Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Inilah Doa Berbuka Puasa yang Benar dan Shahih

Berbuka puasa menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu ketika Ramadan. Bagaimana tidak, setelah seharian menahan lapar dan dahaga, menyantap hidangan berbuka menjadi kebahagiaan tersendiri.

Sebelum menyantap hidangan, Umat Islam biasanya akan mengawalinya dengan berdoa terlebih dahulu. Selama ini, doa termasyhur saat berbuka puasa berbunyi Allahumma laka shumtu wa bika aamantu. Doa ini sering muncul di media televisi jelang memasuki waktu berbuka.

Ternyata doa berbuka yang terkenal ini, tidak menjadi jaminan shahih derajatnya. Bahkan dikatakan bahwa doa tersebut dho if, sehingga amalan tidak bisa dibangun dengan doa tersebut. Lantas seperti apa doa yang benar dan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW? Berikut ringkasannya.

Read Full Article
Bahaya Berbuka Puasa Terlalu Banyak
Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, di mana segala sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk, termasuk berlebihan saat berbuka puasa. Ya, berbuka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu orang yang berpuasa setelah menahan lapar dan dahaga selama seharian.Namun tak jarang, waktu berbuka puasa ini dijadikan sebagai ajang balas dendam dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang sangat singkat. Apalagi kebiasaan masyarakat Indonesia suka berbuka dengan makanan yang manis-manis.Nah kebiasaan tersebut, tentunya kurang baik untuk kesehatan tubuh kita. Terlebih setelah kita menahan lapar dan dahaga selama seharian penuh. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengatur menu makan dan porsi makanan agar kita tetap sehat dan nyaman dalam menjalankan ibadah puasa.
Tujuh Makanan Berbahaya Saat Berbuka puasa
Selektif memilih hidangan untuk berbuka puasa adalah satu keharusan, karena perut kita yang kosong dalam waktu 6-8 jam ini berpotensi mengalami peningkatan asam lambung.Apabila kondisi ini tidak diatasi dengan bijak, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit maag. Karena itu, pastikan periksa apakah menu buka puasa Anda sudah sehat, atau justru dapat mengiritasi lambung?Lantas, kira-kira apa sajakah makanan yang berpotensi mengiritasi, atau mengancam kesehatan lambung? Nah, agar tidak salah pilih menu buka puasa, sebaiknya hindari tujuh makanan berbahaya saat berbuka puasa berikut ini.
Menu Favorit Buka Puasa Rasulullah
Bulan ramadan telah tiba dari beberapa hari yang lalu. Di bulan yang penuh berkah ini semua umat muslim akan menjalankan rukun islam yang keempat yaitu berpuasa.Nah berbicara tentang puasa, tentu kita tidak akan lepas dari yang namanya menu makan sahur dan berbuka. Memang tidak dipungkiri, jika menu makan sahur dan berbuka haruslah spesial dibandingkan dengan menu makan biasa, terutama untuk menu berbuka.Hal inilah yang menyebabkan banyaknya muncul penjual makanan dadakan menjelang berbuka puasa. Memang sudah menjadi kebiasaan umat Islam sekarang , jika berbuka puasa harus lengkap dengan berbagai menu makanan hingga tak jarang makanan tersebut menjadi sia-sia.
Udang Saus Tiram, Menu Tepat Berbuka Puasa
Di bulan puasa ini setiap ibu rumah tangga, pasti tengah kebingungan untuk menentukan menu apa yang akan dimasak saat berbuka puasa nanti. Udang saus tiram, rupanya menjadi rekomendasi yang pas untuk menu berbuka puasa nanti.Seperti yang kita tahu, seafood merupakan jenis makanan laut dan udang merupakan salah satunya. Udang memiliki banyak manfaat, salah satunya mengandung omega 3 yang baik untuk pertumbuhan otak pada anak. Untuk itu, olahan udang saus tiram sangat dianjurkan.Selain enak, menu makanan satu ini juga memberikan banyak manfaat yang pas dikonsumsi saat berbuka puasa. Untuk bahan-bahan yang diperlukan cukup mudah ditemukan, dan biaya yang dikerluarkan juga cukup murah. Penasaran, seperti apa cara membuatnya?
Kolak Pisang, Hidangan Pas untuk Berbuka Puasa
Sudah masak untuk berbuka puasa belum? Kalau belum, berikut ini ada resep kolak pisang yang pas untuk dinikmati saat berbuka puasa supaya badan kembali segar. Kolak pisang sangat cocok dinikmati di kala musim hujan dan ketika cuaca sedang dingin.Tapi, untuk sekarang ini kolak pisang sangat cocok dinikmati saat berbuka puasa. Karena rasanya yang menyegarkan cepat mengobati rasa haus akibat puasa. Di pinggir jalan banyak sekali pedagang yang berjualan kolak pisang saat menjelang berbuka puasa.Kalau bisa membuat sendiri kenapa harus beli? Membuat kolak pisang sendiri lebih nikmat rasanya ketimbang membelinya di pedagang. Berikut ini cara membuat kolak pisang.
Waktu Mustajab Terkabulnya Doa Saat Ramadan
Ramadan merupakan bulan yang spesial bagi umat Islam. Mulai dari pahala amal ibadah yang dilipatgandakan, dibelenggunya setan, hingga adanya malam seribu bulan.Semua hal itu menjadi keistimewaan yang hanya bisa ditemui saat Ramadan. Tidak hanya itu saja, keistimewaan lain yang juga bisa dilalui adalah doa-doa yang mudah dikabulkan Allah SWT.Ini menjadi kesempatan yang sayang dilewatkan bagi seorang muslim untuk meminta kepada Sang Maha Pencipta. Doa merupakan penyempurna ibadah puasa Ramadan. Dan ternyata, ada tiga waktu yang paling mustajab terkabulnya doa saat menjalankan ibadah puasa. Kapan saja waktu tersebut?
3 Faktor Utama agar Terkabulnya Doa
Doa merupakan permohonan manusia kepada Allah SWT sebagai bukti kita makhluk yang lemah. Setiap manusia tentu menginginkan agar doanya terkabul. Akan tetapi, banyak di antara doa-doa manusia tersebut tidak terkabul. Kenapa demikian?Bisa jadi penyebabnya dari diri kita sendiri atau doanya sementara waktu belum dikabulkan. Akan tetapi, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan, agar doa kita terkabul. Dalam satu riwayat, pernah Rasulullah SAW menceritakan tentang 3 pemuda yang tertahan di dalam gua disebabkan pintu gua tertutup batu besar.Mereka pun berdoa masing-masing secara bergantian. Setelah selesai berdoa pertama, maka terbuka sedikit pintu gua, begitu juga doa pemuda yang kedua, sampai akhirnya selesai berdoa pemuda yang ketiga baru pintu gua itu terbuka. Setidaknya, ada 3 faktor utama penyebab doa para pemuda tersebut terkabul.
Inilah Puasa Sunah yang Paling Istimewa
VIVA.co.id – Sebagian orang menganggap bahwa ibadahnya tidak cukup hanya dengan amalan-amalan wajib saja. Mereka melakukan amalan sunah untuk menambah pahala dan mendapat berkah dari Allah SWT.Salah satu amalan tambahan yang banyak dikerjakan kaum mukmin adalah puasa sunah. Di antara puasa sunah yang kerap dilakukan adalah puasa senin-kamis, puasa tiga hari setiap bulan hijriyah, dan puasa sunah lainnya.Ternyata, di antara banyaknya puasa sunah yang sering dilakukan oleh kaum muslim ada satu puasa sunah yang paling istimewa. Puasa apakah yang paling istimewa tersebut? Berikut informasi selengkapnya.Baca selengkapnya..
Doa Suwuk Tenangkan Tangisan Bayi di Malam Hari
Dalam khazanah ilmu warisan kebudayaan Jawa, banyak sekali dikenal doa-doa atau mantra tertentu yang berkaitan dengan keperluan hidup sehari-hari. Ada doa yang dikhususkan untuk pengobatan, kerezekian, pengembangan diri, keselamatan, dan masih banyak lainnya.Di antara sekian banyak doa-doa dan mantra tersebut, ada sebagian yang harus disempurnakan dengan cara khusus. Misalnya saja, dengan melakukan puasa. Hal tersebut dilakukan agar daya ucapnya bertambah manjur dan mudah terlaksana.Namun, ada sebagian lainnya yang tidak perlu menjalani cara khusus dan bisa langsung digunakan sesuai fungsinya masing-masing. Kebanyakan adalah doa yang berhubungan dengan pengobatan dan keselamatan diri.
Tujuh Masjid di Jogja Ini Berikan Menu Buka Puasa Gratis
Umumnya masjid-masjid di bulan puasa menyediakan takjil gratis untuk jamaahnya. Lain dengan masjid yang ada di Jogja ini, bukan hanya takjil yang mereka berikan namun menu berbuka lengkap termasuk makanan berat.Sudah pasti traveler yang beribadah ke masjid-masjid ini selama bulan puasa bakal mendapatkan nikmat berlipat. Pada bulan puasa banyak orang yang meningkatkan kualitas ibadahnya. Salah satu caranya adalah dengan giat salat berjamaah ke masjid, tidak heran selama ramadan masjid-masjid menjadi penuh.Meski niat utamanya adalah beribadah, namun di bulan puasa ini banyak pula masjid yang berbagi berkah dengan menyediakan menu berbuka untuk para jamaahnya. Seperti 7 masjid di Jogja ini, bukan hanya takjil panitia masjid menyediakan menu berbuka lengkap.
Tujuh Amalan Sunah Saat Berbuka Puasa
Bulan ramadan menjadi waktu yang tepat bagi umat muslim untuk meraup banyak pahala dari Allah SWT lewat amalan-amalan yang dilakukan. Di bulan inilah Allah SWT membuka pintu ampunan selebar-lebarnya kepada hamba yang bertakwa.Membahas tentang ramadan, tentu tidak terlepas dari aktivitas berbuka puasa. Ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh manusia, ketika mereka berbuka. Namun, Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada kita mengenai amalan-amalan yang bisa dilakukan ketika berbuka puasa.Amalan tersebut tentu saja akan berbuah pahala dan membuat puasa yang kita jalani semakin diberkahi oleh Allah SWT. Lantas, apa sajakah amalan sunah yang dianjurkan ketika berbuka puasa?
Enam Tips Turunkan Berat Badan selama Bulan Ramadan
Ramadan merupakan waktu umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa, yang berlangsung selama satu bulan lamanya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa ketika bulan suci Ramadan, umat muslim hanya diperbolehkan makan pada dua waktu saja yaitu pada saat sahur dan saat berbuka.Waktu untuk makan sahur ialah sebelum terbitnya fajar, sedangkan waktu berbuka ialah setelah terbenamnya matahari di ufuk Barat. Dan pada waktu siang hari umat muslim melaksanakan puasa.Karena adanya kesenjangan waktu yang cukup panjang, di antara waktu sahur hingga berbuka menyebabakan biasanya orang-orang cenderung makan banyak, saat waktu sahur ataupun saat waktu berbuka. Kebiasaan seperti itu dapat mengakibatkan berat badan orang yang puasa naik.
Sepuluh Momen Berbuka Puasa dari Berbagai Negara
Berbuka puasa menjadi momen paling dinantikan ketika bulan Ramadan. Setelah menahan lapar dan haus, kita diwajibkan untuk segera berbuka begitu mendengar azan Magrib.Begitu spesialnya buka puasa, maka tak mengherankan apabila selama Ramadan banyak sekali tawaran berbuka puasa bersama. Momen berbuka puasa tak hanya dirasakan masyarakat Indonesia.Tapi semua umat Muslim di seluruh dunia juga melakukan hal yang sama. Nah, berikut ini momen-momen berbuka puasa dari berbagai negara yang diabadikan oleh fotografer bernama Akhtar Soomro.
5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan Menunggu Berbuka Puasa
 – Saat puasa, bedug maghrib memang menjadi hal yang paling ditunggu bukan? Setelah lelah berpuasa menahan lapar dan haus, momen berbuka menjadi hal yang dinanti apalagi puasa hari-hari pertama memang terkadang sedikit terasa sulit untuk mereka yang tak biasa.Untukmu yang sedang berpuasa, apa saja agenda yang biasa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka? Mungkin sebagian besar orang akan menjawab bermalas-malasan sambil menonton TV menunggu adzan maghrib, atau ada juga yang mencari makanan untuk berbuka.Padahal kalian bisa melakukan hal-hal positif ini, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kira-kira apa saja ya?
Badan Lemas Setelah Buka Puasa? Kenali 6 Penyebabnya
Apa yang Anda rasakan setelah menikmati buka puasa? Harusnya segar dan bersemangat, karena energi yang hilang akibat seharian berpuasa telah kembali setelah menikmati menu buka puasa yang pastinya lengkap.Namun sayangnya, sebagian orang justru mengeluh lemas dan tidak bertenaga setelah berbuka puasa. Bahkan akibat rasa lemas tersebut, sebagian orang jadi tidak kuat menjalankan ibadah salat Tarawih.Sayang sekali jika kita harus kehilangan kesempatan mendapatkan pahala yang berlimpah hanya karena tubuh lemas setelah buka puasa. Kira-kira, apa penyebab tubuh lemas setelah berbuka puasa dan bagaimana cara mengatasinya? Agar lebih jelas, simak informasi lengkapnya berikut ini.
Manfaat Luar Biasa dari Kebiasaan Mendoakan Orang Lain
Pernahkah kalian mendoakan orang lain, baik yang sudah dikenal dekat maupun tidak dikenal sama sekali? Jika pernah, maka bersiaplah mendapatkan keberkahan dari doa yang Anda ucapkan. Mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya merupakan salah satu doa yang mustajab.€œEmpat doa yang tidak akan ditolak, yaitu doa orang yang haji hingga kembali, doa orang yang berperang (berjihad) hingga berhenti, doa orang yang sakit hingga sembuh, dan doa seseorang terhadap saudaranya tanpa sepengetahuannya. Dan doa yang paling cepat diterima di antara doa-doa tersebut adalah doa seseorang terhadap saudaranya tanpa sepengetahuannya. (HR. Ad-Dailami).Betapa islam agama mulia sangat menghendaki umatnya saling mencintai terhadap sesamanya, melalui doa tulus meskipun tanpa sepengetahuan saudaranya. Dan berikut ini terdapat manfaat luar biasa dari kebiasaan mendoakan orang lain. Kira-kira, apa saja manfaatnya?
Tentang Kewajiban Berpuasa di Bulan Ramadan
Puasa itu secara kasat mata adalah ibadah menahan lapar dan haus. Orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa tidak akan pernah terlihat makan atau minum pada siang hari. Akan tetapi dalam hukum Islam, berpuasa pada hakikatnya adalah menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa itu sendiri mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.Tidak hanya makan dan minum yang dapat membatalkan puasa. Sikap dan tindakan serta ucapan yang tidak baik, juga mengurangi nilai ibadah bahkan membatalkan ibadah puasa. Puasa seseorang akan sah dan bernilai ibadah, bila memenuhi syarat dan rukun puasa itu sendiri.Memang berat melaksanakan ibadah puasa. Oleh sebab itu, tidak semua orang dapat menjalani puasa dengan baik. Bahkan mungkin berpuasa itu hanya sekadar mendapatkan lapar dan haus belaka.
Keajaiban Doa Iftitah untuk Membuka Pintu Langit
.co.id – Tahukah Anda jika di langit terdapat pintu-pintu yang dalam rentang waktu tertentu dapat terbuka dan tertutup? Jika terbuka, maka keistimewaannya adalah Allah SWT akan mengabulkan semua doa. Beberapa waktu saat pintu langit terbuka di antaranya ketika hujan, kala dikumandangkannya Azan, dan sebelum Zuhur.Selain waktu tersebut, ternyata manusia bisa membuka pintu langit dengan membaca doa Iftitah. Bagi umat Islam, tentu doa ini sangat mudah karena sudah sangat familiar. Bagaimana tidak, doa Iftitah biasa kita ucapkan pada rakaat pertama dalam setiap salat.Kisahnya adalah ketika sahabat Nabi mengucapkan doa tersebut dalam salat. Seusai salat Nabi kemudian bertanya siapa yang membaca doa tadi. Beliau menjelaskan jika dirinya takjub karena doa ini mampu membuka pintu langit. Seperti apa lengkapnya? Berikut ulasannya.
Sepuluh Tempat Buka Puasa Paling Populer di Jakarta
Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain dapat menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari kemenangan Idul Fitri, bulan Ramadan juga identik dengan kegiatan-kegiatan yang hanya bisa dilakukan saat bulan puasa, salah satunya adalah buka puasa bersama atau ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.Bagi Anda yang bosan berbuka puasa di rumah atau ingin merasakan sensasi berbuka puasa yang lebih berkesan dan unik, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke tempat-tempat buka puasa paling populer di Jakarta berikut ini.Kota Tua Jakarta. Terletak di Utara kota Jakarta, Kota Tua Jakarta menawarkan Anda untuk berbuka puasa bersama teman atau keluarga. Selain dapat menikmati aneka hiburan yang ada serta pemandangan Kota Tua dengan gedung-gedung bergaya arsitektur Belanda, Anda juga dapat menikmati berbuka puasa dengan asyik di tempat ini.
Lezatnya Otak Otak Tahu untuk Hidangan Buka Puasa
Sesekali berbuka puasa dengan camilan yang super gurih, seperti otak otak sederhana dari bahan tahu. Tentu bisa juga dimasukkan ke dalam menu berbuka puasa Anda, di mana memakannya nanti ditemani dengan makanan nasi.Namun buat kalian yang menginginkan agar lebih istimewa lagi, bisa juga mengganti menu tahunya dalam resep dengan ikan kakap, ikan tenggiri atau ikan laut lainnya.Nah, sudah siap untuk menyajikan otak otak tahu dalam menu berbuka puasa? Anda harus mencoba resep yang satu ini. Selain unik, rasanya cukup enak.
Inilah Doa Berbuka Puasa yang Benar dan Shahih
Berbuka puasa menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu ketika Ramadan. Bagaimana tidak, setelah seharian menahan lapar dan dahaga, menyantap hidangan berbuka menjadi kebahagiaan tersendiri.Sebelum menyantap hidangan, Umat Islam biasanya akan mengawalinya dengan berdoa terlebih dahulu. Selama ini, doa termasyhur saat berbuka puasa berbunyi Allahumma laka shumtu wa bika aamantu. Doa ini sering muncul di media televisi jelang memasuki waktu berbuka.Ternyata doa berbuka yang terkenal ini, tidak menjadi jaminan shahih derajatnya. Bahkan dikatakan bahwa doa tersebut dho if, sehingga amalan tidak bisa dibangun dengan doa tersebut. Lantas seperti apa doa yang benar dan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW? Berikut ringkasannya.
Delapan Tips Lancar Jalankan Ibadah Puasa
Puasa sudah seminggu lebih menghampiri kita. Puasa Ramadan itu hukumnya wajib bagi umat Islam yang sedang tidak ada halangan. Meskipun puasa Ramadan hukumnya wajib, namun tak semuanya berpuasa. Karena, ada beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa, namun bisa menggantinya di waktu yang lain.Salah satu golongan yang diperbolehkan tersebut adalah ibu yang sedang menyusui. Meskipun demikian, masih banyak juga ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah puasa. Boleh-boleh saja, asalkan nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi selama melaksanakan puasa.Sebenarnya ada beberapa aturan yang mesti dilaksanakan, agar dalam melaksanakan ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan mengatur menu makanan yang disantap ketika sahur dan berbuka puasa.
Sepuluh Kreasi Minuman Segar untuk Buka Puasa
Berbuka puasa dengan sesuatu yang manis sangatlah dianjurkan. Umumnya, hal pertama yang akan dilakukan saat berbuka adalah minum, tentu saja minuman yang dipilih adalah yang menyegarkan dengan cepat.Sebenarnya ada banyak jenis minuman yang bisa menjadi pilihan saat berbuka puasa. Namun sayangnya, tidak semua orang mampu berkreasi membuat minuman dengan bahan-bahan yang sederhana, sehingga mereka hanya terpaku pada satu atau dua jenis minuman saja.Hal itu tentu sangat membosankan, bukan? Nah, agar acara buka puasa jadi makin seru dan menyenangkan, sebaiknya para ibu harus cerdas dalam menciptakan berbagai kreasi minuman segar untuk buka puasa. Berikut di antaranya.