitas kehidupan muslim, kegiatan hari besar Islam, kajian agama Islam, ceramah, dan belajar Alquran pun sering kali dilakukan di masjid.Bahkan dalam sejarah Islam, masjid memegang peranan penting dalam aktivitas sosial kemasyarakatan, ekonomi, bahkan sampai kemiliteran. Bisa dikatakan masjid adalah salah satu pilar utama umat muslim dalam menyebarkan pemahaman Islam.Kini, masjid sudah banyak berdiri di berbagai negara, terutama negara yang memiliki penduduk mayoritas beragama Islam seperti Indonesia. Nah, dari jutaan masjid yang ada di dunia, berikut adalah 5 masjid tertua di dunia. Penasaran?
Sepuluh Tempat Asyik Ngabuburit di Tanah Jawa
Pulau Jawa sebagai daerah terpadat di Indonesia, sekaligus dihuni oleh warga mayoritas beragama Islam, menjadi salah satu daerah yang menjalani Ramadan paling meriah di Indonesia. Setiap daerah memiliki caranya sendiri dalam menyambut bulan suci bagi umat Muslim di dunia ini.Kalau di negeri ini dikenal istilah ngabuburit, atau jalan-jalan sore untuk menunggu beduk Magrib tanda berbuka puasa, tanah Jawa tidak pernah kekurangan tempat untuk ngabuburit. Setiap daerah memiliki tempat spesial yang bisa dijadikan tujuan populer untuk kegiatan satu ini.Di antara begitu banyaknya tempat ngabuburit, terselip beberapa nama yang cukup tenar hingga ke daerah lain, dan berikut sepuluh tempat asyik ngabuburit di pulau Jawa.