Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kompleks Olahraga Hambalang Riwayatmu Kini

Masih ingat dengan mega proyek Hambalang? Ya proyek kompleks olahraga yang bernilai Rp 2,5 triliun yang sudah bertahun-tahun mangkrak.

Pembangunan proyek Hambalang dihentikan sejak tahun 2011, ketika KPK mulai membongkar praktik korupsi dalam proses pembangunannya. Lalu, bagaimana keadaannya kini?

detikcom mendatangi proyek yang bernama lengkap Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Desa Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/3/2016). Kompleks olahraga yang berdiri di atas lahan seluas 32 hektar itu terlihat sangat memprihatinkan.



Saat masuk ke kompleks proyek yang bahkan belum sampai setengah jadi itu, rumput-rumput liar langsung menyambut. Tanaman-tanaman liar juga tersebar di setiap sudut. Hanya terlihat sebuah masjid yang berdiri di antara tengah-tengah bangunan-bangunan kosong yang tampak 'hidup' di tanah seluas 32 hektar tersebut.

Bangunan-bangunan yang belum jadi nampak lusuh. Tembok-tembok yang masih menampakkan batu bata 'telanjang' menjadi pemandangan di beberapa bagian bangunan. Wajar saja karena sudah lebih dari 4 tahun didiamkan.

Saat memasuki salah satu bangunan, keadaannya lebih memprihatinkan, benar-benar tidak terawat. Instalasi bangunan rusak parah.



Tak ada alat berat yang terlihat di kompleks Hambalang. Kawasan yang direncanakan dipenuhi berbagai sarana dan prasarana olahraga itu dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Beberapa bangunan terlihat sudah lebih dari 40 persen jadi dan megah berdiri. Namun, di bagian lain masih membutuhkan proses panjang untuk bisa berdiri kokoh.

Beberapa tahun yang lalu, tanah di kompleks olahraga Hambalang sempat longsor. Bangunan yang belum jadi pun sebagian rusak karena longsor itu.

Pembangunan proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang dimulai pada tahun 2010. Saat itu, PT Adhi Karya menjadi salah satu perusahaan pemenang tender. Namun, belum sampai setahun pembangunan berjalan, KPK mencium ada yang tidak beres dalam proses pembangunan proyek senilai Rp 2,5 triliun itu.



Benar saja, ternyata ada kongkalikong sejak perencanaan pembangunan proyek ini. KPK pun menjerat berbagai pihak, termasuk Menpora saat itu, Andi Mallarangeng dan Anas Urbaningrum yang pada saat proyek dikerjakan menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat di DPR.

Sejak praktik korupsi terkuak, pembangunan pun dihentikan. Sehingga, impian untuk memiliki sebuah pusat pelatihan dan pendidikan olahraga dengan fasilitas terlengkap masih jauh panggang dari api.

Kini, Menpora Imam Nachrowi berniat untuk melanjutkan pembangunan proyek Hambalang. Namun, niat tersebut masih harus melalui proses panjang terkait masalah pendanaan.



"Kalau rencana ini lanjut, ahlinya pasti akan turun. Tapi sebelum itu, saya ingin ajak masyarakat ayo sayembara, siapa punya pikiran besar Hambalang, ayo kita buka. Daripada bayar konsultan mahal, masyarakat bisa munculkan ide, mau dibuat apa Hambalang ini?" ujar Imam.

"Targetnya? Secepatnya saya siapkan, soal ahli anggaran konstruksi dll. Ada beberapa bangunan yang sudah di atas 40 persen, akan dilanjutkan pembangunannya. Yang belum 40 persen, kalau layak atau tidak mungkin, bisa dibuat lebih kokoh biar tidak ada kekhawatiran," tegas Imam.

Lalu, bisakah Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) berdiri kokoh di Bukit Hambalang?

Read Full Article
Lima Artis Cantik Indonesia yang Jago Muay Thai
Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga juga, dapat mencegah tubuh dari obesitas. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat menjaga tubuh agar tetap indah.Baik, laki-laki maupun perempuan dapat memiliki tubuh indah, jika mereka rajin berolahraga. Olahraga yang dipilih pun sangat bermacam-macam, tak jarang juga para artis memilih olahraga bela diri seperti Muay Thai.Muay Thai adalah olahraga bela diri yang berasal dari Thailand. Namun belakangan ini menjadi populer dan banyak yang melakukan olahraga ini, termasuk para artis. Siapa saja mereka?
Menteri PUPR Sebut KPK Hanya Sita Dokumen Hambalang, Bukan Proyeknya
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan soal simpang siur proyek Hambalang tak bisa dilanjutkan karena berstatus sita sebagai barang bukti dalam kasus hukum
Selesai Olahraga Sebaiknya Mandi Air Panas atau Dingin?
Setiap orang penting untuk melakukan olahraga. Olahraga tak harus yang berat dan melelahkan, kita bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jogging, jalan cepat, lalu lama-kelamaan kita akan mampu untuk melakukan olahraga berat.Setelah olahraga, tentu tubuh kita akan berkeringat. Keringat ini akan membasahi baju yang kita kenakan dan memicu tumbuhnya bakteri. Oleh karena itu, kamu diharuskan mandi setelah olahraga.Banyak orang yang beranggapan bahwa mandi setelah olahraga baik menggunakan air panas. Hal tersebut lantaran, mandi menggunakan air panas dapat membuat tubuh rileks. Tapi tak sedikit juga, anggapan baik menggunakan air dingin karena akan membuat tubuh lebih segar.
Deretan Selebritis Cantik yang Hobi Olahraga Ekstrem
Jenis olahraga ekstrem kebanyakan didominasi oleh kaum maskulin. Namun, beberapa tahun belakangan, banyak wanita yang mulai menjajal olahraga-olahraga menantang ini.Banyak dari mereka mengatakan bahwa, olahraga tersebut memiliki sensasi sendiri dibandingkan olahraga ringan biasanya. Ternyata banyak juga kalangan selebritis cantik yang menyukai olahraga ekstrem. Siapa saja mereka?Masih ingat dengan mantan kekasih Miller Khan yang bernama Kia Poetri? Setelah sering tampil seksi, wanita cantik tersebut kini memutuskan untuk berhijab. Bukan hanya soal penampilan hijabnya saja yang menarik hati banyak orang. Ternyata, Kia memiliki hobi ektrem yang cukup menantang.
Penemuan Harta Karun Kuno di Kompleks Pemakaman Siprus
Tim arkeologi di Siprus Utara telah menemukan kompleks makam kuno yang dibangun antara tahun 400 SM - 350 SM di dekat kota kuno Soloi, Siprus. Komplek makam kuno yang terdiri dari tiga ruang bawah tanah ini berisi perhiasan, patung-patung, serta 16 set bejana yang digunakan untuk melayani orang yang menghadiri pesta.Harta Karun yang ditemukan di kompleks makam kuno Soloi tersebut salah satunya adalah tanaman emas ivy. Sebuah karangan bunga emas dalam bentuk tanaman merambat ditemukan di sebuah kompleks pemakaman kuno berusia 2400 tahun di Siprus. Karangan bunga dalam bentuk tanaman ivy, daun emas tipis dan buah yang terawat dengan baik walaupun telah berusia di atas 2000 tahun. Menurut arkeologi Hazar Kaba dari Universitas Angkara,"tanaman ini mirip dengan yang ditemukan di kompleks makam bangsawan Macedonia".
Usai Sidak, Presiden Jokowi Segera Putuskan Nasib Proyek Hambalang
Presiden Joko Widodo selama satu jam meninjau proyek Hambalang di Bogor yang mangkrak. Jokowi segera memutuskan nasib proyek senilai Rp 2,5 triliun itu.
Tanah Rawan Longsor, Bagaimana Kelanjutan Proyek Hambalang?
KPK merujuk tim ahli PVMBG yang telah meneliti lokasi proyek Hambalang di zona rawan. Namun Presiden Jokowi ingin proyek itu tidak mangkrak begitu saja.
Tinggal di Desa Indah Ini Hanya Dikenai Rp13.000 Per Tahun
 – Biaya sewa rumah saat ini sangatlah mahal, terutama jika tinggal di daerah perkotaan. Bahkan tak jarang, pemilik rumah terus menaikan harga sewa setiap tahunnya. Lalu, adakah tempat perumahan di dunia ini yang tidak pernah menaikkan harga sewanya bahkan meski sudah berganti ratusan tahun?Ternyata inilah yang terjadi di sebuah desa kecil bernama Fuggerei. Fuggerei awalnya dibangun sebagai kompleks perumahan bagi kaum tidak mampu. Selama bertahun-tahun makin banyak bangunan dan fasilitas ditambahkan, Fuggerei telah bermanifestasi menjadi sebuah desa kecil.Tahukah Anda, biaya sewa untuk tinggal di Fuggerei tetap sama yaitu US$1 atau sekitar Rp13.000 sejak 1520 sampai sekarang. Fuggerei adalah kompleks bersejarah di Augsburg, Jerman, yang merupakan kompleks perumahan sosial tertua di dunia. Bahkan setelah lebih dari 500 tahun, kompleks perumahan ini masih aktif digunakan.
Empat Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung
Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat menyehatkan. Selain menguntungkan bagi kesehatan tubuh, juga menguntungkan bagi kecantikan tubuh kita. Dengan olahraga secara rutin, kesehatan tubuh akan tetap terjaga dengan baik.Sebenarnya aktivitas apapun yang kita lakukan yang melibatkan gerakan tubuh atau fisik itu sudah termasuk olahraga. Namun, jika kita hanya mengandalkan olahraga dari aktivitas harian saja, itu kurang cukup.Kita juga perlu olahraga yang lebih khusus, seperti lari kecil setiap pagi, jalan-jalan setiap pagi, atau pun olahraga lainnya.
Pengertian Olahraga : Manfaat Olahraga
Pengertian Olahraga Pengertian Olahraga mempunyai beragam macam arti, berikut ini adalah beragam macam pengertian dari olahraga itu : Olahraga yaitu proses systematik yang berbentuk semua aktivitas atau usaha yang bisa mendorong meningkatkan, serta membina potensi-potensi jasmaniah serta rohaniah seorang sebagai perseorangan atau anggota orang-orang berbentuk permainan, perlombaan/kompetisi, serta aktivitas jasmani yang intensif untuk peroleh rekreasi, kemenangan, serta prestasi puncak dalam rencana pembentukan manusia Indonesia sepenuhnya yang berkualitas bersumber pada Pancasila. Olahragaadalah rangkaian gerak raga yang teratur serta terencana untuk pelihara gerak (menjaga hidup) serta tingkatkan kekuatan gerak (tingkatkan kualitas hidup) Olahraga yaitu sebuah bentuk aktivitas jasmani yang ada didalam permainan, perlombaan serta aktivitas intensif dalam rencana peroleh relevansi kemenangan dan prestasi optimal Olahraga yaitu sebuah bentuk kesibukan fisik yang terencana serta terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berkali-kali serta diperuntukkan untuk tingkatkan kesehatan jasmani. Kesehatan olahraga yaitu usaha kesehatan yang memakai olahraga untuk tingkatkan derajat kesehatan. Olahraga adalah beberapa keperluan pokok dalam kehidupan sesehari lantaran bisa tingkatkan kesehatan yang dibutuhkan dalam lakukan tugasnya. Olahraga bisa diawali mulai sejak umur muda sampai lanjut usia serta bisa dikerjakan sehari sekali.
Para Legenda Olahraga Indonesia
 – Pada masa kejayaannya, dunia olahraga Indonesia menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kawasan Asia bahkan dunia. Atlet-atlet Indonesia dari berbagai cabang olahraga, mampu berkiprah dan berprestasi di berbagai ajang kejuaraan tingkat dunia.Hal ini bisa kita ketahui dari rekaman dan catatan yang ada di Museum Olahraga, yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di museum ini, kita bisa memasuki masa lalu ketika Indonesia masih menjadi kekuatan yang diperhitungkan bahkan disegani di berbagai cabang olahraga, sepakbola, tinju, menembak, panahan, lari, dan banyak lagi.Nama-nama besar seperti Donald Pandiangan, Sutjipto Soentoro, Lely Sampoerno, dan lain-lain bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Berikut beberapa legenda olahraga Indonesia yang namanya terukir pada sejarah Indonesia, dan tercatat di Museum Olahraga, TMII.
Chinese Cemetery, Kompleks Pemakaman Paling Mewah
Mendengar kata kompleks pemakaman, pasti yang terlintas dibenak kita adalah kuburan yang tertata rapi meski sedikit mencekam. Kompleks pemakaman sendiri sedikit berbeda dengan kuburan biasa. Kompleks pemakaman begitu rapi seperti membentuk taman, sementara kuburan umumnya dibiarkan begitu saja tanpa ada yang merawatnya.
Kompleks Olahraga Hambalang Riwayatmu Kini
Masih ingat dengan mega proyek Hambalang? Ya proyek kompleks olahraga yang bernilai Rp 2,5 triliun yang sudah bertahun-tahun mangkrak.Pembangunan proyek Hambalang dihentikan sejak tahun 2011, ketika KPK mulai membongkar praktik korupsi dalam proses pembangunannya. Lalu, bagaimana keadaannya kini?detikcom mendatangi proyek yang bernama lengkap Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Desa Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/3/2016). Kompleks olahraga yang berdiri di atas lahan seluas 32 hektar itu terlihat sangat memprihatinkan.Saat masuk ke kompleks proyek yang bahkan belum sampai setengah jadi itu, rumput-rumput liar langsung menyambut. Tanaman-tanaman liar juga tersebar di setiap sudut. Hanya terlihat sebuah masjid yang berdiri di antara tengah-tengah bangunan-bangunan kosong yang tampak 'hidup' di tanah seluas 32 hektar tersebut.Bangunan-bangunan yang belum jadi nampak lusuh. Tembok-tembok yang masih menampakkan batu bata 'telanjang' menjadi pemandangan di beberapa bagian bangunan. Wajar saja karena sudah lebih dari 4 tahun didiamkan.Saat memasuki salah satu bangunan, keadaannya lebih memprihatinkan, benar-benar tidak terawat. Instalasi bangunan rusak parah.Tak ada alat berat yang terlihat di kompleks Hambalang. Kawasan yang direncanakan dipenuhi berbagai sarana dan prasarana olahraga itu dibiarkan terbengkalai begitu saja.Beberapa bangunan terlihat sudah lebih dari 40 persen jadi dan megah berdiri. Namun, di bagian lain masih membutuhkan proses panjang untuk bisa berdiri kokoh.Beberapa tahun yang lalu, tanah di kompleks olahraga Hambalang sempat longsor. Bangunan yang belum jadi pun sebagian rusak karena longsor itu.Pembangunan proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang dimulai pada tahun 2010. Saat itu, PT Adhi Karya menjadi salah satu perusahaan pemenang tender. Namun, belum sampai setahun pembangunan berjalan, KPK mencium ada yang tidak beres dalam proses pembangunan proyek senilai Rp 2,5 triliun itu.Benar saja, ternyata ada kongkalikong sejak perencanaan pembangunan proyek ini. KPK pun menjerat berbagai pihak, termasuk Menpora saat itu, Andi Mallarangeng dan Anas Urbaningrum yang pada saat proyek dikerjakan menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat di DPR.Sejak praktik korupsi terkuak, pembangunan pun dihentikan. Sehingga, impian untuk memiliki sebuah pusat pelatihan dan pendidikan olahraga dengan fasilitas terlengkap masih jauh panggang dari api.Kini, Menpora Imam Nachrowi berniat untuk melanjutkan pembangunan proyek Hambalang. Namun, niat tersebut masih harus melalui proses panjang terkait masalah pendanaan."Kalau rencana ini lanjut, ahlinya pasti akan turun. Tapi sebelum itu, saya ingin ajak masyarakat ayo sayembara, siapa punya pikiran besar Hambalang, ayo kita buka. Daripada bayar konsultan mahal, masyarakat bisa munculkan ide, mau dibuat apa Hambalang ini?" ujar Imam."Targetnya? Secepatnya saya siapkan, soal ahli anggaran konstruksi dll. Ada beberapa bangunan yang sudah di atas 40 persen, akan dilanjutkan pembangunannya. Yang belum 40 persen, kalau layak atau tidak mungkin, bisa dibuat lebih kokoh biar tidak ada kekhawatiran," tegas Imam.Lalu, bisakah Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) berdiri kokoh di Bukit Hambalang?
10 Olahraga Paling Favorit Di Dunia
Jika kita membicarakan topik tentang olahraga, pastinya setiap orang dari kita memiliki olahraga favorit. Ada yang suka spekabola, ada yang suka basket, ada juga yang suka olahraga bulutangkis. Tidak hanya seru untuk dimainkan, olahraga tersebut juga seru walaupun hanya ditonton di layar kaca. Namun hanya beberapa olahraga saja yang menjadi paling favorit di dunia. Inilah daftar 10 olahraga paling favorit di dunia.
Izin Bangunan di Proyek Hambalang 3 Lantai, Tapi Sudah Jadi 6 Lantai
Sejumlah temuan dipaparkan oleh Seskab Pramono Anung soal proyek Hambalang. Salah satunya soal IMB yang hanya 3 lantai, tetapi ada yang sudah jadi 6 lantai.
Sepuluh Olahraga Zaman Kuno yang Anti Mainstream
Olahraga merupakan aktivitas fisik yang menyenangkan dan menyehatkan. Melalui olahraga, tubuh dan jiwa kita dapat menjadi sehat. Kita tentu pernah melakukan berbagai jenis olahraga. Baik olahraga yang menggunakan alat bantu maupun tidak.Olahraga juga dapat dijadikan sebuah sarana untuk melatih sportivitas dan kreativitas. Tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata olahraga kuno zaman dahulu sangat ekstrem dan berbahaya?Ya, seperti salah satunya adalah sumo. Sumo adalah salah satu olahraga unik di dunia yang berasal dari Jepang. Olahraga gulat sumo sempat tertidur selama 1.500 tahun dan akhirnya dipertandingkan kembali oleh kekaisaran Jepang.
Dukung Kelanjutan Proyek Hambalang, Pimpinan KPK: Jangan Ada Masalah Baru
KPK mendukung upaya pemerintah untuk melanjutkan proyek Hambalang. Namun KPK tetap menegaskan agar proyek itu tidak menjadi masalah di kemudian hari.
Ini 4 Hasil Kajian Kementerian PUPR Soal Proyek Hambalang
Ada 4 temuan awal terkait proyek Hambalang yang sudah dilaporkan Kementerian PUPR ke Presiden Joko Widodo. Apa saja?
Bahaya Olahraga Malam bagi Kesehatan
 – Olahraga memang bisa dibilang kegiatan yang wajib dilakukan agar tubuh tetap sehat, bugar, dan terhindar dari penyakit. Menjalani pola hidup sehat dan berdiet pun tentunya harus disertai olahraga.Namun karena kesibukan yang kita jalani, seperti bekerja atau kuliah, membuat kita tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Sehingga tidak jarang sebagian besar dari kita melakukan olahraga malam setelah semua kegiatan telah selesai dilakukan.Nah, bagi Anda yang sering melakukan olahraga pada malam hari, sebaiknya segera menghentikan kebiasaan ini, karena tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, Anda haru tahu bahayanya olahraga malam bagi kesehatan. 
Sepuluh Olahraga Paling Populer di Dunia
Perdebatan mengenai olahraga paling populer di dunia serta banyak ditonton, telah lama terjadi. Semua orang mengatakan bahwa, olahraga paling populer di dunia adalah olahraga yang mereka dukung dan paling dicintai.Ini adalah sebuah dilema bagi banyak wartawan olahraga untuk menemukan solusi tentang olahraga apakah yang paling populer di dunia? Banyak daftar-daftar tentang olahraga paling populer dibuat oleh beberapa orang.Tapi ternyata, ide-ide mereka bertentangan sampai batas tertentu dengan persetujuan bersama yang tampaknya hampir mustahil. Dan berikut ini daftar olahraga paling populer di dunia, yang harus Anda tahu.
Olahraga Seperti Ini Ternyata Bisa Bikin Umur Panjang
 – Olahraga adalah tindakan fisik yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Kita semua tentu sudah tahu akan pentingnya olahraga, sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat. Olahraga, seyogyanya sama pentingnya dengan makan sehat dan tidur nyenyak.Olahraga meningkatkan stamina tubuh, dan juga bisa membantu memaksimalkan kalori secara ekstra. Tak hanya itu, olahraga juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita secara keseluruhan. Mood atau suasana hati yang buruk juga bisa ditingkatkan dengan berolahraga.Bahkan, kondisi penyakit-penyakit tertentu juga bisa dicegah dengan cara berolahraga secara teratur. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa, olahraga memang ampuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 
Tujuh Tanda Tubuh Anda Sudah Sangat Butuh Olahraga
Seberapa sering Anda berolahraga dalam seminggu? Kebanyakan orang mulai melakukan olahraga ketika berat badan mereka naik dan berharap dapat turun dengan olahraga. Tapi, tujuan utama olahraga sebaiknya jangan seperti itu, karena banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan selain menurunkan berat badan.Olahraga dapat meningkatkan kesehatan serta energi dalam tubuh. Jangan berpikir bahwa olahraga itu hal yang berat dan melelahkan. Anda berjalan kaki selama 30 menit atau senam ringan selama 20 menit saja, itu sudah baik bagi tubuh Anda. Dan yang penting, Anda harus tahu tanda-tanda tubuh memerlukan olahraga.Yang pertama adalah mudah lelah. Apakah Anda sudah istirahat dan makan cukup tapi masih merasa lelah? Bisa jadi Anda kurang olahraga. Memang seperti hal yang mustahil karena istirahat saja kita masih lelah, malah disuruh olahraga. Eits, tapi olahraga terbukti dapat meningkatkan energi sebesar 20 persen.
Lima Olahraga Kuno yang Unik dan Menarik
Anda adalah orang yang tidak suka olahraga? Mungkin saja Anda tidak suka olahraga karena tidak pernah menyaksikan olahraga yang unik dan menarik bagi Anda. Maka dari itu, Anda wajib melihat olahraga-olahraga unik dan menarik yang akan dibahas berikut ini.Olahraga tentu saja merupakan sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan. Permainan olahraga juga sudah ada sejak zaman dulu, akan tetapi dengan gaya dan juga permainan yang bisa dibilang lumayan mirip dengan beberapa olahraga yang ada di zaman sekarang. Untuk lebih jelasnya, mari intip lima olahraga kuno yang tentunya sangat unik dan menarik ini.Cuju. Cuju merupakan olahraga kuno yang berasal dari negara China. Cara bermain dalam olahraga yang satu ini nyaris sama dengan olahraga sepakbola. Bedanya hanya di gawang, yang tidak ada di bawah lapangan melainkan berada di atas tiang yang mana tingginya sama dengan tiang basket.