Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Tentang Kewajiban Berpuasa di Bulan Ramadan

Puasa itu secara kasat mata adalah ibadah menahan lapar dan haus. Orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa tidak akan pernah terlihat makan atau minum pada siang hari. Akan tetapi dalam hukum Islam, berpuasa pada hakikatnya adalah menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa itu sendiri mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Tidak hanya makan dan minum yang dapat membatalkan puasa. Sikap dan tindakan serta ucapan yang tidak baik, juga mengurangi nilai ibadah bahkan membatalkan ibadah puasa. Puasa seseorang akan sah dan bernilai ibadah, bila memenuhi syarat dan rukun puasa itu sendiri.

Memang berat melaksanakan ibadah puasa. Oleh sebab itu, tidak semua orang dapat menjalani puasa dengan baik. Bahkan mungkin berpuasa itu hanya sekadar mendapatkan lapar dan haus belaka.

Read Full Article
Tujuh Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara
Bulan Ramadan merupakan momen paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di mana selama bulan Ramadan tersebut, umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya.Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan ini, biasanya selalu diikuti oleh tradisi-tradisi yang sudah turun temurun. Sedangkan makanan tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi-tradisi Ramadan tersebut.Kalau di Indonesia, kita mengenal takjil yaitu makanan ringan untuk berbuka dan membatalkan puasa Ramadan. Lalu, bagaimana dengan makanan khas Ramadan negara lain yang penduduknya juga menjalankan puasa?
Kebahagiaan Maia Estianty Puasa Bareng Tiga Jagoannya
Ramadan memang bulan paling spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap Muslim pasti ingin menikmati setiap momen-momen Ramadan dengan keluarga tersayang atau sahabat-sahabat terbaik.Yang merantau, pasti ingin cepat libur dan mudik untuk bisa berpuasa bareng keluarga. Begitu pun dengan Maia Estianty, yang pasti ingin menyambut bulan suci Ramadan bersama dengan orang-orang terkasihnya.Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, Maia pun akhirnya bisa menikmati setiap momen Ramadan dengan sangat bahagia. Yuk, intip kebahagiaan Maia dalam menyambut Ramadan.
Bulan Ramadan, Waktu yang Tepat Belajar Menutup Aurat
Esok, bulan suci Ramadan kembali memeluk seluruh umat manusia, khususnya bagi umat Islam itu sendiri. Kerinduan bagi seorang muslim dalam kehidupan ini salah satunya adalah bisa berpuasa lagi di tahun depan, yakni berpuasa di bulan Ramadan.Sebuah bulan yang penuh rahmat, berkah, dan penuh ampunan. Adalah sebuah kerugian bagi seorang muslim sendiri jika tak bisa mengambil momen terbaik dari segala bulan itu. Jika dalam setahun ada 12 bulan, di bulan Ramadan itulah bulan yang paling mustajab.Seperti yang sudah disinggung tadi, bulan tersebut bulan segala kemuliaan, bulan terbaik, bulan yang diagungkan, dan bulan yang dirindukan oleh segenap muslim di dunia.
6 Cara Mempersiapkan Tubuh Berpuasa di Bulan Ramadan
 – Bulan suci Ramadan akan dimulai dalam beberapa hari ke depan. Dan ini saatnya bagi orang-orang muslim untuk berpuasa. Dimulai dari terbit matahari hingga terbenam matahari, kita harus menahan rasa haus dan lapar. Perubahan pola makan ini, kadang dirasa berat oleh sebagian orang.Apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa berpuasa di bulan-bulan lainnya. Namun, banyak sekali manfaat berpuasa dan hal tersebut telah dibuktikan dokter dan ahli nutrisi.Lantas apa yang harus kita persiapkan untuk berpuasa, terutama mempersiapkan tubuh? Berikut adalah 6 hal yang harus selalu kita perhatikan menjelang puasa di Bulan Ramadan yang kami kutip dari Alarabiya.
Lima Negara Ini Punya Cara Unik Menyambut Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah yang kedatangannya sangat dinanti-nanti oleh setiap Muslim sejati. Di Indonesia sendiri, banyak cara unik yang dilakukan masyarakatnya untuk menyambut bulan suci ini.Tidak hanya di Indonesia yang memiliki cara unik untuk menyambut bulan Ramadan. Di beberapa negara di belahan dunia, setiap warga yang beragama Islam juga memiliki cara tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan.Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai bentuk ungkapan perasaan senang akan kedatangan bulan Ramadan. Langsung saja, berikut kami menghimpun kegiatan unik menyambut Ramadan dari berbagai negara.
Empat Orang yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadan
Puasa Ramadan hukumnya wajib bagi orang muslim. Meski demikian, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak bisa melaksanakan ibadah puasa. Kira-kira bagaimana hukumnya jika ada orang Islam yang dengan sengaja meninggalkan puasa Ramadan?Ternyata, ada tiga kelompok manusia di bulan Ramadan, yakni kelompok manusia yang boleh berpuasa dan boleh tidak berpuasa, kelompok manusia yang wajib tidak berpuasa, dan kelompok manusia yang wajib berpuasa. Lalu, siapa saja kelompok tersebut dan apa alasannya?Kelompok manusia yang boleh berpuasa dan boleh tidak berpuasa. Orang yang mengalami sakit saat Ramadan. Maksudnya adalah orang yang menderita penyakit sehingga membuatnya bisa disebut tidak sehat untuk berpuasa.
Ancaman bagi Orang yang Membatalkan Puasa Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa penuh untuk umat muslim. Puasa bulan Ramadan merupakan puasa wajib bagi seluruh umat Islam yang baligh, berakal sehat tanpa keuzuran.Keutamaan berpuasa dibulan Ramadan begitu banyak dijelaskan dalam hadits-hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, seperti hadits tentang puasa Ramadan penghapus dosa.Akan tetapi walaupun banyak hadits-hadits tentang keutamaan orang yang berpuasa di bulan Ramadan, banyak juga umat Islam yang tidak memanfaatkannya. Padahal orang yang tidak berpuasa karena kesengajaan bukan karena udzur merupakan perbutan dosa. Bahkan akan di masukkan kelak ke dalam api neraka.
6 Tips Tetap Cantik Selama Puasa Ramadan
Marhaban ya ramadan, puji syukur kita masih diberi umur panjang dan bisa berjumpa lagi dengan bulan ramadan, yaitu bulan yang penuh berkah, bulan penuh pengampunan, bulan penuh pahala, dan bulan seribu bulan.Di bulan ramadan ini, tentu kita semua sebagai kaum muslim akan menjalankan ibadah puasa. Ibadah, di mana kita harus menahan haus dan lapar serta hawa nafsu dari fajar hingga magrib. Hal ini tentu akan memengaruhi kondisi tubuh kita hingga kecantikan kulit kita.Untuk itu, kita perlu melakukan perawatan agar tubuh tetap tampil cantik, sehat, segar, dan bersemangat meskipun harus berpuasa. Berbicara tentang kecantikan selama berpuasa di bulan ramadan, kali kita akan memberikan tips agar tetap cantik selama bulan ramadan. Apa saja itu tipsnya?
Tujuh Amalan bagi Mereka yang Tak Berpuasa
Bulan Ramadan merupakan bulan penuh kemuliaan bagi umat islam, di mana setiap ibadah akan dilipatgandakan pahalanya. Namun sayangnya, tidak semua umat islam bisa melaksanakan puasa Ramadan dengan sempurna.Apalagi wanita yang setiap bulan pasti akan mengalami haid atau datang bulan. Kondisi tersebut membuat para wanita wajib tidak berpuasa atau justru haram, jika berpuasa. Tapi tidak perlu sedih, karena wanita haid juga bisa tetap meraup pahala Ramadan yang berlipat-lipat.Caranya sangat sederhana sekali, yakni dengan melakukan beberapa amalan saat bulan Ramadan. Lantas, apa saja amalan yang akan didapat, meski tidak sedang berpuasa?
6 Cara Buat Perubahan Positif Selama Bulan Ramadan
Bulan suci Ramadan merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperbanyak ibadah, mengevaluasi diri, serta memohon ampunan. Bulan ini juga menjadi waktu yang sangat tepat, untuk belajar mengubah kehidupan kita ke arah yang lebih baik lagi.Sebagai seorang manusia biasa, kita pastinya sering melakukan kesalahan, dan mengambil keputusan yang berdampak negatif pada kehidupan kita. Setiap kali bulan suci Ramadan dalam setahun tiba, ia juga membawa kesempatan baru bagi setiap muslim untuk dapat belajar dan berusaha mengubah hidupnya.Hal tersebut dikarenakan ketika bulan suci Ramadan tiba, umat muslim di seluruh dunia masuk dalam fase, di mana tingkat spiritualnya berada di puncak. Namun tidak jarang, perubahan yang kita lakukan di bulan suci Ramadan, tidak berjalan secara kontinu di bulan-bulan setelahnya.
Hikmah Luar Biasa Sedekah di Bulan Ramadan
Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, penuh pahala, penuh pengampunan, dan bulan seribu bulan. Tak heran, jika bulan Ramadan menjadi bulan yang paling istimewa dan ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam di dunia ini.Di bulan Ramadan ini, semua umat Islam akan berlomba-lomba dalam melakukan ibadah, seperti beramal, membaca Alquran, dan tak ketinggalan yaitu menjalankan ibadah puasa dan salat Tarawih.Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, semua amalan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salah satu amalan yang paling dianjurkan selama bulan Ramadan yaitu bersedekah. Bersedekah pada kaum fakir miskin, tetangga, atau kepada orang yang membutuhkan.
Solusi Tepat Atasi Batuk Saat Berpuasa
Mengalami batuk pada saat berpuasa, kemungkinan bisa saja terjadi. Apalagi, adanya peralihan musim dari panas ke dingin. Seseorang yang menderita batuk saat berpuasa, tentu akan mengalami gatal dan rasa tidak nyaman di tenggorokan.Tentu saja, kondisi ini akan mengganggu kenyamanan Anda saat berpuasa. Bahkan dikatakan, risiko batuk yang terjadi saat berpuasa lebih besar dibandingkan dengan kondisi tidak berpuasa. Selain faktor cuaca yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan memudahkan berbagai jenis bakteri masuk ke dalam tubuh.Kurangnya masukan air saat berpuasa akan menyebabkan seseorang mudah dehidrasi dan memicu terjadinya batuk. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan memberikan solusi tepat untuk mengatasi batuk saat berpuasa.
Unik, Begini Tradisi Masyarakat Indonesia Jelang Ramadan
 – Ramadan sudah di depan mata, tentu semua orang Muslim di dunia sangat bahagia menyambut bulan yang penuh berkah ini. Tidak terkecuali, masyarakat Indonesia yang notabenenya sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia.Dengan rasa gembiranya menyambut datangnya bulan penuh berkah, banyak masyarakat yang mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut bulan Ramadan. Tidak hanya itu saja, bahkan ada banyak tradisi unik yang dilakukan masyarakat menjelang bulan Ramadan.Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi unik tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan. Seperti beberapa tradisi yang diadakan masyarakat Indonesia berikut ini, saat menjelang bulan suci Ramadan.
Doa agar Bertemu Lagi Bulan Suci Ramadan
Tidak berapa lama lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan, yang mana bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam kedatangannya, kenapa?karena di bulan Ramadan ini banyak sekali keistimewaan yang akan kita peroleh, di antara keberuntungan itu adalah sebagai mana Nabi bersabda sebagai berikut."Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth .
Rahasia Tetap Segar dan Semangat selama Berpuasa
Marhaban ya Ramadan. Alhamdulillah sekarang sudah memasuki bulan Ramadan, bulan penuh berkah, bulan penuh pengampunan, bulan seribu bulan dan bulan yang paling di tunggu-tunggu umat muslim sedunia.Bulan Ramadan, tentu di bulan tersebut umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Dalam menjalankan puasa, mungkin di awal-awal bulan tubuh akan kaget karena belum beradaptasi.Tubuh yang biasanya mendapatkan asupan makanan, kini menjadi lemas dan kurang bersemangat akibat berpuasa. Meskipun demikian, Anda harus tetap berpuasa, karena puasa merupakan rukun Islam yang wajib kita kerjakan.
Intip Cara Sehat Berpuasa untuk Penderita Diabetes
 – Tak mudah untuk berpuasa bagi mereka yang mempunyai masalah diabetes. Diperlukan cara sehat berpuasa yang tepat untuk bisa menjalani ibadah puasa tanpa mengorbankan kesehatan.Sementara itu bulan puasa Ramadan sudah ada di depan mata. Tinggal beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan puasa Ramadan. Karena itu, sekarang kita akan berbagai beberapa cara sehat berpuasa untuk penderita diabetes.Hal ini agar penderita diabetes bisa tetap sehat dan juga fit selama menjalankan ibadah puasa. Lantas bagaimana seharusnya cara sehat berpuasa untuk penderita diabetes? Berikut merupakan beberapa tips puasa yang sebaiknya dijalankan.
Begini Situasi Ramadan di Lima Negara Minoritas Muslim
Puasa Ramadan merupakan rukun Islam yang ke-4 di mana hukumnya wajib bagi umat Muslim untuk menyempurnakan agama. Berpuasa di Indonesia sebenarnya tak sulit-sulit amat, karena Indonesia merupakan negara mayoritas Islam. Selain itu, lama waktu berpuasa di sini cuma 13 sampai 14 jam. Coba bandingkan dengan mereka yang sedang tinggal di negara minoritas Muslim.Memang tidak mudah berpuasa di negara minoritas, apalagi jika ada masyarakatnya yang tidak menghargai agama Islam. Di sinilah tingkat keimananmu benar-benar diuji. Kira-kira bagaimana ya kondisi mereka yang tinggal di negara non Muslim? Apakah berpuasa di sana lebih sulit atau justru lebih mudah?1. JepangOrang Islam di Jepang memang sangat sedikit. Kalau pun ada, itu pun biasanya orang luar negeri yang tinggal di Jepang. Mengingat Islam menjadi agama minoritas di sini, maka wajar saja apabila tidak ada hari libur untuk awal puasa atau bahkan merayakan Lebaran. Sementara lama berpuasa di Jepang tergantung Ramadan jatuh pada musim apa. Jika Ramadan bertepatan dengan musim panas, maka lama waktu berpuasa sedikit lebih panjang, begitu pula sebaliknya.Baca Selengkapnya...
Cara Alami Bebas Mata Panda selama Ramadan
Marhaban ya Ramadan, Alhamdululillah kita sudah memasuki bulan Ramadan, bulan pintu keberkahan dibuka selebar-lebarnya. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan disarankan untuk memperbanyak membaca kita suci Alquran.Selama bulan Ramadan ini, kita disarankan untuk berlomba-lomba dalam mengejar kebaikan. Ok sahabat, berbicara tentang bulan suci Ramadan, ada beberapa orang yang memiliki masalah, seperti masalah tidur. Hal ini dikarenakan selama bulan Ramadan, jadwal tidur kita berubah.Di malam hari kita harus mengerjakan salat terawih dan memperbanyak membaca kita suci Alquran, sedangkan di tengah malam kita harus menjalani sahur, akibatnya kebanyakan dari kita mengalami kurang tidur. Tentu hal ini akan menyebabkan munculnya mata panda atau kantung mata.
7 Target Bulan Ramadan yang Harus Dicapai
Ramadan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam, dan dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia dengan berpuasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW.Bulan ramadan memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan bulan-bulan yang lain. Dan, bukan berarti bulan yang lain tidak memiliki kelebihan. Adapun kemuliaan dan kelebihan dari bulan ramadan, telah disebutkan dalam satu hadis Rasulullah SAW.Dan, tidak terasa beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci ramadan. Tentu, kita harus memiliki target yang harus dicapai saat memasuki bulan tersebut. Paling tidak, target yang harus kita capai ada 7 hal. Apa saja?
5 Perkara yang Sebaiknya Dihindari Saat Berpuasa
Menurut kalender Islam, Ramadan merupakan bulan untuk berpuasa. Yakni, waktu di mana orang-orang Islam akan berpuasa di siang hari, dan makan pada waktu matahari terbenam. Bagi umat Islam, berpuasa di bulan Ramadan ini memiliki banyak sekali manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun rohaninya.Sebenarnya, menghabiskan banyak waktu tanpa mengonsumsi apapun, dapat berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah, terutama bagi mereka yang memiliki kadar glukosa tinggi. Selama waktu berpuasa ini, tubuh akan mempergunakan seluruh kadar gula yang menumpuk dalam darah.Sebagian orang berhasil menurunkan berat badan mereka, dan sebagian lainnya berhasil menurunkan tingkat kolesterolnya, setelah mereka menjalani puasa selama sebulan penuh. Namun, ada juga beberapa kesalahan yang perlu dihindari, selama menjalani ibadah puasa. Apa saja itu?
Raih Manfaat Sosial Berpuasa di Bulan Ramadan
Secara global, berpuasa berarti menahan rasa lapar dan haus dengan sengaja, karena Allah SWT. Rasa lapar dan haus yang ditahan, karena ada niat khusus dalam rangka beribadah kepada Allah SWT.Pada bulan Ramadan berpredikat sebagai ibadah wajib. Setiap orang mukmin dipanggil untuk melaksanakan puasa dengan tujuan mencapai derajat takwa. Karena termasuk ibadah, maka berpuasa pasti mendatangkan manfaat bagi orang yang melaksanakan puasa tersebut.Tidak hanya manfaat terhadap kesehatan organ tubuh, melainkan juga bermanfaat dalam matra sosial. Lantas, apa saja manfaat sosial berpuasa di bulan Ramadan?
Aku Ingin Jadi Kapitalis Selama Bulan Ramadan
Ramadan adalah kenangan terindah yang selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Ramadan merupakan bulan penuh kebaikan, dibandingkan bulan-bulan lainnya. Ramadan menjadi bulan yang baik untuk mengakumulasi pahala.Bicara Ramadan, saya sempat mengikuti kelas literasi bertajuk "Ramadan di Kampung Halaman". Dalam diskusi itu, saya dan para peserta menceritakan pengalaman selama Ramadan di tempat tinggal masing-masing.Berhubung para peserta diskusi kebanyakan berasal dari Jawa Barat, maka pengalamannya hampir mirip. Hal ini mungkin, dipengaruhi oleh kesamaan kebiasaan dalam spektrum perjodohan sosial budaya.
Tips Cerdas agar Tidak Boros Belanja saat Bulan Ramadan
Setiap bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan berpuasa. Meski berpuasa seharian penuh, sayangnya bukan membuat uang belanja berkurang, sebaliknya justru banyak orang yang merasa lebih boros dibandingkan hari-hari biasanya.Tidak mengherankan, karena kebanyakan ibu pasti merasa ingin memberikan yang terbaik untuk keluarganya yang berpuasa, tertama anak-anak. Menyiapkan hidangan istimewa pada keluarga yang berpuasa memang wajib, tapi tetap saja harus menghindari perilaku boros.Apalagi bulan Ramadan ini penuh berkah, di mana kita seharusnya lebih meningkatkan amal ibadah, salah satunya dengan bersedekah. Nah, bagaimana bisa meningkatkan sedekah, kalau kita terus dipusingkan dengan uang belanja yang semakin habis tak terkontrol?