Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Sembilan Tempat Menarik di Indramayu untuk Pra Nikah

Indramayu memiliki pesona yang mengagumkan, terutama untuk para calon pengantin yang akan melakukan pernikahan dengan melakukan foto pra nikah. Foto pra nikah sendiri biasanya digunakan penghias pada surat undang pernikahan dan dipajang pada saat pernikahan nanti.

Banyak orang beralasan, Indramayu tidak menarik untuk foto pra nikah, karena tidak banyak memiliki spot-spot menarik. Tetapi sebenarnya, Indramayu memiliki tempat-tempat yang luar biasa untuk foto pra nikah, bahkan orang tidak menyangka bahwa foto-foto ini diambil dari Kabupaten Indramayu. Berikut tempat-tempat menarik di Indramayu untuk pra nikah.

Tambak Indramayu. Lokasi ini berada tidak jauh dari RM Panorama yang terkenal dengan Pindang Gombyang Ikan Manyungnya. Di sini, Anda akan menemukan spot yang menarik untuk melakukan foto pra nikah dengan suasana pesisir pantai nan romantis. 

Read Full Article
Menikmati Pindang Gombyang Ikan Manyung Panorama
Jika Anda pergi ke Kota Indramayu, rasanya belum lengkap jika tidak menikmati kuliner khasnya. Salah satu makanan khas Indramayu adalah Pindang Gombyang Iwak Manyung. Sebenarnya banyak tempat makanan yang menyediakan pindang gombyang ikan manyung di Indramayu, tetapi yang terkenal adalah Pindang Gombyang Ikan Manyung di Rumah Makan Panorama.Untuk menuju ke rumah makan ini tidaklah sulit, kalau dari pusat kota atau dari bundaran Kijang Anda harus melalui Jalan Pahlawan setelah melewati Hutan Kota Kayu Putih, ada pertigaan Anda ambil jalan ke kanan langsung menuju ke jalan Tambak Raya sekitar 3 kilometer, Anda akan menemukannya yang letaknya di sebelah kiri jalan.Rumah makan ini memiliki tempat yang luas, karena pada waktu-waktu tertentu selalu penuh dengan pengunjung. Tempat ini menjadi langganan tamu-tamu penting, instansi pemerintahan, dan juga perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Indramayu.Baca selengkapnya...
Menikmati Keindahan Pulau Biawak di Indramayu
Kabupaten Indramayu merupakan daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup potensial, karena kekayaan alam, tradisi, seni dan budaya serta sejarah. Letaknya yang berada di pesisir pantai utara Pulau Jawa, membuat Indramayu memiliki daya tarik tersendiri sebagai daerah wisata yang patut untuk dikunjungi.Seperti salah satunya adalah Pulau Biawak di Indramayu. Di pulau ini Anda dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling, diving, memancing hingga petualangan. Pulau Biawak adalah pulau terindah di Indonesia yang terletak di kabupaten Indramayu, provinsi Jawa Barat atau berjarak sekitar 40 kilometer dari lepas pantai Indramayu.Pulau yang terdiri dari tiga pulau yaitu Pulau Biawak, Pulau Candikian, dan Pulau Gosong ini menawarkan keindahan alam yang sangat indah dan memesona untuk Anda nikmati.
Mengenal Sejarah Indramayu dari Museum Bandar Cimanuk
Indramayu merupakan salah satu kota di pesisir Pantai Utara Jawa Barat. Keberadaannya hanya diekspos pada saat musim lebaran saja. Hal tersebut dikarenakan, ini merupakan jalur utama arus mudik dari Jakarta ke kota besar di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur atau pulau lain di sebelah timur Pulau Jawa.Indramayu, sebenarnya mempunyai daya pikat yang luar biasa dalam hal seni, budaya, adat istiadat, kuliner, dan wisatanya. Begitu juga dengan sejarah keberadaan Indramayu.Banyak orang yang belum mengenal sejarah Indramayu, sejak kapan didirikan, di mana makam para pendirinya, serta bagaimana keadaan pada saat masa penjajahan Belanda dan Jepang dulu. Tetapi, sekarang kita bisa mempelajari semuanya di Museum Bandar Cimanuk.
Mengungkap Misteri Makam Jaka Dolog dengan Panjang 10 Meter
Banyak masyarakat Indramayu dan sekitarnya yang belum mengetahui, bahwa di Indramayu ternyata ada makam yang panjangnya sekitar 10 meter. Makam yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Makam Jaka Dolog ini, memiliki panjang yang tidak sewajarnya.Untuk mencapai lokasi makam Jaka Dolog yang terletak di Desa Pabean Udik, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, ini Anda harus melewati jalanan sempit yang hanya bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki dari Jalan Pabean Udik, atau juga bisa masuk dari Jembatan Karangsong melewati empang ikan.Makam Jaka Dolog yang terletak di tengah sawah ini ramai dikunjungi pada saat malam Jumat Kliwon, Hari Besar Islam, dan pada saat ada tradisi Unjungan atau Ngunjung. Ribuan orang yang berasal dari daerah sekitar dan juga dari daerah lain mendatangi makam terpanjang di Indramayu ini.
Sembilan Tempat Menarik di Indramayu untuk Pra Nikah
Indramayu memiliki pesona yang mengagumkan, terutama untuk para calon pengantin yang akan melakukan pernikahan dengan melakukan foto pra nikah. Foto pra nikah sendiri biasanya digunakan penghias pada surat undang pernikahan dan dipajang pada saat pernikahan nanti.Banyak orang beralasan, Indramayu tidak menarik untuk foto pra nikah, karena tidak banyak memiliki spot-spot menarik. Tetapi sebenarnya, Indramayu memiliki tempat-tempat yang luar biasa untuk foto pra nikah, bahkan orang tidak menyangka bahwa foto-foto ini diambil dari Kabupaten Indramayu. Berikut tempat-tempat menarik di Indramayu untuk pra nikah.Tambak Indramayu. Lokasi ini berada tidak jauh dari RM Panorama yang terkenal dengan Pindang Gombyang Ikan Manyungnya. Di sini, Anda akan menemukan spot yang menarik untuk melakukan foto pra nikah dengan suasana pesisir pantai nan romantis. 
Dwapinz, Musik Tarling yang Berpadu dengan Pop
 – Tarling merupakan musik asli dari Indramayu yang diperkenalkan oleh Ki Sugra yang hingga kini masih tetap lestari. Walaupun tarling klasiknya sendiri sudah mulai ditinggalkan, dan berganti dengan musik tarling modern yang menggunakan berbagai alat musik campuran mengikuti perkembangan zaman.Lagu tarling sendiri masih tetap eksis dan bahkan bisa dibilang musisi Indramayu adalah musisi paling produktif se-Indonesia dalam mengeluarkan karyanya. Dalam satu tahun bahkan bisa mencapai ratusan judul lagu tarling.Untuk melestarikan lagu-lagu khas Indramayu tersebut, Dwapinz Band yang semua personilnya berasal dari Indramayu ini mengangkat kembali lagu-lagu tarling dalam genre musik bukan tarling klasik atau tarling modern tetapi musik pop. Lagu yang dimodifikasi ulang oleh Dwapinz Band adalah lagu Pihak Ketiga karya Almarhum Yoyo Suwaryo, musisi tarling legendaris dari Indramayu yang banyak mengeluarkan karya-karyanya yang selalu hits di zamannya. 
Miris, Gua Zaman Jepang di Indramayu Kini Jadi Puing
Indramayu memiliki banyak sejarah yang masih belum terungkap seluruhnya. Sejarah tersebut dari mulai asal-usul Indramayu yang masih belum sepakat antara sejarawan, budayawan, pemerintah dan masyarakat umum.Selain itu, masih banyak sejarah Indramayu yang belum terungkap angka pastinya kapan penyebaran agama Islam di Indramayu. Indramayu menjadi tempat pelabuhan terbesar saat masa penjajahan Belanda, hingga keberadaan berbagai etnis ada di Indramayu seperti Arab dan China.Banyak yang mengira Indramayu tidak memiliki bukti-bukti keberadaan penjajahan Belanda di Indramayu. Padahal beberapa bukti membuktikan bahwa Belanda pernah menginjakkan kakinya di tanah Wiralodra.
Menyusuri Keindahan Klenteng Indramayu
 – Sejak dulu Indramayu terbuka untuk siapa saja, termasuk dengan warga negara dari negara lain seperti Belanda, Arab, Tionghoa dan lain sebagainya. Sebagai salah satu etnis terbesar di dunia, etnis Tionghoa memang memiliki warisan sejarah yang cukup kaya termasuk di Indramayu. Salah satunya adalah Klenteng An Tjeng Bio Indramayu yang berada di jalan Veteran, Indramayu.Klenteng ini dibangun sejak tahun 1848 ini didirikan oleh Poey Soen Kam, dan dipindahkan ke depan oleh Tan Liong Siang pada tahu 1880. Pada saat ini Klenteng ini dikelola oleh Bapak Yayang. Dia baru ditugaskan untuk mengurus segala keperluan dan menjaga kebersihan klenteng tersebut sejak 5 bulan yang lalu.Bangunan Klenteng yang terletak di Jalan Veteran No.406 ini lokasinya berada di jalur wisata Heritage atau wisata sejarah di Indramayu. Bangunan ini, terletak di antara dan berseberangan dengan deretan pencuci mobil dan sepeda motor di jalan Veteran Indramayu.
Imam Suboim Perkenalkan Indramayu Lewat Kaos
Indramayu sebagai salah satu kota kecil di Jawa Barat terkenal pada saat mudik lebaran, karena beberapa televisi nasional sering menyiarkan secara langsung kondisi jalanan yang dilalui oleh pemudik. Selain itu, Indramayu juga dikenal dengan Kota Mangga karena mangga harum manis dan cengkirnya, memiliki rasa manis yang berbeda dengan daerah lain.Indramayu kini mulai menggeliat dalam sektor pariwisata, sejak kehadiran Hutan Mangrove Karangsong, Pulau Biawak, dan Taman Cimanuk yang lokasinya tidak jauh dengan masjid agung Indramayu dan pendopo kabupaten Indramayu.Setelah berkunjung ke suatu kota, biasanya wisatawan membawa oleh-oleh berupa makanan atau cinderamata. Kalau dari Jogja biasanya wisatawan membeli oleh-oleh kaos Dagadu, Bali punya kaos Joger, Bandung ada kaos Gurita dan masih banyak lagi lainnya. Melihat peluang tersebut, Imam Suboim tertarik untuk membuat sesuatu yang unik dan bisa dijadikan kenang-kenangan dari Indramayu.
Salut Melihat Persaudaraan Orang Indramayu di Negara Lain
Saat ini ribuan warga Indramayu bekerja di luar negeri, seperti Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan beberapa negara lainnya. Mereka bekerja di berbagai sektor, dari manufacturing, perkebunan, otomotif, dan lain sebagainya.Tidak hanya itu, banyak juga mereka yang bekerja di sektor non formal, termasuk menjadi asisten rumah tangga, mengurus balita, dan orang jompo. Tetapi mereka dianggap sebagai pahlawan devisa, karena setiap bulannya mengirim miliaran bahkan triliunan rupiah dari berbagai negara ke Indonesia termasuk ke Indramayu.Tetapi yang membanggakan adalah persatuan dan persaudaraan orang Indramayu di negara lain begitu kuat dan kokoh. Buktinya adalah dengan banyaknya perkumpulan-perkumpulan masyarakat Indramayu di luar negeri, membuat berbagai kegiatan termasuk tenaga kerja yang tinggal di Korea Selatan.
Sepuluh Wisata Penuh Pesona di Kabupaten Indramayu
Ayo ikut kami jelajahi potensi wisata di kabupaten Indramayu. Belum tahu di mana Indramayu? Kabupaten ini berada di provinsi Jawa Barat yang wilayahnya dibatasi oleh 4 kabupaten, dari barat ke timur ada kabupaten Subang, Sumedang, Majalengka, dan Cirebon serta Laut Jawa di bagian utara.Kabupaten Indramayu punya julukan kota Mangga, lantaran di wilayahnya banyak sekali buah mangga dan menjadi salah satu daerah penghasil mangga terbesar di Indonesia.Selain dikenal sebagai daerah penghasil buah mangga, Indramayu juga punya potensi wisata yang besar. Pantai-pantai di bagian utara bisa menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Yuk kita kupas satu persatu destinasi wisata di Indramayu berikut ini.
Melihat Mangga Termahal ke Desa Agriwisata Nunuk Lelea Indramayu
 – Jika Anda melintas jalur pantura Indramayu ada banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti Pantai Eretan, Hutan Mangrove Karangsong, Pantai Bali (Balongan Indah), Pantai Tirtamaya, serta Taman Cimanuk yang berada di dekat majid Agung dan pendopo Kabupaten Indramayu.Tetapi sebenarnya potensi wisata di Indramayu tidak hanya itu, ada juga agriwisata Desa Nunuk Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu. Di tempat milik H. Urip ini banyak terdapat tempat pembibitan buah-buahan dengan kualitas yang baik.Dari mulai rasa, masa tumbuhnya yang cepat hingga harga buah yang dihasilkannya. Untuk menuju tempat Agriwisata Desa Nunuk Kecamatan Lelea Indramayu Anda bisa melalui jalur pantura belok ke kanan tepat di pertigaan Larangan, kemudian menuju Lelea hingga sampai di Gapura Desa Nunuk tinggal belok ke kanan.
Pantai Tirtamaya Indramayu yang Menggoda
Kalau Anda sedang jalan-jalan melewati Pantai Utara Indramayu, cobalah untuk singgah sejenak ke Pantai Tirtamaya, Indramayu. Pantai yang berjarak kurang lebih dua ratus meter dari Jalan Indramayu-Cirebon melalui Balongan ini.Pantai Tirtamaya yang terletak di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu ini, memiliki pantai yang landai sehingga sangat cocok bagi Anda beserta keluarga yang ingin menikmati deburan ombak laut atau berjalan di tepi pantai.Di pantai ini Anda juga bisa menggelar tikar, duduk atau makan bersama keluarga atau orang-orang tercinta sambil menikmati es kelapa muda yang banyak dijual di sekitar pantai. Rimbunnya pepohonan di bagian sebelah barat pintu masuk, cukup rindang untuk para pengunjung.
January Band, Band Pendatang Baru dari Indramayu
Indramayu lagi-lagi menjadi tempat lahirnya band musik yang siap meramaikan belantika musik tanah air. Kali ini band musik pendatang baru tersebut adalah January Band, berasal dari Patrol, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.Band ini siap menghipnotis para pecinta musik tanah air dengan lagunya yang berjudul "Damailah Kasih." Lagu tersebut berhasil menjadi lagu favorit di radio-radio, khususnya di wilayah Indramayu.January Band berdiri sejak 1 Januari 2015 di Indramayu, Jawa Barat. Nama January sendiri berasal dari bulan lahir band ini. Awalnya January Band beranggotakan hanya dua orang, yaitu Julian dan Ayif Yukie.
Asyiknya Berwisata ke Pantai Tirtamaya Indramayu
 – Indramayu tidak hanya terkenal dengan buah mangganya tetapi juga dengan objek wisata, kuliner, seni budaya, dan adat-istiadatnya. Kalau Anda sedang jalan-jalan melewati Pantai Utara Indramayu, cobalah singgah sejenak ke Pantai Tirtamaya Indramayu.Pantai yang berjarak kurang lebih dua ratus meter dari Jalan Indramayu-Cirebon melalui Balongan ini, terletak di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat. Kabupaten ini memiliki pantai yang landai sehingga sangat cocok bagi Anda beserta keluarga yang ingin menikmati deburan ombak laut atau berjalan di tepi pantai.Di pantai ini Anda juga bisa menikmati semilir angin laut dengan menggelar tikar, duduk, atau makan bersama keluarga, atau orang-orang tercinta sambil menikmati es kelapa muda yang banyak dijual di sekitar Pantai Tirtamaya. Rimbunnya pepohonan di bagian sebelah barat pintu masuk cukup rindang untuk para pengunjung.
Inilah Karya-karya Inovatif Anak SMK Indramayu
Slogan SMK Bisa, mulai menunjukkan hasilnya bukan sekadar kata-kata semata. Ini dibuktikan oleh Anak SMK dari seluruh kabupaten Indramayu, sekarang sedang berkumpul di Expo Pendidikan 2015 yang digelar di jalan Siliwangi, dalam rangka memperingati hari jadi Indramayu ke-488.Mereka memperkenalkan hasil karya inovatifnya kepada masyarakat luas, dan ingin menunjukkan kepada dunia bahwa anak-anak SMK di Indramayu, juga memiliki kemampuan dan inovasi yang patut diperhitungkan dan membanggakan pendidikan Indonesia.Dari sekian banyak karya-karya yang dipamerkan di Expo Pendidikan 2015 di Indramayu, ada beberapa produk yang banyak menarik perhatian publik karena inovasi dan teknologinya. Berikut ini karya-karya inovatif anak SMK Indramayu.
Lihat Video Ini, Anda Pasti Ingin Datang ke Indramayu
Indramayu merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki tempat-tempat wisata yang menarik. Salah satu ikon wisata menarik di Indramayu adalah Wisata Taman Cimanuk. Taman yang berada di Bantaran Sungai Cimanuk ini memiliki pemandangan yang indah dan menawan, dan banyak dijadikan objek fotografi baik oleh warga Indramayu maupun dari luar Indramayu.Menariknya lagi di dekat jembatan Kreteg atau Jembatang Cimanuk ini, di sepanjang bantaran sungai Cimanuk terdapat beberapa tempat makan dan minum yang menyediakan makanan dan minuman tradisional dan internasional.Selain itu, terdapat pula tempat atraksi seni dan budaya, pusat penjualan oleh-oleh khas Indramayu, tempat membatik, dan lain sebagainya. Di seberang bantaran Sungai Cimanuk ada jalan Siliwangi yang tampak terlihat beberapa bangunan bersejarah, seperti kantor pos Indramayu, Tempat Penggilangan Beras tempo dulu, sekarang Galeri Empat Belas, Kafe Ide yang menyimpan benda-benda kuno dan lain sebagainya.
Surga Tersembunyi di Pantai Panjiwa Indramayu
 – Kabupaten Indramayu tidak hanya dikenal dengan mangga Harum Manis dan Cengkirnya saja, ternyata Indramayu memiliki pesona alam yang menarik untuk dikunjungi adalah pantainya. Ada banyak pantai yang sudah ternama di Indramayu yakni pantai Karangsong, Tirtamaya, Balongan, Dadap dan Eretan.Kini ada objek wisata baru yang sedang banyak menjadi perbincangan tidak hanya oleh anak remaja, tetapi juga oleh orang dewasa dan orang tua. Objek wisata ini adalah Pantai Panjiwa Sumber Mas yang terletak di Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur Indramayu.Sebenarnya lokasi ini tidak jauh dari jalur Pantura Jakarta Cirebon, hanya saja jalan menuju ke lokasi ini belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat apalagi kendaraan berbadan besar. Sementara ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor atau berjalan kaki.
Rosidah, TKW Berprestasi di Luar Negeri dari Indramayu
Namanya mungkin belum banyak yang kenal, apalagi dia berada di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Wanita di Hongkong. Tapi jangan disangka dia merupakan salah satu TKW berprestasi dari Indramayu yang bekerja di luar negeri.Dia adalah Rosidah, wanita kelahiran Indramayu 16 Desember 1991, anak dari bapak Musa dari Cirebon dan Ibunya Dariyah dari Indramayu. Saat usianya sembilan tahun dan adiknya berusia lima tahun, bapak sudah dipanggil Sang Pencipta. Pada saat itu dia masih duduk dibangku kelas 4 SD, dan ibunya memboyong dia dan adiknya ke Indramayu.Pada umur 16 tahun itu dia mulai mencintai dunia tulis menulis, waktu itu dia bekerja di Singapura. Namun, waktu itu dia belum mengenal tentang dunia dunia sastra dan sebagainya. Dia suka mengarang cerita, bahkan perjalanan hidup dia pun dia tulis dalam sebuah diary. Dia pun tidak paham apa itu sosial media, baru menggunakan facebook pada tahun 2011 itu pun saat dia bekerja di Hong kong dan masih bingung menggunakannya.
Menyesal Kalau ke Indramayu Tak Beli Oleh-oleh Lezat Ini
.co.id – Sudah pernah ke Indramayu? Kalau belum, kamu harus segera menyempatkan untuk melihat langsung objek wisatanya yang keren. Ada deretan pantai indah yang menunggumu. Puas jalan-jalan, pulangnya bawa kuliner khas sebagai buah tangan. Berikut ini adalah oleh-oleh Indramayu yang enaknya tidak pernah menipu.Kripik tike. Jika kebanyakan kripik terbuat dari ketela atau kentang, tidak begitu dengan sajian dari Indramayu ini. Namanya adalah kripik tike, camilan dengan rasa gurih dan asin yang diolah menggunakan bahan dasar umbi rumput teki.Jangan remehkan soal rasa, dengan cara pembuatan dan bumbu spesial, ketika masuk mulut kriuknya dapat dan lezatnya juga banget. Itulah mengapa harga kuliner ini bisa mencapai Rp120.000 per kg.
Semarak Karnaval Exotica 1000 Gadis Ngarot di Indramayu
Indramayu hari ini berbeda dengan hari sebelumnya, karena pada tanggal 7 Oktober 2015 Kabupaten Indramayu genap berusia 488 tahun. Kota yang didirikan oleh Raden Bagus Aria Wiralodra ini, menggelar acara Karnaval Exotica 1000 Gadis Ngarot.Seperti kita ketahui bersama, Indramayu memiliki bermacam-macam seni budaya dan adat istiadat yang berbeda dengan daerah lain di Jawa Barat, dan juga Indonesia. Salah satunya adalah tradisi Ngarot.Tradisi Ngarot sendiri berasal dari Desa Lelea yang biasanya dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November, untuk mensyukuri karunia Allah SWT atas limpahan panen padi dan menuju musim tanam tiba.
Waktu yang Paling Tepat Berkunjung ke Indramayu
.co.id – Meski tak berjarak semalam dari Jakarta sebagai pusat negara, Indramayu sepertinya kalah tenar untuk menjadi tujuan wisata dibanding Bandung, Cirebon, dan kota lainnya di Jawa Barat. Akhir pekan, warga Jakarta dan kota besar lain di sekitarnya lebih memilih untuk menyepi di Puncak atau berbelanja di Bandung.Bahkan untuk turis asing, Bali tak bisa dielakkan menjadi tujuan utama bagi kunjungannya ke Indonesia. Di mana posisi Indramayu, dan geliat apa yang dilakukannya? Dalam menyikapi usianya yang semakin mendekati setengah milenium, Indramayu mulai berbenah.Komunitas penggerak pariwisata, rupanya mulai melirik komoditas apa yang bisa dijadikan "jualan". Sebagai wilayah transit, di mana hegemoni kultural lebih banyak terbawa Cirebon, maka Indramayu sedikit kesulitan untuk mengidentifikasikan diri. 
Inilah Tempat-tempat Paling Instagramable di Indramayu
Indramayu ternyata mempunya daya tarik yang luar biasa dalam bidang pariwisata. Sehingga banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara, yang berkunjung ke obyek-obyek wisata menarik di Indramayu tersebut.Beberapa obyek wisata tersebut mampu menjadi daya tarik, terutama bagi pencinta jejaring sosial tidak hanya Facebook dan Twitter, tetapi bagi pengguna media sosial yang sedang tren saat ini yakni media sosial berbagi foto Instagram. Mereka dianggap kekinian jika sudah mengunjungi tempat-tempat tersebut.Beberapa bulan belakangan ini, beberapa tempat ini menjadi incaran para penggemar Instagram di Indramayu. Selain tempat wisata, ada beberapa di antaranya bukan merupakan tempat wisata yang biasanya banyak dikunjungi. Berikut ini tempat-tempat menarik di Indramayu yang paling Instagramable.