Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Jejak Sejarah Kerajaan Sunda di Perkampungan Bogor

Kampung Sindang Barang Bogor dulunya merupakan kawasan kerajaan yang berdiri sekitar tahun 100-an setelah kerajaan Tarumanegara pecah. Kala itu Sindang Barang berada dalam pengaruh kerajaan Sunda Kuno. Tidaklah heran bila kampung ini menjadi salah satu pusat kebudayaan Sunda Jawa Barat tertua di Bogor.
Konon, nama kampung ini terpapar dalam Babad Tanah Pajajaran dan yang tertulis juga dalam pantun Bogor. keberadaan Kampung Sindang Barang sendiri pernah hilang karena kurangnya pemeliharaan. Di kampung ini pula kita dapat menemukan beberapa situs peninggalan purbakala seperti Situs Taman Sri Bagenda dan Sumur Jalatunda.
Kisah cerita sejarah tentang Situs Taman Sri Bagenda yang didapatkan di lokasi, konon taman ini dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Kolam Sri Bagenda yang memiliki ukuran panjang 39.3 meter dan lebar 9 meter, bagian tanggul atau pinggirannya dibuat dari sususnan bulat alami yang berfungsi sebagai penahan longsor, dengan bentuk sisi-sisinya yang rata dengan membentuk empat persegi panjang.
Baca selengkapnya ...

Read Full Article
Jejak Sejarah Kerajaan Sunda di Perkampungan Bogor
Kampung Sindang Barang Bogor dulunya merupakan kawasan kerajaan yang berdiri sekitar tahun 100-an setelah kerajaan Tarumanegara pecah. Kala itu Sindang Barang berada dalam pengaruh kerajaan Sunda Kuno. Tidaklah heran bila kampung ini menjadi salah satu pusat kebudayaan Sunda Jawa Barat tertua di Bogor.Konon, nama kampung ini terpapar dalam Babad Tanah Pajajaran dan yang tertulis juga dalam pantun Bogor. keberadaan Kampung Sindang Barang sendiri pernah hilang karena kurangnya pemeliharaan. Di kampung ini pula kita dapat menemukan beberapa situs peninggalan purbakala seperti Situs Taman Sri Bagenda dan Sumur Jalatunda.Kisah cerita sejarah tentang Situs Taman Sri Bagenda yang didapatkan di lokasi, konon taman ini dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Kolam Sri Bagenda yang memiliki ukuran panjang 39.3 meter dan lebar 9 meter, bagian tanggul atau pinggirannya dibuat dari sususnan bulat alami yang berfungsi sebagai penahan longsor, dengan bentuk sisi-sisinya yang rata dengan membentuk empat persegi panjang.Baca selengkapnya ...
Lima Jejak Kaki Raksasa yang Pernah Ditemukan di Indonesia
Apakah Anda percaya, kalau di dunia ini ada makhluk lain yang mirip dengan manusia, tapi ukuran tubuh mereka jauh lebih besar dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan ukuran tubuh manusia pada umumnya?Walaupun belum ada saksi mata yang melihatnya secara langsung, tapi makhluk yang sering muncul di cerita-cerita dongeng ini, pernah beberapa kali meninggalkan beberapa bukti yang sulit untuk dibantahkan. Bukti tersebut adalah jejak kaki raksasa yang ukurannya sangat mustahil dikatakan sebagai jejak kaki manusia.Di Indonesia sendiri, ada beberapa jejak kaki yang dipercaya sebagai jejak kaki makhluk ini. Lantas, di mana saja jejak kaki raksasa tersebut? Berikut ulasannya.
Secuil Keindahan di Kampung Wisata Pabangbon, Bogor
Wisata alam Bogor memang tidak akan pernah ada habisnya, dalam menyajikan keindahan dan potensi alamnya. Di mana, hal ini menjadikan Bogor sebagai pusat perhatian bagi para wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor.Kampung Pabangbon merupakan salah satu detinasi wisata di Bogor yang sedang hits di media sosial. Tempat wisata satu ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor. Tempat wisata alam di Bogor ini semakin kental, ketika kita merasakan nuansa alam di pegunungan hutan pinus.Hal ini dikarenakan objek wisata Kampung Wisata Pabangbon ini berada di lahan perhutani yang berada di kaki gunung Halimun Bogor. Objek wisata Bogor ini memiliki ketinggian sekitar 720 meter di atas permukaan laut.
Asyiknya Berwisata di Kebun Raya Bogor
 – Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu.Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kebun Raya Bogor, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, tidak perlu kesulitan karena selain letaknya berada di jantung Kota Bogor.Khusus pintu 2 hanya dibuka pada hari minggu dan libur saja, sedangkan bagi para anggota dapat menggunakan pintu 2 , pintu 3 dan pintu Gd Konservasi yang mulai dibuka pukul 06.00-08.00. Berlaku tarif masuk bagi pengunjung Kebun Raya Bogor.
Empat Peninggalan Menarik Kerajaan Samudera Pasai
Lewat hikayat raja-raja Pasai, yang kemudian dihubungkan dengan beberapa makam yang dipercaya sebagai makam para raja kerajaan Samudera Pasai, diketahui bahwa kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan Islam pertama di Indonesia.Diketahui juga, kerajaan ini didirikan oleh Marah Silu dengan gelar Sultan Malik as-Saleh pada abad ke-13 Masehi, di pesisir utara pulau Sumatra, atau lebih tepatnya di sekitar daerah Lhokseumawe dan Aceh Utara.Sayangnya, sekarang ini hanya ada beberapa peninggalan kerajaan Samudera Pasai yang bisa dijadikan bukti arkeologis yang digunakan sebagai bahan kajian sejarah. Lantas, apa saja peninggalan kerajaan Samudera Pasai tersebut? Berikut ulasannya.
Lima Alasan Anda Harus Traveling ke Kebun Raya Bogor
Jika berbicara tentang Bogor, tentu kamu akan teringat langsung dengan Puncak serta curug-curug yang berhamparan di kota seribu hujan itu. Padahal, masih ada satu lagi yang paling terkenal dan sangat cocok untuk Anda singgahi di kota ini.Namanya Kebun raya Bogor, siapa yang tidak tahu Kebun Raya Bogor? Kebun Raya Bogor KRB merupakan salah tujuan wisata di Bogor dan pusat konservasi tumbuhan. Sebagai pusat konservasi, Kebun Raya Bogor mempunyai koleksi jenis-jenis tumbuhan, tanaman serta pohon-pohonan, dari berbagai negara di dunia.Sebenarnya sangat banyak sekali, tempat yang harus dikunjungi di sini, tapi menurut saya jika Anda ke Kebun Raya Bogor jangan lupa untuk datang ke beberapa spot berikut ini.
Sepuluh Peninggalan Kerajaan Kutai dan Sejarahnya
Bagi yang suka baca buku sejarah waktu di sekolah, pasti ingat tentang kerajaan Kutai, dimana diketahui kerajaan yang dulunya berada di kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai, Kartanegara ini adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia.Walaupun sering dibahas di bangku sekolah, tapi kebanyakan dari kita jarang mendengar tentang peninggalan dan sejarah tentang kejayaan Kerajaan Kutai, yang diketahui sudah ada sejak abad ke-4 Masehi.Makanya, sebagai tambahan informasi berikut, adalah beberapa peninggalan Kerajaan Kutai dan sejarahnya, dimana beberapa di antaranya masih bisa ditemukan di Museum Mulawarman di Kota Tenggarong, berikut ulasannya.
Tujuh Peninggalan Kerajaan Banten
Kerajaan Banten awalnya adalah bagian dari kerajaan Demak, sampai akhirnya memisahkan dan mendirikan kerajaan sendiri pada tahun 1526 di ujung barat pulau Jawa, di mana raja pertamanya adalah Sultan Maulana Hasanudin.Kerajaan Banten mencapai masa kejayaan yang luar biasa pada tahun 1651-1682, di mana rajanya pada saat itu adalah Sultan Ageng Tirtayasa. Sampai akhirnya Belanda datang dan meruntuhkan kerajaan ini pada tahun 1813.Selama berkuasa kurang lebih 3 abad tersebut, kerajaan Banten meninggalkan beberapa bukti bahwa kerajaan ini pernah berjaya di pulau Jawa .Lantas, apa saja peninggalan kerajaan Banten tersebut? Berikut ulasannya.
Mengerikan, RIbuan Ular Hidup di Perkampungan Ini
 – Salah satu hewan yang paling ditakuti oleh manusia adalah ular. Saya sendiri melihat hanya satu ular saja sudah merasakan ketakutan yang luar biasa , bagaimana jika bertemu dengan ular dalam jumlah yang sangat banyak? Tentu akan terasa lebih mengerikan dan saya meyakini Anda juga demikian, bukan?Tapi ada sebuah perkampungan, di mana terdapat ribuan ular hidup di kampung ini. Seperti dilansir Verses of Universe, sebuah perkampungan di Kanada bernama Narcisse, salah satu perkampungan di Manitoba dihuni oleh ular-ular dengan konsentrasi terbesar di dunia.Lubang-lubang tempat ular-ular itu bernaung ditemukan pada jarak 6 kilometer sebelah utara dari perkampungan tersebut, Bagaimana ketika kalian melintas pada lokasi itu dan bertemu ribuan ular tersebut, sungguh mengerikan bukan? Begitulah kondisi yang terjadi di perkampungan ini. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini. 
Jejak Sejarah Kerajaan Majapahirt di Trowulan Mojokerto
Mengunjungi kawasan objek wisata di Trowulan Mojokerto memberikan kesan tersendiri, bagi kita para penikmat dunia wisata sejarah. Karena sejatinya setiap sudut-sudut Kota Mojokerto merupakan sejarah, terutama sejarah Kerajaan Majapahit yang dilengkapi dengan puluhan ragam peninggalan candi-candi.Di Trowulan Mojokerto ini kita dapat menemukan puluhan ribu benda cagar budaya, yang menjadi saksi akan kejayaan Kerajaan Majapahit di abad ke-16. Di mana kita dapat menemukan situs-situs bangunan bersejarah, arca, gerabah dan pemakaman peninggalan Kerajaan Majapahit.Konon, menurut informasi para akhli sejarah, Trowulan merupakan bekas Ibukota Kerajaan Majapahit yang berdiri pada 1293 hingga 1478 masehi, hal tersebut didasarkan pada penemuan benda-benda dan bangunan peninggalan kerajaan tersebut.
Jejak Kaki Dinosaurus Raksasa Ditemukan di Mongolia
Palaeontolog telah berhasil mengidentifikasi jejak titanosaur prasejarah yang berukuran tubuh manusia. Hal ini seperti sesuatu dari film Godzilla, jejak begitu besar ditemukan oleh para ilmuwan dari Okayama University of Science, berusia 90 juta tahun dengan ukuran sebesar manusia dewasa."Ini adalah penemuan yang sangat langka, jejak fosil ini terawat begitu baik, dengan ukuran lebih dari satu meter panjangnya dengan jejak cakarnya" kata universitas itu dalam sebuah pernyataan tentang penemuan mereka. Makhluk yang bertanggung jawab untuk jejak itu diyakini menjadi bagian dari kelompok dinosaurus sauropod. Dinosaurus berukuran besar itu dikenal sebagai titanosauridae yang beratnya sampai 90 ton.
Sejarah Bendera Merah Putih di Berbagai Kerajaan Nasional
Di zaman kerajaan nasional terdahulu, penggunaan bendera merah putih sebagai lambang perjuangan, telah banyak dilakukan. Kerajaan mana yang menjadi pelopor, hingga kini masih simpang siur.Beberapa kerajaan Nasional tercatat sejarah, sudah menggunakan dua warna ini sebagai penyemangat saat peperangan maupun sebagai warna yang dimuliakan saat perayaan atau pemujaan.Beberapa kerajaan yang sudah menggunakan bendera berwarna merah dan putih dalam masa pemerintahannya, yaitu Kerajaan Kediri, Majapahit, Kerajaan Melayu Minangkabau, dan masih banyak lagi.
Melihat Perkampungan Para Wanita Tanpa Pria
 – Jika Anda mencari surganya wanita, mungkin salah satu tempat yang cocok untuk menggambarkan hal itu adalah sebuah perkampungan kecil yang ada di Brazil, bernama Noiva do Cordeiro.Di perkampungan ini tidak kurang dihuni oleh 600 lebih warga, di mana semuanya adalah wanita yang cantik-cantik dan anggun. Terus, bagaimana nasib pria di perkampungan tersebut?Seperti dilansir news.com.au, wanita-wanita yang tinggal di perkampungan ini berkisar antara 20 tahun hingga 35 tahun, tentu saja tidak ada laki-laki di perkampungan ini membuat para wanita tersebut merindukan kehadiran pria lajang.
Tujuh Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara
Prasasti adalah salah satu sumber kuat yang bisa dijadikan bukti bahwa sebuah kerajaan pernah berdiri di masa lalu, dan lewat prasasti juga, bisa diperkirakan kapan kerajaan tersebut mulai didirikan dan kapan kerajaan tersebut mulai runtuh.Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan di Indonesia yang menarik ditelusuri jejaknya, dimana lewat prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara, diketahui Tarumanegara adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia.Selain itu, lewat prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara, juga diketahui bahwa Tarumanegara dibangun oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 258 Masehi. Lantas, prasasti apa saja yang merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara? Berikut ulasannya.
Melihat Kehidupan Kampung Tanpa Sehelai Benang
 – Kehidupan unik di dunia ini tidak akan pernah habis, salah satunya adalah kehidupan di desa Inggris. Tentu saja melihat kehidupan modern saat ini, Inggris terkenal dengan kesibukannya, namun tidak dengan perkampungan Speilplatz.Spielplatz merupakan perkampungan yang jauh dari kata kehidupan modern, karena perkampungan ini dihuni oleh orang-orang yang enggan menggunakan pakaian, tanpa sehelai benang pun menutupi seluruh tubuhnya.Seperti dilansir dailystar.co.uk, perkampungan ini berlokasi di Bricket Wood, di daerah Hertfordshire telah lama hidup seperti ini dan kian menjadi sebuah tradisi wajib bagi mereka yang menempati perkampungan ini bahkan sejak perkampungan ini dibentuk sekitar tahun 1929 oleh seorang berkebangsaan Jerman. 
Sepuluh Candi Menarik Peninggalan Kerajaan Majapahit
Majapahit adalah bekas kerajaan terbesar di Nusantara, yang berkuasa antara tahun 1293 hingga tahun 1500 Masehi. Di mana wilayah kekuasaannya terbentang dari pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, bahkan sampai ke Semanjung Malaya.Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada masa Raja Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 sampai 1389 Masehi. Selain itu, kerajaan Majapahit juga merupakan kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang berkuasa di Nusantara.Sejauh ini, hanya sedikit bukti fisik dari sisa-sisa keberadaan kerajaan Majapahit, salah satu di antaranya yaitu candi. Lantas, candi-candi apa saja yang menjadi peninggalan kerajaan Majapahit? Berikut ulasannya.
Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
Pengertian Sejarah Pengertian Sejarah adalah kejadian yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. atau secara sederhana, pengertian sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telahterjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. Sejarah dalam bahasa Yunani dari kata Historia yang berarti penyelidikan atau pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian yang mendalam. Menurut bahasa Arab, sejarah berasal dari kata syarataun yang berarti pohon kayu yang bercabang-cabang karena sejarah kembang antara satu titik kejadian yang bercabang ke titik kejadian yang lain yang saling berhubungan. Menurut bahasa Jawa, sejarah berasal dari kata badad yang berarti riwayat dan sejarah atau dapat berarti memotong tumbuhan dengan pisau sehingga terang. Di dalam bahasa Inggris, sejarah berasal dari kata Historia yang berarti masa lampau, masa lampau umat manusia. Sedangkan dalam bahasa sejarah menurut bahasa terbagi dua yakni pengertin sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Pengertian sejarah dalam arti sempit adalah kejadian atau peristiwa. Sedangkan pengertian sejarah dalam arti luas adalah suatu peristiwa manusia dari akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani.
Jejak Sejarah di Situs Telapak Kaki Awi Bogor
 – Kawasan Puncak Dua Bogor tidak hanya dikenal sebagai salah satu jalur akses alternatif, untuk menuju beberapa kawasan daerah Puncak. Di kawasan ini juga terdapat beberapa spot wisata menarik, yang masih jarang banyak diketahui oleh masyarakat.Bukan hanya objek wisata alam yang tersembunyi di daerah tersebut, di tempat ini pun menyimpan bukti sejarah yang unik dan menarik dikunjungi, salah satunya adalah Situs Tapak Kaki Pasir Awi Bogor.Situs ini dikenal sebagai salah satu cagar peninggalan Kerajaan Tarumaegara, yang dilindungi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. Konon informasi yang kami dapatkan di lokasi, situs peninggalan bersejarah tapak kaki di kawasan Puncak Dua Bogor ini sering dipergunakan sebagai tempat ritual tirakat bagi sebagian orang.
Persinggahan Mengesankan di Malaka
 – Saat mendengar nama Melaka, pikiran saya tiba melanglang buana terhadap salah satu materi pelajaran sejarah saat sekolah. Malaka adalah salah satu penggalan sejarah Indonesia. Malaka, adalah bagian tak terpisahkan dari sejarah eksistensi Nusantara pada masa kerajaan sebelum akhirnya menjadi Indonesia.Pada masa Indonesia masih terdiri dari kerajaan, Malaka adalah kesultanan yang menguasai sebagian wilayah Indonesia yaitu Pulau Sumatera. Pendirinya sendiri berasal dari Nusantara, yaitu keturunan Sriwijaya, Prameswara. Ia memerintah selama 110 tahun di Kesultanan Malaka sebelum ditaklukkan Portugis tahun 1511.Melalui jalur Malaka-lah Portugis menguasai Jawa bagian Barat dengan menaklukkan kerajaan Sunda dan menjajah Indonesia. Sebelum melakukan penjajahan, Portugis melakukan kerjasama dagang dengan kerajaan Sunda. Sunda Kelapa Jakarta menjadi saksi sejarah kehadiran portugis di Nusantara, dan mendirikan prasasti perjanjian dengan kerajaan Sunda.
Romantisme 'Salju' di Kota Bogor
.co.id – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti romantisme itu adalah bersifat seperti dalam cerita roman (percintaan), bersifat mesra, mengasyikkan. Tapi, kok ada salju di Kota Bogor? Padahal di daerah tropis dataran rendah bisa dipastikan tidak mungkin ada salju.Memang, fenomena salju di daerah tropis hanya ada di Pegunungan Jayawijaya Papua. Selain salju abadi, ada juga fenomena embun upas di Dieng yang menyerupai salju. Kenapa saya posting tentang romantisme salju di Kota Bogor?Karena Bogor menyimpan banyak kenangan dan salju sepertinya barang langka di daerah tropis. Salju memang tidak pernah turun di Bogor, tetapi kalau hujan es memang sering terjadi di Bogor. Paling tidak itulah pengalaman selama tinggal di Bogor semasa kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).
16 Tempat Wisata Alam di Bogor
Bogor adalah salah satu daerah di Indonesia yang kaya dengan keindahan alamnya, jadi tidak heran, banyak tempat wisata alam di Bogor dan sekitarnya yang selalu ramai dikunjungi pada saat musim liburan seperti akhir pekan atau hari libur nasional.Ada banyak pilihan tempat wisata alam yang ada di Bogor, mulai dari yang berupa air terjun hingga danau ada di sini. Selain itu, di jantung kota Bogor terdapat sebuah kebun raya yang legendaris yaitu Kebun Raya Bogor, dan masih banyak tempat menarik lainnya.Nah, buat kamu yang ada rencana liburan di sekitar Bogor, wajib tahu beberapa tempat wisata alam paling direkomendasikan untuk dikunjungi di sekitar Bogor ini. Penasaran? Langsung saja baca ulasannya berikut ini.
Di Masa Kerajaan Islam, Burung-burung Punya Istana Sendiri
 – Kerajaan Ottoman merupakan kerajaan Islam terbesar dan terpanjang dalam sejarah dunia. Berdiri pada tahun 1299, kerajaan ini bertahan hingga 600 tahun kedepan. Pada 1453, Ottoman bahkan mampu menaklukkan Konstantinopel, ibukota kekaisaran Byzantium dan menggantinya menjadi Istanbul.Hingga hari ini, jejak kerajaan Islam tersebut masih dapat dilihat lewat peninggalan bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur megah. Yang tak kalah menarik, elemen penting pada jejak peninggalan arsitektur kerajaan Ottoman di Turki adalah adanya istana burung sebagai bangunan tambahan yang menempel di dinding luar berbagai struktur kota.Sarang burung yang menempel di berbagai Masjid, penginapan, perpustakaan, sekolah, dan air mancur tersebut bukanlah bangunan dengan struktur beton sederhana. Ia merupakan sebuah miniatur istana, mulai dari satu lantai hingga bangunan bertingkat tiga dengan ornamen rumit yang indah.
Aturan-aturan Unik yang Hanya Ada di Kerajaan Inggris
Kerajaan Inggris merupakan salah satu kerajaan paling tersohor di dunia. Dengan pesona dan kharisma dari kerajaan Inggris, tak mengherankan apabila kehidupan anggota kerajaan selalu menjadi sorotan dunia.Kehidupan mewah dan hidup di istana yang mewah, bisa jadi merupakan impian dari sejumlah orang. Makanya, tak sedikit dari masyarakat umum yang bermimpi bisa menjadi anggota kerajaan Inggris. Namun, hidup sebagai anggota kerajaan bukannya tanpa masalah.Kalian harus mematuhi segala peraturan di kerajaan Inggris. Bahkan, termasuk peraturan-peraturan unik seperti yang ada berikut ini. Penasaran, seperti apa peraturan unik di Kerajaan Inggris?