Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kunjungi Bima dan Papua, Presiden Jokowi akan Resmikan Pasar dan Buka ISC

Ada dua agenda dalam kunjungan hari ini, yakni meresmikan pasar dan membuka gelaran Indonesia Soccer Championship (ISC).

Read Full Article
Kalau Sekarang Bicara Papua, Apakah Masih Mau Mendengar?
 – 'Papua', lagi-lagi nama itu kembali tenggelam dalam keriuhan di tanah Jawa, terutama Jakarta. Padahal, baru kemarin nama Papua dibawa-bawa untuk mengkritik pemerintah terkait kasus gizi buruk di Asmat. Masihkah Anda ingat Papua?Jika memang tidak, tak mengapa. Mungkin nanti saat pilpres atau ribut-ribut soal saham Freeport, Anda akan ingat kembali dengan nama Papua. Nah, kalau Anda sedang mendadak ingat Papua, cobalah sejenak untuk membicarakan soal pendidikan yang ada di sana.Masalah pendidikan di Papua itu berat. Ini bukan rayuan gombal, karena kenyataannya memang demikian. Pendidikan formal, terutama di daerah-daerah yang sulit diakses atau yang masuk wilayah pemekaran kabupaten, bisa dibilang masih jauh dari yang diharapkan.
Yuk, Berkelana ke Sepuluh Tempat Wisata di Bima
Secara umum Bima adalah nama suatu daerah yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Daerah ini kemudian masih terbagi lagi menjadi dua pemerintahan, kabupaten dan kota. Kedua wilayah tersebut sama-sama menyimpan potensi wisata bahari yang sangat besar.Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak traveler untuk menjelajahi terlebih dahulu kota Bima. Kota Bima berdiri sebagai daerah otonom melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2002.Kota ini berada di Pulau Sumbawa bagian timur dengan keseluruhan wilayahnya hanya berbatasan dengan kabupaten Bima dan Teluk Bima di sebelah barat. Walaupun luas wilayahnya tidak lebih dari 222 kilometer persegi, namun banyak tempat keren yang bisa traveler kunjungi. Apa saja?
Jan Ethes Srinarendra, Cucu Pertama Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo malam ini bertolak dari Jakarta menuju Solo, Jawa Tengah untuk kunjungan kerja sekaligus menengok cucu pertamanya yang baru lahir tadi pagi. Nama unik dan penuh arti ternyata sudah diberi untuk sang cucu.Siapa namanya?"Jan Ethes Srinarendra," ujar anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di RS PKU Muhammadiyah Solo, seperti yang disampaikan oleh Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (10/3/2016).Gibran menjelaskan, nama anak laki-lakinya itu penuh arti. Jan memiliki arti sangat atau sekali. Sedangkan Ethes berarti cekatan dan Srinarendra adalah pemimpin yang cerdas.Lalu, siapa yang memberikan namanya?"Ya, bapaknya dong," jawab Gibran. Diakui Gibran Presiden Jokowi juga turut memberikan usulan nama.Cucu pertama Jokowi ini merupakan buah perkawinan dari anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka (28) dan istrinya Selvi Ananda (26). Bayi laki-laki itu lahir dalam kondisi sehat sekitar pukul 09.28 WIB, Kamis (10/3). Bayi itu lahir melalui proses sesar dengan berat 3,09 kg dan panjang 48,5 cm.
Enam Pasar yang Unik dan Aneh di Seluruh Dunia
Pasar dipilih sebagai tempat berbelanja, karena pada umumnya pasar menjual berbagai macam kebutuhan yang kita perlu, seperti halnya pakaian, peralatan rumah tangga, bahan-bahan pangan, hingga bumbu-bumbu dapur. Setiap pasar yang ada di seluruh dunia, pada umumnya juga menjajakan berbagai keperluan, yang biasanya dibutuhkan oleh masyarakat.Pasar dapat menjadi cerminan suatu budaya yang dianut oleh suatu daerah. Namun, di beberapa daerah di dunia, ada beberapa pasar yang terbilang unik tapi juga aneh, yang lain dari pada kebanyakan pasar pada umumnya. Kemudian, timbul sebuah pertanyaan, memangnya pasar-pasar seperti apakah, yang terbilang unik dan aneh yang dimaksud?Nah, berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat Kamu, mengenai beberapa pasar paling unik dan aneh di seluruh dunia. Berikut ini ulasannya.Baca Selengkapnya...
Pasar Beringharjo Kini Buka Hingga Malam
 – Tak lengkap rasanya berkunjung ke Jogja tanpa menyambangi Pasar Beringharjo. Namun salah satu kendala adalah jam operasional yang hanya buka hingga pukul 17.00 WIB. Tapi itu dulu, kini, tercatat sejak Rabu, 11 April 2018, salah satu pasar tertua di Jogja tersebut akan beroperasi hingga malam. Tepatnya akan tutup operasional pada pukul 21.30 WIB atau setara dengan pusat perbelanjaan modern.Artinya, bila kamu sedang berlibur ke Jogja tak perlu kuatir tak bisa merasakan keseruan tawar-menawar di pasar legendaris ini. Usai jalan-jalan di Keraton, Malioboro atau Titik Nol Kilometer bisa menuntaskan dahaga kuliner atau oleh-oleh di sini.Aneka jenis kebutuhan dengan sangat mudah ditemukan di pasar yang telah menata diri layaknya pasar modern ini. Selain tata kelola yang lebih baik, fasilitas yang ada juga mumpuni. Pasar yang tidak lagi identik dengan kesan kumuh, kotor dan becek. Pasar dengan penyejuk ruangan dan toilet layaknya hotel bintang lima membuat siapa saja betah berada di dalamnya. 
Jelajahi 4 Pulau di Bima yang Tersembunyi
Bima merupakan kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang kaya akan objek wisata alamnya. Tak hanya pantai saja, namun banyak sekali pulau tersembunyi yang bakal membuatmu ingin terbang ke sini. Penasaran kan dengan pemandangan eksotis pulau di Bima?Pulau Kelapa jadi satu di antaranya. Destinasi wisata yang menyajikan panorama perbukitan yang lengkap dengan tenangnya air di Bima adalah Pulau Kelapa. Objek wisata yang terletak di kawasan Nggelu, Lambu ini tak hanya menawarkan pesona alam yang luar biasa saja, tapi juga sangat sepi lantaran belum banyak dijelajahi oleh wisatawan.Nah, untuk kamu yang berniat berkunjung ke Pulau Kelapa, ada baiknya bermalam dengan mendirikan tenda di sini. Pasalnya, keindahannya sangat sempurna saat sore hari. Bahkan Pulau Komodo dapat terlihat dari puncak objek wisata ini. Keren kan?
Jokowi di Depan Ribuan Guru: Saya Bisa Jadi Presiden Berkat Kalian
Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional di Istora, Senayan. Jokowi kaget ternyata guru sekolahnya dihadirkan dalam acara tersebut.Jokowi hadir di Gedung Istora, Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2015) sekitar pukul 10.00 WIB, Jokowi didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Acara kemudian dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Beberapa penghargaan diberikan kepada para guru dalam acara ini. Salah satunya penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pendidikan. Tanda kehormatan ini diberikan langsung oleh Jokowi kepada 10 orang guru yang berdedikasi dan berprestasi.Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, sesaat sebelum masuk ke dalam Istora Senayan, dia diberi tahu oleh Mendikbud Anies Baswedan soal kehadiran guru-gurunya di acara tersebut."Waktu saya masuk, saya kaget dibisiki Menteri Pendidikan, Pak, dihadirkan di sini guru Bapak saat di SMP dan SMA," ujar Jokowi mengawali pidatonya."Tadi yang saya salami seingat saya baru dua. Yang saya tahu, beliau guru Biologi saya. Karena sudah 40 tahun, mudah-mudahan enggak salah, namanya Bu Nurhayati. Silakan berdiri Bu, kata Jokowi. Ibu guru Jokowi ini kemudian berdiri dari bangku duduk peserta.Jokowi kemudian bernosltagia, mencoba menyebut nama guru-gurunya yang lain. "Yang kedua, Bu Parmi Sarwoto. Yang lain ada guru SMA saya, tapi belum saya salami," kata Jokowi.Guru Jokowi yang lain kemudian berdiri dari bangku hadirin. "Belum saya minta berdiri, sudah berdiri," canda Jokowi yang kemudian mengundang tawa seluruh tamu undangan."Saya ingat, yang paling sebelah sini adalah Pak Sudadi. Dulu guru Biologi saya juga. Kemudian ada Bu Sri Winarni. Yang saya ingat Bu Ning, guru Kimia saya. Dulu Kimia saya nilainya paling bagus. Kalau enggak percaya, tanya Bu Ning," kata Jokowi sambil tersenyum."Saya begini, karena guru-guru saya, bukan karena saya," tambah J
Inilah Deretan Mobil Presiden Termahal di Dunia
Sebagai orang nomor satu dalam suatu negara, wajar apabila seorang presiden mendapatkan fasilitas yang mewah. Mulai dari rumah, keamanan, operasional, sampai segala kebutuhan presiden disediakan sebaik mungkin demi menunjang pekerjaannya. Tak terkecuali kendaraan yang digunakan.Biasanya kendaraan yang dipakai presiden sangat khusus dengan keamanan tinggi dan harga yang fantastis. Presiden Jokowi sendiri menggunakan mobil Mercedes-Benz Limousine S600 Pullman Guard. Mobil buatan Jerman tersebut dibeli seharga Rp6 miliar.Selain mobil milik Presiden Jokowi, negara-negara lain juga punya mobil dengan harga yang bikin melongo. Kira-kira mobil siapa yang dinobatkan sebagai mobil termahal?
Mengenal Pariwisata Papua yang Menakjubkan
Papua, Inilah tanah yang luas dengan hutan-hutannya yang masih alami dan puncak gunung bersalju menjulang tinggi di danau glasial. Papua merupakan provinsi terbesar, yang lokasinya berada di paling timur Indonesia.Papua terdiri dari dua provinsi besar yaitu provinsi Papua dengan ibukotanya Jayapura, serta provinsi Papua Barat dengan ibukotanya Manokwari yang dikenal juga dengan sebutan kepala burung, serta beberapa ratus pulau lepas pantai.Pariwisata Papua memang eksotis dan masih alami dengan pemandangan alam pegunungan, hutan lebat, padang rumput, rawa-rawa serta pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Mulai dari pulau kelas dunia yang indah di Kepulauan Raja Ampat. Sorong, Manokwari, dan masih banyak lagi lainnya.
Lembah Baliem Wamena, Kepingan Surga dari Bumi Papua
"Aku gak perlu uang ribuan, yang aku mau uang merah cepe'an. Aku gak butuh kedudukan yang penting masih ada lahan tuk makan." "Hei..yamko rambe yamko..aronawa...ombe. Hei..yamko rambe yamko...aronawa...ombe. Hei ngino kibe kumbano kumbu beko Yumano kumbu awe ade."Itu adalah sepenggal lirik lagu Slank yang berjudul Lembah Baliem, mungkin tidak banyak yang kita tahu Lembah Baliem Wamena Papua itu seperti apa. Yang kita tahu Lembah Baliem malah dari lagunya Slank yang mungkin sangat akrab di telinga kita.Lembah Baliem, Wamena Papua adalah kepingan surga dari Papua yang jatuh ke Bumi, Lembah Baliem yang letaknya tepat di jantung pulau Papua ini menyimpan keindahan yang tiada tara.
Kunjungi Bima dan Papua, Presiden Jokowi akan Resmikan Pasar dan Buka ISC
Ada dua agenda dalam kunjungan hari ini, yakni meresmikan pasar dan membuka gelaran Indonesia Soccer Championship (ISC).
Jokowi 'Ajak' Mobil Kepresidenan dan Paspampres Blusukan ke Rawa Kendal
Presiden terpilih Joko Widodo masih sibuk dengan bulusukannya sebagai gubernur DKI Jakarta. Ia mengajak Paspampres yang mengawalnya blusukan di lokasi Waduk Rawa Kendal, Rorotan, Jakarta Utara.Jokowi ditemani Kepala Dinas PU, Rudi Manggas Siahaan meninjau lokasi waduk Rawa Kendal di Rorotan, Jakarta Utara, Selasa (26/8/2014).Ini adalah blusukan pertama Jokowi sejak dikawal Paspampres pada Sabtu (23/8) lalu. Meski sudah dikasih mobil kepresidenan, Jokowi tetap memilih menumpangi Toyota Innova hitamnya yang kerap dipakainya blusukan selama menjabat sebagai Gubernur.Dari lokasi blusukan awalnya di pengeboran sodetan Ciliwung-KBT, Jokowi menuju lokasi Waduk Rawa Kendal yang berada di tengah perkampungan warga Rorotan, Jakarta Utara.Untuk mencapai lokasi waduk, iring-iringan Jokowi harus menyusuri jalan-jalan kecil yang hanya terdiri dari 2 ruas jalur. Mobil kepresidenannya pun diajaknya menyusuri jalan-jalan kecil itu. Saat rombongan menyusuri jalan Raya Rorotan, anak-anak sekolah yang baru pulang berkumpul di depan sekolahnya. Mereka menunggu iring-iringan dan nampak melabaikan tangan.Paspampres pun diajak Jokowi bertemu warga yang selama ini sering disapanya saat blusukan. Saat tiba di lokasi waduk, warga yang sudah menunggu Jokowi langsung mengekor di belakangnya. Beberapa personil Paspampres dan perwira polisi sesekali nampak menahan warga yang mencoba terlalu dekat dengan Jokowi.Meski Jokowi menapaki lumpur kerukan waduk yang mengering, warga tetap ikut. Untuk menjamin keamanan Jokowi sebagai presiden terpilih, dalam jarak dekat setidaknya ada 4 anggota Paspampres. 4 anggota lainnya mengawasi dan menjaga jarak warga dengan Jokowi.
Jadwal Lengkap Bali United ISC / TSC 2016
Jadwal Lengkap Bali United ISC / TSC 2016 - Jadwal lengkap pertandingan Bali United ISC / TSC 2016 kali ini akan dimulai pertanggal 07 Agustus 2016 hingga 18 Desember 2016. Bali United merupakan salah satu klub sepak bola Indonesia asuhan Indra Sjafri yang dulunya bernama PERSISAM (Persatuan Sepak bola Indonesia Samarinda ). Meskipun saat ini Bali United berada pada peringkat 8 klasmen sementara ISC / TSC 2016 , klub asal provinsi Bali ini pernah mendapatkan prestasi yang lumayan diantaranya : Juara ke-3 Bali Island Cup 2015 (Turnamen Pra Musim), Perempatfinal Piala Presiden 2015Babak grup Piala Jenderal Sudirman 2015, Juara ke-3 Bali Island Cup 2016 (turnamen), dan Juara ke-4 Piala Bhayangkara 2016.
Lima 'Surga' Lain di Tanah Papua Selain Raja Ampat
Beberapa waktu lalu, terjadi perdebatan hebat di dunia maya soal foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang duduk termenung di Raja Ampat, Papua. Dalam hal ini, bukan membahas tentang foto tersebut, namun lebih ingin menguak destinasi wisata lain selain Raja Ampat.Papua merupakan bagian paling timur Indonesia yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Papua memiliki segudang keindahan alam yang rasanya tak kalah dengan destinasi wisata terkenal lain di Indonesia. Bahkan, mungkin dapat bersaing dengan objek wisata di luar negeri.Memang dari kesemuanya, Raja Ampat lebih terkenal dibanding lainnya, karena selain memiliki keindahan mirip di Maladewa atau Maldives, Raja Ampat lebih sering diekspos media daripada tempat wisata lainnya. Berikut ini adalah destinasi wisata alam selain Raja Ampat yang ada di ujung Indonesia.
Di Papua, Lima Barang Ini Miliki Harga Selangit
Harga kebutuhan bahan pokok di Papua memang terkenal sangat mahal. Hal itu dikarenakan Papua masih sangat minim infrastruktur serta kondisi demografi yang berbukit-bukit menyulitkan transportasi untuk lewat.Salah satu cara cepat untuk mengantarkan kebutuhan bahan pokok di Papua adalah dengan melalui pesawat. Jika pun melalui jalur darat, pasti membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di tujuan dan membuat biaya pengiriman semakin mahal.Oleh sebab itu, harga kebutuhan pokok di Papua jauh lebih mahal dibandingkan dengan di pulau Jawa. Berikut buktinya ada beberapa bahan pokok yang dijual dengan harga selangit di Papua.
Saat Jokowi Beri Teladan di Jalan
Foto Presiden Joko Widodo Jokowi mengendarai sepeda motor, lengkap dengan atribut perlindungan diri rupanya telah meramaikan dunia maya, Rabu, 10 Mei 2017. Presiden bersepeda motor saat meninjau jalan Trans Papua.Tentu saja Presiden tidak sendiri, setidaknya dia ditemani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR Basuki Hadimuljono dan Panglima TNI Jenderal Gatot N. Beragam tanggapan netizen. Mulai dari yang mendukung, memuji hingga yang mengaku terinspirasi.Bahkan, ada yang berkomentar bahwa penjualan motor dan helm yang dipakai oleh Jokowi bakal melonjak karena mendapat promosi gratis. Bicara promosi, perhatian saya jujur saja jatuh pada soal pemakaian helm pelindung kepala.
Lima Keunikan Suku Dani di Papua
Ada beberapa suku yang menghuni pulau Papua, mulai dari suku Korowai, suku Asmat, suku Kamaro, dan suku Dani. Dan salah satu suku di Papua yang memiliki ciri khas unik dan menarik adalah suku Dani.Suku Dani yang mendiami daerah Wamena di Papua ini memang dikenal memiliki banyak sekali keunikan, mulai dari pakaian khas seperti Koteka, hingga tradisi potong jari yang merupakan bentuk belasungkawa untuk keluarganya yang meninggal dunia.Selain Koteka dan tradisi potong jari, ada beberapa keunikan lainnya dari suku Dani yang membuat banyak wisatawan senang bertemu, bahkan tinggal beberapa hari di sana. Lantas, apa saja keunikan dari suku Dani di Papua tersebut? Berikut ulasannya.
Meme Racun Kalajengking, Cara Cepat Kaya ala Presiden Jokowi Bikin Ngakak
 – Luar biasa. Itu kata yang pas diajukan kepada Presiden Jokowi. Layaknya seorang pengusaha, ia memberikan tips agar cepat kaya. Caranya jual racun kalajengking. Harganya fantastik, Rp145 miliar per liter.Tips itu disampaikan Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di hadapan para kepala daerah di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin, 30 April 2018.Menurut Jokowi dari informasi yang ia baca, komoditas yang paling mahal di dunia, bukanlah emas, tapi racun kalajengking. "Jadi kalau mau kaya, cari racun kalajengking," ujar Jokowi. Berikut meme racun kalajengking yang bikin ngakak.
Pengertian Pasar Modal : Fungsi, Peran Dan Jenisnya
Pengertian pasar modal Pengertian pasar modal secara umum adalah suatu sistem keuangan yang terorganisasi, termasuk didalamnya adalah bank-bank komersial dan semua lembaga perantara dibidang keuangan, serta keseluruhan surat-surat berharga yang beredar. Dalam arti sempit, Pengertian pasar modal adalah suatu pasar (tempat, berupa gedung) yang disiapkan guna memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan jenis surat berharga lainnya dengan memakai jasa para perantara pedagang efek (Sunariyah, 2000 : 4). Dilihat dari pengertian akan pasar modal diatas, maka jelaslah bahwa pasar modal juga merupakan salah satu cara bagi perusahaan dalam mencari dana dengan menjual hak kepemilikkan perusahaan kepada masyarakat. Pengertian lain tentang pasar modal adalah pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran uang dalam bentuk surat-surat berharga yang berjangka waktu lebih dari satu tahun. Dalam pasar modal, surat berharga disebut juga dengan istilah “efek”. Menurut Syahrir dalam Najib (1998) bahwa pasar modal Indonesia sebagai salah satu lembaga yang memobilisasi dana masyarakat dengan menyediakan sarana atau tempat untuk mempertemukan penjual dan pembeli dana jangka panjang yang disebut efek. Dewasa ini telah merupakan salah satu pasar modal negara berkembang yang memiliki kemajuan secara menakjubkan dan dinamik.
Mengintip Pembangunan Stadion Papua Bangkit, Saingannya GBK
 – Papua akan segera memiliki stadion yang kemegahannya mampu menyaingi Gelora Bung Karno (GBK). Namanya adalah Stadion Papua Bangkit, yang dibangun di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.Menurut Football Tribe, stadion yang mulai dibangun pada 19 April 2017 ini memiliki luas 13,7 hektare ditambah dengan lapangan latihan tambahan. Pembangunannya dikerjakan oleh Lestarindo Soccerfield, perusahaan yang bergerak di bidang perancangan dan pembangunan lapangan sepakbola.Stadion Papua Bangkit ini mampu menampung 40.000 hingga 45.000 penonton. Setelah selesai nanti, stadion ini akan jadi stadion termegah kedua di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno.
Melongok Keunikan Pasar Apung di Banjarmasin
 – Pasar apung di Banjarmasin merupakan budaya lokal yang memanfaatkan sungai sebagai lokasi dan jukung (perahu kecil) sebagai toko. Pasar Apung sudah menjadi ikon Kalimantan Selatan karena keunikannya. Budaya pasar apung sendiri sudah berlangsung lama sejak ratusan tahun yang lalu.Menariknya, pasar apung dengan ciri khas ini kemudian menjadi objek wisata yang menarik banyak wisatawan untuk datang ke lokasi ini. Banyak wisatawan yang ingin menyaksikan keunikan pasar ini. Namun, belakangan ini pasar apung mulai berkurang jumlah pelakunya (jukung), karena kalah bersaing dengan pasar-pasar modern di daerah sekitarnya.Hal ini coba dimanfaatkan oleh pemerintah Banjarmasin untuk terus melestarikan budaya pasar apung yang sudah menjadi ikon pariwisata Banjarmasin. Salah satu langkah pemerintah adalah dengan membuat sebuah gelaran budaya yang dinamakan Festival Pasar Terapung. Baca Selengkapnya ...
Pilih-pilih Acara Buka Puasa Bersama
Saat ramadan tiba, orang-orang jadi antusias akan banyak hal. Dari merencanakan mudik lebaran, beli baju baru, membuat kue lebaran, mempersiapkan menu buka dan sahur, sampai euforia acara buka puasa bersama.Banyak jadwal buka bersama bukber yang direncanakan dari jauh-jauh hari. Acara buka bersama ini juga bisa menjadi ajang reuni bagi beberapa kelompok. Buka puasa bersama alias bukber bagi kaum urban ini, sepertinya jadi agenda wajib yang harus dilaksanakan dan dihadiri di setiap tahunnya.Selain mempertemukan kembali dengan beberapa teman yang sudah memiliki kesibukan masing-masing. Acara buka puasa bersama ini juga menjadi ladang pahala, kalau dikonsep dengan baik. Sebut saja misalnya, ikut menyertakan anak yatim piatu.
Tujuh Kekayaan Papua Barat yang Tak Ternilai Harganya
Papua Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Wilayah ini mencakup kawasan kepala burung pulau Papua dan kepulauan-kepulauan lain di sekelilingnya.Provinsi Papua Barat memiliki potensi yang sangat luar biasa, baik itu pertanian, pertambangan, hasil hutan maupun pariwisata. Mutiara dan rumput laut banyak dihasilkan dari Kepulauan Raja Ampat. Sedangkan satu-satunya industri tradisional tenun ikat yang juga disebut Kain Timor dihasilkan dari Kabupaten Sorong Selatan. Sementara sirup pala harum dapat diperoleh di Kabupaten Fak-Fak.Selain itu pariwisata juga menjadi salah satu andalan Provinsi Papua Barat seperti Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang berada di Kabupaten Teluk Wondana, Taman Nasional Lorenz, Keindahan Kepulauan Raja Ampat dan banyak lagi yang lainnya. Berikut 7 kekayaan alam Papua Barat yang tak ternilai harganya yang wajib Anda kunjungi.