Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Tips Jaga Gairah Malam Pertama Ramadan

Layaknya pengantin baru, gairah malam pertama di bulan ramadan sungguh luar biasa. Masjid-masjid dan musala mendadak ramai, jalanan tiba-tiba lengang dari hilir mudik kendaraan.

Umat Islam sepertinya hendak berbondong-bondong meraih kesempurnaan ibadah Ramadan yang datang menjelang. Tak terkecuali saya dan keluarga. Sejak dua hari sebelumnya, saya sudah membuat target-target khusus yang harus dicapai selama bulan Ramadan.

Target tilawah, membaca, menulis, hafalan, sedekah, bahkan penghasilan sudah saya catat dengan angka nyata disertai rasa optimistis yang membumbung ke langit. Begitulah, saya yakin tidak hanya saya saja, semua umat Islam yang melewati malam pertama Ramadan akan menyambutnya dengan gairah yang nyata.

Read Full Article
Fakta Ilmiah Malam "Lailatul Qadar" Pernah Ditemukan
Hal yang paling dicari dan didambakan oleh umat muslim pada bulan ramadan, salah satunya adalah menemukan Malam Lailatul Qadar . Di mana pada malam itu, merupakan malam yang paling mulia daripada seribu bulan.Pada malam itu, disarankan bagi seluruh umat muslim yang beriman untuk menambah amal ibadahnya dan berdoa kepada-Nya karena pada malam itulah doa-doa kita akan diijabah serta segala dosa-dosa kita akan diampuni oleh-Nya.Dikarenakan malam Lailatul Qadar merupakan malam yang istimewa, maka tanda-tandanya pun akan memiliki perbedaan dari malam-malam biasanya. Namun, tidak satu pun orang yang akan dapat mengetahui kapan malam ini akan muncul.
Cara Alami Bebas Mata Panda selama Ramadan
Marhaban ya Ramadan, Alhamdululillah kita sudah memasuki bulan Ramadan, bulan pintu keberkahan dibuka selebar-lebarnya. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan disarankan untuk memperbanyak membaca kita suci Alquran.Selama bulan Ramadan ini, kita disarankan untuk berlomba-lomba dalam mengejar kebaikan. Ok sahabat, berbicara tentang bulan suci Ramadan, ada beberapa orang yang memiliki masalah, seperti masalah tidur. Hal ini dikarenakan selama bulan Ramadan, jadwal tidur kita berubah.Di malam hari kita harus mengerjakan salat terawih dan memperbanyak membaca kita suci Alquran, sedangkan di tengah malam kita harus menjalani sahur, akibatnya kebanyakan dari kita mengalami kurang tidur. Tentu hal ini akan menyebabkan munculnya mata panda atau kantung mata.
6 Tips Tetap Cantik Selama Puasa Ramadan
Marhaban ya ramadan, puji syukur kita masih diberi umur panjang dan bisa berjumpa lagi dengan bulan ramadan, yaitu bulan yang penuh berkah, bulan penuh pengampunan, bulan penuh pahala, dan bulan seribu bulan.Di bulan ramadan ini, tentu kita semua sebagai kaum muslim akan menjalankan ibadah puasa. Ibadah, di mana kita harus menahan haus dan lapar serta hawa nafsu dari fajar hingga magrib. Hal ini tentu akan memengaruhi kondisi tubuh kita hingga kecantikan kulit kita.Untuk itu, kita perlu melakukan perawatan agar tubuh tetap tampil cantik, sehat, segar, dan bersemangat meskipun harus berpuasa. Berbicara tentang kecantikan selama berpuasa di bulan ramadan, kali kita akan memberikan tips agar tetap cantik selama bulan ramadan. Apa saja itu tipsnya?
Alaman-amalan di 10 Hari Terakhir Ramadan
Tidak terasa kita sudah masuk pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan. Sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan ini merupakan momen yang paling tepat untuk memperbanyak amalan ibadah.Hal ini dikarenakan, pada salah satu di 10 malam terakhir Ramadan ini terdapat satu malam yang sepadan dengan 1000 bulan, yaitu malam Laitul Qadar. Ya, memang malam 10 hari terakhir ini merupakan malam yang paling diberkahi oleh Allah SWT. Banyak kebaikan yang ada di dalamnya. Karena banyaknya keberkahan dan kebaikan, maka Rasulullah SAW mengajak semua umat Muslim untuk berlomba-lomba dalam beribadah dan melakukan berbagai kebaikan. Dalam satu malam di antara 10 malam terakhir ada satu malam yaitu malam Lailatul Qadar, dimana orang yang bisa mendapatkan keberkahan malam tersebut sama halnya mereka beribadah selama 1000 bulan tanpa henti.
Hikmah Luar Biasa Sedekah di Bulan Ramadan
Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, penuh pahala, penuh pengampunan, dan bulan seribu bulan. Tak heran, jika bulan Ramadan menjadi bulan yang paling istimewa dan ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam di dunia ini.Di bulan Ramadan ini, semua umat Islam akan berlomba-lomba dalam melakukan ibadah, seperti beramal, membaca Alquran, dan tak ketinggalan yaitu menjalankan ibadah puasa dan salat Tarawih.Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, semua amalan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salah satu amalan yang paling dianjurkan selama bulan Ramadan yaitu bersedekah. Bersedekah pada kaum fakir miskin, tetangga, atau kepada orang yang membutuhkan.
Waspadai, Ini Godaan Jelang 10 Hari Terakhir Ramadan
Ramadan termasuk bulan yang sangat istimewa, karena di dalamnya terdapat banyak limpahan keberkahan. Bahkan, pada akhir Ramadan, ada Lailatul Qadar, satu malam yang nilainya lebih dari 1.000 bulan.Di mana, apabila kita melakukan amal ibadah pada malam itu, maka pahalanya akan dilipatgandakan. Alasan itulah yang membuat kita wajib untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, terutama di sepuluh hari terakhir Ramadan.Sayangnya, pada akhir Ramadan banyak sekali hal-hal yang melalaikan, atau justru menjauhkan kita dari ibadah. Sehingga, kesempatan emas yang hanya datang sekali saja dalam setahun harus terlewatkan begitu saja.
Unik, Begini Tradisi Masyarakat Indonesia Jelang Ramadan
 – Ramadan sudah di depan mata, tentu semua orang Muslim di dunia sangat bahagia menyambut bulan yang penuh berkah ini. Tidak terkecuali, masyarakat Indonesia yang notabenenya sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia.Dengan rasa gembiranya menyambut datangnya bulan penuh berkah, banyak masyarakat yang mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut bulan Ramadan. Tidak hanya itu saja, bahkan ada banyak tradisi unik yang dilakukan masyarakat menjelang bulan Ramadan.Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi unik tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan. Seperti beberapa tradisi yang diadakan masyarakat Indonesia berikut ini, saat menjelang bulan suci Ramadan.
Rander Ramzan Bazar, Pasar Ramadan di Kota Surat India
Tidak semua kota di India dapat ditemukan pasar Ramadan. Hanya di kota-kota besar tertentu saja, kemeriahan pasar Ramadan tampak seperti pesta jalanan. Delhi, Srinagar, Lucknow, Hyderabad, Mumbai, Kolkata, Ahmedabad, Surat merupakan kota besar yang memiliki jumlah penduduk muslim lumayan banyak.Mengingat kota-kota tersebut juga masuk dalam sejarah kejayaan Islam di India. Tak heran, jika Ramadan di India disambut dengan festival makanan selama sebulan penuh. Kota Surat jaraknya 120 kilometer dari tempat saya tinggal.Ramadan tahun lalu saya sempat mengunjungi dan merasakan kemeriahan pasar Ramadan ala muslim India di kota ini. Terletak di kawasan Rander town, area pasar Ramadan lumayan luas. Banyaknya jajaran mobil dan motor yang parkir, jumlahnya mengalahkan yang ada di area parkir mall. Tak percaya?
Aku Ingin Jadi Kapitalis Selama Bulan Ramadan
Ramadan adalah kenangan terindah yang selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Ramadan merupakan bulan penuh kebaikan, dibandingkan bulan-bulan lainnya. Ramadan menjadi bulan yang baik untuk mengakumulasi pahala.Bicara Ramadan, saya sempat mengikuti kelas literasi bertajuk "Ramadan di Kampung Halaman". Dalam diskusi itu, saya dan para peserta menceritakan pengalaman selama Ramadan di tempat tinggal masing-masing.Berhubung para peserta diskusi kebanyakan berasal dari Jawa Barat, maka pengalamannya hampir mirip. Hal ini mungkin, dipengaruhi oleh kesamaan kebiasaan dalam spektrum perjodohan sosial budaya.
Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Malam
 – Ada begitu banyak hal yang menyebabkan mengapa seseorang sering terlambat makan di malam hari, bahkan karena saking sibuknya terkadang ada beberapa orang yang makan malam di atas jam 9 malam.Hal ini tentu saja tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita, karena makan malam yang bagus itu seharusnya pukul 7 malam. Dengan begitu, maka kita punya waktu jeda beberapa jam sebelum tidur malam.Nah, kalau kita makan malam saja sudah di atas jam 9 malam. Maka jeda waktu sehabis makan dan tidur malam akan menjadi sangat pendek. Lebih parahnya lagi ada beberapa orang yang sering melakukan kebiasaan buruk, yaitu sehabis makan malam langsung tidur.
Dua Belas Tradisi Unik Jelang Ramadan di Indonesia
Umat Islam di seluruh dunia tengah menyambut datangnya bulan suci Ramadan, bulan yang penuh rahmat dan juga ampunan. Kedatangan bulan suci Ramadan ini selalu disambut dengan penuh kegembiraan dan suka cita oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Termasuk juga umat Muslim yang ada di Indonesia.Meskipun bukan negara yang berdasarkan hukum Islam, Indonesia memiliki penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan apabila banyak sekali tradisi-tradisi yang sering digelar oleh umat Islam yang ada di Indonesia untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.Lalu, tradisi-tradisi seperti apakah yang sering digelar di beberapa daerah di Indonesia saat menjelang datangnya bulan suci Ramadan? Pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat mengenai beberapa tradisi menjelang Ramadan yang selalu digelar di Indonesia.Baca Selengkapnya...
Ancaman bagi Orang yang Membatalkan Puasa Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa penuh untuk umat muslim. Puasa bulan Ramadan merupakan puasa wajib bagi seluruh umat Islam yang baligh, berakal sehat tanpa keuzuran.Keutamaan berpuasa dibulan Ramadan begitu banyak dijelaskan dalam hadits-hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, seperti hadits tentang puasa Ramadan penghapus dosa.Akan tetapi walaupun banyak hadits-hadits tentang keutamaan orang yang berpuasa di bulan Ramadan, banyak juga umat Islam yang tidak memanfaatkannya. Padahal orang yang tidak berpuasa karena kesengajaan bukan karena udzur merupakan perbutan dosa. Bahkan akan di masukkan kelak ke dalam api neraka.
Kebahagiaan Maia Estianty Puasa Bareng Tiga Jagoannya
Ramadan memang bulan paling spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap Muslim pasti ingin menikmati setiap momen-momen Ramadan dengan keluarga tersayang atau sahabat-sahabat terbaik.Yang merantau, pasti ingin cepat libur dan mudik untuk bisa berpuasa bareng keluarga. Begitu pun dengan Maia Estianty, yang pasti ingin menyambut bulan suci Ramadan bersama dengan orang-orang terkasihnya.Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, Maia pun akhirnya bisa menikmati setiap momen Ramadan dengan sangat bahagia. Yuk, intip kebahagiaan Maia dalam menyambut Ramadan.
Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar
Sebelum kita mencari tanda-tanda malam lailatul qadar pada bulan ramadan, ada baiknya kita lebih dulu memahami dan mengetahui arti, makna, dan manfaat dari datangnya bulan suci ramadan itu sendiri serta isi kandungan yang terdapat di dalamnya.Ramadan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan hijriyah atau penanggalan Islam. Sepanjang bulan ini umat muslim seluruh dunia melakukan serangkaian aktivitas keagamaan seperti puasa, salat tarawih, membayar zakat fitrah, dan peringatan turunnya Alquran. Saat pasti datangnya malam lailatul qadar tidaklah diketahui, namun menurut beberapa riwayat, malam tersebut jatuh pada 10 malam terakhir pada bulan ramadan, tepatnya pada salah satu malam ganjil yakni malam ke-21, 23, 25, 27 atau 29.
Nyadran, Ziarah ke Makam Keluarga untuk Sambut Ramadan
Menjelang datangnya bulan Ramadan, umat Muslim biasanya akan mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadan. Salah satunya yaitu ziarah ke makam keluarga leluhur .Tradisi ziarah atau nyekar ini biasanya dilakukan seminggu sebelum bulan Ramadan dimulai. Hal ini juga dilakukan di Jawa Tengah, hanya saja berziarah ke makam keluarga sebelum dimulainya bulan Ramadan memiliki tradisi sendiri di Jawa Tengah, yaitu Tradisi Nyadran.Nyadran adalah sebuah tradisi yang sudah turun-temurun dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan di Jawa Tengah. Lantas, seperti apa Tradisi Nyadran tersebut?
Tujuh Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara
Bulan Ramadan merupakan momen paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di mana selama bulan Ramadan tersebut, umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya.Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan ini, biasanya selalu diikuti oleh tradisi-tradisi yang sudah turun temurun. Sedangkan makanan tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi-tradisi Ramadan tersebut.Kalau di Indonesia, kita mengenal takjil yaitu makanan ringan untuk berbuka dan membatalkan puasa Ramadan. Lalu, bagaimana dengan makanan khas Ramadan negara lain yang penduduknya juga menjalankan puasa?
Cara Melakukan Malam Pertama Menurut Islam
.co.id – Sebagai orang Islam, tentunya kita tahu mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang dilarang dan mana yang dianjurkan. Berbicara malam pertama, memang hal yang cukup tabu untuk dibicarakan di depan umum. Namun, sekadar pembelajaran bagi kita semua, di sini kami akan mengulas beberapa hal tentang malam pertama.Kata malam pertama biasanya identik dengan pasangan pengantin baru yang telah menikah, malam pertama tersebut menjadi salah satu momen paling indah bagi kedua pasangan sah suami istri. Karena pada malam tersebut secara halal mereka dapat melakukan hubungan intim baik dengan suaminya atau pun dengan istrinya yang sah.Sebagai umat Muslim, tentunya harus tahu tata cara dalam melakukan malam pertama, ada etika yang perlu kita patuhi, karena jika dilakukan akan menjadi ibadah dan mendapat pahala. Jika dilanggar, akan membawa malapetaka. Berikut, cara melakukan malam pertama menurut aturan Islam:
Sahabat Nabi Ini Meninggal setelah Salat Malam
.co.id – Kematian yang indah dialami oleh sahabat nabi bernama Abbad R.A. Ia menghembuskan nafas terakhir sesaat setelah menyelesaikan salat malam. Saat sedang khusyuk shalat, tubuhnya mendapat serangan panah dari musuh sehingga darah banyak bercucuran.Dalam keadaan salat malam, sahabat Abbad mendapat serangan dari musuh yang menyebabkan dirinya meninggal dunia. Kisah tersebut terjadi ketika ia dan seorang sahabatnya bernama 'Ammar bin Yasir RA mendapat tugas dari Rasulullah SAW untuk bertugas jaga malam.Ketika itu Rasulullah SAW dalam perjalanan pulang dari suatu peperangan. Ketika hari mulai larut malam, beliau singgah di suatu tempat dan bersabda, "Siapakah yang siap menjadi pertugas jaga pada malam ini?".
Lima Negara Ini Punya Cara Unik Menyambut Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah yang kedatangannya sangat dinanti-nanti oleh setiap Muslim sejati. Di Indonesia sendiri, banyak cara unik yang dilakukan masyarakatnya untuk menyambut bulan suci ini.Tidak hanya di Indonesia yang memiliki cara unik untuk menyambut bulan Ramadan. Di beberapa negara di belahan dunia, setiap warga yang beragama Islam juga memiliki cara tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan.Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai bentuk ungkapan perasaan senang akan kedatangan bulan Ramadan. Langsung saja, berikut kami menghimpun kegiatan unik menyambut Ramadan dari berbagai negara.
Ini Tempat Wisata Malam Bali Menarik Dikunjungi
 – Bali banyak memiliki beragam tempat wisata yang menarik dikunjungi, baik siang maupun malam hari. Bagi Anda yang akan berlibur ke Bali, harus meluangkan waktu di malam hari jika ingin mencari atau mendapatkan tempat yang menyajikan wisata malam di lokasi tertentu.Tapi, tidak hanya tempat hiburan malam, Bali juga menyimpan tempat-tempat menarik lainnya (seperti tempat wisata) yang harus dikunjungi pada malam hari. Bila kita menjelajahi tempat wisata tersebut di malam hari akan menemukan suasana yang berbeda.Sebelum membahas tentang tempat wisata malam di Bali, Anda harus perhatikan juga pada saat akan melakukan perjalanan wisata malam tersebut. Jangan lupa menyiapkan beberapa alat perbekalan. Seperti payung untuk jaga-jaga jika hujan, kamera, dan sandal agar kaki terasa nyaman untuk melakukan perjalanan jauh. 
Doa agar Bertemu Lagi Bulan Suci Ramadan
Tidak berapa lama lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan, yang mana bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam kedatangannya, kenapa?karena di bulan Ramadan ini banyak sekali keistimewaan yang akan kita peroleh, di antara keberuntungan itu adalah sebagai mana Nabi bersabda sebagai berikut."Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth .
Tujuh Manfaat Puasa di Bulan Ramadan
Bagi umat Islam di seluruh dunia, bulan Ramadhan selalu ditunggu kehadirannya setiap tahunnya, sebab di bulan suci penuh berkah ini ada banyak momen seru yang hanya bisa ditemui saat bulan Ramadan saja.Mulai dari harus bangun sebelum subuh untuk sahur, ngabuburit di sore hari, berwisata religi bersama keluarga, mendengarkan ceramah agama di malam harinya, dan masih banyak lagi momen-momen seru lainnya yang hanya ada saat bulan Ramadan.Selain bisa menciptakan momen-momen seru, bulan Ramadan juga menghadirkan beberapa manfaat, khususnya yang berhubungan dengan puasa. Lantas, apa saja manfaat puasa di bulan Ramadan tersebut?
Tips Jaga Gairah Malam Pertama Ramadan
Layaknya pengantin baru, gairah malam pertama di bulan ramadan sungguh luar biasa. Masjid-masjid dan musala mendadak ramai, jalanan tiba-tiba lengang dari hilir mudik kendaraan.Umat Islam sepertinya hendak berbondong-bondong meraih kesempurnaan ibadah Ramadan yang datang menjelang. Tak terkecuali saya dan keluarga. Sejak dua hari sebelumnya, saya sudah membuat target-target khusus yang harus dicapai selama bulan Ramadan.Target tilawah, membaca, menulis, hafalan, sedekah, bahkan penghasilan sudah saya catat dengan angka nyata disertai rasa optimistis yang membumbung ke langit. Begitulah, saya yakin tidak hanya saya saja, semua umat Islam yang melewati malam pertama Ramadan akan menyambutnya dengan gairah yang nyata.