Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

16 Keluhan Ibu Hamil saat Trimester Pertama

Trimester pertama kehamilan ini memang sesuatu, buat saya dan ibu hamil lainnya. Karena biasanya dan kebanyakan mengalami beberapa perubahan yang disertai keluhan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi ibu hamil.

Sampai kadang dibilang ibu hamil itu manja. Padahal, kondisi setiap ibu hamil satu dengan lainnya berbeda. Jadi, jangan pernah saling membandingkan kondisi sesama ibu hamil.

Di trimester pertama kehamilan ini, ada proses adaptasi dari tidak hamil ke kondisi hamil, yang juga merupakan perkembangan awal janin yang bikin deg-degan. Percayalah, baca-baca di internet malah akan bikin deg-degan. Ibu hamil jadi cemas dan itu malah bikin tidak sehat di pikiran.

Read Full Article
Cara Atasi Keluhan Perut Akibat Gas Berlebih
Pernahkah Anda merasakan sakit yang tiba-tiba saja muncul pada bagian perut sebelah atas, yang rasanya seperti tertekan? Kondisi seperti ini orang awam menamakannya dengan "Sudukan" atau "Sunduk'en".Biasanya kerapkali terjadi ketika kita setelah makan dan tiba-tiba perut terasa penuh, hingga menekan ke bagian perut atas disertai rasa nyeri. Sudukan adalah suatu keadaan di mana gas di dalam perut berlebihan, dikarenakan makanan atau stres yang Anda alami. Gas yang berlebihan inilah yang akhirnya menekan hingga perasa terasa tak nyaman.Sunduk'en atau sudukan ini termasuk keluhan perut yang akut. Keluhan perut dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu keluhan perut kronis dan keluhan perut akut. Keluhan perut akut ini dikarenakan infeksi, yang pada akhirnya bisa menyebabkan diare.
Perjuangan Wanita Saat Mengandung dan Melahirkan
.co.id – Mengandung dan melahirkan adalah proses luar biasa yang hanya bisa dialami oleh wanita. Tak heran, jika Tuhan menyediakan pahala berlimpah demi penderitaan dan rasa sakitnya. Dan, kalian para suami, pernahkah membayangkan bagaimana rasanya menjadi istri yang harus berjuang demi lahirnya buah hati? Biasanya, ibu hamil mengalami kelelahan hebat pada kehamilan trimester pertama. Pada fase awal kehamilan ini, tubuh para ibu hamil ini sedang mempersiapkan diri dalam membentuk plasenta. Dalam pembentukan plasenta inilah, tubuh mereka bekerja sangat keras. Hormon kehamilan (hCG) pun meningkat cepat.Hal iniah yang memaksa metabolisme tubuh ibu hamil untuk bekerja dalam intensitas yang tinggi. Akibatnya, gula darah dan tekanan darah mereka turun dalam level rendah, sehingga rasa lelah tak bisa dihindarkan.
5 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman untuk Janin
.co.id – Hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit gigi, mulai dari orangtua, remaja, dan bahkan anak-anak. Sakit gigi juga terjadi pada ibu hamil. Tidak sedikit ibu hamil mengeluhkan sakit gigi karena memang pengaruh dari hormon kehamilan.Memilih obat sakit gigi untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan. Anda harus mencari obat yang manjur, aman untuk janin, dan penggunaannya juga sebaiknya atas saran dokter. Ibu hamil membutuhkan obat untuk sakit gigi yang tidak memberikan efek membahayakan untuk janin.Ketika hamil, sebaiknya Anda harus waspada karena rawan dengan gigi sensitif, karies, infeksi gigi, dan masalah gigi lainnya. Hal ini terjadi karena tingkat hormon yang tidak seimbang, disertai dengan kadar hormon estrogen atau progesteron yang meningkat.
Cara Sederhana Bahagiakan Ibu di Hari Ibu
Hari ini atau tepat tanggal 22 Desember, merupakan hari yang paling istimewa bagi semua ibu di seluruh dunia. Ya, benar sekali, pada tanggal 22 Desember merupakan hari ibu, hari yang paling tepat bagi kita semua untuk memberikan segala yang terbaik untuk orang yang telah melahirkan dan membesarkan kita.Kita harus menghentikan sejenak kesibukan kita demi sang ibu tercinta. Nah, di hari ibu ini, bukan hadiah mahal ataupun barang mewah yang sebenarnya ibu kita inginkan. Yang ibu kita inginkan adalah waktu kita bersama sang ibu, jadi jika harus meluangkan waktu seharian khusus untuk ibu.Ibu akan sangat bahagia saat anak yang dicintainya bisa meluangkan waktu seharian untuk dirinya. Nah, pada hari spesial untuk sang ibu ini, apakah Anda susah menyiapkan rencana bersama sang bunda?
Manfaat Kembang Kol untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa
.co.id – Masa kehamilan merupakan masa yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan suami istri. Karena dengan melalui masa kehamilan yang sehat dapat melahirkan bayi yang sehat dan selamat pula. Ternyata untuk menjaga kesehatan ketika sedang hamil dapat dilakukan dengan mengonsumsi kembang kol.Karena manfaat kembang kol untuk ibu hamil sangat luar biasa. Yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan rajin berkonsultasi dan mengontrol kesehatan ibu dan kandungannya. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari stres juga menjadikan ibu dan janin yang dikandung akan lebih sehat.Makanan sehat yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jenis kembang kol dan brokoli. Kandungan yang ada pada kembang kol mampu untuk membantu dalam pertumbuhan bayi ketika di dalam kandungan agar lebih sehat.
Hati-hati, 6 Makanan Ini Berakibat Fatal Bagi Ibu Hamil
 – Kehamilan merupakan suatu fase di mana, seorang ibu menantikan hadirnya buah hati yang sudah lama ditunggu-tunggu. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, kehamilan itu memiliki beberapa tahapan yang biasa dikenal dengan istilah trimester.Pada tahap ini ibu hamil sangat disarankan untuk menjaga asupan makanannya, agar tetap sehat. Seperti salah satunya mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi. Hal ini perlu diterapkan ibu hamil guna memenuhi kebutuhan si janin.Tidak hanya itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya. Meski banyak makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi, tapi tidak semua makanan bisa mereka konsumsi. Seperti beberapa makanan berikut ini bisa berakibat fatal, jika dibiarkan begitu saja dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja itu?
Benarkah Setiap Ibu Hamil yang Ngidam Harus Dipenuhi?
Mengidam adalah hal yang biasa terjadi pada ibu hamil, tapi ada juga yang tidak. Mengidam terjadi di tiga bulan awal kehamilan. Mengidam merupakan keinginan yang biasanya diinginkan oleh ibu hamil, biasanya berupa makanan atau melakukan hal yang tak biasa.Biasanya, ibu-ibu hamil akan meminta supaya keinginannya dipenuhi, sebagai dalih jika tidak si anak yang dilahirkan akan ileran. Sebelum mengidam dituruti, sebaiknya perhatikan dulu apakah ngidam itu perlu dituruti atau tidak.Sebenarnya, di dalam dunia kedokteran tidak ada istilah mengidam. Mengidam lebih pada kondisi membutuhkan nutrisi dan tubuh memberitahu melalui ngidam tersebut. Misalnya saja, ibu hamil ingin makan buah, mungkin menandakan tubuh membutuhkan vitamin.
Enam Tanda Kehamilan yang Sehat
"Semoga kehamilannya sehat dan lancar ya bu." Doa serta harapan tersebut selalu terucap bahkan sampai berkali-kali diucapkan oleh seseorang ketika berpapasan dengan seorang ibu yang sedang mengandung. Tapi, sebenarnya kehamilan yang sehat itu seperti apa?Nah, untuk memastikan kehamilan yang benar-benar sehat dan tak ada masalah, sebaiknya ibu hamil rutin memeriksakan dirinya ke dokter mengenai kehamilannya.Mengacu pada WHO, pemeriksaan kehamilan harus dilakukan minimal empat kali. Yaitu satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua, dan dua kali pada trimester terakhir.
Awas, Jangan Pernah Bilang Kata-kata ini pada Ibu Hamil
Hamil? Pasti senang ya. Selama perjalanan 9 bulan, pasti banyak yang ibu hamil alami. Mulai dari keluhan kehamilan, senangnya merasakan gerakan janin, harap-harap cemas menjelang kelahiran, dan banyak banget cerita lainnya. Betul tidak? Dan setiap ibu hamil pasti beda-beda cerita kehamilan dan yang dirasakan.Dan karena itu jugalah, kadang atau sering ada kata-kata yang sadar atau tidak, bisa bikin ibu hamil sakit hati. Iya, benar. Kadang sadar atau tidak, ada beberapa kata-kata atau perlakuan yang bikin saya pribadi tidak nyaman.Tapi mau protes sudah tidak ada tenaga, mending tarik napas lepaskan, tarik napas lepaskan. Karena kalau kita mendengarkan kata orang, akan susah juga. Sebenarnya, kadang kata-kata orang itu tidak semata-mata untuk menyakiti perasaan ibu hamil. Tapi, ibu hamil memang sensitif.
Pentingnya Dekorasi Ruangan untuk Ibu Hamil
Ibu hamil biasanya menunjukkan perilaku yang tidak biasa, seperti saat ia tidak hamil. Mood mereka sering berubah-ubah dan yang sangat penting, ibu hamil memerlukan kenyamanan. Hal ini sangat penting bagi dirinya dan bayi yang dikandungnya.Jika mood sang ibu baik, maka bayi yang dikandungan pun akan sehat. Tak hanya kenyamanan orang-orang sekitar, kenyamanan rumah dan kamar pun penting bagi ibu hamil. Lalu, bagaimana mendekorasi kamar yang nyaman untuk ibu hamil?Ibu hamil biasanya sering mengalami morning sickness atau mual-mual di pagi hari. Oleh karena itu, usahakan sirkulasi udara di kamar mereka tetap terjaga dengan baik. Jika ingin menggunakan AC, maka ketika pagi hari sebaiknya dimatikan saja dan buka jendela kamar supaya udara berganti lebih segar.
16 Keluhan Ibu Hamil saat Trimester Pertama
Trimester pertama kehamilan ini memang sesuatu, buat saya dan ibu hamil lainnya. Karena biasanya dan kebanyakan mengalami beberapa perubahan yang disertai keluhan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi ibu hamil.Sampai kadang dibilang ibu hamil itu manja. Padahal, kondisi setiap ibu hamil satu dengan lainnya berbeda. Jadi, jangan pernah saling membandingkan kondisi sesama ibu hamil.Di trimester pertama kehamilan ini, ada proses adaptasi dari tidak hamil ke kondisi hamil, yang juga merupakan perkembangan awal janin yang bikin deg-degan. Percayalah, baca-baca di internet malah akan bikin deg-degan. Ibu hamil jadi cemas dan itu malah bikin tidak sehat di pikiran.
Kenali Lima Macam Keguguran pada Ibu Hamil
Sebelum menyebutkan kelima macam keguguran pada ibu hamil, mari kita ketahui terlebih dahulu apa yang bisa menyebabkan seorang ibu hamil bisa mengalami keguguran. Ya, ternyata banyak faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya keguguran.Pada umumnya, keguguran pada trimester pertama diakibatkan karena adanya kelainan kromosom pada janin ibu hamil. Bisa jadi karena adanya kelainan pada sel telur maupun sperma dari orangtuanya.Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menyebabkan keguguran, seperti merokok, mengonsumsi kafein berlebihan dan sebagainya. Yang paling menakutkan adalah jenis keguguran yang bernama "Ketinggalan Keguguran". Ibu hamil mengira bahwa dirinya berhasil hemat namun sejatinya telah gagal. 
Lima Larangan pada Ibu Hamil, Mitos atau Bukan?
Apakah ibu-ibu pernah baper gara-gara mitos kehamilan? Kalau bapak-bapak mungkin pernah galau juga karena istri percaya banget dengan mitos seputar kehamilan? Mitos, wacana tentang sesuatu yang diyakini, kadang-kadang memang bikin baper atau sebal. Keberadaan mitos biasanya erat kaitannya dengan adat istiadat yang bersifat tradisional.Tapi keberadaannya juga tidak bisa disisihkan begitu saja. Tidak semudah menutup buku, banyak hal yang harus dilalui untuk mengubahnya. Salah satunya mitos tentang ibu hamil yang beredar di masyarakat tertentu. Mitos tentang ibu hamil yang berkembang dan dipercaya ini bisa memengaruhi kualitas kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung loh, Bu.Apalagi jika ibu hamil sangat percaya pada mitos yang belum tentu kebenarannya. Belum lagi berbagai keluhan yang harus diatasi seperti mual dan muntah. Padahal, kesehatan ibu akan sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan bayi yang akan dilahirkan. Kembali kepada mitos, beberapa ibu hamil mungkin percaya dan jadi baper. Namun ada juga yang tidak meyakini dan menganggap mitos pada ibu hamil bagaikan sebuah dongeng belaka.Baca Selengkapnya...
Cara Kurangi Rasa Mual saat Hamil
Rasa mual sering dianggap hal yang wajar, padahal kalau dibiarkan terus, bisa mengakibatkan ibu hamil kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seseorang yang menginginkan keturunan.Namun sayangnya, saat kehamilan pada trimester pertama, biasanya ibu hamil mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil disebabkan karena produksi hormon kehamilan atau HCG (Human Chorionic Gonadotropin).Yaitu suatu hormon yang berfungsi untuk melindungi embrio dan pertumbuhan jaringan plasenta. Hormon ini berdampak pada meningkatnya produksi progesteron oleh indung telur, sehingga menekan menstruasi dan menjaga kehamilan.
Waktu yang Tepat Lakukan Pemeriksaan USG
USG adalah suatu alat yang menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi yang dipancarkan oleh alat penjejak atau transduser pada organ yang akan diperiksa.Sebenarnya, kalau tidak ada indikasi serius yang mengharuskan seorang ibu hamil untuk melakukan USG, suka-suka saja apakah orang tua perlu melakukan USG apa tidak. Dilakukan hanya sebatas untuk mengetahui keberadaan janin.Bahkan kalau kehamilan ibu memang sehat, pemeriksaan USG tak perlu dilakukan setiap bulan. Cukup empat kali saja selama masa kehamilan. Yaitu satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua, dan dua kali pada trimester ketiga.
Pamer Hamil 6 Bulan, Tapi Perut Wanita Ini Nyaris Rata
 – Wanita mana yang tidak senang saat tahu dirinya sedang hamil. Apalagi jika kehamilannya adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu. Tapi akan banyak perubahan dalam diri wanita yang sedang hamil, terutama perubahan di perut.Perut saat sedang hamil sedikit demi sedikit akan membesar, dan berat badan akan bertambah. Hingga sampai pada saat kelahiran sang janin di usia 9 bulan dalam kandungan. Tetapi jika Anda melihat wanita ini, maka akan banyak yang tidak menduga sedang hamil.Seorang calon ibu yang memamerkan perutnya sedang hamil, membuat banyak netizen heran. Bagaimana tidak, di usia kehamilannya menjelang 6 bulan, perutnya nyaris rata. Bahkan tidak ada yang menduga dia sedang hamil.
Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil
Bagi para wanita, memang sangat penting untuk mengetahui berbagai macam nutrisi dan gizi yang dibutuhkan saat masa kehamilan. Sebab kalau sudah tiba saatnya masa kehamilan, wanita harus benar-benar memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan.Berbicara tentang ibu yang sedang hamil, ada banyak hal yang harus diketahui oleh sang ibu hamil. Salah satunya adalah macam-macam nutrisi dan gizi yang dibutuhkan. Selain itu, juga perlu memiliki pengetahuan mengenai olahraga yang perlu dilakukan secara rutin saat masa kehamilan.Saat masa hamil tidak boleh sembarangan makan makanan dan tidak boleh berlebihan berolahraga. Hal itu akan berpengaruh pada bayi yang dikandungnya. Ada beberapa jenis nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil.
Ibu Hamil Boleh Makan Daging Kambing? Perhatikan 5 Hal Ini
.co.id – Boleh tidak sih makan daging kambing saat hamil? Saat hamil, ibu sangat dianjurkan untuk menikmati daging merah, karena nutrisinya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.Namun sayang, ada mitos yang beredar di masyarakat, jika ibu hamil tidak boleh makan daging kambing karena panas sehingga dapat mengganggu kehamilan. Kira-kira, benarkah ibu hamil tidak boleh makan daging kambing?Daging kambing termasuk salah satu jenis daging merah, sehingga bisa dikatakan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi, meskipun aman, sebaiknya ibu hamil memerhatikan beberapa hal penting sebelum mengonsumsi daging kambing. Apa sajakah itu?Baca selengkapnya...
Kenali, 8 Keluhan Berlebih pada Ibu Hamil
- Hal yang wajar jika ibu hamil mengalami beberapa keluhan sepanjang masa kehamilannya. Misal saja muntah, sesak napas, sering buang air kecil dan sebagainya. Semuanya bisa dikatakan normal karena selama hamil, ibu mengalami berbagai perubahan metabolisme atau perubahan hormonal.Namun ada kalanya juga, keluhan yang dirasakan tersebut dirasa berlebihan. Maka ada baiknya kalau terjadi keluhan yang berlebihan, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan konsultasi mengenai kehamilannya.Lalu, kira-kira apa saja keluhan-keluhan yang berlebihan yang dimaksud tersebut? Berikut penjelasannya.
Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil
 – Kehamilan merupakan masa-masa terberat yang harus dilalui oleh para wanita. Hal itu dikarenakan, mereka tidak hanya dituntut untuk pandai menjaga kesehatan dirinya saja, tetapi juga harus memikirkan dan menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungannya.Tak heran, terkadang hal ini membuat para ibu hamil menjadi stres. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali merasakan hamil. Stres yang dialami para ibu hamil memang sangat umum terjadi, tetapi meskipun demikian Anda tidak boleh meremehkan hal ini.Karena, stres berkepanjangan saat hamil tidak hanya akan memengaruhi kesehatan Anda saja, tetapi juga bisa memengaruhi tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan Anda. Lantas, bagaimana caranya menghilangkan stres saat hamil?
Obati Asam Urat Pada Ibu Hamil dengan 5 Cara Alami Ini
 – Meski jarang terjadi, namun bukan berarti seorang ibu hamil tidak akan merasakan atau terserang penyakit asam urat. Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang masyarakat luas, tak terkecuali pada ibu hamil sekalipun.Asam urat tentunya akan terasa sangat tidak nyaman dirasakan, terlebih lagi saat kambuh. Penyakit asam urat yang terjadi pada ibu hamil, tentunya harus selalu diwapadai oleh setiap orang. Penanganannya pun jangan dilakukan sembarangan, karena akan membahayakan keselamatan ibu janinnya.Oleh sebab itu, penanganannya pun harus dilakukan dengan maksimal dan dengan cara yang paling aman tentunya. Jika Anda merasa kebingungan mencari cara teraman dalam pengobatan asam urat bagi ibu hamil. Anda dapat memilih cara berikut ini.
5 Artis Ini Tetap Olahraga meski Sedang Hamil
Bagi seorang wanita, hamil memang merupakan pengalaman unik yang tak terlupakan. Banyak sekali mitos mengenai boleh dan tidak bolehnya kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat hamil.Apalagi, ibu mana sih yang mau mengambil risiko untuk anak yang sedang dikandungnya? Artis-artis di bawah ini rupanya merupakan ibu-ibu yang modern. Para ibu-ibu ini memutuskan untuk tetap melakukan berbagai olahraga, bahkan yang cukup ekstrem meski sedang hamil.Artis-artis cantik dan sehat di bawah ini percaya, olahraga yang dilakukannya akan membawa kebaikan untuk diri dan anak yang berada dalam perutnya. Siapa saja sih yang tetap berolahraga saat hamil?
Hamil Tapi Ingin Traveling, Mengapa Tidak?
Hamil tak menjadi penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk traveling. Dengan alat transportasi yang serba canggih dan beragam pilihan destinasi wisata, liburan saat hamil bisa jadi lebih mudah. Yang terpenting, Anda sudah mempersiapkan segalanya dengan matang dan terencana.Sebelum larut dalam kebahagiaan liburan, yuk simak dulu apa saja yang perlu diperhatikan ibu hamil saat traveling. Yang pertama, carilah waktu yang tepat. Tak bijak jika Anda memaksakan untuk berlibur saat kondisi fisik tak memungkinkan.Solusinya, tunggulah hingga gejala pusing, mual, dan muntah berlalu. Di trimester ke dua, kondisi ibu hamil biasanya cukup stabil sehingga bisa melakukan perjalanan jauh.