Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Misteri Penurunan Sanksi Helm

- Para penunggang sepeda motor di Indonesia wajib memakai helm pelindung kepala. Entah, dia selaku pengendara maupun sebagai penumpang. Bahkan, kualitas helm yang dipakai diwajibkan sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI).

Kewajiban itu merupakan amanat dari Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). UU yang lahir di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, cukup berbeda dibandingkan dengan aturan sebelumnya.

Oh ya, sebelum lebih jauh soal perbedaannya, aturan yang baru berlaku sekitar tujuh tahun ini juga dibarengi dengan ancaman sanksi. Penunggang sepeda motor yang melanggar aturan itu, bakal disemprit dengan sanksi denda maksimal Rp250 ribu. Atau, pidana kurungan penjara maksimal satu bulan.

Read Full Article
5 Jenis Helm yang Wajib Dikenali Pengemar Sepeda Motor
Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tahu kapan dan di mana sebuah musibah akan menimpanya. Untuk itu kita harus selalu waspada dan hati-hati, termasuk juga saat mengendarai sepeda motor, makanya kita diwajibkan menggunakan helm.Fungsi utama helm ini yaitu melindungi kepala pengendara sepeda motor jika sewaktu-waktu terjadi benturan di bagian kepala yang diakibatkan, entah itu karena kecelakaan, atau karena hal lainnya.Helm itu juga ada beberapa jenis, di mana setiap jenisnya memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang berbeda-beda. Lantas, seperti apa saja jenis helm untuk pengendara sepeda bermotor tersebut? berikut ulasannya.
Sanksi Parpol Tak Usung Calon di Pilkada, Mendagri: Harus Siapkan Kader
Dalam revisi UU Pilkada, ada sanksi bagi parpol yang tak mengusung calonnya di Pilkada. Namun, fraksi di DPR menolak sanksi ini.
Pelajar Sering Berbohong, Ini Alasannya
Masalah siswa berbohong di sekolah, bukan lagi hal baru dan aneh bagi guru maupun orangtua. Memang, dalam keadaan dan kondisi normal siswa jarang berbohong. Namun pada waktu tertentu, saat siswa merasa terdesak karena telah melanggar disiplin dan tata tertib sekolah, siswa merasa terpaksa berbohong.Mencari alasan atau dalih untuk mengelak agar terlepas dari sanksi pelanggaran tata tertib dan disiplin sekolah. Rumusan tata tertib dan disiplin sekolah diikuti dengan sanksi bagi siswa yang melakukan pelanggaran. Sanksi terhadap pelanggaran dimulai dari sanksi ringan sampai sanksi berat.Sanksi ringan berupa teguran dan nasihat kepada siswa yang melanggar disiplin sekolah. Namun sanksi berat dapat berupa pemanggilan orangtua siswa dan dapat berujung dengan sanksi dikeluarkan dari sekolah. Sanksi pemanggilan orangtua maupun dikeluarkan dari sekolah, paling tidak diingini oleh siswa.
Ini Dia Balada Para Pembonceng Motor
 – DI jalan raya kerap saya melihat para penumpang sepeda motor atau akrab disebut pembonceng yang tidak memakai helm. Dari mereka yang tidak memakai helm itu ada yang kepalanya ditutupi topi, kupluk jaket, hingga selendang.Terpaksa, jarak dekat, tidak punya helm, dan tidak ada yang menilang merupakan empat jawaban yang sering saya dengar ketika bertanya kenapa tidak memakai helm sang dibonceng motor.Di balik sejumlah alasan yang mencuat menyiratkan pesan bahwa, kesadaran melindungi kepala saat bersepeda motor masih rendah. Dan berikut ini terdapat jenis tipe pembonceng motor yang harus Anda ketahui. 
3 Fakta di Balik Helm yang Terabaikan
Ada rahasia tersembunyi dalam kekuatan helm, sehingga ada saja yang menyepelekan pelindung kepala itu. Anda ingin tahu juga, apa rahasia di balik helm ini? Ternyata, ada tiga fakta terkait helm yang kerap diabaikan.Fakta pertama, berkisar 80-90 persen pesepeda motor yang tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan dipicu luka di kepala dan leher. Fakta itu dibeberkan oleh Badan Kesehatan Dunia World Health Organization WHO . Hal itu perlu dibeberkan mengingat setiap hari kecelakaan di dunia rerata merenggut 4.400-an pesepeda motor. Fakta kedua, helm mengurangi risiko kematian hingga 40 persen. Tentu saja, bila helm yang dipakai sesuai dengan ukuran kepala dan dipakai dengan benar. Serta, kualitas helm yang dipakai mumpuni. Jangan lupa, pesepeda motor menempati peringkat teratas sebagai korban kecelakaan di dunia.
Misteri Penurunan Sanksi Helm
- Para penunggang sepeda motor di Indonesia wajib memakai helm pelindung kepala. Entah, dia selaku pengendara maupun sebagai penumpang. Bahkan, kualitas helm yang dipakai diwajibkan sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI).Kewajiban itu merupakan amanat dari Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). UU yang lahir di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, cukup berbeda dibandingkan dengan aturan sebelumnya.Oh ya, sebelum lebih jauh soal perbedaannya, aturan yang baru berlaku sekitar tujuh tahun ini juga dibarengi dengan ancaman sanksi. Penunggang sepeda motor yang melanggar aturan itu, bakal disemprit dengan sanksi denda maksimal Rp250 ribu. Atau, pidana kurungan penjara maksimal satu bulan.
Cara Mudah Tingkatkan Daya Ingat Sebelum Tidur
Merasa sering lupa? Atau selalu ketinggalan barang-barang di suatu tepat dan Anda lupa? Mungkin itu bisa saji ada penurunan tingkat ingatan Anda. Dan jika dibiarkan terus menerus, kepikunan dini bisa menimpa Anda. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?Penurunan daya ingat ini berhubungan dengan penurunan daya kerja otak, atau biasa disebut demensia, yang terjadi karena penurunan fungsi dari otak, bisa disebabkan umur dan gaya hidup.Lalu bagaimana untuk meningkatkan ingatan atau memori otak kita kembali seperti semula? Jawabannya sangat mudah, dan bisa Anda lakukan sebelum menjelang tidur di malam hari.
Lima Langkah Ajarkan Anak Memakai Helm
Tak mudah mengajak orang di sekitar kita untuk serta merta memakai helm saat bersepeda motor. Selalu ada saja alasan untuk tidak memakai pelindung kepala tersebut. Alasan yang paling sering saya dengar adalah jarak naik motornya yang hanya dekat saja.Saya punya pengalaman sulitnya untuk membudayakan memakai helm di keluarga. Anak-anak saya, bahkan isteri saya, kerap ketika tidak ketahuan saya suka tidak memakai helm saat bersepeda motor.Alasannya itu karena, jarak yang dilewati hanya dekat. Lantas, apakah kita harus diam ketika anak seperti itu? Lalu, bagaimana caranya agar mereka mau menggunakan helm?
Rayakan Valentine, Pelajar di Malang akan Dikenakan Sanksi
VIVA.co.id – Pada tanggal 14 Februari, remaja di Indonesia biasanya ramai-ramai merayakan Hari Valentine. Kecuali remaja di Malang, Jawa Timur, yang kelihatannya tidak bisa merayakan hari kasih sayang itu jika tidak ingin diberikan sanksi.Dinas Pendidikan Kota Malang sudah menyiapkan sanksi bagi siswa-siswi yang merayakan valentine, karena dianggap melanggar aturan daerah. "Kami mengeluarkan aturan larangan perayaan Valentine bagi siswa-siswi sekolah. Kami juga mengimbau kepada seluruh kepala sekolah agar menerapkan aturan itu dengan ketat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah."Jika ada yang melanggar aturan tersebut , Disdik sudah menyiapkan sanksi untuk yang merayakannya. Hal itu dikarenakan, perayaan valentine bertentangan dengan moral, kultur budaya bangsa Indonesia, serta norma-norma di negeri ini," tambahnya.
Sepelekan Vs Sayangi Helm
Keseharian kita di jalan raya berhadapan dengan kepermisifan yang luar biasa. Bahkan, kesan menyepelekan keselamatan saat berlalu lintas jalan demikian kentara. Salah satunya tentu saja terkait dengan pemakaian helm pelindung kepala ketika bersepeda motor.Dalih tidak memakai helm, seperti sering kita dengar, masih berkutat soal jarak tempuh yang dianggap dekat. Misal, dari rumah ke pasar di dekat tempat tinggal. Atau, dari rumah ke depan kawasan kompleks perumahan.Anggapan jarak dekat terkesan lebih kepada persoalan tilang-menilang. Maksudnya, karena dianggap tidak akan ada yang menindak akibat pelanggaran tersebut jadilah sang pesepeda motor yang bersangkutan santai-santai saja. Ini baru sekadar kesan. Faktanya?
Pengalaman Cuci Helm di Kontainer Kokas
Seorang perempuan muda melenggang ke arah kontainer. Kulitnya putih mulus, tinggi semampai, dan berambut sebahu dengan aksesoris topi bertengger di kepalanya. Tunggu dulu, ini bukan sembarang kontainer untuk pengangkut barang seperti di pelabuhan kapal laut.Kontainer yang terletak di area parkir sepeda motor Mall Kota Kasablanka Kokas , Jakarta Selatan tersebut telah disulap menjadi outlet pencucian helm. Kontainer dicat merah menyala dan dilengkapi mesin pencuci helm, serta dua pegawai untuk mengoperasikannya.Perempuan muda tadi menenteng dua helm pelindung di kepala. Ketika tiba di sisi depan kontainer dia berujar, kalau cuci helm berapa lama? Pria pengelola pencucian helm yang ditanya pun menjelaskan bahwa, butuh waktu tidak lama, sekitar satu jam saja.
15 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Hingga Sekarang
 – Kebanyakan orang berpikir bahwa, semua misteri di dunia ini, cepat atau lambat pasti akan terungkap. Tapi hal tersebut tidak selamanya benar, karena ada banyak sekali misteri dunia yang belum terpecahkan hingga sekarang.Bentuk misteri-misteri tersebut pun bermacam-macam, mulai dari kode, video, foto, lukisan, pahatan, hingga patung-patung dengan karakteristik dan kisah yang berbeda-beda.Ada banyak penyebab kenapa misteri-misteri tersebut belum bisa dipecahkan oleh ilmuwan dan para peneliti, salah satunya kurangnya sumber referensi. Lantas, apa saja misteri dunia yang belum terpecahkan tersebut? Berikut ulasannya.
Sembilan Film Misteri Terbaik Tentang Pembunuhan
Dari berbagai genre film, film bertemakan misteri cukup banyak disukai penonton, sebab genre ini biasanya akan menghadirkan unsur misteri yang membuat penonton semakin penasaran dengan jalan cerita selanjutnya dan akhirnya.Salah satu film misteri yang cukup banyak dibuat yaitu film misteri tentang pembunuhan. Biasanya, dalam film ini akan dimunculkan beberapa petunjuk yang nantinya akan mengarah kepada bagian akhir yang klimaks.Terkadang juga, di bagian akhir nanti akan terungkap semua misteri di film tersebut. Lantas, film misteri apa saja yang terbaik tentang pembunuhan? Berikut ulasannya.
Empat Misteri Besar yang Dianggap Sudah Terpecahkan
.co.id – Dunia ini menyimpan banyak sekali misteri yang belum terpecahkan. Tak heran jika suatu misteri pasti menimbulkan rasa keingintahuan yang tinggi pada diri seseorang. Karena sulit sekali dipecahkan, suatu misteri kadang akan menimbulkan teori konspirasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya.Oleh sebab itu, para ilmuwan terus berusaha mencoba menemukan alasan ilmiah yang bisa menjawab kebenaran suatu misteri. Contohnya saja misteri Segitiga Bermuda, di mana sudah banyak ilmuwan yang mencoba mengungkapkan alasan hilangnya banyak kapal dan pesawat di wilayah Segitiga Bermuda. Tapi tetap hasilnya sangat nihil.Seperti yang sudah disebutkan tadi, dunia ini menyimpan banyak sekali misteri besar. Dari sekian banyak misteri yang disimpan di dunia, berikut ini ada beberapa misteri besar yang dianggap sudah terpecahkan secara ilmiah.
Kakumet, Helm Pelindung dengan Sentuhan Gaya
Di Jepang, sekolah-sekolah dan perusahaan-perusahaan biasanya memiliki persediaan helm untuk melindungi kepala saat terjadi bencana. Namun, helm-helm itu biasanya hanyalah helm standar dengan warna yang menyolok.Namun kini, kita dapat bergaya bahkan saat kita melindungi kepala dari benda-benda yang berjatuhan. Dengan menggunakan helm keselamatan Kakumet.Kakumet adalah helm desainer dengan bentuk yang tidak hanya terlihat unik dan futuristik. Tapi, helm ini juga mudah untuk ditumpuk. Jadi, sangat memudahkan Anda dalam menghemat penyimpanannya. Penasaran bukan, Anda?
Lima Misteri di India yang Masih Membingungkan Hingga Kini
 – Banyak ilmuan meyakini bahwa, India zaman dahulu kala merupakan peradaban yang sangat maju melebihi peradaban lain di dunia. Spekulasi tersebut muncul setelah ditemukannya sisa puing-puing batu yang telah menghangus, serta beberapa batu berukuran besar yang memiliki permukaan menonjol dan tidak merata di tepian sungai Gangga, India.Dari hasil penelitian karbon, bebatuan yang memiliki permukaan tidak rata tersebut merupakan dampak dari radiasi ledakan nuklir sekitar 5000 tahun yang lalu. Penemuan arkeologis di atas hanyalah sebagiaannya saja, masih banyak misteri-misteri lain di India yang masih menggugah rasa penasaran.Seperti kisah misteri manusia bertubuh kera. Kisah manusia bertubuh kera adalah salah satu misteri paling populer di India yang masih belum terpecahkan sampai hari ini. Lebih dari 10 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2001 muncul laporan dari sejumlah masyarakat yang mengatakan bahwa mereka melihat penampakan manusia bertubuh kera di Delhi. 
Sulitnya Ajak Orang Pakai Helm
Saat regulasi soal helm diubah, tadinya saya berpikir budaya memakai helm saat bersepeda motor sudah tinggi. Maksudnya, kesadaran pesepeda motor akan pentingnya memakai helm sebagai pelindung kepala sudah demikian massif. Ternyata oh ternyata, silakan lihat sendiri di sekitar kita. Masih memprihatinkan.Sekadar kilas balik. Sepanjang 1994-2009, regulasi yang berlaku, yakni UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), memberikan ancaman sanksi denda maksimal Rp1 juta bagi pesepeda motor yang tidak memakai helm. Walau, dalam kenyataannya kita nyaris tak mendengar ada pelanggar yang dikenai sanksi tersebut.Lalu, UU LLAJ versi tahun 2009 justru menurunkan ancaman sanksi menjadi maksimal Rp250 ribu. Ditambah, helm yang dipakai wajib sesuai dengan standar nasional Indonesia alias SNI.
Empat Jenis Disiplin Pelajar di Sekolah
Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa disiplin merupakan kepatuhan dan ketaatan seseorang atau kelompok orang terhadap aturan atau tata tertib yang berlaku. Disiplin yang berlaku, biasanya disertai dengan sanksi atau hukuman.Bagi pelanggar disiplin indisipliner akan mendapat sanksi sebagai konsekuensi terhadap pelanggaran tersebut. Sanksi bagi pelanggar, tergantung pada jenis dan bobot pelanggaran yang dilakukan. Aturan dan tata tertib dapat dibuat secara bersama berdasarkan musyawarah dan mufakat.Namun, ada pula yang dibuat oleh pihak tertentu yang berwenang mengatur setiap aktivitas di dalam suatu komunitas atau kelompok kerja. Aturan dan tata tertib di sekolah, berlaku di dalam komunitas atau lingkungan sekolah. Semua warga sekolah harus mematuhi dan menaati semua aturan yang ada di sekolah.
Bunga Diberi, Helmnya Terlupakan
Sempat merinding membaca status bro Ivan beberapa hari lalu. Status yang dicantumkan di media sosial Path itu, menjadi satu lagi fakta bahwa ada banyak drama di jalan raya kita. Saya pernah menanyakan alasan kenapa tidak pakai helm kepada sejumlah siswa di Jakarta, baru-baru ini. Jangan kaget, mayoritas menjawab malas untuk memakai helm (44,68 persen).Alasan kedua terbesar adalah panas kalau memakai helm (29,79 persen). Lalu, alasan ketiga terbesar karena tidak punya helm (14,89 persen). Sedangkan alasan karena tidak ditilang menjadi jawaban keempat, yakni 10,64 persen.
Takjub, ke Mana-mana Pakai Helm
Bagi sebagian pesepeda motor, helm tak semata sebagai pelindung kepala saja. Helm adalah aksesoris untuk seseorang bisa tampil gaya dan trendi. Pesepeda motor yang menempatkan helm sebagai kebutuhan saat menunggang kuda besi, kini jumlahnya terus bertambah.Walau, mereka yang mengacuhkan pelindung kepala itu jumlahnya juga tidak sedikit. Sangat mugkin, mereka yang menganggap helm sepele lantaran belum merasakan faedahnya. Di lingkungan tempat saya bekerja, ada seorang pedagang kopi keliling.Penampilan dia berbeda dengan sejawatnya yang mayoritas menggunakan sepeda kayuh. Dia, kita sebut saja Budhy, memakai sepeda motor untuk berdagang. Saya pakai helm setiap naik motor, termasuk saat berdagang keliling Jakarta, paparnya saat berbincang dengan saya, di Jakarta, baru-baru ini.
Setelah Melihat 7 Foto Ini, Masih Berani Tidak Memakai Helm?
 – Kebanyakan orang memang suka merasa repot ketika harus memakai helm. Buktinya saja jika ditanya kenapa pakai helm saat membawa sepeda motor, pasti jawaban kamu takut ditilang polisi bukannya takut mengalami kecelakaan.Yang perlu kamu perhatikan, memakai helm itu sangat penting untuk keselamatan kamu. Helm berfungsi mengurangi risiko luka di bagian kepala yang disebabkan karena kecelakaan. Pasalnya bagian kepala adalah yang paling rawan, jika terjadi benturan keras atau pendarahan hebat maka nyawa jadi taruhannya.Bila kamu termasuk orang yang malas memakai helm saat berkendara atau beraktivitas yang mengharuskan kamu untuk memakai helm, lihat foto-foto di bawah ini. Siapa tahu kamu akan sadar bertapa pentingnya memakai helm itu.
Sepuluh Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Hingga Kini
Dunia ini memang dikelilingi oleh banyak misteri. Sebagian misteri itu sudah terpecahkan melalui ilmu pengetahuan. Namun, ada pula yang masih menjadi misteri hingga saat ini.Sebenarnya, ada banyak peneliti yang sudah mencoba untuk memecahkannya, namun masih belum mendapatkan hasil. Seperti sepuluh misteri dunia yang ternyata belum terpecahkan ini.Piringan Phaistos. Phaistos Disc atau Piringan Phaistos ditemukan pada 1908 oleh arkeolog Italia Luigi Pernier di kota kuno Phaistos. Terbuat dari tanah liat, benda bersejarah itu berisi simbol-simbol aneh, yang dipercaya berasal dari milenium kedua sebelum Masehi. Namun, rahasia simbol itu belum terungkap hingga kini, yang membuatnya jadi puzzle terkenal di dunia arkeologi.
Ini Sanksi jika Pria Berpakaian Melebihi Mata Kaki
 – Bagi kaum muslim pakaian merupakan salah satu identitas diri. Ada aurat yang harus ditutupi sebagai jalan menjaga kehormatan. Bagi wanita, pakaian yang dikenakan harus menutupi seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan.Berbeda dengan wanita, pria juga memiliki aturan berpakaian tersendiri. Salah satunya tidak boleh berpakaian melebihi dari mata kaki atau disebut dengan isbal. Model berpakaian seperti ini sering kali membuat pria muslim terlihat aneh.Sebagian mengatakan bahwa, hal ini tidak mengikuti perkembangan fashion, terlalu kuno, dan terlihat asing. Tapi perlu diketahui, jika melanggar aturan ini akan mendapat sanksi dari Allah SWT yang begitu pedih. Seperti apa sanksi pria yang berpakaian melebihi mata kaki? Berikut ulasannya.