Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Tujuh Makanan Peningkat Kecerdasan Anak

Orang tua mana yang tidak bangga jika memiliki anak yang berprestasi? Makanan merupakan salah satu kunci utama yang dapat memengaruhi tingkat kecerdasan anak. Memang, faktor internal, seperti genetik juga memengaruhi, namun faktor eksternal seperti stimulasi, aktivitas dan juga asupan makanan juga sangat berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak anak.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita wajib selektif memilih makanan yang terbaik untuk anak. Tapi apakah semudah itu? Mengingat saat ini ada banyak jenis makanan yang beredar di masyarakat. Sayangnya, kebanyakan produk mampu mengemas produknya sedemikian menarik, sehingga anak-anak lebih memilih jajanan tersebut dibandingkan makanan rumahan.

Nah, untuk masalah tersebut, orang tua harus pandai menyiasatinya, agar anak-anak bisa lebih tertarik dengan makanan rumahan, misalnya mengolah bahan yang sehat menjadi aneka camilan, minuman, puding, kue dan lainnya. Agar tidak salah memilih makanan, simak beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak berikut ini.

Read Full Article
10 Rahasia Anak yang Cerdas Matematika
Siapapun orangtuanya, pasti mengharapkan memiliki anak yang cerdas, atau kalau bisa cerdas pada pelajaran matematika. Anak-anak yang memiliki kecerdasan matematika, akan ditandai dengan nilai atau skor bagus di sekolahnya.Terutama dalam mata pelajaran sains atau ilmu pengetahuan alam serta matematika. Kita dapat mendukung kecerdasan matematika dengan sering mengajak anak untuk membicarakan, atau menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa yang dijumpai dalam sehari-hari.Selain itu, trigger otak anak dengan melakukan permainan menarik yang berbau logis, atau melakukan eksperimen-eksperimen kecil serta mengajarkan mereka untuk lebih pandai berhitung. Dan berikut ini terdapat rahasia anak yang cerdas matematika.
Cara Menstimulasi Kecerdasan Anak
Setiap anak memiliki keahlian dan kelemahan mereka sendiri. Kecerdasan tidak hanya diukur dari nilai matematikanya saja. Bisa saja seorang anak yang tidak mahir di bidang matematika, bahkan tidak bisa berhitung, tapi bisa jadi ia memiliki kecerdasan lain.Seperti dalam film Taare Zameen Paar, di mana tokoh Ishaan dikira adalah seorang anak yang bodoh karena tak bisa membaca dan menulis. Namun, sebenarnya ia pandai dalam hal lain yaitu menggambar dan melukis.Itulah bukti bahwa, kecerdasan tiap anak berbeda. Seorang pakar kecerdasan multipel, Dr. Thomas Armstrong mengatakan bahwa, ada delapan jenis kecerdasan anak. Dari kedelapan jenis tersebut, perlakuan untuk menstimulasinya juga berbeda-beda. Penasaran?
Lima Strategi Kembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak
Apa maksud dari kecerdasan kinestetik itu sebenarnya? Kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan yang dimiliki dalam mengontrol gerakannya atau mengolah gerakan tubuhnya dengan baik.Seorang anak yang memiliki kecerdasan kinestetik yang tinggi, biasanya mereka dapat dengan cepat menguasai aktivitas-aktivitas yang melibatkan fisik, baik motorik kasar maupun halus.Selain itu, mereka juga sering mengekspresikan gagasan atau emosinya melalui gerakan-gerakan tubuh. Mereka mampu menggerakkan anggota tubuhnya dengan terampil serta baik.
Tren Makanan Penuh Warna, Berbahayakah bagi Tubuh?
 – Tak hanya fesyen yang kerap mengalami tren di setiap tahunnya, makanan pun ikut ambil bagian dalam tren makanan di dunia selama beberapa tahun terakhir. Salah satu menu makanan tren beberapa tahun belakangan adalah makanan yang penuh dengan warna atau bertemakan unicorn.Diperkirakan makanan bertema unicorn masih menjadi tren di 2018. Namun dari segi kesehatan, apakah makanan ini aman bagi tubuh? Makanan bertema unicorn termasuk ke dalam makanan yang memiliki karakteristik berbeda serta mengutamakan berbagai warna untuk menciptakan kesan "penuh" warna di makanan itu.Kita pun bisa membuatnya, seperti rainbowcake, sandwich unicorn, minuman berbagai macam rasa, mi warna-warni dan masih banyak lagi.  Anak-anak sangat menyukai hal-hal berwarna-warni, maka tak heran jika  makanan ini sangat diminati anak-anak.
Harta Karun yang Dicari di Novel Pukat
Tere Liye selaku novelis yang sedang naik daun dan karya-karyanya yang best seller, juga melahirkan novel untuk anak-anak. Tere Liye memang cukup perhatian kepada anak-anak Indonesia, untuk itulah novel Pukat, yang merupakan serial anak-anak mamak, selain persembahannya untuk keluarganya, juga anak-anak di tanah air.Menurut pandangan Tere Liye, anak-anak merupakan generasi pengganti masa depan Indonesia yang telah dicarut-marutkan oleh individu-individu yang mencari keuntungan pada jabatannya. Benar, sungguh benar penulis novel Negeri Para Bedebah tersebut, sebab itu merupakan sikap awas untuk generasi masa depan bangsa ini.Lihatlah bacaan anak-anak sudah tidak jadi bahan yang menarik untuk digarap bagi penulis-penulis hebat di negeri kita. Maka sudah sepatutnya, kita yang juga peduli dengan anak-anak Indonesia turut mendukung bacaan anak-anak ini. Dalam serial anak-anak mamak ini, ada empat judul, yaitu Eliana, Burlian, Amelia, dan Pukat.
Lima Strategi Kembangkan Kecerdasan Matematika Logis
Siapa saja pasti akan bangga ketika mendapati buah hatinya, ternyata memiliki kecerdasan matematika logis. Bahkan terlihat menonjol kepandaiannya di sekolah.Kecerdasan matematika logis ini merupakan kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang yang mahir dalam menggunakan angka yang baik, melakukan penalaran-penalaran dengan benar, mampu mengolah alur pikiran yang panjang, serta mampu mencerna pola-pola logis atau numeris.Biasanya anak yang memiliki kecerdasan matematika, dia akan memiliki skor atau nilai yang bagus di kelas bahkan di sekolahnya. Terutama di bidang mata pelajaran matematika dan IPA atau sains. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan kecerdasan matematika logis si kecil. Di antaranya sebagai berikut.
Tujuh Makanan Peningkat Kecerdasan Anak
Orang tua mana yang tidak bangga jika memiliki anak yang berprestasi? Makanan merupakan salah satu kunci utama yang dapat memengaruhi tingkat kecerdasan anak. Memang, faktor internal, seperti genetik juga memengaruhi, namun faktor eksternal seperti stimulasi, aktivitas dan juga asupan makanan juga sangat berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak anak.Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita wajib selektif memilih makanan yang terbaik untuk anak. Tapi apakah semudah itu? Mengingat saat ini ada banyak jenis makanan yang beredar di masyarakat. Sayangnya, kebanyakan produk mampu mengemas produknya sedemikian menarik, sehingga anak-anak lebih memilih jajanan tersebut dibandingkan makanan rumahan.Nah, untuk masalah tersebut, orang tua harus pandai menyiasatinya, agar anak-anak bisa lebih tertarik dengan makanan rumahan, misalnya mengolah bahan yang sehat menjadi aneka camilan, minuman, puding, kue dan lainnya. Agar tidak salah memilih makanan, simak beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak berikut ini.
Enam Cara Jitu Merangsang Kecerdasan Anak
Dapatkah kecerdasan anak dioptimalkan? Ini salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan orang tua, ketika menghadapi masalah kecerdasan anak. Pada umumnya, orang tua sudah mengetahui kalau kecerdasan seorang anak menjadi faktor bawaan sejak lahir.Oleh sebab itu, tindakan yang lazim dilakukan orang tua adalah memberikan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang cukup untuk perkembangan tubuh dan otak anak. Para orang tua, sebenarnya dapat juga merngoptimalkan kecerdasan intelektual anak, selain dari mencukupi kebutuhan nutrisi anak.Aktivitas sehari-hari juga berpotensi untuk mengoptimalkan kecerdasan sang anak. Banyak jenis aktivitas sehari-hari yang dapat menstimulasi pengembangan kecerdasan mereka. Paling tidak, 6 aktivitas berikut ini menjadi upaya alternatif bagi orangtua untuk mengembangkan potensi kecerdasan yang dimiliki anak.
Anak Cerdas Jadi Harapan Bangsa
Mempunyai anak-anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Selain mendatangkan kebahagiaan dan kebanggaan, diharapkan dapat mengharumkan nama keluarga terutama sekali kedua orang tua.Ketika anak berprestasi di sekolah, nama orang tua dan keluarga juga akan terbawa. Harapan orang tua terhadap anak, sekaligus menjadi harapan bangsa ini. Kenapa tidak? Anak Indonesia hari ini akan menjadi pemimpin bangsa untuk sekian tahun yang akan datang. Anak-anak yang cerdas hari ini akan menjadi pemimpin yang cerdas di masa datang.Pemimpin yang cerdas akan berusaha membangun keadilan dan kemakmuran masyarakat. Anak cerdas tidak hanya dipandang dalam aspek kecerdasan otak intelektual semata. Kecerdasan anak harus ditinjau secara menyeluruh komprehensif .
Tujuh Jenis Makanan yang Bisa Bikin Bodoh
Manusia sebagai salah satu makhluk hidup tentu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Makanan sendiri berfungsi untuk memberikan energi pada tubuh agar kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari.Tak hanya itu, makanan juga akan membantu dalam proses pertumbuhan tubuh. Untuk itu, makanan adalah kebutuhan wajib bagi kita semua. Meskipun kita semua butuh makanan, namun tidak semua makanan baik untuk tubuh.Ada banyak makanan yang berbahaya bagi tubuh, sebut saja seperti makanan yang beracun atau makanan tertentu yang ada efeknya dengan penyakit yang Anda derita. Oleh karena itu, kita harus pintar dalam memilih makanan, pilihlah makanan yang sehat, dan yang dibutuhkan oleh tubuh.
Tempe, Makanan Tradisional yang Bikin Otak Cerdas
Otak merupakan salah satu organ vital manusia, untuk mengatur dan merekam seluruh aktivitas yang diterima melalui kelima panca indra kita. Kemampuan otak dalam merekam dan mengatur seluruh aktivitas setiap orang berbeda-beda, dan kemampuan ini sering disebut dengan istilah cerdas.Kecerdasan otak tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penyedia makanan. Makanan yang bergizi tentunya dapat memberikan nutrisi cukup untuk keperluan tubuh dan otak. Zat gizi yang berperan untuk kecerdasan otak adalah karbohidrat, lemak, protein, zink, zat besi, dan vitamin B.Tempe menjadi salah satu jenis makanan tradisional yang dapat meningkatkan potensi kecerdasan otak. Karbohidrat yang terkandung dalam tempe relatif kecil. Akan tetapi, kendungan tersebut masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan makanan protein lainnya seperti yang terkandung dalam daging ayam. Tak percaya?
18 Tips Dongkrak Kecerdasan Intelektual Anda
Kecerdasan intelektual atau yang lebih dikenal dengan istilah IQ (intelligence quotient) merupakan ciri pikiran yang terdiri dari beberapa potensi seperti potensi dalam hal penalaran, perencanaan, pemecahan terhadap masalah, pikiran secara abstrak, pemahaman gagasan.Kecerdasan sangat kuat hubungannya dengan potensi kognitif seseorang. Bahkan kecerdasan bisa diukur dengan alat khusus yaitu psikometri atau disebut dengan tes IQ.Sebagian orang tentunya ingin memiliki IQ yang tinggi tanpa menyepelekan kecerdasan lainnya seperti kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual.Pertanyaannya, apakah ada cara atau tips yang bisa dilakukan seseorang agar tingkat IQ nya semakin baik? Penasaran?
Lima Tips Mendidik Kecerdasan Emosional Anak
Para orangtua beranggapan bahwa anak yang pandai secara akademik atau memiliki Intelligence Question IQ tinggi pasti akan sukses dalam berkarier. Pada kenyataannya, mereka yang sangat pandai pun bisa saja tidak meraih kesuksesan dalam berkarier.IQ bukanlah tolak ukur kesuksesan seseorang. Ada faktor lain yang juga menentukan, yaitu kecerdasan emosoinal atau Emotional Intelligence EI . IQ hanya menyumbang sekitar 20 persen untuk keberhasilan seseorang, sisanya 80 persen dari faktor lain, yang salah satunya adalah kecerdasan emosional.Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk tak hanya mengasak IQ anak saja, tapi juga EI anak. Melatih EI bertujuan agar anak memiliki EI yang semakin berkembang, baik untuk dirinya dan karier di masa depan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.
18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda
Kecerdasan intelektual atau yang lebih dikenal dengan istilah IQ (intelligence quotient) merupakan ciri pikiran yang terdiri dari beberapa kemampuan atau potensi, seperti potensi dalam hal penalaran, perencanaan, pemecahan terhadap masalah, pikiran secara abstrak, pemahaman gagasan, penggunaan bahasa, dan kemampuan belajar.Kecerdasan sangat kuat hubungannya dengan potensi kognitif seseorang. Bahkan kecerdasan pun bisa diukur dengan alat khusus, yaitu psikometri dan biasa disebut dengan tes IQ.Sebagian orang tentunya ingin memiliki IQ yang tinggi tanpa menyepelekan kecerdasan lainnya, seperti kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Pertanyaannya, apakah ada cara atau tips yang bisa dilakukan seseorang agar tingkat IQ-nya semakin baik?
Tiga Faktor yang Pengaruhi Kecerdasan dan Jasmani Seseorang
Sejak lahir, jasmani seseorang akan terus berkembang, baik dalam bentuk badan, ukuran-ukuran badannya, maupun dalam daya kerjanya. Semuanya akan terus tumbuh hingga anak mencapai dewasa. Pertumbuhan dan perkembangan ini akan terus berkembang hingga anak berusia 25 tahun.Tapi ingat, bahwa perkembangan jiwa seseorang, di antaranya perkembangan kecerdasan seseorang, tidaklah berhenti di usia 25 tahun. Karena perkembangan jiwa atau kecerdasan seseorang, mungkin saja masih dapat berlangsung terus sesuai dengan kemampuan masing-masing anak.Lalu, apa saja yang memengaruhi pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang? Ada beberapa faktor yang turut memengaruhinya, di antaranya adalah sebagai berikut.
Alat Ini Diklaim Bisa Tingkatkan Kecerdasan Hingga 40 Persen
 – Kecerdasan dipercaya sebagai sesuatu yang diturunkan dari orangtua kita. Kecerdasan atau biasa disebut dengan IQ, biasanya sangat tidak bisa ditingkatkan atau dikurangi. Di mana terbentuk semenjak kita masih di dalam kandungan.Tingkat kecerdasan manusia satu dengan yang lainnya juga berbeda. Dan tidak bisa dikurangi atau ditingkatkan. Namun para ahli telah mengungkapkan sebuah perangkat, yang diklaim bisa meningkatkan kecerdasan manusia hingga 40 persen.Ibarat mimpi jadi kenyataan, namun alat ini masih dalam pengembangan. Lantas bagaimana alat ini bekerja meningkatkan kecerdasan manusia, dan apakah semua orang yang menggunakannya bisa lebih cerdas?
10 Hewan yang Dibekali dengan Kecerdasan Tinggi
Manusia bukanlah satu-satunya makhluk yang memiliki kecerdasan di bumi. Ada sejumlah hewan yang ternyata juga memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Mungkin saja, kecerdasan yang dimiliki hewan tersebut ada yang melebihi tingkat kecerdasan manusia.Sebut saja salah satunya adalah ikan paus. Kenapa paus bisa masuk ke dalam daftar ini? Banyak orang yang berpendapat bahwa, hewan laut ini hanya memiliki ukuran tubuh yang besar saja tanpa didukung dengan otak yang cerdas.Tapi ternyata mereka telah salah mengira. Paus sebenarnya termasuk dalam 10 hewan paling cerdas yang ada di dunia, khususnya di laut. Yang namanya makhluk hidup, pastinya butuh yang namanya komunikasi. Di sini, para paus menggunakan metode komunikasi yang berbeda dari hewan pada biasanya.
Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Laperma Platinum
Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Laperma Platinum, Memiliki keturunan yang baik dan sehat adalah dambaan bagi setiap pasangan suami isrti, betapa bahagianya saat pasangan yang menikah mendapatkan keturunan, sehingga tumbuh kembang anak dari hari kehari menjadi perhatian yang sangat menyenangkan bagi ayah dan bunda. Namun terkadang ada saat-saat anak susah makan, padahal sudah diberikan makanan yang biasanya dimakan oleh sang anak setiap harinya, permasalahan ini banyak ditemukan oleh orang tua, anak menjadi sulit dan rewel sekali saat diberikan makan. Sehingga hal ini membuat para ibu menjadi stres menghadapinya. Saat kecemasaan atas perilaku anak susah makan terjadi pada anak kita, Cobalah untuk tidak terlalu merasa cemas untuk waktu makan sang anak. Jika bunda mampu menjaga sikap yang tenang dan positif, ini akan menjadi lebih baik untuk bunda dan anak bunda. Kebanyakan balita akan menangis dan rewel saat ia tidak mau makan, dan terkadang bunda merasa jenuh menghadapi persoalan anak susah makan ini, dan tidak mampu mengontrol emosi dan marah-marah kepada sang anak, sikap seperti bukan menjadi solusi untuk membuat anak yang susah makan menjadi mau memakan makanan yan gtelah bunda siapkan, perlakuan ini justru membuat anak bunda akan semakin susah untuk makan.
Arti Kecerdasan Interpersonal Anak
Hubungan interpersonal dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berlangsung antara dua orang atau lebih dengan adanya proses interaksi yang timbul antara satu orang dengan orang lainnya.Dengan demikian, kecerdasan interpersonal adalah merupakan kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengamati dan mengerti maksud, sikap, dan perasaaan orang lain.Kecerdasan interpersonal ini berhubungan dengan kemampuan untuk bisa memahami dan mengahadapi sikap dan perasaan orang lain. Dalam hal ini, anak akan mampu mengenali lingkungannya.
Tujuh Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh
Tubuh yang sehat adalah harta paling berharga dalam hidup. Dengan tubuh yang sehat, setiap orang bisa beraktivitas dengan normal dan menikmati indahnya hidup. Tubuh yang sehat tidak diperoleh begitu saja. Pola hidup dan kebiasaan seseorang ikut menentukan tingkat kesehatannya.Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi narkoba dan minuman keras akan berpengaruh juga bagi kesehatan. Sebaliknya, kebiasaan positif seperti berolahraga secara rutin mampu meningkatkan kesehatan tubuh.Selain itu, mengonsumi makanan yang sehat dengan teratur bisa menjadi salah satu alternatif menjaga tubuh tetap sehat dan prima. Berbicara makanan, ada beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai jenis makanan ini kaya akan vitamin dan nutrisi yang berfungsi mencegah dan melawan berbagai penyakit di sekitar kita. Makanan apa saja?
Tujuh Hal Ini Tidak Dilakukan Orang yang Emosinya Cerdas
Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dapat merasakan, mengendalikan, dan mengevaluasi emosi mereka, bersamaan dengan emosi orang lain. Kecerdasan emosional bisa memainkan peran besar dalam kesuksesan dan hubungan sosial seseorang.Kecerdasan emosional bisa jadi dimiliki karena anugerah bawaan atau bisa diajarkan atau dilatih. Ini melibatkan berhubungan dengan emosi Anda dan mengendalikannya setiap saat. Inilah tujuh hal yang dihindari orang yang emosinya cerdas.Mereka tidak mengabaikan perasaan orang lain. Orang yang sangat cerdas secara emosional menunjukkan empati terhadap orang lain. Mereka mencoba memahami bagaimana perasaan orang-orang di sekitar mereka. Mereka tidak pernah mengabaikan emosi orang lain sebagai hal yang tidak penting.
Sepuluh Taman Bermain Paling Inovatif di Dunia
Bermain adalah hal yang menyenangkan. Bagi anak, bermain adalah sebuah kebutuhan. Bermain dapat melatih kecerdasan anak secara kognitif dan emosional. Namun sayangnya, terbatasnya ruang menjadikan anak-anak kurang dapat bereksplorasi.Tengok saja di ibukota. Banyak anak-anak di sana yang kurang dapat bermain dengan bebas. Anak-anak yang hanya diam dan bermain sendiri di rumah tidak asing dijumpai. Begitu pula anak-anak yang terpaksa bermain-main di jalanan maupun gang depan rumah. Tentu hal ini akan membahayakan mereka.Di luar negeri, kebutuhan akan ruang publik sangat diperhatikan sekali. Anda tidak akan sulit menemukan taman kota dengan banyak anak-anak di sana. Tidak hanya untuk bermain semata, taman ini dapat digunakan untuk melepas lelah bagi mereka yang telah bekerja. Bahkan, tak sedikit para lansia yang duduk-duduk di bangku taman untuk menikmati senja. Taman-taman bermain di bawah ini sangat menarik untuk didatangi.
Tujuh Hobi Ini Bisa Asah Kecerdasan
Hobi biasa diasumsikan sebagai kegiatan yang hanya sekadar bersenang-senang, namun jangan salah dari kegiatan yang terlihat sederhana ini ternyata bisa mengasah kecerdasan seseorang. Tak jarang juga, ada persepsi umum yang mengatakan bahwa tak banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tingkat kecerdasan.Kecerdasan intelektual kerap dianggap sebagai sesuatu yang taken for granted alias sudah ditentukan sejak lahir, dan tak banyak yang bisa dilakukan untuk itu. Padahal, begitu banyak cara untuk membantu meningkatkan kecerdasan, selain belajar, kecerdasan juga bisa diasah lewat hobi.Seseorang yang memiliki hobi juga dianggap memiliki kehidupan yang menarik. Berikut adalah beberapa hobi yang akan membantu Anda menjadi seorang yang lebih cerdas. Adakah salah satunya hobi Anda?